, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

15 Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Unik dan Lucu

15 Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Unik dan Lucu

baju jahit, batik, belajar, guru, indonesia, jahit, jogja, kaos, kebaya, konveksi, kursus, kursus menjahit, les, mesin jahit, obras, private, sekolah, terbaik, usaha, yogyakarta
15 Kerajinan Tangan dari Kain Flanel yang Unik dan Lucu


kerajin tangan bahan flanel – Kain flanel adalah salah satu material untuk membuat sebuah kreasi tangan yang populer sampai saat ini. Dari tekstur bahannya yang lembut serta warna-warninya yang menarik menjadikan kain flanel sebagai salah satu bahan utama untuk membuat kerajinan tangan yang banyak digunakan.

Tidak hanya itu, kain falnel juga sangat mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Oleh karena itu, peluang usaha kerajinan tangan saat ini mulai banyak dilirik dari berbagai kalangan, terutama bagi para ibu rumah tangga.

Di antara kerajinan tangan yang bisa dibuat dari kain flanel adalah boneka, dompet, sarung hape, makanan imitasi, gantungan kunci, bunga, bros, dan masih banyak lagi yang nanti akan kita bahas nanti.

Dari berbagai macam contoh kerajinan tangan dari kain flanel, biasanya yang menjadi favorit cewek-cewek adalah membuat bunga mawar dan bros dari kain flanel.

Entah kenapa dua kerajinan tangan ini sangat banyak diminati mereka, mungkin karena sisi feminisme mereka yang cenderung lebih ingin membuat sebuah kreasi tangan yang akan mereka nikmati sendiri. Bros sudah pasti dipakai oleh cewek, sedangkan bunga, menjadi salah satu ciri khas sisi feminim seorang cewek.

Jika kamu sedang mencari ide membuat sebuah kerajinan  dari kain flanel, berikut ini beberapa contoh hasil kreasi kerajinan flanel unik yang bisa kamu coba :

1. Bunga dari Kain Flanel

Bunga Mawar dari Kain Flanel
Bunga Mawar dari Kain Flanel
kerajinan tangan dari kain flanel – bunga

Bunga hias dari kain flanel paling banyak diminati masyarakat. Beberapa pengrajin juga ada yang menjual hasil karyanya secara online.

Selain dari tekturnya yang lembut serta warnanya yang lengkap, bunga dari kain flanel memang terlihat cantik. Pantaslah kalau bentuk kerajinan tangan yang satu ini menjadi salah satu favorit peminatnya.

2. Donat Imitasi

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Berbentuk Donat
Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Berbentuk Donat
kerajinan tangan dari kain flanel – donat

Mungkin di antara para pembaca yang baru pertama kali melihat gambar ini akan mengira kalau gambar di atas adalah gambar donat asli.

Memang dari penampakannya sangat mirip sekali dengan donat asli. Mungkin dari warnanya yang 90% mirip dengan warna donat pada umumnya.

Donat-donat di atas bukan lah gambar donat asli yang bisa dimakan. Jangan ngiler ya. Donat-donat ini ternyata bukan donat kentang atau donat yang bisa kita santap. Benda bulat yang berlubang di tengahnya ini asli terbuat dari kain flanel yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya.
Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Berbentuk Donat

kerajinan tangan dari kain flanel – donat

Salah satu contoh gantungan kunci dari kain flanel yaitu gantungan kunci donat imitasi. Donat dari kain flanel ini juga bisa dijadikan sebagai gantungan kunci yang unik dan menarik.

Selain bisa dibuat sebagai donat imitasi yang bisa dijadikan sebagai hiasan, kerajinan tangan dari kain flanel yang satu ini juga gantungan kunci.

Caranya tinggal ditambahkan gantungan pada sisinya. Tambahan gantungan kunci ini bisa kamu dapatkan di toko-toko terdekat.

3. Tempat Pensil atau Kacamata

Kerajinan tangan Tempat Pensil dan Kacamata dari Kain Flanel
Kerajinan tangan Tempat Pensil dan Kacamata dari Kain Flanel
kerajinan tangan dari kain flanel – wadah kacamata – sumber : blogspot

Jika kamu ingin membuat sebuah wadah kacamata atau tempat pensil atau pulpen yang beda dari yang lain, mungkin kamu bisa mencoba membuat kreasi kain flanel yang seperti ini. Bentuknya sederhana dan lucu dengan hiasan karakter hewan yang ada di bagian bawahnya.

