, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jelaskan perbedaan antara desain struktur desain permukaan dan desain aplikasi produk tekstil

 perbedaan antara desain struktur, desain permukaan dan desain aplikasi - D.struktur : bidang ilmu tehnik yang berhubungan dngn analisis
d.permukaan : disain dasar untuk membuat disain struktur,dan aplikasi.
d.aplikasi : disain yang dibuat oleh software yang divariasikan dengan bahan tekstil 
Desain struktur dan desain permukaan dan desain aplikasi produk tekstil perbedaannya adalah tulisannya. persamaannya adalah termasuk seni budaya

 

    Pengertian Desain Produk Kerajinan Tekstil


Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat memakai tekstil sebahan utama. banyak benda yang termassuk kategori krajinan tekstil dalam kehidupan sehari-hari. contohnya adalah hiasan dinding, Sarung bantal kursi, bed cover, tirai, taplak meja makan, tutup tudung saji dan lain-lain.

Tidak semua produk yang berbahan tekstil itu dapat dissebut sebagai karya seni. Mengapa demikian…? karena perwujudan karya seni yang harus memenuhi prinsip-prinsip kesatuan (unity), Kerumitan (complexity), dan kesungguhan (intensity). Kesatuan mengandung arti bahwa dalam sebuah benda harus mengandung kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya. Kerumitan adalah karya tersebut memiliki unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu. Misalnya, adanya unsur bertentangan, berlawanan, dan saling menyeimbangkan. Sementara Kesungguhan adalah benda yang memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya, misalnya nilai lembut atau kasar, gembira atau duka, suram atau ceria.

Sebuah karya kerajinan, tidak terkecuali keerajinan tekstil, akan terwujud secara maksimal apabila dilakukan sesuai dengan tahapan yang benar. Salah satu tahapan dasar pembuatan karya seni adalah desain. Desain merupakan rancangan gambar yang akan diwujudkan menjadi sebuah karya yang berupa garis, bentuk, warna, dan tekstur. Dan tentunya desain ini dapat ddiaplikasikan pada benda apapun.

Desain tekstil dapat diklasifikasn menjadi tiga macam, yaitu desain struktur, desain permukaan, dan desain aplikasi produk tekstil.

    Desain Struktur

Desain struktur adalah desain dari konstruksi itu tekstil itu sendiri, baik yang berwujud tekstilpolos maupun dalam bentuk tekstil yang bercorak.

    Desain permukaan

Desain permukaan tekstil merupakan desain yang ditujukan untuk memperkaya corak permukaan kain. Biasanya desain berbentuk abstrak.




Pengertian GRAFIS VEKTOR dan BITMAP




1. Pengertian Grafis Vektor dan Bitmap

Pengertian Grafis Vektor

Grafis vektor adalah objek gambar yang dibentuk melalui kombinasi titik-titik dan garis dengan menggunakan rumusan matematika tertentu.

Pengertian Grafis Bitmap

Grafis Bitmap adalah objek gambar yang dibentuk berdasarkan titik-titik dan kombinasi warna.

2. Kelebihan dan kekurangan grafis vektor dan bitmap

Kelebihan Grafis Vektor

– Ruang penyimpanan untuk objek gambar lebih efisien

– Objek gambar vektor dapat diubah ukuran dan bentuknya tanpa menurunkan mutu tampilannya

– Dapat dicetak pada resolusi tertingi printer Anda

– Menggambar dan menyunting bentuk vektor relatif lebih mudah dan menyenangkan

Kekurangan Grafis Vektor

– Tidak dapat menghasilkan objek gambar vektor yang prima ketika melakukan konversi objek gambar tersebut dari format bitmap

Kelebihan Grafis Bitmap

– Dapat ditambahkan efek khusus tertentu sehingga dapat membuat objek tampil sesuai keinginan.

– Dapat menghasilkan objek gambar bitmap darionjek gambar vektor dengan cara mudah dan cepat, mutu hasilnya pun dapat ditentukan

Kelemahan Grafis Bitmap

– Objek gambar tersebut memiliki permasalahan ketika diubah ukurannya, khususnya ketika objek gambar diperbesar.

