, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Mengemas Pakaian Formal untuk Bepergian

 mengemas kemeja - 3 Bagian:Melipat Jas dan Jaket FormalMelipat Celana Panjang FormalMelipat Kemeja Berkerah
Perjalanan dinas menuntut penampilan yang terbaik. Sayangnya, kebanyakan pakaian kerja mudah kusut. Jas, celana formal, dan kemeja berkerah sering menjadi kusut di dalam koper sehingga perlu disetrika ulang saat Anda tiba di tempat tujuan. Cara terbaik untuk membawa pakaian kerja memang adalah dengan menggunakan kantong jas, namun dengan cara melipat dan mengemas yang cerdas, kantong jas ini tidak lagi menjadi hal yang wajib. Anda tidak perlu membayar biaya layanan cuci kering atau setrika di tempat tujuan jika Anda telah mempelajari cara mengemas pakaian formal yang Anda miliki. Untuk memulainya, lihat Langkah 1 di bawah ini.
 

Bagian 1 dari 3: Melipat Jas dan Jaket Formal


Fold a Suit for Travel Step 1 
    1

    Cuci bersih dan setrika jas Anda sebelum melakukan perjalanan. Teknik melipat ini memang sangat bermanfaat untuk mencegah timbulnya kusut atau kerut selama proses perjalanan, tetapi tidak dapat memperbaiki kekusutan yang sudah ada sejak sebelumnya. Untuk memastikan bahwa jas dan jaket Anda berada dalam kondisi prima, gunakan jasa layanan cuci kering setidaknya seminggu sebelum Anda berangkat dan pastikan jas/jaket Anda disetrika agar tidak ada lagi jejak kusut yang tampak.
        Jika waktu Anda terbatas, Anda dapat menyeterika jas/jaket Anda sendiri. Jika ini yang terjadi, pastikan bahwa kedua kelepak jas/jaket benar-benar sudah disetrika dengan rapi, karena Anda mungkin dapat menyembunyikan jejak kusut di bagian lain, tetapi jejak kusut di bagian kelepak akan sangat terlihat.
 

Fold a Suit for Travel Step 2    2
    Balikkan jas/jaket dari bagian dalam ke luar. Balik jas/jaket Anda sehingga jahitannya sekarang tampak berada di sisi luar. Ini akan melindungi sisi luar jas/jaket yang sebenarnya, sehingga jika akhirnya kusut selama perjalanan, kekusutan akan mengenai sisi dalam jas/jaket dan tidak akan tampak saat Anda kenakan.
 

Fold a Suit for Travel Step 3    3
    Dorong bagian bahu dari dalam ke arah luar. Berikutnya, masukkan tangan Anda ke dalam jas dan dorong kepalan tangan Anda sehingga jahitan pada bagian bahu menyembul ke luar. Cara ini akan membuat jas/jaket jauh lebih mudah dilipat, karena jika bagian bahunya tidak menyembul ke luar, jas/jaket akan tampak aneh saat Anda kenakan, dengan bagian bahunya yang melesak ke dalam.
 

Fold a Suit for Travel Step 4    4
    Lipat jas/jaket secara vertikal. Pertemukan kedua bagian bahu di salah satu tangan Anda dan gunakan tangan yang lain untuk memegang titik tengah kerah jas/jaket. Dengan cara ini, jas/jaket akan terlipat memanjang tepat di garis tengahnya. Ratakan bahan jas/jaket setelah Anda melipatnya. Perhatikan bahwa jahitannya harus tetap tampak berada di sisi luar.
  

Fold a Suit for Travel Step 5    5
    Lipat jas/jaket menjadi dua bagian secara horisontal. Posisikan lengan atas Anda secara horisontal di garis tengah jas/jaket dan lipat bagian atasnya ke bawah. Ini akan menciptakan bentuk yang menyerupai persegi yang akan mudah Anda kemas di dalam koper.
 