Kerajinan tangan dari kain flanel seperti ini belum banyak yang membuatnya. Dengan kreatifitas dan seni yang kamu miliki, pastinya kamu juga bisa membuat kerajinan tangan unik seperti ini bahkan bisa lebih bagus dari ini.
Kerajinan tangan Tempat Pensil atau Kacamata dari Kain Flanel

kerajinan tangan dari kain flanel – wadah kacamata – sumber : blogspot

Buat kamu yang hobi membuat kerajinan dan mau menghasilkan pundi-pundi rupiah, membuat wadah kacamata atau pensil dari kain flanel merupakan ide yang menarik lho.

Produk seperti ini jika dipasarkan kepada temen-temen sekolah atau temen sekampus terutama yang cewek, mereka pasti akan tertarik untuk membelinya dari kamu. Dengan bandrol harga yang cukup terjangkau dijamin pasti bakal laris manis deh.

Oh iya, jangan lupa sebelumnya untuk memberi merek dagang atal label yang menjadikan ciri khas produk yang kamu buat sehingga hasil karyamu akan lebih dikenal karena ciri khasnya atau dari merk-nya

4. Amplop dari Kain Flanel

Kerajinan tangan Amplop Berjejer dari Kain Flanel
Kerajinan tangan Amplop Berjejer dari Kain Flanel
kerajinan tangan dari kain flanel – amplop – sumber : blogspot

Kerajinan tangan dari kain flanel yang unik berikutnya adalah amplop. Dengan menggunakan kain flanel, kamu juga bisa membuat sebuah amplop yang cukup menarik dan bisa digunakan untuk berbagai keperluan.

Salah satunya adalah untuk mengemas sebuah kartu ucapan atau surat ke seseorang yang spesial.
Kerajinan tangan Kumpulan Amplop dari Kain Flanel

kerajinan tangan dari kain flanel – amplop – sumber : blogspot

Dengan menaruh isi surat atau kartu ucapan dalam amplop seperti ini, pastinya akan membuat si penerima menjadi lebih terkesan dan akan menyimpannya karena dibungkus dengan amplop yang demikian bagus dan tidak biasa.

Dengan menaruh sebuah nama pada amplop yang kamu buat, akan menambah kesan yang lebih mendalam kepada sang penerima amplop.
Kerajinan tangan Amplop dari Kain Flanel

kerajinan tangan dari kain flanel – amplop – sumber : blogspot

Tidak hanya pada sebatas amplopnya saja yang dihias, isi amplonya pun bisa kamu hiasi dengan pernak-pernik dari kain flanel. Seperti pada contoh gambar di atas, kertas ucapannya ditempel dengan sebuah ikon hati sehingga menambah kesan romatis.
Kerajinan tangan Amplop Surat dari Kain Flanel

sumber : blogspot

Bentuk amplop lainnya adalah seperti gambar yang ini. Meniru persis dari lipatan amplop pada umumnya dengan diberi garis putus-putus dengan benang yang menambah nilai seni amplop dari kain flanel ini.

5. Dompet dari Kain Flanel

Kerajinan tangan Dompet Luccu dari Kain Flanel

Kerajinan tangan Dompet Luccu dari Kain Flanel

kerajinan tangan dari kain flanel – dompet – sumber : wordpress

Dompet lucu ini terbuat dari kain flanel lho. Bentuknya mirip seperti dompet-dompet pada umumnya, hanya saja dompet yang ini berbahan kain flanel.

Enaknya membuat dompet dengan kain flanel yaitu kita bisa membuat hiasan-hiasan yang lucu dengan sangat mudah pada bagian luar dompet. Bisa dengan cara dijahit atau ditempel dengan lem.

Kerajinan tangan dari kain flanel yang satu ini bisa dikatakan sangat jarang kita temui. Mungkin karena jarang ada yang membuat dompet dari kain flanel.

Tidak heran sih kalau jarang yang mau membuatnya, bahkan untuk pribadi. Karena umumnya dompet yang dibeli dipasaran jauh lebih bagus dan kebutuhan untuk membuat dompet dari kain flanel memang tidak semenarik kerajinan tangan lainnya.

6. Sepatu

Kerajinan Tangan Sepatu dari Kain Flanel

Kerajinan Tangan Sepatu dari Kain Flanel

kerajinan tangan dari kain flanel – sepatu – sumber : blogspot

Salah satu kerajinan tangan dari kain flanel berikutnya adalah sepatu anak. Dengan menggunakan bahan kain flanel yang lembut, sangat cocok untuk membuat sepatu untuk buah hati.

Kamu bisa membuat sepatu untuk si kecil dengan desain yang kamu suka. Caranya juga tidak sesulit membuat sepatu dewasa.

Untuk sepatu jenis seperti ini tidak terlalu rumit, yang terpenting adalah kenyamanan buat anak kita saat memakainya. Tidak hanya itu, sepatu dari kain flanel juga memiliki kelebihan. Di antara kelebihanya yaitu bisa custom desain, nyari bahanya mudah serta cara membuatnya juga tidak sulit.

