, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Menbuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel

 Cara Menbuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel



cara membuat sendal doraemon dari kain flanel - Dalam kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai seni kerajinan tangan dari kain flanel, apa itu kian flanel? Jawabannya kain flanel dibuat dari serat wol dan dicampur dengan beberapa kain serat lainnyaa lalu dikompresi melalui proses pemanasan tanpa proses penenunan,proses inilah yang menjadikan kain flanel berbeda dengan kain lain juga warna warna nya yang cerah yang menjadikan kain ini banyak diminati untuk membuat jenis produk anak-anak dan para remaja untuk itu kain flanel menjadi solusinya,untuk bahan kain nya sendiri kain flanel yang digunakan adalah kain yang berwarna polos dengan ketebalan sekitar 0,2mm agar mudah digunting dan di bentuk.
Cara menbuat kerajinan tangan dari kain planel
Membuat kerajinan tangan dari bahan kain planel memang sudah tidak asing lagi karena kain planel ini banyak dijumpai di berbagai tempat dan dengan harga jual kain yang terjangkau murah ini dapat menciptakan sebuah nilai daya guna dan bisnis bagi mereka yang tekun dan kreatif untuk menuangkan imajinasi-imajinasi mereka.kain flanel ini dapat dibuat menjadi berbagai macam barang ataupun hiasan-hiasan beraneka ragam khususnya bagi anak-anak sekolah.

Namun yang harus anda ingat  untuk merawat kain flanel ini harus diperhitungkan juga supaya hasil akhir dari proses produksinya lebih bagus. Berikut tips perawatannya :

    Saat proses penyetrikaan, gunakan panas yang sedang
    Jangan merendam kain flanel terlalu lama agar warna dari kain tidak memudar
    Bila kain sudah berbulu, gunting secara perlahan dan hati-hati
    Hindari menggunakan pemutih baju karena dapat memudarkan warna
    Untuk proses pengeringannya cukup diangin-anginkan saja
    Jangan pernah menggunakan mesin cuci cukup bilas saja atau apabila terdapat noda elap saja dengan spon pencuci piring

Cara membuat kerajina tangan kain flanel yang simple unik dan menarik

Dari berbagai  kombinasi kain flanel ini dapat dibuat berbagai macam kreasi unik dan menarik seperti gantungan kunci, dompet, tas, wadah pensil, figura poto ,tempat tissu dan banyak lagi model lainnya.

Selain untuk dipake sendiri kreasi ini juga menjanjikan untuk dijadikan salah satu peluang bisnis anda.

Nah dengan banyak ide untuk membuat kreasi dari bahan flanel ini saya akan sedikit bagikan cara dan langkah kerja membuat kerajinan tangan dari kain flanel yang simple unik dan menarik

1.Membuat boneka doraemon

Membuat boneka doraemon dari kain flanel

Banyak kreasi yang dapat kita buat dari sebuah kain flanel ini seperti dompet, bross, boneka dan berbagai aksessoris lainnya.Disini saya akan berbagi bgaimana cara membuat sebuah boneka dari kain flanel,

Alat dan Bahan  :

    Kain flanel
    Jarum dan benang
    Lem UHU
    Gunting
    Kertas karton (untuk membuat pola)
    Kapas untuk bahan pengisinya

Langkah kerja :

    Siapkan alat dan bahan
    Buat pola boneka pada kertas karton, disini saya akan membuat boneka doraemon , kemudian salin dan gunting pola tersebut pada kain flanel sesuai dengan warna.Buat masing-masing 2 lembar untuk bagian badannya, tangan dan kaki doraemon, untuk bagian depan dan belakang.
    Kemudian jahit bagian tangan, badan dan kaki boneka menggunakan jarum, ingat gunakan benang yang warna nya sama, disini saya gunakan warna biru
    Sisakan bagian boneka yang tidak dijahit untuk diisi kapas
    Kemudian gabungkan dan jahit kaki, badan dan tangan boneka
    Selanjutnya buat mata, hidung, mulut, kantong dan kumis doraemonnya serta tempelkan pada badan boneka dengan menggunakan lem UHU
    Selanjutnya buat ekor doraemon
    Dan selesai

Mudah bukan?