Fold a Suit for Travel Step 6    6
    Masukkan jas/jaket ke dalam kantong plastik. Untuk melindungi jas/jaket Anda saat berada di dalam koper, menempatkannya di dalam kantong plastik yang tersendiri di dalam koper adalah cara yang bijak. Masukkan lipatan jas/jaket berbentuk mirip persegi tadi ke dalam kantong plastik yang cukup besar (misalnya, kantong cucian pakaian atau kantong plastik bersegel). Tutup kantong plastik ini rapat-rapat. Jika Anda tidak memiliki kantong plastik yang
cocok, Anda dapat menggunakan lembaran plastik yang cukup tebal/kuat. Letakkan lipatan jas/jaket di tengah-tengah lembaran plastik dan lipat setiap sisi ujungnya lalu selipkan di bawah jas/jaket.
        Jika Anda menggunakan kantong plastik, usahakan agar ada sedikit udara yang terperangkap di dalam kantong. Gelembung udara ini akan melindungi jas/jaket Anda dengan mencegah tekanan yang mungkin timbul dari pakaian atau benda-benda lain di dalam koper Anda, sehingga menghilangkan risiko kusut.
 

Fold a Suit for Travel Step 7    7
    Letakkan jas/jaket yang telah dibungkus di dalam koper Anda. Usahakan agar posisi jas/jaket serata mungkin dan tidak tertekan. Untuk menghindari kusut, jangan tempatkan benda-benda lain apa pun di atas bungkusan jas/jaket ini selain yang berbentuk rata dan terlipat juga. Jangan meletakkan benda-benda yang keras dan berbentuk tidak lazim di atas bungkusan jas/jaket (misalnya, sepatu).
   

Fold a Suit for Travel Step 8    8
    Setelah tiba di tempat tujuan, buka lipatan jas/jaket Anda. Begitu Anda tiba, Anda perlu segera melakukan langkah-langkah di atas dengan urutan yang sebaliknya. Singkirkan lipatan pakaian atau benda apa pun yang tadinya Anda letakkan di atas bungkusan jas/jaket, buka bungkusan plastik, buka lipatan vertikal dan horisontalnya, dan balik kembali jas/jaket Anda dari luar ke dalam. Seharusnya, Anda hanya akan menemukan sedikit sekali jejak kusut. Untuk menghilangkannya, segera gantung jas/jaket Anda.
        Untuk menghilangkan jejak-jejak kusut yang membandel, cobalah gantungkan jas/jaket Anda di dalam kamar mandi. Saat Anda mandi dengan pancuran air hangat, suhu panas dan uap air akan melenturkan bahan jas/jaket dan membantu menguraikan jejak-jejak kusut yang membandel.


Bagian 2 dari 3: Melipat Celana Panjang Formal


Fold a Suit for Travel Step 9  
    1
    Lipat celana sesuai arah lipatan permanennya. Cara termudah untuk melipat celana panjang formal saat akan bepergian adalah dengan membuat lipatan-lipatan yang vertikal dan memanjang saja. Strategi ini akan berhasil paling baik untuk celana-celana yang memang memiliki garis lipatan yang permanen, yaitu lipatan vertikal yang dijahit permanen di bahan celana di sepanjang garis pinggang. Jika celana Anda memiliki garis lipatan permanen seperti ini, buatlah lipatan vertikal mengikuti garis-garis ini. Dengan cara ini, kalaupun lipatan yang Anda buat meninggalkan jejak pada bahan celana, garis vertikal yang memanjang tanpa terputus akan terlihat sebagai hasil proses penyeterikaan.
        Anda juga dapat melipat celana menjadi dua bagian secara vertikal untuk lebih menghemat ruang.
 

