, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Mengenal Produk Kerajinan Dari Bahan Alam Dan Buatan - Prakarya SMP/MTs

Mengenal Produk Kerajinan Dari Bahan Alam Dan Buatan - Prakarya SMP/MTs


bentuk kerajinan dari bahan buatan - Secara umum, produk kerajinan dianggap sebagai produk yang selalu diciptakan secara massal terbuat dari bahan alam dikerjakan dengan alat sederhana. Hal tersebut merupakan anggapan yang keliru karena faktanya produk kerajinan tidak selalu dapat diperbanyak karena produk kerajinan juga dapat dibuat secara terbatas dari sisi desain, baik tunggal maupun hanya beberapa saja (limit edition). Ini yang merupakan kemiripan dengan produk seni. Namun demikian perlu diingat bahwa produk kerajinan dibuat dengan teknik dan prosedur yang tepat dan sesuai dengan prinsip ergonomis serta kental dalam memperlihatkan budaya dan kearifan lokal.
Indonesia merupakan negara dengan tingkat biodiversitas tertinggi kedua di dunia setelah Brazil. Artinya Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman species makhluk hidup, hayati dan ekosistem yang ada di daratan dan lautan. Sehingga fakta tersebut menunjukkan Indonesia memiliki keanekaragaman sumber daya alam yang tinggi.

Indonesia memiliki tanah yang subur serta letak geografis yang memberikan keuntungan tak terhingga kepada bangsa Indonesia. Tuhan Yang Maha Esa pun telah menganugerahkan kekayaan alam di bumi Indonesia dengan beragam bentuk dan keunikannya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya bagi kita untuk selalu memuji ciptaan Tuhan Yang Maha Besar ini.

Kerajinan merupakan proses pembuatan karya melalui keterampilan tangan, baik secara langsung maupun dengan alat bantu teknologi yang masih terbilang sederhana. Sementara itu kerajinan sendiri dibagi menjadi 2 (dua) macam, yatu kerajinan dari bahan alam dan kerajinan dari bahan buatan.

Produk kerajinan dari bahan alam merupakan segala bentuk kerajinan yang menggunakan bahan alam langsung dari lingkungan/daerah setempat yang dapat dipakai untuk membuat karya. Bahan alam yang digunakan masih asli, belum mengalami olahan yang menggunakan bahan kimia, dan kebanyakan bahan alam diolah secara alamiah. Dalam hal ini sebagai contoh dari bahan alam yang dapat dibuat sebagai produk kerajinan misalnya adalah tanah liat, serat, kayu, bambu, kulit, logam, batu, dan rotan.

Sementara itu produk kerajinan dari bahan buatan merupakan segala bentuk kerajinan dengan bahan yang dibuat dari unsur-unsur bukan alam (sintetis) dan unsur-unsur kimia yang dipadukan menjadi bahan baru dan dapat pula mengandung unsur-unsur alam yang komposisinya sangat sedikit. Secara sepintas, produk hasil dari bahan buatan menyerupai keadaan asli dari benda yang ditirukan. Sebagai contoh dari bahan buatan yang dapat dibuat sebagai produk kerajinan misalnya adalah gips, fiberglass, lilin, sabun, dan plastik.


Mengidentifikasi Bahan Buatan Pada Produk Kerajinan


1. Gips
Jenis Bahan : Gipsum
Ciri-ciri : Bahan mineral yang tidak larut dengan air dan berupa bubuk.
Bentuk : tidak ada ( berupa bubuk )
Ukuran : tidak ada ( berupa bubuk
Warna : Putih
Tekstur : Halus
Teknik Pembuatan : Dicetak

Gambar bubuk Gips:                                                             Gambar kerajinan dari gips :



2. Serat Kaca ( Fiberglass )
Jenis Bahan : Serat Kaca ( fiberglass )
Ciri-ciri : Serat gelas yang ditarik menjadi serat tipis
Bentuk :disesuaikan cetakan
Ukuran : disesuaikan cetakan
Warna : Bening
Tekstur : tidak ada
kerajinan dari serat kaca :





3. Lilin
Jenis Bahan : Lilin
Ciri-ciri : benda padat yang berasal dari lilin lebah dan parafin
Bentuk : disesuaikan cetakkan
Ukuran : disesuaikan cetakan
Warna : putih
Tekstur : halus

kerajinan dari lilin :

 4. Sabun
Jenis Bahan : sabun
Ciri-ciri : benda padat yang berasal dari deterjen
Bentuk : disesuaikan cetakkan
Ukuran : disesuaikan cetakan
Warna : putih
Tekstur : halus dan licin

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
Mengenal Produk Kerajinan Dari Bahan Alam Dan Buatan - Prakarya SMP/MTs

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang bentuk kerajinan dari bahan buatan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Modifikasi Kerajinan dengan Memadukan Bahan Alam

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://eltelu.blogspot.co.id/2014/06/mengenal-produk-kerajinan-dari-bahan.html

0 komentar:

Post a Comment