, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tips Menjahit Kain Spandek

Tips Menjahit Kain Spandek

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Tips Menjahit Kain Spandek


cara menjahit kain spandek - Spandek merupakan bahan kain yang terbuat dari gabungan serat sintetis dengan serat sintetis lainnya seperti poliester maupun serat sintetis dengan serat alam seperti katun. Jenis kain yang bersifat elastis dan memiliki karakteristik lembut ini banyak dimanfaatkan untuk membuat baju renang, kostum ballet, maupun pakaian olahraga lainnya. Untuk pertama kalinya spandek ditemukan oleh perusahaan Du Pont pada tahun 1947 dengan sebutan “fiber-K”dan terus dikembangkan oleh perusahaan tersebut sehingga lahirlah spandek generasi baru yang diberi nama “lycra” pada tahun 1959.

Spandek

Berbeda dengan teknik menjahit kain pada umumnya, dalam menjahit bahan spandek dibutuhkan teknik dan keterampilan tersendiri. Penggunaan alat pemotong yang baik menjadi salah satu syarat mutlak yang harus dipersiapkan, oleh karena itu gunakan gunting atau rotary cutter yang sangat tajam untuk memotong kain dan meminimalisir peregangan kain.

Spandek

Dalam menjahit kain spandek usahakan untuk memakai benang berkualitas dari bahan polyester atau nylon serta jarum baru yang berujung tajam sehingga diperoleh suatu jahitan yang lebih rapi, kuat dan tidak merusak bahan kain. Sebagai penyelesaian bagian tepi kain gunakan mesin overlock benang tiga atau empat untuk mempertahankan tingkat keelastisan bagian tersebut.

Spandek

Gunakan kertas sebagai pelapis bagian atas serta bawah kain untuk menahannya agar tidak tergelincir dan mengalami peregangan yang terlalu banyak ketika kain dijahit.
Spandek

Sesuaikan ketegangan benang atas dan bawah pada mesin jahit untuk menghindari timbulnya kerutan pada hasil jahitan. Sahabat fitinline juga bisa bereksperimen menggunakan twin needle (jarum kembar) untuk membuat jahitan pada bagian topstitching. Penggunaan twin needle ini akan menghasilkan dua baris jahitan di atas dan jahitan zig zag di bagian bawah.

Spandek

Tags : belajar menjahit, kursus jahit online, jahit baju online

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menjahit kain spandek

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Contoh Produk Kerajinan Fungsi Hias dari Bahan Limbah Organik

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit :https://fitinline.com/article/read/tips-menjahit-kain-spandek

0 komentar:

Post a Comment