, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

SENI KRIYA KHAS DARI KALIMANTAN BARAT

 SENI KRIYA KHAS DARI KALIMANTAN BARAT

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 SENI KRIYA KHAS DARI KALIMANTAN BARAT

contoh seni kriya kalimantan barat - 1. Anyaman Akar Keladi Air


Kalbar sangat kaya dengan hasil karya seni kriyanya dan yang cukup terkenal adalah anyaman akar keladi air yang khas. Akar keladi air merupakan tumbuhan yang tumbuh liar di rawa-rawa Sungai Kapuas, konon keladi air hanya ada di Kalimantan Barat. Tanaman ini cukup licin, lentur, dan berwarna putih, seperti rotan yang sudah diolah bahkan lebih bagus daripada rotan karena kelenturannya yang lebih baik.

Image
Bahan : Akar Keladi Air
Cara membuat : anyam sesuai bentuk yang diinginkan
Persebaran : Pontianak, Serikin dan Kuching (Malaysia), Jakarta, perbatasan Kalbar – Malaysia.
Harga : bervariasi antara Rp. 15.000,- sampai dengan Rp. 100.000,-, tergantung besar kecilnya ukuran serta tingkat kesulitan pengerjaan.

2. Kerajinan Keramik Tradisional

Image
Kerajinan keramik dari Kalbar khususnya Singkawang memiliki motif khas buatan jaman Dinasti Ming gaya Tionghoa karena daerah tersebut banyak terpengaruh oleh budaya Tionghoa. Meskipun mengambil motif- motif budaya khas Kalbar, namun kerajinan keramik yang lebih banyak diproduksi adalah motif- motif desain keramik Tionghoa, misalnya motif naga, motif dewa dan pusaka, motif bunga dan barongsai, dll karena lebih laku dipasaran.

Image
Bahan : tanah kaolin
Teknik : manual menggunakan tangan (cara tradisional)
Persebaran : Singkawang, Pontianak, Banjarmasin, Kuching (Malaysia), Filipina.
Harga : bervariasi, tergantung tingkat kesulitan pengerjaan serta kerumitan motifnya. Untuk guci besar dengan motif agak rumit dibandrol sekitar Rp 1 juta lebih, sedangkan guci besar dengan motif biasa kisaran antara Rp 500 ribu – Rp 600 ribu, guci kecil yang tingginya sekitar 20 cm dengan diameter 10 cm, bisa dibawa pulang dengan harga Rp 15 ribu.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh seni kriya kalimantan barat

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  CONTOH CONTOH GAMBAR TEKSTIL

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://amirohsulistyanti.wordpress.com/2013/10/04/seni-kriya-khas-dari-kalimantan-barat/

0 komentar:

Post a Comment