– Efek yang diidapat dari objek berbasis bitmap yakni akan terlihat pecah atau berkurang detailnya saat dicetak pada resolusi yang lebih rendah

3. Mengetahui aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap


Program aplikasi untuk membuat grafis vektor dan bitmap itu banyak sekali macamnya, seperti Page Maker, Corel Photo Paint, CorelDraw, Adobe Photoshop dan masih banyak lagi yang lainnya. Tetapi yang akan dibahas disini program aplikasi CorelDraw dan Adobe Photoshop.

CorelDraw merupakan salah satu program yang banyak digunakan dalam pembuatan desain grafis dan editing Bitmap yang dilengkapi dengan full color management system dan interactive tools yang memudahkan dalam pembuatan dan editing suatu objek.

Sedangkan Adobe Photoshop merupakan salah satu program aplikasi yang digunakan unuk mengedit sebuah gambar (image) menjadi gambar yang lebih menarik, serta bisa menyunting foto dan gambar-gambar yang telah di-scan ke dalam komputer.

Sekian postingan ini mungkin ada yang ingin belajar dan mendalaminya pada saat kuliah coba baca mengenai Kuliah Design Engineer Vs Art Design dimana jika saudara pembaca memilih kuliah Design Art akan banyak menggunakan program-program yang berbasis Bitmap, sedangkan Design Engineer lebih menggunakan metode gambar dengan Vector.

Daftar Istilah Pending dalam Design Grafis :

    Fill : Isi dari suatu objek kurva atau bidang-bidang tertentu, biasanya berupa warna.
    Natural : Warna atau kesan alamiah.
    Node : Titik-titik penghubung antar garis pada suatu objek.
    Pixel : Picture element, bagian terkecil dari gambar bitmap, berupa titik titik penyusun gambar.
    Stroke : Objek garis dari suatu gambar.



Pengertian dan Arti Desain Grafis


Pengertian dan Arti Desain Grafis

Sering banget dengar sama yang namanya “Desain Grafis” tapi sebetulnya kamu tahu gak sih pengertian dan arti dari desain grafis itu sendiri?.  Jadi desain grafis itu adalah seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang, dan gambar. Bidang ini merupakan bagian dari komunikasi visual. Desain Grafis berasal dari 2 buah kata yaitu Desain dan Grafis, kata desain berarti proses atau perbuatan dengan mengatur segala sesuatu sebelum bertindak atau merancang. Sedangkan grafis adalah titik atau garis yang berhubungan dengan cetak mencetak. Jadi dengan demikian desain grafis adalah kombinasi kompleks antara kata-kata, gambar, angka, grafik, foto dan ilustrasi yang membutuhkan pemikiran khusus dari seorang individu yang bisa menggabungkan elemen-elemen ini, sehingga mereka dapat menghasilkan sesuatu yang khusus atau sangat berguna dalam bidang gambar. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.

Desain grafis pada awalnya diterapkan untuk media-media statis, seperti buku, majalah, dan brosur. Perkembangan zaman, desain grafis juga diterapkan dalam media elektronik, yang sering kali disebut sebagai desain interaktif atau desain multimedia. Batas dimensi pun telah berubah seiring perkembangan pemikiran tentang desain. Desain grafis bisa diterapkan menjadi sebuah desain lingkungan yang mencakup pengolahan ruang.

Unsur dalam desain grafis sama seperti unsur dasar dalam disiplin desain lainnya. Unsur-unsur tersebut (termasuk shape, bentuk (form), tekstur, garis, ruang, dan warna) membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut, seperti keseimbangan (balance), ritme (rhythm), tekanan (emphasis), proporsi (proportion) dan kesatuan (unity), kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

Desain Grafis adalah cabang ilmu dari seni. Desain yang dalam perkembangannya desain grafis dibantu oleh komputer dalam mendesain sebuah object. Orang yang bekerja dalam bidang ini di sebut seorang Desainer , dan seorang Desainer harus memiliki minimal 5 (lima) dimensi Keilmuan yaitu :

1. Wawasan Teknologi

2. Wawasan Sains

3. Wawasan Seni

4. Wawasan Sosial Dan Budaya

5. Wawacan Filsafat Dan Etika

Sarjana Desain Grafis Program.


