, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

3 Fungsi Seni Kriya Beserta Contoh Gambarnya

 contoh seni kriya - Sebelumnya telah kita bahas Pengertian Seni Kriya dan beberapa macam jenis contoh yang di sajikan. Menurut Zoet Mulder dalam kamus jawa kuno – Indo (1995-520), kata kriya berasal dari bahasa sankerta yang artinya tindakan, pekerjaan dan khususnya pekerjaan yang berkenaan dengan upacara keagamaan. seni kriya yaitu seni yang bertujuan menyajikan kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.
Rasjoyo juga menambahkan, seni kriya adalah karya pertama (sample), sedangkan karya berikutnya menjadi benda kerajinan. Seni kriya juga di artikan sebagai suatu karya seni yang penekanan pekerjaannya pada tangan (keterampilan tangan). Seni kriya sebenarnya tidak bisa lepas dari seni rupa, keduanya tumbuh dan berkembang dengan sejajar . kalau seni rupa menitik beratkan nilai estetika, maka seni kriya lebih mengutamakan segi fungsi (aplikasi).
Namun, yang akan kita bahas kali ini cukup simple, penerangannya hanya pada fungsi tiap sub dengan dengan beberapa contoh gambar dn macam pengertiannya. Secara garis besar, yang perlu kita ketahui adalah fungsi dari seni kriya itu sendiri, yaitu sebagai salah satu karya seni rupa dalam artian mencakup hiasan, unsur atau benda terapan yang siap di pakai contohnya, berupa benda-benda mainan. Berikut ini adalah ketiga golongan dari fungsi seni kriya.

1. Hiasan (Dekorasi) 

Seni Kriya dari Dekorasi Teras Sekaligus Ruang Tamu

interiordecodir.com
 

Seni Kriya dari Hiasan Dekorasi Ruang Tamu dan Belajar 
cm-bissau.com
Hiasan dekorasi adalah seni yang menggambarkan tujuan untuk mengelola suatu permukaan benda menjadi lebih indah untuk di pandang. Gambar dekorasi adalah gambar hiasan yang dalam wujudnya tapak indah, tidak terkesan ruang kosong baik itu gelap, terang semua tidak begitu di tonjolkan, namun tetap menarik nilai estetik pada prespektif pandangan manusia.
Banyak produk seni kriya dengan fungsi benda sebagai pajangan. Seni kriya ini lebih menonjolkan rupa dari pada segi fungsinya sehingga, banyak mengalami pengembangan pada setiap bentuk produknya. Misalnya, hiasan dinding, karya seni ukir, patung, cinderamata dan masih banya jenis lainnya. Untuk mendapatkan gambar yang dekoratif, perlu dilakukan penstiliran atau deformasi alami.

2. Benda Terapan (Siap Pakai)

 
Benda Terapan Siap Pakai dari Pentungan dan Kursi 
faatihahabwa.blogspot.com
 

Benda Terapan Siap Pakai dari Kain Tenun 
y-v-l.blogspot.com
Pada umunya, seni kriya adalah seni yang tetap mengutamakan fungsi (kegunaannya). Seni kriya jenis ini adalah produk atau benda-benda yang siap di pakai, sebuah benda terapan dengan berbagai fungsi kegunaannya, bersifat nyaman, enak di pandang dan tidak kehilangan unsur keindahannya.  Misalnya, keramik, senjata, furnitur, dan lain sebagainya.

3. Benda Mainan

 
Seni Kriya dari Mainan 
kuningroup.com
Banyak sekali yang sering kita jumpai di lingkungan sekitar kita, tanpa sadar pasti akan melihat banyak jenis produk dengan seni kriya atau sebuah terapan ukir pada suatu benda yang fungsinya sebagai alat permainan. Secara umum, jenis produk kriya seperti ini biasanya di kemas dengan sangat sederhana, bahan yang di gunakan pun relatif mudah di dapat sehingga kamu bisa dengan mudah mengerjakannya. Tidak hanya sekedar itu, harga yang di tawarkan oleh produk dari mainannya bisa sangat murah. Misal kipas kertas, dakon, boneka dan masih banyak lagi.
Mungkin bisa kamu pelajari lebih jauh tentang peranan seni kriya yang saat ini menjadi incaran atau perbincangan publik, khususnya kaum (pengamat) kreatif, pengrajin, pelajar, bahkan sampai para kolektor yang terkadang menyalahkan fungsi dari produk seni kriya itu sendiri. Semoga apa yang di sampaikan bisa sesuai dan menjadikan ini sebuah motivasi bagi kita s
emua yang ingin atau mau mengembangkan seni kreatifnya pada sebuah karya.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
3 Fungsi Seni Kriya Beserta Contoh Gambarnya

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh seni kriya

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Klasifikasi Produk Limbah Tekstil

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit :http://duduul.com/3-fungsi-seni-kriya-beserta-contoh-gambarnya/

0 komentar:

Post a Comment