, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tas Rajut Fettuccia Hand Bag

Tas Rajut Fettuccia Hand Bag



langkah dan cara membuat tas rajut - Zpagetti Hand Bag
Hand Bag, Tote Bag, Clutch crochet berbahan T’Shirt yarn (atau sering disebut Tyarn, Tarn,Fettuccia, Zpagettii, dll)  lagi booming banget di daratan Eropa dan Amerika Selatan (terutama Italia, Belanda, Brazil).  Banyak desainer  tas menggunakan rajutan bahan Tyarn , seperti Carolina Crea.  Karakteristiknya eksklusif, tebal dan berat.
Zpagetti Hand BagTyarn ada yang berbentuk gulungan tali, ada juga yang berbentuk gulungan pita.
indexTali Tyarn
Pita Tyarn
Pita Tyarn


 Kalau susah untuk mendapatkan TYarn, kamu bisa membuat sendiri dari bahan kain kaos yang dipotong dengan lebar 2-3cm. Kalau susah mendapatkan bahan kain kaos, kumpulin deh TShirt bekas yang banyak.  Cara memotong kainnya bias kamu lihat di video Youtube ini.

Kali ini saya akan berbagi cara membuat Hand Bag dengan bahan Pita Fettuccia Tyarn dengan lebar 3cm, menggunakan hakpen nomer 7 (dapatkan disini).  Teknik yang digunakan adalah tusuk rantai  (Chain/CH), tusuk tunggal (Single Stich/SC),  Tusuk SC2OTG, dan pengunci (Slip Stitch/SlSt).


POLA ALAS TAS

 
oval 
Langkah pertama adalah membuat alas tas yang berbentuk oval 3 putaran

    CH 20+1 (bila ingin membuat tas yang lebih besar, bisa tambahkan jumlah CH (kelipatan 2) sesuai keinginan, jangan lupa +1
    Putaran pertama buat SC pada CH kedua dari hakpen (CH pertama  dianggap sebagai SC pertama), lanjutkan SC di 18 CH berikutnya. Lalu 3 SC pada CH terakhir. Lanjutkan putaran dengan SC sampai kembali ke titik awal, tambahkan 2 SC di lingkaran CH kedua (total ada 42 SC). Sambungkan dengan SlSt ke SC(CH) pertama.
    Putaran kedua, CH 1 sebagai SC pertama , lanjutkan dengan SC disetiap SC berikutnya. Pada 3SC yang berada dalam 1CH paling ujung tadi, buat 2SC masing-masing SC. Lanjutkan putaran dengan SC, pada 3 SC terakhir buat 2SC di masing-masing SC pertama dan kedua, lalu 1 SC di SC terakhir (CH awal putaran pertama), kemudian sambungkan dengan SlSt ke SC(CH) pertama.
    Putaran ketiga, CH 1 sebagai SC pertama , lanjutkan dengan SC disetiap SC berikutnya. Pada 6 SC yang setiap 2SC berada di atas 1 SC lingkaran pertama tadi; buat 2 SC di masing-masing SC.  Lanjutkan putaran dengan SC, pada 6 SC terakhir lakukan 2SC di masing-masing SC pertama sampai kelima, lalu 1 SC di SC terakhir (CH awak putaran kedua), kemudian sambungkan dengan SlSt ke SC (CH) pertama/ matikan.
 


Alas Tas sudah jadi, seperti ini penampaknnya;


 1

  POLA BADAN TAS
 

A0 
Baris 1

Buat SC sekeliling alas tas ; dimulai dengan CH1, kemudian lanjutkan dengan 1 SC
di setiap SC berikutnya  (lakukan  SC hanya di lingkar belakang/ back loop)
seperti  gambar berikut ;

2

 
2

Kemudian sambungkan SC terakhir ke CH pertama dengan SlSt.

Baris 2

Kembali buat SC keliling; dimulai dengan CH1, kemudian lanjutkan dengan 1 SC
di setiap SC berikutnya.
Kali ini SC di kedua lingkar/ both loop seperti gambar berikut;

3

3 
Sambungkan SC terakhir ke CH pertama dengan SlSt.

Baris 3

Kita akan menggunakan SC2OTG seperti gambar berikut;

4

4

 *masukan hakpen pada lingkar SC berikutnya di baris 2, ambil benang, kemudian masukan hakpen pada lingkar SC berikunya lagi tapi kali ini SC yang di baris 1, ambil benang, maka ada 3 lingkar pada hakpen, kemudian ambil benang dan tarik melalui ketiga lingkar tersebut.  Setelah itu CH1*

Ulangi langkah tersebut sampai SC terakhir

Baris 4;

6
6

Lanjutkan  baris 3, diawali dengan Langkah  seperti gambar berikut;

*masukan hakpen pada lingkar SC2OTG, ambil benang, kemudian masukan hakpen pada ‘kaki’ SC berikutnya maka ada 3 lingkar pada hakpen, kemudian ambil benang dan tarik melalui ketiga lingkar tersebut). Setelah itu CH1*

Ulangi langkah tersebut sampai SC terakhir

Ulangi langkah-langkah baris 4 untuk baris 5 s.d. 18  (atau sesuai tinggi tas yang diinginkan)



POLA LIDAH/FLAP


Untuk membuat lidah penutup, lebar pita fettuccia saya potong menjadi 2 supaya jadinya tidak terlalu tebal.

7

7
Jumlah chain awal bisa disesuaikan dengan lebar lidah yang diinginkan.

/pada tas ini saya mulai dengan 10CH+1, kemudian buat SC bolak balik  sampai panjang lidah yang
diiginkan. Untuk mendapatkan bentuk lengkung pada ujung lidah, gunakan SC2OTG pada awal dan akhir baris.  Setelah selesai, matikan dengan SlSt.

Kemudian buat SC mengelilingi lidah, mulai dari kanan bawah sampai kiri bawah.

Sambungkan kaki lidah dengan tepi tas (bagian tengah) dengan menggunakan SC.

Nah, Tas sudah jadi, tinggal finishing dipasangkan pegangan/ handle, kancing magnet, hiasan dan lining (furing/kain bagian dalam).
11377188_988787964478900_4462162555924443320_n Handle yang saya pakai pada tas ini dijahit dengan menggunakan benang nilon.

Untuk membuat lining…nantikan tutorial selanjutnya yaa…



Selamat berkarya! Sampai jumpa…

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
4h cara membuat rok dasar - pembuatan kontruksi pola pada kertas pola
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang langkah dan cara membuat tas rajut

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Mengikat Kain Sarung

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit :http://belajarcaramerajut.com/fettuccia-hand-bag.html

0 komentar:

Post a Comment