Desain Grafis

Mengejar Sarjana Desain Grafis adalah pilihan yang cocok bagi siswa yang tertarik untuk belajar untuk membuat grafis visual dan menggunakan pengetahuan itu untuk mengejar karir di lapangan. Siswa dengan gelar yang lebih tinggi di daerah ini memiliki akses ba
nyak kesempatan lebih bermanfaat.

Apa yang dimaksud dengan Sarjana Desain Grafis? Dengan kursus dalam praktek bisnis, desain grafis, strategi visual, dan banyak lagi, mahasiswa yang terdaftar dalam program ini akan mengembangkan kemampuan desain menggunakan berbagai media. Mereka juga belajar tentang metodologi pemasaran dan komunikasi untuk memenuhi tuntutan kreatif dan produktivitas bisnis saat ini. Sarjana dari program gelar desain grafis memberikan fondasi yang kuat bagi para profesional kreatif untuk mengembangkan portofolio yang menyoroti kemampuan desain praktis dan teknis mereka dalam industri yang kompetitif saat ini.

Manfaat mendapatkan gelar dalam desain grafis banyak dan beragam.Selain mampu mencari peluang membayar lebih tinggi, individu juga mampu mengontrol pertumbuhan dan arah karir mereka dalam sektor publik, swasta, dan pemerintah.


PENGERTIAN PHOTOSHOP





Pengertian Ringkas Adobe Photoshop

Adobe Photoshop
Adobe Photoshop Merupakan Software / Perangkat Lunak Editor yang dibuat oleh Adobe System , yang dikhususkan untuk Pengeditan Gambar , Foto , dan Pembuatan Efek. Software ini dianggap sebagai produk yang terbaik yang di buat oleh Adobe System.
Software ini juga terdiri dari beberapa Versi :


    Versi Ke Delapan Disebut CS (Creative Suit)
    Versi Ke Sembilan Disebut Adobe Photoshop CS2
    Versi Ke Sepuluh Disebut Adobe Photoshop CS3
    Versi Ke Sebelas Disebut Adobe Photoshop CS4
    Versi Ke Duabelas Disebut Adobe Photoshop CS5
    Versi Ke Tiga Belas Di Sebut Adobe Photoshop CS6
    Dan ini Versi Terbaru Adobe Photoshop CC 14.0

Fitur Adobe Photoshop
Meski pada awalnya Photoshop dirancang untuk Pengeditan Gambar unutk cetakan berbasi – basis. Photoshop juga dapat digunakan untuk memproduksi gambar untuk WWW (Word Wide Web).
Photoshop Juga Memilik hubungan erat dengan beberapa perangkat lunak / software penyunting media, animasi, dan authoring buatan adobe lainya.
Adobe Photoshop Juga dapat menerima beberapa penggunaan model warna yaitu :

    RGB Color model
    Lab Color model
    CMYK Color model
    Grayscale
    Bitmap
    Duotone

Format File
Photoshop Memiliki kemampuan membaca dan menulis gambar berformat raster seperti gambar . Png, Jpg, Gif , Dll. Photoshop Juga Memiliki File Khusus Seperti :

    PSD (Photoshop Document) Format gambar dalam bentuk layer  , termasuk . Tesk , Oppacity , Blend mode , Dll .
    PSB Adalah File Terbaru Psd yang di di atur untuk ukuran file sekitar 2GB
    PDD Adalah Versi Lain yang hanya mendukung fitur Perang Lunak Photoshop Deluxe

Tool
Tool Dalam Adobe Photoshop adalah alay yang dapat mem
bantu pengguna dalam hal pengeditan
Beberapa Tool yang ada di Adobe Photoshop antar lain :

    Move Tool
    History Brush Tool
    Eraser Tool
    Path Selection Tool
    Direct Selection Tool
    Pen Tool
    Shape Tool
    Brush Tool
    Audio Annotation Tool
    Eyedropper Tool
    Measure Tool
    Text Tool
    Hand Tool
    3D Object Rotate Tool
    3d Rotate Camera Tools

 

CARA MEMBUAT LOGO KARTU NAMA YANG SIMPLE



1.Buatlah kotak dengan ukuran kurang lebih 9 x 5.5 cm dengan menggunakan Rectangle tool.

