, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Membuat Selimut Quilt untuk Pemula

 Cara Membuat Selimut Quilt untuk Pemula


belajar jahit quilt - 6 Metode:PersiapanMempersiapkan Kain AndaMenjahit Selimut Quilt AndaMembuat TepianMengisi, Melandasi, dan Menjelujur Quilt AndaMengikat Quilt Anda
Selimut tidur quilt adalah karya seni yang diciptakan dengan teknik quilting. Quilting adalah seni menjahit dan menyatukan potongan-potongan kain untuk menciptakan motif pada selimut tidur atau barang-barang rumah tangga lainnya. Quilting dapat menjadi hobi yang sangat menyenangkan dan bermanfaat. Anda dapat melakukannya sendiri, bersama teman, ataupun berkelompok. Beginilah cara memulainya!

Metode 1 dari 6: Persiapan

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 1    1
    Kumpulkan bahan-bahannya. Untuk mulai membuat quilt pertama Anda, Anda harus mempersiapkan semuanya agar mudah digunakan. Ambil peralatan Anda, rapikan suatu area dan mari memulai. Anda akan membutuhkan:
        Pemotong berputar (rotary cutter)
        Gunting
        Penggaris
        Benang (beragam jenis)
        Alas potong
        Alat dedel
        Jarum pentul
 

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 2    2
    Pilih kain Anda. Jenis kain yang berbeda akan rusak dalam waktu yang berbeda juga -- jadi lebih baik jangan mencampur beragam bahan. Anda lebih baik tetap menggunakan bahan katun. Selanjutnya, pikirkan mengenai warna dan ukuran -- jika Anda tidak mempertimbangkannya dengan baik, quilt yang Anda buat tidak akan menarik dan teratur.
        Pilihlah warna-warna dengan nuansa yang sama, tetapi jangan gunakan warna yang persis sama -- selimut Anda akan terlihat membosankan dengan satu warna. Pertimbangkan untuk memilih warna terang dan cerah, gelap dan berani, dan hindari warna yang terlalu serupa satu sama lainnya.
        Jangan memilih kain dengan motif yang seluruhnya kecil atau seluruhnya besar. Variasikan antara keduanya akan menciptakan hasil yang lebih dinamis dan jelas. Anda mungkin harus memilih satu kain, dan menyesuaikan kain lainnya berdasarkan pola kain tersebut.
        Pertimbangkan untuk memilih kain "penyemangat". Ini adalah kain yang memiliki warna jauh lebih cerah dari yang lainnya, sehingga menghasilkan selimut yang menarik secara keseluruhan.
            Anda juga akan memerlukan kain untuk sisi belakang, bagian tepi, untuk mengikat, dan untuk mengisi.
            Jika Anda memilih bahan katun 100% berkualitas tinggi
yang dibeli dari toko kain atau toko dengan pilihan kualitas tinggi seperti JoAnn, Hancock, dll., Anda tidak akan memiliki masalah dengan warna yang luntur, dsb. Jika kain yang Anda gunakan sudah lama atau memiliki kualitas rendah, cucilah dahulu sebelum Anda mulai memotongnya.
   

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 3    3
    Cobalah untuk mendapatkan perangkat quilting. Seorang pemula harus memiliki perangkat quilting untuk memudahkan pembelajaran. Perangkat quilting adalah peralatan yang telah dikelompokkan untuk membuat sebuah karya. Biasanya mereka dilengkapi dengan pola, kain yang telah dipotong, dan panduannya. Namun, peralatan ini tidak dilengkapi dengan benang, landasan quilt dan pengisi.
        Pastikan perangkat tersebut sesuai dengan tingkat kemampuan Anda. Hampir semua perangkat ditandai dengan tingkat kemampuan. Beberapa disesuaikan untuk pemula yang belum mahir, biasanya untuk membuat karya hiasan dinding sebagai pemula sebelum mengerjakan quilt selimut tidur. Alternatif lainnya adalah untuk membeli jelly roll, yaitu sekelompok kain dengan nuansa yang sama yang telah dipotong menjadi garis-garis panjang. Satu gulungan dapat membuat quilt yang kecil seperti hiasan dinding.