Fold a Suit for Travel Step 10    2
    Gulung celana untuk menghemat ruang. Salah satu kerugian besar dari melipat celana secara vertikal saja adalah karena kebanyakan koper tidak berukuran cukup besar untuk menampung seluruh panjang celana. Jika ruang dalam koper Anda terbatas, cobalah menggulung celana Anda. Lipat celana Anda menjadi dua bagian secara vertikal, lalu letakkan di atas permukaan yang bersih dan rata. Dari ujung bawahnya, gulung celana menjadi bentuk gulungan yang rapat. Ini akan mengurangi risiko kusut karena Anda hanya mengekspos sesedikit mungkin permukaan celana kepada benda-benda lainnya di dalam koper. Selain itu, cara ini juga menjadikan celana Anda berukuran kecil dan menghemat ruang di dalam koper.
  

Fold a Suit for Travel Step 11    3
    Lipat secara horisontal dengan hati-hati. Jika Anda dapat melakukannya, Anda harus menghindari cara lipatan horisontal seperti ini, karena ini dapat menimbulkan garis-garis lipatan yang terlihat jelek dan tidak terlihat sebagai hasil dari proses penyetrikaan. Namun, jika Anda terpaksa melipat secara horisontal (biasanya setelah melipat secara vertikal satu kali), Anda dapat mengurangi ririko kusut dengan mengikuti prinsip yang sama seperti yang disebutkan di atas untuk melipat jas/jaket. Letakkan pakaian atau benda-benda yang berbentuk rata saja di atasnya, masukkan dalam kantong plastik, dst.
        Salah satu cara yang baik untuk melipat celana secara horisontal adalah dengan meletakkannya di antara dua bagian lipatan jas/jaket. Ini akan melindungi celana dengan menggunakan bahan sisi dalam jas/jaket sekaligus kantong plastik yang membungkus jas/jaket itu.


Bagian 3 dari 3: Melipat Kemeja Berkerah

Fold a Suit for Travel Step 12


 
    1
    Pertama-tama, kancingkan kemeja dan letakkan dengan sisi depan menghadap ke arah bawah, di atas permukaan yang rata. Anda tidak perlu mengancingkan setiap kancing, kancingkan secukupnya saja agar sisi depan kemeja tertutup. Kemudian, letakkan kemeja menghadap ke bawah dan ratakan bahan kainnya dengan kedua bagian lengan lurus terentang.
        Jika Anda kebetulan mempunyai kantong cucian baju yang tidak terpakai, Anda dapat meletakkan sehelai kantong itu di tengah-tengah sisi belakang kemeja. Ini akan mencegah kedua sisi kemeja saling bersentuhan saat terlipat, sehingga mengurangi risiko kusut.
   

Fold a Suit for Travel Step 13    2
    Lipat ujung-ujung kemeja ke arah dalam. Buatlah dua lipatan vertikal di sepanjan
g sisi belakang kemeja sehingga kedua sisi ujung sekarang terlipat ke arah dalam seluas kira-kira sama dengan lebar lengan kemeja. Ratakan ujung-ujung kemeja agar bentuknya menjadi sama dan sejajar.
   

Fold a Suit for Travel Step 14    3
    Lipat kedua lengan kemeja di sepanjang ujung-ujung yang baru terbentuk. Selanjutnya, ambil masing-masing lengan dan lipat ke bawah sehingga posisinya menjadi segaris dengan ujung-ujung kemeja yang telah terlipat. Ujung-ujung lengan haruslah kira-kira segaris dengan kedua ujung luar kemeja yang baru terbentuk karena lipatan sebelumnya tadi dan dengan ujung bahan kemeja yang telah dilipat ke dalam. Sesuaikan masing-masing sisi agar tepat sama berhadapan, ratakan bahan kemeja seperlunya agar posisinya lurus sempurna.
        Pada titik ini, aturan pertama adalah bahwa kedua bahu kemeja harus diperpendek hingga lebarnya masing-masing hanya sekitar 2,5-5 cm dari masing-masing tepi kerah.
   

