, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Membuat Rok

 cara menjahit rok dari kertas telo - 3 Metode:Membuat Rok BerkerutMembuat Rok Melingkar

Membuat Rok Maxi

Pakaian yang bergaya tidak harus mahal dan dibuat orang lain; nyatanya, gaya busana bisa bersifat sangat intim dan pribadi. Berikan sentuhan gaya Anda sendiri kepada pakaian yang Anda kenakan dengan membuatnya sendiri! Cobalah salah satu dari ketiga cara simpel ini untuk membuat rok berkerut, rok melingkar, atau rok maxi dan orang lainpun akan mengagumi kreasi Anda!

Metode 1 dari 3: Membuat Rok Berkerut

 

Make a Skirt Step 1    1
    Pilih bahan rok. Anda bisa menggunakan kain apapun untuk membuat rok ini, dan Anda akan memerlukan karet selebar 2,5 cm. Untuk membuat rok yang lebih terstruktur, gunakan kain yang lebih kaku. Untuk membuat rok yang lebih longgar dan memberikan kesan halus, gunakan kain yang ringan.
   
 

Make a Skirt Step 2    2
    Ukurlah tubuh Anda. Gunakan pita pengukur untuk menentukan jarak antara bagian terlebar pinggul Anda, bagian terkecil pinggang Anda, dan total panjang rok. Untuk menemukan panjangnya, Anda bisa menggunakan pita pengukur dari pinggul Anda ke tingkat yang Anda tentukan pada kaki Anda dan menambahkan sekitar 6,75 cm ekstra untuk tempat karetnya.
 

Make a Skirt Step 3    3
    Potong kain dan karet Anda. Pergunakan hasil pengukuran tubuh Anda untuk menyesuaikan 2 potong kotak kain besar berdasarkan panjang yang Anda pilih dari lingkar pinggul Anda. Potong karet sepanjang lingkar pinggul Anda dikurangi 2,5 cm (jika lingkar pinggul Anda adalah 75 cm, maka potong karet sepanjang 72,5 cm).

Make a Skirt Step 4
    4
    Jahit garis-garis sisinya. Letakkan kedua potongan kotak, dengan satu kotak berada di atas lainnya dalam posisi sejajar. Siapkan ruang jahitan selebar 1,25 cm, dan jahitkan keduanya hingga menyatu. Gunakan setrika untuk meratakan bekas jahitan setelah Anda selesai (atau sebelumnya jika Anda mengalami kesulitan untuk meratakan kain Anda).
Make a Skirt Step 5    5
    Buat tempat karet. Karet rok ini akan tersembunyi di dalam kain, jadi Anda harus mempersiapkan penutup kainnya. Lipat bagian atas kain selebar 1,25 cm dan gunakan setrika untuk meratakannya. Lalu, lipat lagi sepanjang 5,1 cm; gunakan jahitan pada bagian atas untuk menyatukan bagian ini dengan area yang sudah Anda tekan dengan setrika ke roknya. Sisakan bukaan sebesar 10,2 cm di dekat salah satu garis samping rok sebagai tempat memasukkan karet.

Make a Skirt Step 6    6
    Jahit lipatan bawahnya. Lipat bagian bawah rok selebar 1,25 cm. Gunakan setrika untuk meratakannya dan jarum untuk menjaga posisi lipatan jika diperlukan. Jahitlah pada bagian atasnya.

Make a Skirt Step 7    7
    Masukkan karet. Selipkan karet yang telah Anda potong ke dalam tempatnya. Tarik karet melingkari rok, dan saat Anda mencapai sisi satunya, jahit kedua lembaran ini hingga menjadi satu dengan jahitan lurus. Jika diperlukan, gunakan jarum untuk mempertahankan posisi karet saat Anda memasukkannya. Gunakan jahitan atas untuk menutup bukaannya, dan jahitan belakang untuk memperkuat pinggiran rok.
  

