, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Peralatan yang diperlukan untuk membuat pola

 Peralatan yang diperlukan untuk membuat pola

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
 Peralatan yang diperlukan untuk membuat pola

bahan bahan ang diperlukan untuk menjahit - Sebelum kita masuk ke langkah-langkah penjahitan tentunya kita terlebih dahulu harus mempersiapkan bahan-bahan atau peralatan yang di perlukan.Langkah pertama kita harus membuat pola, pola adalah desain atau rancangan yang akan kita jadikan patokan untuk membuat sebuah jahitan.


Inilah peralatan yang harus di siapkan untuk membuat sebuah pola :

1. Kertas pola
Kertas pola digunakan untuk membuat pola yang akan disematkan di dalam kain sebelum proses pemotongan.

2. Pensil jahit

Pensil ini biasanya digunakan untuk membuat pola yang membedakan bagian depan dan bagian belakang.Selain pensil jahit kita juga bisa menggunakan pensil biasa serta penghapus  untuk mengatasi kesalahan saat kita membuat pola, terutama di bagian lengkung.


3. Alat ukur / meteran
Alat ukur / meteran berfungsi untuk mengetahui panjang dan lebar suatu pola yang akan kita buat.


4. Penggaris
Berfungsi untuk menggarispola besar dalam kertas pola, terutama pada bagian badan dan lengkungan.


5. Jarum pentul
Jarum pentul ini di gunakan untuk menyematkan pola kekain sebelum di potong.

6. Gunting
Gunting ini berfungsi sebagai pemotong kain, paling todak kita menggunakan dua gunting, gunting kertas dan gunting kain.

7. Kapur jahit
Kapur ini biasanya di gunakan untuk membuat garis pada pola setelah kain di sematkan, agar menghasilkan potongan yang lurus dan terlihat rapi.

8. Jarum jahit
Jarum ini adalah jarum yang di gunakan untuk menjahit dengan tangan, ada beberapa ukuran yang disediakan sesuai jenis dan bahan yang akan kita gunakan.


9. Benang
Benang di gunakan untuk menjahit kain, banyak pilihan benang yang bisa kita gunakan dan benang merupakan faktor penting dari kualitas jahitan yang kita hasilkan.



10. Kain keras
Kain keras bisa kita gunakan membentuk krah atau bagian lain agar sesuai dengan desain yang di inginkan.

11. Mesin jahit
Mesin jahit ini gunanya untuk mempercepat kita melakukan penjahitan kain.Untuk menjahit dengan menggunakan mesin jhit ini kita bisa menggunakan mesin jahit klasik atau yang sudah modern dengan menggunakan listrik.


12. Alat pendedel
Alat pendedel fungsinya untuk mencabut atau menarik benang hasil jahitan yang salah.


 13. Mesin obras
Mesin obras berfungsi untuk menjahit pinggiran kain hasil pemotongan,agar rapi dan tidak tertarik benangnya saat menjahit atau di kenakan.Biasanya mesin obras ini di gunakan untuk tahap akhir penjahitan.

Itulah peralatan yang harus kita siapkan untuk membuat sebuah pola, nanti akan saya bahas lagi dalam postingan saya berikutnya.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  bahan bahan ang diperlukan untuk menjahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Peralatan dan Bahan Pembuatan Kriya Kayu 

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://silviasuwirman.blogspot.co.id/2013/12/peralatan-yang-diperlukan-untuk-membuat_8.html

0 komentar:

Post a Comment