, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

MENGHIAS BUSANA (Sulaman)

 MENGHIAS BUSANA (Sulaman)

 pengertian sulaman berwarna -  Sulaman Putih
Sulaman putih adalah sulaman yang warna benangnya sama dengan bahan/kain. Contoh : sulaman inggris, sulaman bayangan, sulaman riselie.

Sulaman Inggris Sulaman putih adalah sulaman yang motifnya yg berbentuk bulat agak pamjang ,berbentuk air mata ,tidak terlalu lebar, dan berlubang. Menggunakan benang mauline, ada ringgit-ringgitnya untuk pinggiran. Benda yang dapat dihias misalnya : blus, krah, sapu tangan, alas vas bunga, dsb.


Sulaman Riselie

 Sulaman ini disebut juga sulaman terbuka dan namanya berasal dari renda. Motif ini sulaman ini berlubang-lubang kadang pada lubang itu diberi bentangan benang yang di tusuk feston. Bahan harus polos dan tenunanya rapat ,kadang untuk menghias pakaian wanita dan lenan rumah tangga.
 


Sulaman Bayangan

 Sulaman bayangan ini disebut bayangan karena berfungsi sebagai bayangan atau hiasan saja. Tusuk yang digunakan adalah tusuk flanel dan garis-garis menggunakan tusuk tikam jejak.Motif tidak boleh terlalu lebar, benda yang dapat dihias yaitu blus, kebaya, kerudung.


    Sulaman Berwarna


 Sulaman berwana adalah sulaman yang menggunakan bermacam warna untuk menghias, kain yang dihias bisa kain polos, kain motif, kain kotak-kotak dsb.
Macam-macam sulaman berwarna :
  Sulaman fantasi
 

 
  Sulaman aplikasi
 

  
Sulaman inkrustasi
 

  
Sulaman pita


  Sulaman janina
 

 
  Sulaman bebas
 

 
  Sulaman perancis
 

 
  Sulaman merubah corak
 

dsb
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi,  kursus menjahit
 MENGHIAS BUSANA (Sulaman)
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian sulaman berwarna

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kerajinan dari Bahan Alam Nusantara yang Harus Kamu Tahu

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit :http://ismiianisa.blogspot.co.id/2015/02/menghias-busana-sulaman.html

0 komentar:

Post a Comment