Metode 2 dari 6: Mempersiapkan Kain Anda

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 4
    1
    Pilihlah sebuah desain. Anda perlu mengetahui seberapa besar selimut yang akan Anda buat dan bagaimana Anda akan menyusun potongan kain Anda. Pada titik ini, Anda akan lebih mudah mengerjakan dengan kotak-kotak.
        Anda dapat menggunakan kotak-kotak yang besar "atau" menggunakan kotak-kotak kecil yang disusun menjadi kotak besar. Lihatlah pada bahan yang Anda miliki dan perkirakan susunan apa yang dapat Anda buat darinya.
 

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 5    2
    Mulailah memotong kain Anda. Ambillah pemotong berputar Anda dan mulailah bersenang-senang. Anda akan perlu sedikit menghitung, sih -- jarak keliman dan ukuran seluruhnya harus diperhitungkan.
        Anda akan memerlukan jarak 0,6 cm pada setiap sisi dari potongan kain. Jadi jika Anda menginginkan kotak sebesar 10 cm, Anda akan memotong kotak dengan ukuran 11,25 cm. Jika Anda menginginkan 4 buah kotak untuk mengisi blok sebesar 35 cm, setiap kotak kecilnya akan memiiki ukuran 6,25 cm.

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 6    3
    Susun potongan-potongan Anda. Akan lebih mudah jika Anda menyusunnya sekarang daripada menyusunnya nanti saat Anda menjahitnya. Kosongkan sebagian area di lantai untuk melihat bagaimana hasil karya Anda pada akhirnya.
        Anda perlu melihat bagaimana setiap potongan kain terpasang pada sekelilingnya. Menyusun potongan kain Anda satu persatu akan menghindarkan Anda dari penumpukkan satu warna pada satu bagian. Anda juga dapat melihat bagaimana hasilnya ketika selesai.

Metode 3 dari 6: Menjahit Selimut Quilt Anda

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 7
    1
    Mulailah menjahit barisannya. Ambillah susunan kain yang telah Anda letakkan di lantai dan tumpukkan beberapa kain per barisan, dari kiri ke kanan. Anda juga Akan memerlukan perekat atau sejenisnya untuk membantu Anda menunjukkan baris dengan tumpukkannya.
        Ambillah selembar kotak yang Anda miliki dan letakkan dengan sisi muka mengh
adap ke atas. Lalu, ambillah lembar kedua dan letakkan sisi muka menghadap ke bawah, tepat di atas kotak pertama. Beri jarum pentul pada sisi kanannya.
        Dengan mesin jahit Anda, jahitlah kotak-kotak tersebut dengan jarak keliman sebesar 0,6 cm. Anda akan perlu mensejajarkan tepian kain Anda kepada sepatu mesin Anda. Sesuaikan jarumnya jika diperlukan. Ketahuilah bahwa sedikit kurang dari 0,6 cm lebih baik dari kelebihan 0,6 cm.
        Sekarang bukalah sepasang kain tadi dengan sisi muka menghadap Anda. Ambillah kotak ketiga dan beri jarum pentul dengan sisi muka menghadap ke sisi muka kotak kedua. jahit dengan jarak keliman 0,6 cm seperti yang Anda buat. Ulangi hingga barisan ini dan baris-baris berikutnya selesai, namun jangan menjahit baris-baris tersebut dahulu!

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 8    2
    Tekan kain Anda. Ini mungkin terlihat membosankan dan tidak penting, namun Anda akan bersyukur telah melakukannya. Dan, ya, ada perbedaan antara menekan dan menyetrika: menekan dilakukan dengan lebih lembut. Dan jika Anda mengunakan uap, kain Anda akan menjadi sedikit lebih kaku. Pastikan Anda menekan keliman ke satu arah - bukan terbuka.
        Tekan keliman ke satu arah pada baris yang genap dan tekan keliman ke arah yang lain pada baris yang ganjil. Lanjutkan pada setiap baris.
        Setelah Anda memiliki dua baris, pasangkan keliman. Apakah keliman yang telah ditekan menyentuh satu sama lain? Bagus. Sekarang beri jarum pentul supaya kotak-kotaknya juga terpasangkan.

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 9    3
    Jahitlah barisan-barisan tersebut. Sekarang Anda telah memiliki keliman yand telah disejajarkan, akan sangat mudah bagi Anda untuk menjahit barisan-barisan ini. Ikuti garis yang Anda buat dan kembalilah kepada mesin Anda.
        Jika tidak sempurna, jangan takut. Ini adalah kemampuan yang dimiliki seiring dengan waktu. Namun efek perca pada selimut Anda akan menutupi kekurangannya.

