, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Kain Perca

Kain Perca

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Kain Perca

membuat hiasan dinding teknik perca cara jiplakan pola beserta gambarnya - Bros Bunga Cantik


Nah, balik lagi saya !. Sekarang aku mau bahas tentang bros bunga dari kain perca lagi tapi tetep beda sama yang sebelum-sebelumnya !

Cara Membuat Bros Bunga Unik & Cantik Dari Kain Perca – Dakron

Alat dan bahan:

    kain perca bermotif ukuran diameter 7 cm sejumlah 5 lembar
    kain perca polos diameter 6 cm sejumlah 1 lembar
    kain flanel bentuk lingkaran dengan diameter 3cm 1 lembar
    lem
    gunting
    jarum dan benang
    dakron
    peniti khusus bros
    lem temmbak

Cara pembuatannya:

Untuk pembuatannya, silahkan ikuti petunjuk pada gambar dibawah ini.


bros+bunga+unik1
bros+bunga+unik2
bros+bunga+unik3
bros+bunga+unik4


Selesai. Mudahkan ?. Tenang, asal ada usaha pasti bisa kok. Selamat mencoba dan Semoga bermanfaat. Sampai Jumpa !

Bros Bunga Unik

Yeeee…. balik lagi, masih dengan edisi kain perca. Aku akan bahas tentang cara membuat bros bunga lagi tapi beda dari yang pertama kali.

Disini saya akan mencoba mengulas berbagai cara membuat kerajinan tangan berupa bros unik dan cantik berbentuk bunga yang terbuat dari berbagai bahan limbah atau sampah, diantaranya: kain perca, kertas, dan plastik

Cara Membuat Bros Bunga Unik & Cantik Dari Kain Perca – Kancing

Alat dan bahan: Kain perca, Benang, Kertas, Jarum, Kancing, dan Gunting

Cara pembuatannya:

balongan+terampil+membuat+pola+bros+bunga+kain+perca

    Membuat pola di kertas, kertas yang digunakan boleh apa saja. Lalu gunting pola tersebut.
    Gunting kain perca sedikit lebih besar dari pola yang dibuat. Untuk satu helai, dibutuhkan 2 potongan kain perca yang ditumpuk jadi satu. Jadi kalau ingin membuat bunga yang memiliki 5 helaian, maka dibutuhkan 10 potongan kain perca.
    Balik kain perca, bagian luar kain berada di dalam, dan bagian dalam kain berada di luar. Jiplak pola di atas kain.
    Jahit sesuai dengan pola, boleh menggunakan tusuk jelujur.
    Potong pinggiran kain, tapi jangan sampai kena jahitannya.
    Balik kain sehingga bagian luar kain ada di luar
    Jahit tiap helaian bunga perca dengan tusuk jelujur, dimulai dari bagian belakang kain, ke depan, lalu kembali lagi ke bagian belakang.
    Tusukkan jarum ke helaian pertama dari bagian belakang.
    Tarik jahitan dengan kuat sampai semua helaian menyatu. Tapi jangan terlalu kuat karena nanti benang jadi putus.
    Matikan jahitan, lalu potong benang yang tersisa.

    Beri kancing pada bagian tengah bunga dan bagian belakang bunga di beri kain flanel kemudian di tempelkan peniti.

Inilah hasilnya :

balongan+terampil+membuat+bros+bunga+kain+perca

Maaf ya nggak ada gambarnya. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat !


Bros Bunga



Jumpa lagi dengan saya !. Masih dengan edisi kain perca, kali ini saya akan membahas tentang cara membuat kerajinan dari kain perca. Di mulai dari yang mudah dulu ya !. Kita akan bersama-sama belajar membuat bros bunga berbahan dasar kain perca.

Membuat Bros Kain Dari Kain Perca

  Pada kesempatan ini saya akan mecoba memberikan tutorial cara membuat bros kain dari kain perca yang simple, sederhana dan pastinya anda di rumah dapat membuatnya tanpa harus membeli satu pun bahan untuk bisa membuatnya. Saya akan memberikan contoh cara mudah beserta tutorialnya dengan lengkap.

