, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Bahan Pelapis Busana: Tricot

 Bahan Pelapis Busana: Tricot

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 Bahan Pelapis Busana: Tricot


bahan lapisan baju batik - Tricot merupakan salah satu bahan pelapis busana atau lining, seperti bahan furing, vislin, staplek, dan lain sebagainya. Perbedaannya terdapat pada penggunaannya, jenisnya, dan cara pemasangannya. Tricot digunakan untuk penstabil kain dan sebagai lapisan pengeras. Tricot sering digunakan jika kain terlalu lemas, jika kain ingin terlihat agak kaku maka semua bidang kain dilapisin menggunakan tricot.

Bahan tricot yang sering digunakan dan dijual di toko peralatan jahit adalah tricot berwarna putih dan hitam, namun ada warna lain juga walalupun jarang dijual. Bahan yang digunakan untuk tricot biasanya terbuat dari serat sintetis, misalnya polyester dan nylon.

Tricot

 TricotTricot

Tricot biasanya digunakan pada busana model blazer, coat, jas atau model atasan. Selain itu juga bisa digunakan untuk pelapis pakaian olahraga, mainan, tas, topi, sepatu, dan lain sebagainya. Busana akan terlihat lebih rapi dan tidak mudah kusut. Tricot mampu mempertahankan shape atau bentuk sebuah pakaian. Bahan tricot masih nyaman digunakan karena memiliki permukaan yang lembut. Bahan tricot cukup kuat (durable), sehingga tidak akan cepat rusak meskipun sering digunakan dan dicuci beberapa kali tetap menempel dan tidak berbulu.

Tricot Pada Blazer

 Tricot Pada BlazerTricot Pada Blazer

Cara pemasangan tricot yaitu disetrika pada kain yang akan dijahit. Gunakan setrika yang panas (namun jangan sampai merusak kain) dan berat agar tricot menempel sempurna. Penting diperhatikan pada saat pengaplikasiannya ke busana jahitan, jangan sampai terbalik. Sisi luar adalah yang halus permukaannya, sedangkan yang kasar ada disisi dalam. Biasanya busana yang sudah dilapisi tricot masih juga dilapisi furing, tujuannya adalah untuk lebih nyaman, lebih rapi dan tricot lebih awet. Meskipun tanpa dilapisi furing, bahan tricot nyaman jika tersentuh langsung dengan kulit.

Pemasangan Tricot Pada Busana
 Pemasangan Tricot Pada BusanaPemasangan Tricot Pada BusanaPemasangan Tricot Pada Busana


Bagi sahabat Fitinline yang hobi menjahit, anda bisa mencoba mengaplikasikan bahan tricot pada busana yang akan dijahit. Sebaiknya gunakan tricot pada kain yang bahannya tipis, hindari penggunaan tricot pada bahan yang tebal. Hasil jahitan busana anda pasti terlihat lebih rapi. Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang bahan lapisan baju batik

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga

anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya

tentang  Tata rias dan Busana Pengantin Sunda

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://fitinline.com/article/read/bahan-pelapis-busana-tricot

0 komentar:

Post a Comment