    Membuat tempat pensil dari kain flanel

Membuat tempat pensil dari kain flanel

Kain flanel yang mempunyai tekstur sangat mudah diatur ini selalu menjadikan orang untuk memilih kain yang satu ini untuk menjadi bahan utama pembuatan kerajinan tangan dari kain salah satunya disisni saya akan berbagi bagaimana cara membuat wadah pensil dari kain flanel.

Alat dan Bahan :

    2 lembar kain flanel yang satu ukuran 20cm x 10cm dan yang satunya lagi ukuran 17cm x 10cm
    Tambahkan aplikasi bunga dari kain flanel
    Lem tembak
    Gunting
    Benang, jarum dan beberapa manik-manik

Langkah selanjutnya yaitu,

    Siapkan alat dan bahan yang diperlukan
    Jahit kedua kain flanel tadi dibagian sisi nya dengan menggunakan jahitan tusuk peston
    Lakukan cara yang sama hingga semua sisi 2 kain flanel terjahit dengan rapih
    Selanjutnya bentuk bagian atas kain flanel yang ukuran 20cm x 10cm tadi menggunakan gunting lalu jahit kembali
    Setelah itu pasang mutiara atau kanacing pada ujung tutupnya
    Setelah itu pasang manik;manik bunga nya untuk menghiasi supaya terlihat lebih menarik
Cara membuat tas jingjing dari kain flanel

Cara membuat tas jingjing dari kain flanel


Selain tempat pensil dan membuat boneka kain flanel pun dapat dibuat menjadi tas-tas cantik yakni model tas jingjing, model ini lebih sederhana namun tetap unik dan menarik. Disini saya akan membagiakn bagaimana cara pembuatan tas jingjing dari kain flanel.

Alat dan bahan :

    Penggaris
    Gunting
    Jarum
    Karton
    Kain kapas
    Kancing tas
    Benang rajut
    Kain flanel sebagai bahan utama

Langkah kerja :

    Buat pola tas bebrbentuk persegi lalu pangkas kain flanel warna merah, karton, dan kain kapas mengikuti pola tersebut, susun dengan urutan kain flanel bagian luar, lalu karton dan kain kapas pada bagian dalam.
    Buat pola untuk membuat pegangan tas seperti langkah yang pertama. Lipat sedikit bagian tepinya ke dalam lalu jahit menggunakan benang rajut dengan tusuk feston.
    Untuk membuat hiasan tas bagian depannya siapkan kain planel rona orange dan ping supaya lebih berwarnapangkas menyerupai bunga dan hati, lipat sedikit bagian tepinya kedalam lalu jahit menggunakan bennag rajut dengan tusuk feston pada kain flanel buat tas pola bagian depannya.
    Selanjutnya satukan semua potongan pola, lipat sedikit bagian dari ujung-ujungnya ke dalam. Lalu jahit menggunakan benang rajut dengan menggunakan tusuk feston.
    Selesai

Nah, ternyata untuk mempunyai tas yang langka itu tidak harus mahal bukan?

Menekuni kerajinan tangan dari kain flanel ini memang cocok ditekuni oleh kalian kaum perempuan terutama bagi ibu rumah tangga atau pun para anak sekolahan sebagai bisnis peluang sampingan tapi tidak terkecuali bagi anda kaum laki-laki. Dengan bahannya yang cukup mudah dipasaran dan harga nya yang terjangkau itu tidak heran bisnis kain flanel ini menjadi salah satu lahan bisnis yang menjanjikan, cukup dengan bahan yang seperlunya ditambah dengan kekereatifan dan ketekunan dalam pemasaran dan pembuataannya kerajinan tangan kain flanel ini sudah bisa menghasilkan tambahan uang bagi anda yang menekuninya.

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Cara Menbuat Kerajinan Tangan Dari Kain Flanel

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat sendal doraemon dari kain flanel

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Membuat Gamis Sendiri

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://blogoinformasi.com/cara-menbuat-kerajinan-tangan-dari-kain-flanel/

0 komentar:

Post a Comment