Aksesoris bros sangat di butuhkan bagi kaum hawa, bros bisa di padukan dengan baju maupun di aplikasikan dengan hijab untuk lebih mempercantik penampilan para wanita, tapi tahukah anda bros tidak harus mahal atau terlihat mewah, biasanya dari segi warna maupun bentuk harus sesuai dengan warna dan jenis pakaian atau hijab yang kita kienakan, anda bisa membuatnya sendiri dengan sangat mudah, berikut tutorialnnya:

Bahan-bahan yang di perlukan.

Bahan-Yang-Dibutuhkan

    Kain Perca 60 x 30 cm , 2. Benang & Jarum, 3. Manik-manik, 4. Penitik, 5. Gunting, 6. Lem Tembak, 7. Kain Keras

Langkah Ke 1

Langkah-Ke-1

Langkah 1 : 1. Sambungkan Kedua sisi yang mempunyai sisi lebar 30cm dengan cara jelujur kedua sisi bagian kain dengan jarum di sertai benang yang senada dengan warna kain agar terlihat lebih cantik dan terkesan tidak asal-asalan, lakukan dengan hati-hati dan sebaik mungkin mungkin agar hasiln akhirnya terlihat cantik. 2. Lipat ke bagian dalam agar sambungan pada cara kesatu tidak terlihat dari luar. 3. Lakukan kembali cara jelujur pada bagian luar agar dapat di serut yang akan di lakukan pada langkah ke 3.

Langkah Ke 2

Langkah-Ke-2

Langkah 2 : 1.Setelah proses jelujur selesai dilakukan periksa kembali hasil jelujur dan pastikan tidak ada benang yang kusut agar memudahkan pada saat me-nyerut. 2. berikutnya serut atau menarik benang agar bros yang kita buat mulai terlihat berbentuk bulat, 3. Lakukan dengan hati-hati agar hasil bulatan bros terlihat bulat dan rapih (jangan sampai benang tersebut putus sebelum mengunci jahitan setelah selesai serut)

Langkah Ke 3

Langkah-Ke-3

Langkah 3 : 1. Pasang manik-manik pada bagian tengah terlebih dahulu untuk memudahkan pemasangan manik-manik selanjutnya. 2. Pasang manik-manik pada benang dengan jumlah 6 buah dan lingkarkan kepada manik-manik yang di pasang tadi di tengah dan lakukan pengencangan agar manik-manik diam pada tempatnya dan mengelilingi manik-manik yang pertama di pasang di tengah. 3. Hasilnya akan menjadi seperti yang di gambar no 3 di bawah ini.

Langkah Ke 4

Langkah-Ke-4

Langkah 4 : 1. Sediakan kain keras berbentuk bulat dengan diameter yang dapat di sesuaikan dengan ukuran bros yang kita buat sebelumnya. 2. Lipat bagian tengah kain keras agar dapat membuat lubang untuk nanti dipasang penitik seperti pada gambar no 3 di bawah ini. 4. Pasang penitik pada kain keras yang sudah di beri lubang pada langkah ke dua tadi.

Langkah Ke 5

Langkah-Ke-5

Langkah 5 : 1. Beri lem pada bagian bawah kain keras untuk nanti di tempel pada bagian bawah bros yang anda buat tadi. 2. Pasangkan dengan hati-hati kain keras yang sudah di beri lem tadi dan pastikan terpasang pada bagian tengah agar terlihat cantik seperti pada gambar no 3 di bawah ini.

Hasilnya

Bros-Kain-Perca

Sekian tutorial singkat tentang tata cara pembuatan bros dari kain perca. Semoga Bermanfaat.


Aneka Gambar Kerajinan Kain Perca


Jika sebelumnya saya memposting pengertian kain perca, kali ini Saya akan memposting tentang gambar-gambar dari berbagai macam kerajinan kain perca.

Kerajinan Tangan Dari Kain Perca, Aneka Kreasi Kain Perca. Berikut ini adalah aneka macam kerajinan tangan yang terbuat dari bahan kain perca. Yaitu potongan-potongan kain bekas yang sudah tidak terpakai lagi.