Cara Membuat Kartu Nama Simple dengan CorelDRAW 
2. Pada ujung kotak yang anda buat, silahkan ubah dengan menjadikan sudut tumpul seperti gambar dibawah ini. Gunakan Shape tool untuk melakukan hal tersebut.
Cara Membuat Kartu Nama Simple dengan CorelDRAW
    Buatlah garis-garis melengkung bervariasi dengan menggunakan 3-Point Curve.

Cara Membuat Kartu Nama Simple dengan CorelDRAW 
4. Lalau beri warna hijau. Setelah diberi warna hijau silahkan beri gradasi dengan menggunakan Interactive Fill tool.
Cara Membuat Kartu Nama Simple dengan CorelDRAW
    Pada bagian ini silahkan anda beri warna putih dengan menggunakan Smart Fill tool.
Cara Membuat Kartu Nama Simple dengan CorelDRAW
6. Berikutnya silahkan anda beri efek transparan dengan menggunakan Transparency tool. Hal ini dilakukan agar lebih menyatu dengan objek yang lainnya. Jadi tidak terlihat monoton dan malah terlihat lebih professional. Lakukan pekerjaan tersebut dan terapkan pada garis yang lainnya.

Cara Membuat Kartu Nama Simple dengan CorelDRAW 
7. Silahkan pilih Text tool untuk membuat teks yang anda inginkan. Tulis nama dan alamat anda, untuk ukuran dan fontnya bisa anda coba-coba sendiri. Usahakan menggunakan font yang sering digunakan saja bukan font yang sulit untuk dibaca.
Cara Membuat Kartu Nama Simple dengan CorelDRAW
Maka hasil akhirnya kurang lebih seperti gambar dibawah ini.

Cara Membuat Kartu Nama Simple dengan CorelDRAW 
Untuk kartu nama yang akan anda buat silahkan anda berexperimen sendiri atau anda bisa kembangkan lagi kartu nama dari tutorial ini agar lebih mudah mencari model kartu nama yang anda inginkan.

DASAR KOMPUTASI

A. MENGENAL KOMPUTER



Istilah komputer mempunyai arti luas, kata komputer berasal dari bahasa latin yatu computare yang artinya menghitung, dalam bahasa inggris di sebut to compute. Secara difinisi komputer diterjemahkan sebagai sekumpulan alat elektronik yang saling bekerja sama, dapat menerima data (input), mengolah data (proses) dan memberikan informasi (output) yang terorganisasi dibawah kontrol program yang tersimpan dalam memory.

Menurut Robert H. Bilssmer 1985, komputer merupakan suatu alat elektronik yang mampu melakukan beberapa tugas yaitu menerima input memproses input sesuai dengan intruksi yang diberikan, menyimpan perintah-perintah dan hasil pengolahannya, serta menyediakan output dalam bentuk informasi.

komputer adalah :

    Alat elektronik
    Dapat menerima input data
    Dapat mengolah data
    Memberkan informasi
    Menggunakan suatu program yang tersimpan di memory komputer (stored program)
    Dapat menyimpan program dan hasil pengolahan
    Bekerja secara otomatis

edangkan yang disebut program adalah kumpulan dari beberapa intruksi atau perintah

terperinci yang sudah disiapkan agar komputer dapat melakukan fungsinya dengan cara yang sudah ditentukan.

Secara umum sistem komputer terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk suatu satu kesatuan untuk melaksankan tujuan pokok dari sistem tersebut.

Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri d
ari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Jelaskan perbedaan antara desain struktur desain permukaan dan desain aplikasi produk tekstil
Ingin kursus menjahit di Yogya, di Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” saja : lama pendidikan antara 1-2 bulan atau tergantung kemampuan siswa sampai selesai. Kilat selama 1 bulan.

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Gamis, Jilbab Lebar, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Jl. Veteran No 11
Yogyakarta
HP. 085740028487

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta

Akhirnya, Cara Menjahit di 2017 Terungkap !




Siapa lagi yang ingin Meraih Kesuksesan 2017 Menggunakan STRATEGI JITU dan LANGKAH KONKRET yang TELAH TERUJI dan TERBUKTI

KEBERHASILANNYA ?
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang perbedaan antara desain struktur, desain permukaan dan desain aplikasi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Sebutkan klasifikasi kerajinan tekstil di indonesia?

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://kartikaseva.wordpress.com/2015/05/05/

0 komentar:

Post a Comment