Metode 4 dari 6: Membuat Tepian


  

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 10    1
    Ambillah empat lembar panjang kain Anda. Tidak harus salah satu dari kain yang Anda gunakan -- Anda dapat menggunakan warna yang berlawanan dengan selimut Anda untuk menambah warna. Setiap lembar harus memiliki ukuran dari salah satu tepi selimut Anda dan memiliki lebar sedikitnya 7,5 cm.

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 11    2
    Temukan panjang tepian Anda. Ada banyak cara untuk melakukannya, namun cara termudah adalah yang di bawah ini.
        Potong tepian kain (bagian yang berada pada tepian kain untuk mencegahnya berjumbai) dari tepian tersebut. Lalu letakkan 2 lembar kain tepian panjang melintangi bagian tengah selimut Anda, dengan salah satu ujung tepiannya sejajar dengan tepian selimut. Ujung lainnya akan menggantung pada sisi lain.
        Beri jarum pentul pada kain tepian yang melewati tepi selimut. Dan potong dengan hati-hati menggunakan pemotong Anda di tempat yang ditandai dengan jarum pentul.
   

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 12    3
    Beri jarum pentul pada tepiannya. Lipat kain tepian menjadi dua, ujung ke ujung, untuk menemukan bagian tengahnya. Tandai bagian tengahnya dengan jarum pentul dengan bagian tengah dari quilt, dan beri jarum pentul pada kedua ujungnya, baik kain tepi maupun bagian quilt.
        Beri jarum pentul dengan jarak tertentu pada sepanjang tepian untuk menjaga posisi kain. Bukan hal yang buruk jika kain Anda berukuran sedikit lebih kecil dari panjang lapisan quilt (dan dua kain lainnya lebih panjang), namun inilah sebabnya mengapa memulinya dari tengah dan ujung-ujungnya saat memberi jarum pentul menjadi sangat penting.
   
Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 13
    4
    Jahitlah tepi kain Anda. Beri jarum pada sisi yang berlawanan dan jahitlah kain tepian pada tepi quilt. Tekan tepian hingga terbuka dan rata dari sisi muka selimut quilt Anda.
        Ulangi langkah ini pada tepian lainnya. Letakkan 2 kain tepi sisanya pada bagian tengah lapisan quilt. Beri tanda dimana Anda harus memotong, merapihkan sisanya, memberi jarum pentul dan menjahitnya. Tekan sekali lagi.

Metode 5 dari 6: Mengisi, Melandasi, dan Menjelujur Quilt Anda

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 14
    1
    Pilih bahan isian Anda. Ini adalah benda yang diselipkan di antara bagian-bagian cantik pada selimut quilt Anda. Ada berjuta-juta pilihan untuk mengisi (itu benar), membuat prosesnya cukup menakutkan. Namun dengan menggunakan dasarnya sekarang akan memastikan keberhasilan Anda nanti. Secara umum, Anda perlu mempertimbangkan ketebalan dan unsur bahan yang Anda gunakan.
        Loft (ketebalan) adalah istilah mewah untuk ketebalan isian Anda. Loft rendah berarti isian Anda tipis. Kain loft rendah lebih mudah untuk dikerjakan, namun menghasilan selimut yang lebih tipis juga.
        Serat adalah bahan pembuat isian Anda. Poliester, katun 100%, dan campuran katun/poly adalah tiga bahan yang paling sering digunakan dan tidak ada yang lebih baik dari yang lainnya. Wol dan sutra juga tersedia, namun dengan harga yang lebih mahal. Dan peserta terbaru adalah bambu, namun itu sangat aneh.
            Poliester - Pilihan lebih murah yang lebih baik digunakan untuk selimut quilt buatan sendiri jika berjenis loft rendah. Bahan ini tidak perlu dijahit dekat dengan yang lainnya, namun cenderung bergeser dan seratnya dapat keluar dari tepian selimut apabila sudah lama.
            Katun - Ini adalah pilihan yang baik untuk selimut quilt yang dibuat dengan mesin. Bahan ini harus dijahit dengan lebih rapat. Ia akan sedikit menyusut, namun tidak akan menggumpal. Katun 100% akan terasa seperti bahan flanel.
            Katun campuran (biasanya 80% katun/20% poliester) - Mungkin adalah pilihan terbaik, jika Anda harus memilih. Ia tidak mahal dan tidak menyusut sebanyak yang terjadi pada katun 100%. Baik untuk mesin juga.
   