Cukup dibutuhkan kain flanel, gunting, benang dan jarum saja untuk membuatnya. Potong polanya sesuai dengan ukuran kaki anak, kemudian jahit dengan menggunakan jarum dan benang yang telah kamu siapkan. Selanjutnya tambahkanlah beberapa hiasan yang bisa mempercantik sepatu.

Terakhir, cek ulang apakah ada jahitan yang tertinggal dan kurang rapih. Setelah semuanya selesai, kerajinan tangan dari kain flanel berbentuk sepatu siap digunakan.

7. Tempat Tisu dari Kain Flanel

Kerajinan Tangan Tempat Tisu dari Kain Flanel

Kerajinan Tangan Tempat Tisu dari Kain Flanel

kerajinan tangan dari kain flanel – tempat tisu – sumber : wordpress

Kerajinan tangan dari kain flanel berikutnya adalah tempat tisu. Dengan kain flanel kita juga bisa membuat wadah tisu yang unik dan cocok buat yang sedang punya balita, karena bahannya lembut dan teksturnya tidak keras. Contoh tempat tisu di atas dibuat seperti motif kulit sapi.

Dengan media seperti ini, kamu juga bisa menggunakannya sebagai media belajar anak untuk mencontohkan inilah yang disebut sebagai kulit sapi.

Kamu juga bisa membuatnya dengan motif lainnya sesuai dengan kreatifitas yang kamu miliki.

Produk ini bisa dijadikan sebagai salah satu produk usaha kerajinan tangan yang layak jual. Dengan memasarkan produk secara online, kamu bisa mendapatkan pasar yang potensial sampai seluruh Indonesia.

8. Dadu

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Berbentuk Dadu

Kerajinan Tangan dari Kain Flanel Berbentuk Dadu

kerajinan tangan dari kain flanel – dadu – sumber : wordpress

Dadu kain flanel ini dibuat untuk mainan balita. Karena teksturnya yang lembut, apalagi ketika bayi masih umur dibawah dua tahun yangsering memasukkan apa aja ke dalam mulut.

Dengan menggunakan mainan dadu yang terbuat dari kain flanel dan memiliki unturan yang cukup besar, kamu tidak perlu khawatir kalau mainan ini tertelan dan juga tidak berbahaya bagi si Kecil.

9. Sarung Hape dari Kain Flanel

Kerajinan tangan Sarung Hape dari Kain Flanel

Kerajinan tangan Sarung Hape dari Kain Flanel

kerajinan tangan dari kain flanel – dompet hape – sumber : blogspot

Sarung hape seperti ini merupakan salah satu kerajinan tangan dari kain flanel yang cukup mudah dibuat. Hanya dengan bermodal beberapa lempar kain flanel saja, kamu sudah bisa membuat sarung hape seperti ini lho.

Hiasan di bagian luar sarung hape juga bisa kamu buat sesuai dengan keinginan kamu, mau dibuat ikon kupu-kupu, bunga, apel atau ikon-ikon yang lucu juga bisa.

10. Makanan Imitasi

photobucket-com-3
photobucket-com-3
kerajinan tangan dari kain flanel – makanan imitasi

Makanan imitasi adalah salah satu kerajinan tangan dari kain flanel yang memiliki nilai jual yang tinggi lho. Jika kamu hobi berbisnis, ide membuat makanan imitasi seperti ini bisa kamu pakai untuk usaha kecil-kecilan yang bisa dibuat di rumah.

Sekarang sudah jaman online, untuk memasarkan produk seperti ini juga bisa dengan cara pemasaran online sehingga pemasarannya bisa sampai ke berbagai kota walaupun kamu jualan dari rumah saja.

11. Boneka Jari

Kerajinan tangan Boneka Jari dari Kain Flanel
Kerajinan tangan Boneka Jari dari Kain Flanel
kerajinan tangan dari kain flanel – boneka jari

Boneka jari dari kain flanel yang lucu-lucu ini bisa kamu buat dengan mudah. Seperti terlihat pada gambar di atas, karakternya juga dibuat imut dan lucu.

Dengan boneka jari kain flanel ini kamu bisa menghibur anak-anak dengan memainkan peran seperti di cerita dongeng anak-anak.

Kamu bisa menceritakan dongeng si Kancil yang cerdik, Sang Raja Hutan dan berbagai cerita lainnya, bahkan kamu juga bisa mengarang cerita sendiri untuk mendongeng. Dengan kreasi kain flanel berbentuk boneka jari seperti ini kamu gak bakal kekurangan ide buat cerita pastinya.