Make a Skirt Step 8    8
    Selesaikan garis pinggang. Sesuaikan kerutan di sekitar garis pinggang sehingga semuanya berjarak dengan imbang. Setelah Anda melakukan hal ini, jahitkan pada area-area bawahnya untuk menggabungkan kerutan dengan karet. Jangan jahit melewati kerutan karena hal ini akan meratakannya, tetapi jahitlah pada ruang-ruang di antara setiap kerutan.

Metode 2 dari 3: Membuat Rok Melingkar

 

Make a Skirt Step 9    1
    Pilih bahan Anda. Rok melingkar dikenal karena memberikan penampilan yang melambai, jadi gunakanlah bahan yang tidak terlalu berat atau kaku. Garis pinggangnya dibuat dari karet yang mencolok, jadi pergunakanlah karet sesuai ukuran dan warna yang Anda inginkan. Sebuah karet selebar 7,6 cm akan memperindah tampilan atas rok Anda.
   

Make a Skirt Step 10    2
    Lakukan pengukuran tubuh. Gunakan pita pengukur di sekitar pinggul sebagai tempat melekatnya rok Anda, biasanya pada bagian terlebar pinggul. Karena rok ini akan berbentuk melingkar, Anda perlu mengerti sedikit geometri untuk menentukan pengukuran yang tepat. Untuk mencari tahu radius rok, pergunakan hasil pengukuran pinggul Anda dan tambahkan lima cm. Lalu, bagikan hasilnya dengan 6.28; jawaban yang Anda peroleh adalah radius lingkaran Anda.
        Contohnya, jika lingkar pinggul Anda adalah 76,2 cm, tambahkan lima cm dan bagikan dengan 6.28 (81,2 / 6.28). Hasilnya adalah radius sekitar 13 cm.
        Ukur panjang karet dengan menambahkan 2,5 cm kepada hasil total pengukuran pinggang Anda. Jika lingkar pinggang Anda adalah 76,2 cm, maka karet Anda harus diukur dan dipotong sepanjang 78,7 cm.
        Ukur panjang rok dengan menggunakan pita mengukur untuk menentukan jarak dari pinggul ke bagian akhir rok yang Anda inginkan. Tambahkan 2,5 cm untuk keperluan penjahitan.

Make a Skirt Step 11    3
    Buat pola kertas Anda untuk radius pinggulnya. Anda hanya akan memerlukan potongan kertas untuk ¼ bagian roknya, jadi pilihlah kertas yang cukup besar. Gunakan pita pengukur dan letakkan pensil pada lubang di kertas. Temukan pengukuran radius Anda (atau sedekat mungkin dengan radius tersebut) dan pertahankan titik ini pada pita pengukur dengan tangan Anda, lalu bawa ke arah pojok kiri bawah kertas Anda. Saat Anda menahan pita pengukur dengan tangan kiri Anda, gunakan pensil untuk berputar pada bagian sisi-sisi kertas dengan tangan Anda. Anda akan memnciptakan sebuah lingkaran.
 

Make a Skirt Step 12    4
    Tambahkan radius panjang rok Anda ke polanya. Pilih panjang yang Anda inginkan untuk rok Anda. Gunakan pita pengukur untuk menandai jarak ini dari garis yang baru saja Anda buat untuk radius pinggul Anda dalam lingkaran lainnya. Gambar dari sisi ke sisi pada kertas, dengan titik awalnya adalah garis lingkar pinggul Anda. Anda akan menghasilkan lingkaran pada sisi-sisi kertas Anda.

Make a Skirt Step 13    5
    Potong pola dan kain Anda. Potongkan kertas mengitari garis-garis yang telah Anda buat, sehingga Anda menciptakan sebuah bentukan kurva. Lipat kain menjadi dua, dan lipat dua lagi, sehingga Anda memiliki 4 bagian yang terlipat. Letakkan pola kertas pada sudut di mana Anda akan menggabungkan semua kainnya, dan potongkan mengikuti garis luar kertas. Saat Anda membuka lipatan kain, Anda akan mendapatkan bahan berbentuk donat atau cincin raksasa.