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 15    2
    Potong bahan landas Anda. Ini harus menjadi bagian paling besar. Isian harus berukuran lebih kecil dari ukuran landas Anda dan lebih besar dari bagian quilt Anda. Bagian quilt akan menjadi yang terkecil.
        Selama isian Anda lebih besar 5-10 cm pada semua sisinya daripada bagian quilt Anda, maka tidak ada masalah. Alasan mengapa bagian belakang harus lebih besar adalah karena Anda biasanya akan manjahit dari bagian atas quilt dan isian serta landas dapat sedikit bergeser di bawahnya. Jarak tambahan adalah jaminan Anda bahwa bagian landas Anda tidak akan lebih kecil dari bagian muka secara tiba-tiba.
 

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 16    3
    Pasangkan lapisan-lapisan Anda. Jahit jelujur adalah langkah yang sangat penting dalam proses ini. Mungkin terasa membosankan, tetapi melakukannya dengan hati-hati akan memberi hasil yang terlihat mahir. Jahit jelujur adalah salah satu cara untuk menahan tiga lapisan secara sementara saat Anda menjahitnya.
        Setrika kain landasan dan letakkan di lantai dengan muka menghadap ke bawah. Tarik kain dengan hati-hati (tetapi jangan sampai merenggang) dan rekatkan pada permukaan yang keras dan datar.
        Ratakan isian dan letakkan lapisan quilt diatas isian. Tekan kedua lapisan bersama-sama untuk meratakan kerutan. Ini juga dilakukan agar lapisan quilt menempel sedikit pada isian. Saat lapisan atas dan isian telah menjadi licin dan halus, gulung kedua lapisan dengan hati-hati.

        Bawalah gulungan lapisan Atas dan isian kembali dan bukalah gulungan dengan hati-hati di atas kain landas, haluskan kerutan kain saat Anda membuka gulungan. Pastikan Anda dapat melihat kain landas di sekeliling tepian lapisan quilt.
 

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 17    4
    Jaga supaya lapisan tetap bersama. Ini adalah beberapa pilihan untuk Anda. Yaitu, jika Anda menjahitnya menggunakan mesin. Anda selalu dapat menjahit jelujur dengan cara tradisional atau juga menggunakan jelujur semprot.
        Beri jarum pentul pada lapisan quilt setiap 5-10 cm dimulai dari tengah. Gunakan jarum pentul jelujur -- mereka berbentuk melengkuk dan mudah untuk mengubahnya. Saat jarum-jarum tersebut telah ditempatkan, lepaskan perekatnya dan periksa kembali quilt Anda untuk memastikan lapisannya rapat dan merata.
            Jika ada pengerutan atau bahan yang berlebih, sekaranglah saatnya untuk memperbaiki masalahnya. Jika kain yang Anda gunakan longgar saat Anda mulai menjahitnya, Akan terdapat kain yang terselip atau mengerut. Anda tidak dapat memperbaikinya saat Anda telah mulai menjahitnya tanpa membuat Anda pusing dan membuang banyak waktu untuk mendedelnya.(Namun, Anda dapat menggunakan kain landas yang penuh dengan motif untuk menyembunyikan kesalahan-kesalahan kecil.)
   

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 18    5
    Mulailah menjelujur. Ada banyak pilihan dalam menjahit dengan mesin. Pilihan yang pertama adalah menjahitnya sejajar dengan keliman/kain. Menjahit tepat di sebelah keliman dinamakan "menjahit dalam parit." Jika Anda ingin membuat tampilan visual pada selimut Anda, Anda dapat menjahit garis-garis atau pola-pola ke arah yang berlawanan.
        Akan lebih baik bagi Anda untuk mengerjakan quilt dari tengah dan mengarah ke luar. Karena akan sangat sulit untuk memasukkan seluruh bagian ke dalam mesin jahit, Anda dapat menggulung tepiannya. Anda dapat menbuka gulungannya saat Anda mendekat pada tepi luar. Anda juga akan membutuhkan sepatu walking foot saat menjahitnya. Bukan hal yang diharuskan, tetapi akan membantu Anda menjahit setiap lapisan dengan merata.

