, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

pengertian keyboard dan fungsinya lengkap

pengertian keyboard dan fungsinya lengkap


pengertian keyboard - hallo sobat kali ini saya akan share pergertian keyboard dari difinisi keyboard, fungsi keyboard,macam-macam port keyboard,dan jenis-jenis keyboard semuanya lengkap,kenapa saya menjelaskan pengertian keyboard karna keyboard merupakan dasar dari komputer tanpa ada keyboard kita akan sangat kesusahan apa lagi kita para blogger pasti sangat membutuhkan alat yang satu ini tanpa banyak bacot lagi langsung aja baca dibawah ini
 

Pengertian Keyboard

Keyboard adalah perangkat keras input pada komputer yang berbentuk papan tombol dimana berguna untuk mengetik baik itu Numeric,Alphabet,Function,Modifier,cursor movement, dari tombol inilah terbentuk sebuah perintah atau intruksi,yang langsung dikirim oleh keyboard ke cpu untuk diproses. Keyboard terdiri dari banyak tombol ketik dengan simbol masing-masing. Mulai dari awal ditemukannya sampai sekarang, keyboard sudah mengalami banyak penyesuaian.

Difinisi Keyboard

keyboard adalah perangkat keras input yang berguna mengirimkan perintah dari tiap huruf maupun angka yang kita ketikkan kemudian menyampaikannya ke CPU dan selanjutnya perintah manual tersebut akan di rubah menjadi sinyal-sinyal digital sehingga dapat dimengerti oleh prosessor

Kegunaan tombol-tombol Keyboard

Keyboard itu memiliki banyak tombol-tombol yang mempunyai banyak perananya sendiri-sendiri , dan di dalam keyboard itu ada huruf dari A sampai Z itu berperan sebagai untuk anda menulis di dalam computer, tanpa keyboard anda tidak bisa untuk mengetik data anda di dalam sebuah computer. Di dalam keyboard itu tidak cuman ada huruf A sampai Z, ada juga banyak tombol lainnya keyboard ini juga pada umumnya memiliki di dalam sendiri-sendiri nya mempunyai manfaat yang standar yang sesuai dengan umumnya.
1.    Backspace : itu adalah dapat menghapus atau mendelete tulisan anda yang sudah terlanjut anda ketik.
2.    Caps lock : mempunyai lampu di mana kalian menekan tombolnya untuk memakai huruf besar atau pun huruf capital. Akan tetapi jika anda mematikan lampunya itu akan berubah menjadi huruf anda yang standar atau normal.
3.    Num lock : sama dengan Caps lock,Num lock juga memiliki lampu indikator dimana jika ditekan tombolnya maka tombol number akan aktif
4.    Delete : yaitu jika kalian menekan CTRL itu jadi manfaat buat delete an tulisan anda akan tidak jadi di hapus di semua karakter yang sudah ada di belakan
g cursos kalian, akan tetapi tulisan anda yang di belakang akan kehapus tetapi dengan satu kata yang ada di belakang cursos anda.
5.    Esc : untuk membatalkan perintah anda yang sedang kalian kerjakan di dalam menu. Dan ESC itu di tekan maka perintah kalian akan di batalkan di saat itu juga.
6.    Home : home itu mempunya manfaat, manfaat nya yaitu untuk membawa cursos anda ke ujung kiri atas ataupun awal baris.
7.    Enter : yaitu kalian akan dapat beralih ke barisan yang baru dari barisan ke lama.
8.    Page up : tombol page up itu dapat kalian manfaat kan untuk menggerakan barisan yang satu monitor, ke arah atas.
9.    Page down : tombol page down ini kebalikan dari tombol page up ialah menggeserkan satu garis ke bawa.
10.    Tab : tab ini memiliki manfaat untuk memindah kan cursos anda ke tempat satu kata kearah kanan.
11.    Alt: tombol ini biasa dipakai untuk memilih menu atau pilhan menu
12.    Ctrl : biasanya digunakan bersama tombol lain untuk mewakili tindakan tertentu misalnya untuk mengawali atau mengakhiri penebalan teks
Secara fisik, keyboard terbagi atas 4 jenis, yaitu:



