, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Produk Hiasan Dari Limbah

 pengertian produk hiasan berbahan limbah -  KERAJINAN SEBAGAI BAGIAN DARI INDUSTRI KREATIF
Dunia telah melewati 4 gelombang ekonomi yaitu Gelombang Ekonomi Pertanian, Gelombang Ekonomi Industri, Gelombang Ekonomj Informasi, Gelombang Ekonomi Kreatif. Gelombang Ekonomi Kreatif memiliki pengertian gelombang dengan ide kreatif sebagai penggeraknya.Pada gelombang ini industri kreatif bergerak sebagai penggerak utama.Industri - industri itu dibagi dalam 14 sub sektor yaitu arsitektur,desain,fesyen,kerajinan,penerbitan,percetakan,televisi dan radio,musik,film,video da fotografi,periklanan,layanan komputer dan piranti lunak,pasar dan barang seni,seni pertunjukan,riset dan pengembangan dan permainan interaktif.

    KEWIRAUSAHAAN PRODUK KERAJINAN

Hukum ekonomi dasar menjelaskan hubungan antara ketersediaan barang di pasar dan permintaan pembeli.Semakin banyak jumlah barang yang di produksi maka harga kan semakin turun dan sebaliknya jika suatu barang diproduksi dalam jumlah terbatas atau limited edition maka akan menaikan harga barang karena memiliki keunikan tersendiri.
Produk kerajinan dengan harga tinggi bisa dipastikan dengan membuat produk yang ssuai dengan minat masyarakat saat ini dengan melakukan riset di pasar.
Sumber daya yang dikelola dalam sebuah wirausaha dikenal pula dengan sebutan 6M yaitu Man,Money,Material,Machine,Method & Market.

Man (manusia) atau SDM, Wirausaha yang berhasil salah satunya apabila berhasil mengelola sumber daya manusia.Pengelolaan tersebut juga termasuk pengelolaan ide ide inivatif yang bermanfaat bagi perkembangan produk.

Money, merupakan modal usaha.Pengelolaan keuntungan yang diperoleh untuk di putsr kembali dengan melakukan oengembangan usaha agar menjadi kebih besar.

Material,Machine,Method terkait langsung dengan proses produksi yang terjadi dalam usaha tersebut.

Market merupakan pasar sasaran dari produk yang di hasilkan oleh suatu usaha.Keberhasilan suatu usaha dapat terjadi karna diketahuinya kebutuhan pasar saat ini sehingga peluang produk diserap semakin besar.Selain itu dapat pula mengetahui pesaing dalam pasar tersebut jadi bisa menentukan harga jual tertentu.

    PRODUK KERAJINAN HIASAN DARI BAHAN LIMBAH

    Jenis - Jenis Produk Hiasan

Produk kerajinan Indonesia memiliki potensi untuk berkembang berdasarkan kreativitas dan keterampilan tangan yang di miliki manusia.Kerajinan juga menampilkan keindahan y
ang di hasilkan oleh keterampilan tangan dari proses pembuatanya.Salah saty produk kerajinan yang dapat berkembang adalah produk hiasan.Dari penempatanya produk hiasan dapat di tenui dalam rumah (interior) berfungai menghias dan membuat suasana tertentu di dalam ruangan,hiasan yang digunakan di sebut elemen estetis interior.Sedangkan hiasan di luar rumah(eksterior) berfungsi untuk menghias pagar,taman,atau dinding bagian luar rumah.Hiasan dalam rumah di sebut elemen estetis interior dan yang diluar rumah elemen estetis eksteriror.

    2. Produk Hiasan dan Nilai Estetik

Produk hiasan ada yang hanya memiliki fungsi estetik yaitu untuk memperindah sebuah produk adapula yang memiliki nilai fungsional yang dapat digunakan dan dapat dimanfaatkan untuk suatu kebutuhan.
Produk dapat disebut sebagai hiasan apabila memiliki nilai estetik atau ilai keindahan.Keindahan dapat dihasilkan dengan mengelola bahan dasar dengan baik dan benar,Bahan dasar yang dapat digunakan juga bisa berasal dari limbah yang nantinya akan di olah secara kreatif menjadi suatu produk hiasan dengan nilai estetika yang tinggi.Beberapa bahan limbah yang dapat digunakan acontohnya adalah kaleng,plastik,kulit kerang,batok kelapa dll.



    BAHAN BAKU LIMBAH UNTUK KERAJINAN

    Material dan Bentuk Limbah

Limbah adalah sisa suatu kegiatan atau proses tertentu.Berdasarkan wujudnya limbah dibedakan menjadi tiga yaitu padat,cair, dan gas.Keguiatan yang menghasilkan limbah dapat dibedakan menjadi kegiatan rumah tangga dan induistri.Kegiatan industri menghasilkan limbah yang khas tergantung dari jenis industrinya.Limbah yang di hasilkan industri biasanya berjumlah banyak dan dalam bentuk dan ukuran yang serupa.

Produk hiasan harus memiliki nilai estetis yang tinggi,gar diperoleh kualitas produk yang baik proses pengolahan di lakukan dengan memperhatikan bentuk,ukuran,sifat daar bahan dan jenis limbah.

   2.   Bahan Utama dan Bahan Pnedukung

Produk kerajinan hiasan dari limbah memperlihatkan keindahan keunikan bentuk warna maupun tekstur dari limbah itu sendiri.Keragaman material dan bentuk membuat limbah tersebut memiliki kekuatan struktur dan keawetan yang berbeda pula.
Sebuah produk hias umumnya terdiri atas bahan utama dan bahan pendukung.Bahan utama adalah yang memiliki nilai estetik,sedangkan bahan pendukung berfungsi untuk konstruksi.Misalnya perhiasan kalung plastik limbah, terdiri atas plastik limbah sebagai bahan utama dan benang atau
kawat untuk menjalin plastik tersebut sebagai material pendukungnya.

   3.    Bahan Baku Limbah di Lingkungan Sekitar

Bahan baku harus emmiliki jumlah yang cukup untuk menghasilkan produk hiasan sesuai target produksi. Setiap daerah memiliki potensi sumber bahan baku limbah yang berbeda beda,Indonesia memiliki kekayaan alam dengan ragam tanaman dan hewan. Setiap daerah di Indonesia juga memiliki keragaman aktivitas,kegiatan yang khas.Setiap kegiatan menghasilkan limbah.Jadi kita dapat melihat ligkunga sekitar kita dan dapat memanfaatkan limbah yang ada menjadi suatu produk hias dengan nilai estetika yang tinggi.



CONTOH PRODUK HIAS DARI LIMBAH






les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Produk Hiasan Dari Limbah


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang  pengertian produk hiasan berbahan limbah

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang jenis bahan kaos souvenir

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://pwdetasya.blogspot.co.id/2015/09/kerajinan.html

0 komentar:

Post a Comment