Metode 6 dari 6: Mengikat Quilt Anda

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 19
    1
    Mulailah memotong dan merapikan. Anda akan perlu merapihkan isian dan kain landas dari karya quilt Anda. Gunakan pemotong berputar dan penggaris yang Anda gunakan harus memiliki tepian yang bersiku tajam. Lalu mulailah memotong kain-kain memanjang untuk ikatan selimut Anda.
        Potong kelebihan kain dari kain yang telah dipotong memanjang. Anda akan memerlukan empat helai yang memiliki panjang yang sama dengan panjang semua tepian selimut Anda, namun memiliki lebar yang lebih kecil dari kain tepi Anda. 5-7,5 cm adalah ukuran lebar yang sesuai, tergantung dari besar ukuran selimut Anda.
   

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 20    2
    Jahitlah kain-kain memanjang ini untuk membuat satu helai kain memanjang. Ini mungkin tampak membingungkan atau berlawanan dengan yang seharusnya, tetapi ini adalah cara termudah untuk melakukannya. Tekan keliman hinga terbuka dan lipat menjadi dua “memanjang”. Tekan sekali lagi – Anda akan menginginkan lipatan yang tajam pada tepian selimut Anda.
   

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 21    3
    Beri jarum pentul pada ikatan Anda. Mulailah dari sudut dalah satu sisi (Anda tidak akan mau menggabungkan ujungnya agak jauh dari bagian sudut -- ini akan sangat menyulitkan), beri jarum pentul pada tepian yang kasar dari kain tepi yang telah Anda tekan dengan tepian kasar dari sisi BELAKANG selimut Anda.
        Saat Anda mencapai bagian sudut, Anda akan harus menyelipkannya. Untuk melakukannya:
            Lipatlah kain tersebut dengan sudut 45 derajat saat Anda mencapai sudut selimut Anda. Beri jarum dengan sudut 45 derajat untuk menjaga sudut tersebut.
            Lipatlah kain memanjang tersebut ke bawah untuk menyesuaikan dengan tepian kasar pada tepian sisi berikutnya. Lipatan harus sejajar dengan tepi dari sisi terakhir yang Anda beri jarum. Anda akan memiliki segitiga yang menonjol – beri jarum yang lain dengan sudut 45 derajat pada sisi lain dari lipatan segitiga kecil tersebut.
        Saat kain memanjang telah mengelilingi selimut dan kembali pada titik awal, lipat ujungnya supaya kain tersambung. Tekan dengan setrika Anda untuk membuat lipatan tajam pada kedua lipatan. Potong keliman sekitar 0,6 cm dari lipatan. Beri jarum untuk menyatukan dan jahit keliman pada tanda hasil menekan pada kedua kain memanjang. Tekan keliman hingga terbuka.
  

Gambar berjudul Make a Quilt (for Beginners) Step 22    4
    Jahitkan pada selimut Anda. Anda hampir selesai! Jahit pengikat pada bagian belakang selimut Anda dengan jarak keliman sebesar 0,6 cm. (Jika Anda memiliki fitur sepatu walking-foot pada mesin jahit Anda, gunakan disini.) Saat Anda mencapai bagian sudut, hentikan jahitan Anda 0,6 cm dari ujung tepi tersebut. Angkat sepatu mesin dan putar selimut Anda ke arah yang baru, dan menaruh segitiga kecilnya ke arah yang lain dan mulailah menjahit dari awal sisi itu.
        Saat keempat tepian telah dijahit ke bagian belakang selimut, lipatlah ujung yang terlipat ke bagian depan selimut dan beri jarum. Sudut yang diselipkan harus berada pada tempatnya. Ini seperti sihir. Beri jarum pentul yang banyak untuk menjaga pengikat pada tempatnya untuk persiapan menjahit dengan mesin.
        Dengan menggunakan benang yang berwarna sama atau benang transparan (baik untuk digunakan bila Anda tidak mau jahitan Anda banyak terlihat di bagian belakang), jahit dengan hati-hati bagian pengikat dari sisi muka selimut. Belokkan selimut dengan hati-hati saat Anda telah mencapai sudutnya dan lanjutkan menjahit di sekeliling selimut. Anda akan perlu membuat tusuk balik pada bagian awal dan akhir.


Tips



    Selalu mintalah nasehat dari pembuat quilt yang telah mahir atau dari orang yang bertanggung jawab atas bagian quilting di toko kain atau toko kerajinan tangan yang mengetahui tentang produk dan alat quilting.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Cara Membuat Selimut Quilt untuk Pemula

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang belajar jahit quilt

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pola Dasar Baju Wanita

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Membuat-Selimut-Quilt-untuk-Pemula

0 komentar:

Post a Comment