, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jenis kerajinan tekstil dan penjelasan ??!?!?!?!

Jenis kerajinan tekstil dan penjelasan ??!?!?!?!



jelaskan devenisi jahit tindas - 1. KERAJINAN BATIK Pengertian Dan Fungsinya Membatik merupakan kegiatan berkarya seni menggunakan bahan lilin yang dipanaskandan menggunakan alat canting atau kuas untuk membuat pola gambar atau motif yangdioleskan di atas selembar kain
2. KERAJINAN SULAMPengertian Bordir dan sulamanBordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan laindengan jarum jahit dan benang.
3. KERAJINAN JAHIT PERCAPengertian jahit percaPerca adalah sisa-sisa guntingan kain yang ada setelah membuat pakaian atau karyakerajinan tekstil lainnya
4. KERAJINAN JAHIT TINDAS PengertianJahit tindas (quilting) adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara melapisi ataumengisi kain dengan bahan pelapis atau pengisi kemudian dijahit tindas pada permukaankain sesuai dengan rencana.
5. KERAJINAN CETAK SARINGCetak saring adalah salah satu teknik proses cetak yang menggunakan layar(screen) dengan kerapatan tertentu dan umumnya barbahan dasarNylon atau sutra

Tekstil adalah meteliar fleksibel yang terbuat dari tenun benang.tekstel di bentuk dengan cara menyulam atau menjahit
 tugas produktif
PRODUKTIF KRIA TEKSTIL

KOMPETENSI DALAM KRIA TEKSTIL

Pengertian Batik

Batik (atau kata Batik) berasal dari bahasa Jawa “amba” yang berarti menulis dan “titik”. Kata batik merujuk pada kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan “malam” (wax) yang diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), atau dalam Bahasa Inggrisnya “wax-resist dyeing”.

Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak “Mega Mendung”, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

Ada 3 tahap pembuatan batik :


-pewarnaan,
-pemberian malam(lilin) pada kain
-pelepasan lilin dari kain.

Proses-Prosesnya adalah sebagai berikut:

Kain putih yang akan dibatik dapat diberi warna dasar sesuai selera kita atau tetap berwarna putih sebelum kemudian di beri malam. Proses pemberian malam ini dapat menggunakan proses batik tulis dengan canting tangan atau dengan proses cap. Pada bagian kain yang diberi malam maka proses pewarnaan pada batik tidak dapat masuk karena tertutup oleh malam (wax resist). Setelah diberi malam, batik dicelup dengan warna. Proses pewarnaan ini dapat dilakukan beberapa kali sesuai keinginan, berapa warna yang diinginkan.
Jika proses pewarnaan dan pemberian malam selesai maka malam dilunturkan dengan proses pemanasan. Batik yang telah jadi direbus hingga malam menjadi leleh dan terlepas dari air. Proses perebusan ini dilakukan dua kali, yang terakhir dengan larutan soda ash untuk mematikan warna yang menempel pada batik, dan menghindari kelunturan. Setelah perebusan selesai, batik direndam air dingin dan dijemur.

Jenis batik

    Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.

    Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.


Pengertian Jahit Perca dan Jahit Tindas


Jahit Perca adalah teknik pembuatan suatu benda kerajinan tekstil yang teridiri dari gyntingan-guntingan kain ( perca kain) yang sudah di pola, kemudian digabungkan menjadi satu dengan cara dijahit.

Jahit Tindas adalah teknik pembuatan suatu benda kerajinan tekstil dengan cara mengisi atau melapisi kan dengan bahan pengisi/pelapis, kemudian dijahit pada bagian atas kain sesuai dengan disain.

Alat yang biasa digunakan pada teknik jahit perca ataupun jahit tindas antara lan :

    Mesin jahit

    Mesin Obras
    Jarum Mesin
    Jarum Tangan
    Jarum Pentul
    Gunting Kain
    Gunting Benang
    Meteran
    Kapur Jahit
    Karbon Jahit
    Rader
    Pendedel

Selain alat, bahan pokok yang digunakan antara lain :

    Bahan pengisi
    Benang Jahit
    Kain Polos dan Bermotif

Pada pembuatan produk sarung bantal santai diperlu kan pola / mal ebagai dasar jahitan. Adapun pola yang dapat digunakan adalah pola geometris meliput

    Segi tiga
    Segi empat
    Segi enam
    Jajaaran genjang/belah ketupat
    Heksagon
    Lingkaran
    dll.

Beberapa contoh produk teknik jahit perca dan jahit tindas antara lain :

    Sarung bantal kursi
    Sarung bantal santai
    Tutup kulkas
    Selimut bayi



Pengertian Makrame

Makrame adalah Bentuk seni kerajinan simpul-menyimpul dengan menggarap rantaian benang awal dan akhir suatu hasil tenunan, dengan membuat berbagai simpul pada rantai benang tersebut sehingga terbentuk aneka rumbai dan jumbai.

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Jenis kerajinan tekstil dan penjelasan ??!?!?!?!

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang jelaskan devenisi jahit tindas

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Macam-macam motif geometris

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://dani3-tcha.blogspot.co.id/2009/09/tugas-produktif.html

0 komentar:

Post a Comment