Kain perca walaupun bentuknya hanyalah berupa potongan-potongan kecil kain bekas atau sisa yang sudah tidak terpakai lagi, namun ternyata bisa membawa berkah bagi sebagian orang. Kain perca bisa dengan mudah kita dapatkan di beberapa perusahaan konveksi besar, maupun di tempat para penjahit rumahan. Tidak semua kain perca bisa dibuang begitu saja, untuk jenis-jenis tertentu, bahan tertentu, dan juga bahan tertentu masih bisa kita manfaatkan kembali untuk membuat berbagai kerajinan tangan dari kain perca.
Aneka Kreasi Kain Perca

Berikut di bawah ini adalah berbagai contoh ide kerajinan tangan dari kain perca yang unik :

vcfdv

Aneka Ornamen Gantung Mini Kain Perca

Kerajinan Tangan Dari Kain Perca (3)
Kain Lampin Kain Perca

Untitled picture
Dompet Kain Perca

fvdcvdv
Lukisan Dinding Kain Perca

fdvdvf
Bantalan Kursi Kain Perca

dbvdsbgr
Tas Kain Perca

dsfdsfer
Tas Serbaguna Kain Perca

egfhgfdgb
Bed Cover Kain Perca

dvdvdv
Boneka Lucu Kain Perca

vfvv c
Dekorasi Hisan Dinding Kain Perca

fegtyjnghn
Sarung Bantal Kain Perca

bhtgnghng
Sarung Kursi Kain Perca

fhgnhgmghnc
Wadah Serbaguna Kain Perca

vb fdbvdf
Kursi Sofa Mini Kain Perca

gbgfdbngvbx
Cangkir Hias Kain Perca


Pengertian Kain Perca



Kerajinan Tangan Dari Kain Perca (3)

Post pertama saya ini akan membahas tentang Kain Perca.

Anda tau kain perca? Ya, kain sisa potongan yang sudah tidak terpakai itu, ternyata masih bisa dimanfaatkan loh. Bahkan ditangan si kreatif, kain perca dapat disulap menjadi barang-barang kerajinan yang trendi dan tentunya bermanfaat. Membuat kerajinan kain perca, ternyata tidak serumit yang kita bayangkan, cukup sedikit ketelitian dan kreatifitas kita saja.

Kain perca merupakan sisa kain dari proses penjahitan. Sepintas kain sisa ini adalah kain yang tidak memiliki manfaat, tapi sebenarnya sisa kain ini dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk yang berguna. Daripada terbuang menjadi sampah lebih baik digunakan sebagai barang yang lebih berguna. Kain perca ini dapat dimanfaatkan menjadi barang-barang kerajinan tangan seperti tas, sarung bantal, ataupun produk-produk yang lain.

Usaha ini bergerak dalam bidang industri rumah tangga, pada dasarnya didirikan bertujuan untuk mencari keuntungan serta untuk memenuhi kebutuhan atau permintaan konsumen akan suatu produk yang berkualitas dan bermutu.  Sedangkan penciptaan kualitas dan mutu yang baik dengan biaya yang rendah adalah syarat utama jika menginginkan keuntungan yang terus meningkat

    Seni Kerajinan Perca

Kerajinan kain perca merupakan salah satu kerajinan yang menjadi bagian dari dunia jahit-menjahit. Kerajinan ini dibuat dengan menggunakan bahan yang tergolong limbah, yaitu bermacam-macam kain perca. Kain ini digunakan untuk membuat sebuah karya kerajinan yang indah dan bahkan memiliki nilai seni tinggi.
Caranya adalah dengan memotong-motong beragam kain sisa menjadi berbagai bentuk, kemudian menggabungkan potongan-potongan tersebut dengan menjahitnya kembali. Tentunya perpaduan warna dan pola kain juga harus diperhatikan agar bisa tercipta sebuah kerajinan perca yang indah.
Kerajinan *kain perca* saat ini sudah menjadi salah satu kerajinan yang paling dikagumi dan diminati oleh banyak orang Indonesia, bahkan juga di seluruh dunia. Awalnya kerajinan ini merupakan salah satu kerajinan tradisional. Namun, sekarang kerajinan ini malah menjadi salah satu tren baru di dunia kerajinan.
Ini disebabkan oleh adanya sentuhan-sentuhan kontemporer yang diberikan pada kreasi-kreasi baru yang tercipta. Sekarang, kita bisa menemukan kerajinan kain ini dalam beragam jenis kreasi serta pola yang indah dan bernilai seni tinggi seperti bed cover, taplak meja cantik, baju, tas, sajadah, hiasan dinding, dan lain sebagainya.
Seni Kerajinan Perca merupakan perpaduan antara seni tradisional dan kontemporer. Kerajinan Perca merupakan gabungan dua lembar kain yang tengahnya diisi dengan bahan penghangat batting dari silikon. Lapisan atas kerajinan perca bisa terdiri dari gabungan atau salah satu dari patch work atau aplikasi. Ketiga lapisan berbentuk sandwhich dijahit dengan jahitan mesin atau tangan (Delujur).