Make a Skirt Step 14    6
    Setrikalah bagian pinggangnya. Untuk menyelesaikan garis pinggang, Anda harus menekan dan meratakan pinggirannya. Hal ini perlu untuk mencegah pinggiran yang kasar terbuka saat rok dikenakan dan dicuci. Lipat sebagian kain pada jarak 0,625 cm dari bagian atas rok dan gunakan setrika untuk meratakannya. Lalu gunakan mesin obras (jika Anda memilikinya) atau jahitan berbiku untuk menyelesaikannya.
 

Make a Skirt Step 15    7
    Jahitkan karetnya. Karet ini sedikit lebih kecil daripada kain yang melingkari pinggang untuk kemudahan penggunaan. Karena itu, kedua ujungnya harus dijahitkan menjadi satu sebelum dimasukkan ke rok. Lipat karet menjadi dua, dan gunakan jahitan lurus untuk menyatukannya dengan menyisakan ruang selebar 1,25 cm. Lalu, jauhkan kedua ujungnya dan jahitkan melekat pada karetnya, sehingga tidak akan ada ganjalan saat Anda mengenakan rok.

Make a Skirt Step 16    8
    Tempelkan karet ke garis pinggang kain. Rok Anda harus sedikit melingkupi karet karena ukurannya lebih besar. Tempatkan garis pinggang di sekitar pinggiran atas karet, dan tusukkan karet mengelilinginya dengan rata. Gunakan sebanyak atau sesedikit mungkin yang Anda perlukan untuk meratakan kain di seputar karet Anda.

Make a Skirt Step 17    9
    Jahit garis pinggangnya. Mulailah menjahit, dengan karet yang tetap ditusukkan ke kain, kelilingi pinggiran karet pada bagian luar rok. Saat Anda melakukannya, regangkan karet sehingga tidak ada bagian yang longgar di mana kain dan karet tidak menyatu. Anda bisa menggunakan jahitan berbiku atau lurus untuk melakukan hal ini.

Make a Skirt Step 18    10
    Kelim roknya. Lipat bagian bawah selebar 0,625 cm dan gunakan setrika untuk meratakannya. Lalu lipat bagian ini lagi, dan gunakan jahitan lurus atau berbiku untuk mengelim mengelilingi pinggiran rok.

Metode 3 dari 3: Membuat Rok Maxi
Make a Skirt Step 19
    1
    Pilih bahan-bahan Anda. Rok maxi sangat panjang dan perlu menggunakan kain ya
ng lebih berat agar tidak mudah terangkat. Pergunakan kain yang lebih tebal sehingga tidak akan tembus pandang dan memiliki berat yang cukup untuk mencegah agar kain tidak mudah ditiup angin. Gunakan karet berpita lebar untuk membuat garis pinggang pada bagian atasnya; karet ini akan terlihat, jadi pilihlah warna yang cocok dengan kain yang Anda pilih.
        Pilihlah kain yang cukup besar untuk dipotong. Tutorial rok maxi ini menggunakan sehelai kain yang panjang, bukan dua (atau lebih) potong kain kecil yang disatukan dengan dijahit.
Make a Skirt Step 20    2
    Lakukan pengukuran. Dua pengukuran yang diperlukan adalah lingkar pinggul dan panjang rok. Gunakan pita pengukur untuk melingkari bagian terlebar pinggul Anda. Lalu, ukurkan dari titik tersebut ke pergelangan kaki Anda (atau sesuai dengan panjang yang Anda inginkan). Pengukuran ini mungkin akan bervariasi antara 101,6 sampai 177,8 cm; tergantung pada tinggi badan Anda.
        Ukur karet untuk bagian pinggang dengan mengurangi 2,5 cm dari lingkar pinggul Anda. Hal ini akan memastikan karet cukup ketat sehingga rok tidak akan melorot atau karet terlihat longgar.
        Tambahan 2,5 cm kain ekstra ke bagian panjang dan lebarnya untuk keperluan penjahitan.