1.    Keyboard Serial Menggunakan DIN 5 male dan biasanya digunakan pada komputer tipe AT.
2.    Keyboard PS/2 Biasanya digunakan pada komputer ATX dan saat ini yang paling banyak dipergunakan. Dan port keyboard sama seperti mouse yang membedakannya adalah warna jika keyboard berwarna ungu maka mouse berwarna hijau
3.    Keyboard Wireless Sesuai dengan namanya, keyboard tipe ini tidak menggunakan kabel sebagai penghubung antara keyboard dengan komputer. Jenis koneksi yang digunakan adalah infra red, wifi atau bluetooth. Untuk menghubungkan keyboard dengan komputer, dibutuhkan unit pemancar dan penerima. Unit pemancar biasanya terdapat pada keyboard itu sendiri, sedangkan penerima biasanya dipasang pada port USB atau serial pada CPU.
4.    Keyboard USB Komputer terbaru saat ini sudah banyak yang mempergunakan jenis konektorUSB yang menjamin transfer data lebih cepat.

Fungsi Keyboard

1.    Fungsi keyboard berdasarkan tombol ketiknya yaitu keyboard dapat digunakan untuk beberapa kebutuhan seperti mengetik atau input data dokumen dan kemudian ditampilkan di monitor pc kita. Tombol ketik yang dimaksud terdiri dari angka dan huruf yang ada dikomputer.
2.    Fungsi keyboard berdasarkan tombol kontrolnya yaitu keyboard dapat menjalankan perintah tertentu pada sistem operasi apabila beberapa tombol digabungkan. Contohnya Jika tombol ctrl digabungkan dengan E maka dapat membuka jendela explorer.

3.    Fungsi keyboard berdasarkan tombol fungsinya yaitu keyboard pada umumnya menyesuaikan tombol fungsi dengan perangkat lunak komputer seperti contohnya ketika kita menekan f2 yaitu berfungsi untuk mematikan layar pada komputer begitupun tombol fungsi lainnya yang terdiri dari f1-f12 yang letaknya ada di bagian atas keyboard.
4.    fungsi keyboard berdasarkan tombol alternatenya yaitu keyboard memiliki tombol seperti enter, esc, tab dan alt fungsi dari tombol tombol itu sangat berguna pada dokument dan pengoprasian komputer.
5.    fungsi keyboard berdasarkan tombol navigasinya yaitu pada keyboard terdapat tombol Page Down yang fungsinya untuk menurunkan layar ke bawah. selanjutnya tombol Page Up yang fungsinya untuk menaikkan layar ke atas. selanjutnya tombol End yang berfungsi untuk memindahkan kursor ke akhir kalimatm, selanjutnya tombol home digunakan untuk memindahkan kursor ke awal kalimat.dan tombol navigasi yaitu tumbol panah atas untuk ke atas,tombol panah bawah untuk kebawah,selanjutnya tombol panah kiri ke kiri, kemudian panah kanan ke kanan dan masih banyak fungsi lainnya.
Jenis-Jenis Keyboard :
1. Keyboard QWERTY


Sesuai dengan namanya QWERTY yang merupakan deretan huruf pada barisan paling atas pada keyboard. Keyboard ini diproduksi oleh Perusahaan Remington pada tahun 1873 dan rancangan keyboard ini pertama kali digunakan pada mesin ketik di USA tahun 1874. Keyboard QWERTY merupakan pengembangan dari mesin ketik. Susunan tombol dipilih untuk mengurangi loncatan penekanan tombol yang tidak sengaja pada mesin ketik manual. Misal huruf ‘s’, ‘t’, dan ‘h’ diletakkan berjauhan meskipun sering digunakan bersama dalam kalimat bahasa Inggris. Sampai saat ini, keyboard jenis Qwerty tetap digunakan.

2. Keyboard DVORAK


Keyboard ini dibuat pada tahun 1936. Keyboard Dvorak diciptakan berdasarkan prinsip kerja biomekanis dan efisiensi. Susunan letak tombol huruf dengan jenis QWERTY dibuat sedemikian rupa sehingga 56 % ketukan ada pada tangan kanan dan jari-jari yang lebih banyak bekerja adalah jari telunjuk, jari tengah, dan jari manis. Susunan tombol huruf berdasarkan frekuensi penggunaannya. Huruf-huruf yang ada pada baris tengah lebih sering diketuk kira-kira sampai 70 % dan perpindahan antar baris hanya sekitar 10 %,huruf-huruf yang umum, biasanya berada dibawah jari-jari yang dominan dan Mampu meningkatkan kecepatan pengetikan 10 – 15 % serta mengurangi kelelahan tangan.