12. Dompet Hape dari Kain Flanel

Kerajinan tangan dompet hape dari kain flanel
Kerajinan tangan dompet hape dari kain flanel
kerajinan tangan dari kain flanel – dompet hape

Dompet hape merupakan salah satu kerajinan tangan dari kain flanel yang menarik banyak perhatian. Mudah membuatnya dan bisa langsung dipakai untuk kegiatan sehari-hari.

Untuk membuat sebuah dompet hape dari kain flanel tidaklah rumit, cukup dengan beberapa lembar kain flanel saja kamu sudah bisa membuat dompet yang unik.

Untuk menambah kesan lucu kamu juga bisa menambahkan karakter pada bagian depan dompet seperti pada gambar. Cukup mudah bukan?

Dompet hape dari kain flanel bisa kamu gunakan untuk melindungi hape dari benturan atau goresan dengan benda keras saat dimasukkan ke dalam tas atau saku.

Dengan dompet yangterbuat dari kain flanel ini, kamu tidak perlu cemas lagi dengan benturan-benturan dengan benda keras lainya yang berada salam satu wadah. Tertarik untuk membuatnya?

13. Bros Bunga dari Kain Flanel

Kerajinan tangan Bross Bungan dari Kain Flanel
Kerajinan tangan Bross Bungan dari Kain Flanel
kerajinan tangan bros dari kain flanel – sumber : blogspot

Bros bunga dari kain flanel ini juga menjadi salah satu primadona bagi para wanita berhijab. Pasalnya, dengan menambah bros bunga yang diaplikasikan pada hijab yang dipakai akan menambah keanggunan si pemakainya.

Dengan menambahkan bros bunga seperti ini juga bisa menambah sisi feminim dari si pemakai. Cara untuk membuat bros bunga dari kain flanel juga tidak terlalu sulit. Banyak tutorial cara membuat bros dari kain flanel yang bisa kamu temukan di youtube.

Baca juga Cara Membuat Aneka Bros dari Kain Flanel yang Cantik dan Lucu

14. Bros Kupu-Kupu

Kerajinan tangan Bross Kupu-Kupu dari Kain Flanel

kerajinan tangan dari kain flanel – bros bunga – sumber : blogspot
Kerajinan tangan Bross Kupu-Kupu dari Kain Flanel
Kerajinan tangan dari kain flanel yang satu ini adalah salah satu favorit saya. Caa membuatnya cukup mudah dan tidak terlalu membutuhkan ketrampilan level tinggi.

Hanya bermodal dua lembar kain flanel yang berbeda warna, lem dan gunting serta benang dan mata mainan saja, kamu sudah siap untuk membuat bros kupu-kupu seperti pada gambar.

Cara membuat bros dari kain flanel seperti ini tidaklah sulit. Dilihat dari bentuknya saja, pasti kamu sudah tahu cara untuk membuatnya seperti apa.

Kerajinan bros dari kain flanel ini juga bisa menjadi salah satu produk yang bisa kamu jual dengan nilai keuntungan yang cukup lumayan lho. Biasanya, pemesan tidak membeli satuan. Banyak yang memesan bros kupu-kupu seperti ini untuk aksesoris hadiah tamu pernikahan. Jadi pemesanan minimal bisa ratusan, bahkan bisa sampai ribuan pcs.

15. Bros Ikon Hijab

Kerajinan tangan Ikon Hijab dari Kain Flanel
Kerajinan tangan Ikon Hijab dari Kain Flanel
kerajinan tangan dari kain flanel berbentuk bros lucu – sumber : blogspot

Lucu kan. Kalau kamu memakainya untuk diaplikasikan pada hijab yang kamu pakai, pastinya juga akan menambah kesan imut pada hijab yang kamu pakai itu.

Kerajinan tangan dari kain flanel semacam ini memang jarang kita temui karena sedikit sekali yang mau membuatnya.

Biasanya mereka yang hobi membuat kreasi tangan dari kain flanel lah yang mau membuatnya. Detailnya yang cukup banyak ini, menuntuk si pembuat harus memiliki kertampiln yang sudah level mahir dalam dunia kerajinan tangan kain flanel.

Jika kamu tidak mau bersusah payah membuatnya, kamu juga bisa memesan kepada yang sudah ahli untuk membuatkannya. Kamu cukup membayar upahnya saja dan tunggu pesanan jadi. Setelah produknya jadi, kamu tinggal pakai deh.

Gampang kan!

NB :

Cara membuat  bros dari kain flanel bisa kamu pelajari di berbagai tempat pelatihan-pelatihan yang ada. Biasanya ada beberapa komunitas yang mengadakan pelatihan membuat kerajinan bros dari kain flanel.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  kerajin tangan bahan flanel

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda

bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Serat Goni sebagai bahan dasar dari Karung Goni

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

buka mesin jahit : http://www.fatinia.com/kerajinan-tangan-dari-kain-flanel/

0 komentar:

Post a Comment