Make a Skirt Step 21    3
    Potong kain Anda. Anda harus mengukurkan sebuah kotak besar, dengan lebarnya adalah lingkar pinggul Anda, sementara panjangnya adalah panjang rok yang Anda inginkan. Potong bentuk ini dan lipat menjadi dua dengan kedua ujung potongannya saling bersentuhan.
 

Make a Skirt Step 22    4
    Jahitkan mengikuti panjangnya. Lipat lebih dari 1,25 cm kain pada setiap pinggiran panjangnya dan gunakan setrika untuk meratakan. Lalu jahitlah dengan berbiku untuk menempelkan kedua sisi kain dan menciptakan sebuah tuba.

Make a Skirt Step 23    5
    Mulailah membuat garis pinggang. Balik tuba sehingga Anda akan mengerjakan bagian atas bahannya. Jika Anda memiliki musim obras, obraslah pinggiran kain untuk mencegahnya lepas. Jika tidak, gunakan jahitan berbiku untuk menstabilkan ujung-ujungnya.
   

Make a Skirt Step 24    6
    Jahitkan karetnya. Ambil karet dan lipat menjadi dua, dengan kedua ujungnya saling bertindihan. Gunakan jahitan lurus pada jarak 0,625 cm dari bagian pinggir potongan karet. Lalu, balikkan karet dan jauhkan kedua bagian yang telah Anda sisakan tersebut dan gunakan jahitan berbiku untuk kembali menyatukannya ke karet itu. Hal ini akan memastikan jahitan tetap rata dan Anda akan merasa nyaman serta tetap terlihat menarik saat mengenakan rok ini.

Make a Skirt Step 25    7
    Pasangkan karet ke garis pinggang. Letakkan bagian atas rok ke dalam karet dan tusukkan. Mungkin kainnya akan lebih lebar, jadi gunakan jarum untuk meratakannya.

Make a Skirt Step 26    8
    Jahitkan karet. Gunakan jahitan lurus mengitari lebar karet pada jarak 0,625 cm dari bagian bawah karet. Lepaskan jarum seiring Anda menjahit, pastikan garisnya tetap lurus sehingga garis pinggang Anda tetap rata.

Make a Skirt Step 27    9
    Selesaikan keliman. Lipat 1,25 cm bagian bawah rok dan gunakan setrika. Jahit secara berbiku atau gunakan mesin obras untuk menjaga agar bagian bawahnya tidak terlepas. Lalu, gunakan jahitan lurus untuk menempelkannya ke rok.

Tips

    Jika pinggang Anda cukup kecil, Anda bisa mencoba menggunakan sarung bantal daripada harus membeli kain dari toko. Potong bagian pendeknya yang dijahit. Dengan ini, Anda sudah memiliki jahitan belakang dan keliman pada bagian bawahnya.
    Jika Anda ingin jahitan renda yang menggantung di bawah rok Anda seperti petticoat atau slip, jahitkan pinggiran atas renda di bawah keliman pada posisi dekat dengan ujung yang terlipat.
    Anda juga bisa membuat rok American Girl (rok untuk boneka)! Pastikan Anda mengukur pinggang boneka Anda dengan benar.

Peringatan

    Baca semua instruksi sebelum memulai, terutama jika Anda belum pernah menjahit sebelumnya.
    Berhati-hatilah saat Anda bekerja dengan gunting, jarum, dan mesin jahit.

Sumber

    ↑ http://www.etsy.com/blog/en/2011/sew-a-skirt-in-one-hour/
    ↑ http://www.danamadeit.com/2008/07/tutorial-the-circle-skirt.html

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara Membuat Rok

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menjahit rok dari kertas telo

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Pengertian ragam hias simbolis

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Membuat-Rok

0 komentar:

Post a Comment