    Sejarah Kerajinan Kain Perca

Kerajinan kain perca termasuk kerajinan yang paling tua. Teknik penggabungan berbagai macam potongan kain untuk menciptakan motif unik dan satu kain lebar baru ternyata sudah tercipta sejak ribuan tahun yang lalu.
Bukti sejarah menunjukkan bahwa kerajinan perca sudah ada sejak zaman Mesir Kuno dan Cina kuno sekitar 5000 tahun yang lalu. Di masa abad pertengahan, kerajinan perca juga digunakan oleh berbagai bangsa untuk melapisi baju perang para prajurit mereka yang terbuat dari baja.
Semakin lama, teknik kerajinan kain perca semakin berkembang. Di abad XI hingga abad XIII, orang-orang di Eropa sudah mulai menggunakan teknik kerajinan ini untuk membuat berbagai kebutuhan rumah tangga, termasuk selimut, baju, dan lain sebagainya. Hal ini seiring dengan perubahan cuaca yang menjadi semakin dingin.
Kemudian, kreasi dan motif -motif baru dalam kerajinan kain ini juga semakin berkembang hingga menjadi salah satu kesenian yang indah. Tradisi pembuatan kerajinan perca ini kemudian tersebar ke seluruh dunia karena dibawa oleh para pengembara dan musafir.
Seiring dengan berjalannya waktu dan tersebarnya seni kerajinan perca ke penjuru dunia, semakin banyak pula kreasi dan motif penggabungan kain yang tercipta. Semula kerajinan ini diciptakan hanya untuk menggabungkan beberapa potongan kain dan membuat pakaian yang lebih bisa menghangatkan.
Tujuan pembuatannya semakin berkembang dan lebih bernilai seni tinggi. Bahkan sekarang, pembuatan kerajinan kain perca tidak hanya dengan tujuan pemanfaatan limbah kain saja. Kerajinan perca juga dibuat dengan tujuan kenyamanan dan keindahan si pemakai.
Cukup banyak juga para pengrajin kerajinan perca yang menggunakan 100% bahan baru yang dipotong-potong. Potongan kain tersebut kemudian dibentuk kembali dengan teknik kerajinan kain ini sehingga hasilnya lebih berkualitas, baik dari segi kenyamanan maupun nilai estetikanya. Bahkan motif perca juga sering menjadi ide para desainer untuk menciptakan karya-karya unik dan indah yang baru.

Kain perca memiliki sejarah yang panjang, bahkan telah ditemukan ribuan tahun yang lalu. Bangsa Cina dan Mesir Kuno melapisi baju perangnya yang terbuat dari besi dari kain perca.

Pada  tahun 1100 sampai 1300 kain perca dipakai untuk membuat selimut, baju, dll untuk melindungi tubuh dari dinginnya musim dingin di Eropa.Setelah abad tersebut, perca mulai menyebar ke seluruh  dunia.

Seni Kerajinan Perca atau Quilting sudah ada sejak abad ke-19 di USA, Mesir, China dan Eropa. Sekarang sudah menyebar ke seluruh dunia. Walaupun di Indonesia seni kerajinan perca sudah ada sejak dulu, beberapa tahun belakangan ini mulai berkembang menjadi kesenian modern. Paduan warna dan bahan katun yang nyaman dipakai ini mulai menghiasi butik-butik mahal di kota besar di Indonesia.

Itulah sekilas pengertian tentang kain perca. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Jangan lupa share ke temen-temen yang lain ya !.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang membuat hiasan dinding teknik perca cara jiplakan pola beserta gambarnya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kerajinan Tekstil dari Limbah

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://myfavoritehandicraft.wordpress.com/category/kain-perca/

0 komentar:

Post a Comment