3. Keyboard KLOCKENBERG


Keyboard ini dibuat dengan maksud menyempurnakan jenis keyboard yang sudah ada, yaitu dengan memisahkan kedua bagian keyboard (bagian kiri dan kanan). Bagian kiri dan kanan keyboard dipisahkan dengan sudut 15 derajat dan dibuat miring ke bawah. Selain itu, keyboard KLOCKENBERG mempunyai tombol-tombol yang dibuat lebih dekat (tipis) dengan meja kerja sehingga terasa lebih nyaman. Keyboard KLOCKENBERG tampak lucu karena dipisahkan bagian kiri dan kanannya yang relatif lebih banyak memakan ruang

4. Keyboard Chord


Hanya mempunyai beberapa tombol antara 4 sampai 5. Untuk memasukkan suatu huruf harus menekan beberapa tombol secara bersamaan. Ukurannya kompak, sangat cocok untuk aplikasi yang portabel. Waktu pelatihan singkat, penekanan tombo-tombol mencerminkan bentuk huruf yang diinginkan Kecepatannya tinggi Kurang populer, karena pada pemakaian yang lama akan menyebabkan kelelahan pada tangan.

5. keyboard MALTRON


Tak seperti keyboard pada umumnya yang datar, keyboard ini dibuat agak cekung ke dalam. Dengan pertimbangan bahwa pada saat jari-jari diposisikan akan mengetik, maka jari-jari itu dijamin tidak akan membentuk satu garis lurus. Produsen Maltron berkeyakinan bahwa pada dasarnya, hanya digunakan 8 jari dari sepuluh jari yang tersedia ketika manusia mengetik dengan keyboard biasa.Dengan mengetik di keyboard biasa, maka jari tangan harus beradaptasi dengan bentuk keyboard. Hal ini diklaim oleh mereka dapat menyebabkan RSI (Repetitive Stress Injuries). Sementara, dengan menggunakan Maltron, keyboardnyalah yang akan menyesuaikan dengan tangan. Dengan bentuk yang unik seperti ini, Maltron menjamin kenyamanan jari tangan di saat mengetik sehingga tidak menyebabkan RSI bahkan bisa jadi akan meningkatkan kecepatan mengetik sebab yang digunakan adalah 10 jari bukannya 8 jari.

6. Keyboard Proyeksi


Untuk menghemat tempat (diletakkan di atas permukaan apa saja asalkan datar), Bekerja dengan menggunakan sensor gerak, jika jari melakukan gerak tertentu, sistem scanning akan mengirim sinyal ke chip komputer seolah user menekan tombol tertentu. Digunakan misal
nya pada PDA sebagai pengganti mouse.

7. Keyboard Alphabetik


Tombol-tombol pada keyboard alphabetik ini disusun persis seperti pada tata keyboard qwerty dan keyboard dvorak, tetapi susunan hurufnya berurutan sama seperti huruf alphabet. Keyboard ini banyak diemui pada permainan anak-anak agar mereka mengenal huruf.

8. Keyboard Numeric



Keyboard ini digunakan untuk memasukkan bilangan angka dalam jumlah banyak maupun sedikit, orang-orang kebanyakn lebih menyukai menggunakan keyboard numerik (numeric keypad) yang tata letak tombol-tombolnya mudah dijangkau oleh tangan.
keyboard akan terus berkembang karna teknologi sekarang sangat pesat, bisa saja nanti keyboard berubah bentuk lagi atau kinerjanya yang bertambah semuanya tergantung perubahan jaman, kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi dimasa depan

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja,   kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,    kursus menjahit
pengertian keyboard dan fungsinya lengkap

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian keyboard

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga

anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya

tentang Spesifikasi Komputer Server Lengkap Dengan Harganya

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://hasanwirayudahstr4wh4t.blogspot.co.id/2015/07/pengertian-keyboard-dan-fungsinya.html

0 komentar:

Post a Comment