Fold a Suit for Travel Step 15    4
    Pertimbangkan untuk mengemas kemeja dalam kondisi lipatan saat ini. Sama seperti celana panjang formal, garis lipatan vertikal yang memanjang akan tampak jauh lebih bagus daripada garis lipatan horisontal. Garis lipatan vertikal akan terlihat sebagai hasil proses penyeterikaan yang rapi, sedangkan garis lipatan horisontal akan terlihat tidak rapi, bukan hasil proses penyeterikaan. Karena itu, jika Anda masih memiliki ruang yang cukup di dalam koper, Anda lebih baik memasukkan kemeja ke dalam koper sekarang, bukan setelah lipatan yang berikutnya.
        Jika Anda memiliki kantong tertentu yang cukup besar untuk menampung ukuran kemeja yang baru setengah terlipat ini, gunakan kantong itu. Jika tidak, cobalah satukan seluruh bagian bawahnya saja ke dalam kantong itu, karena bagian ini akan tertutup oleh jas/jaket Anda, sehingga Anda tidak perlu menjaganya agar tetap 100% tidak kusut.
 

Fold a Suit for Travel Step 16    5
    Lipat kemeja secara horisontal menjadi dua bagian. Jika Anda tidak memiliki ruang yang cukup untuk meletakkan kemeja Anda di dalam koper dalam posisi setengah terlipat, atau Anda tidak perlu membuatnya sama sekali tanpa jejak kusut, lanjutkan lipatan ini. Pegang ujung bawah kemeja (termasuk kedua lengannya) dan lipat ke atas hingga ke bagian bahu. Balikkan kemeja Anda. Sekarang kemeja Anda tampak menyerupai bentuk persegi yang rapi dan bagus dengan kerah dan kancingnya di bagian tengah.
        Jika Anda telah meletakkan kantong cucian di bagian tengah kemeja pada langkah awal tadi, kantong ini akan melindungi sisi-sisi lipatan kemeja Anda saling menekan dan bergesekan. Anda juga dapat memperoleh hasil yang serupa dengan menyelipkan selembar karton di antara dua bagian lipatan kemeja.
   

Fold a Suit for Travel Step 17    6
    Masukkan kemeja ke dalam kantong. Tempatkan kemeja yang telah dilipat ke dalam sebuah kantong cucian atau kantong plastik bersegel. Seperti telah disebutkan di atas, Anda perlu membiarkan ada sedikit udara di dalam kantong ini, agar gelembung udara ini melindungi kemeja Anda dari tekanan benda-benda lain di dalam koper.
 

Fold a Suit for Travel Step 18    7
    Letakkan kemeja Anda di dalam koper. Pastikan bahwa kemeja Anda menghadap ke atas di dalam koper, dan tidak ada pakaian atau benda lain apa pun yang berat atau keras menumpuk di atasnya. Idealnya, kemeja Anda haruslah diletakkan di tengah-tengah bahan-bahan pakaian lain yang terlipat rapi dan rata pula.
        Setelah tiba di tempat tujuan, bukalah koper Anda dan periksa kemeja Anda untuk menemukan jejak-jejak kusut yang muncul. Segera gantung atau setrika kemeja Anda.


Tips

    Lipat celana panjang formal Anda kemudian gulung dengan hati-hati. Ini akan menghindari kusut yang dapat tercipta oleh cara melipat yang umum.

    Jika mungkin, bawalah setelan formal Anda dalam kantong jas khusus. Banyak perusahaan koper juga memproduksi kantong jas khusus yang dapat digulung, yang ideal untuk perjalanan dinas.


Hal yang Anda Butuhkan

    Koper
    Pakaian formal
    Kantong cucian pakaian dari bahan plastik

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara Mengemas Pakaian Formal untuk Bepergian

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang mengemas kemeja

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara merajah pola lengan blouse atau baju berfesyen...

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Mengemas-Pakaian-Formal-untuk-Bepergian

0 komentar:

Post a Comment