, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Safina's Dress, Jahit Tangan, Cuy! :')

 cara buat baju anak dengan jahitan tangan - Para mami tercinta yang punya anak perempuan kecil, mungkin pernah ngalamin nih kejadian yang baru saya alami ini. Safina (Nana) kalau main tab punya Papa-nya sukanya main dress up. Jadi dia milih-milih baju, sepatu, tas, asesoris untuk dipakai model dalam games itu.
Kemarin, permainan meningkat dengan sebuah permintaan. "Mama, Nana mau baju kayak gini!" katanya sambil menunjukkan gambar model dengan dress warna ungu. Saya lirik dikit model bajunya dan komentar dalam hati, "Beuh, kalo tiap main dress up dia minta beliin baju kayak gini, bolong dompet ekeh, nek!" Wkwkwkwk...

Sebuah ide melintas di kepala. Ide yang sebenarnya "nggak banget" dalam bayangan saya kemarin. Saya mau coba jahit baju sendiri untuk Nana. Berhubung nggak punya mesin jahit, tantangan menjadi lebih besar: jahit baju untuk Nana dengan jahit tangan! Bwahahahaa....saya langsung ngekek sendiri kemarin. Ya kali, orang nggak ngerti jahit baju kayak saya bisa jahitin baju buat si Nana, jahit tangan pulak!


Tapi, seperti biasa, bawaan ribet sendiri, tiap dapat tantangan biasanya kepikiran. Saya langsung mikir, "Masa sih nggak bisa jahit baju model sederhana sendiri?" Saya pun mengamati satu dress sederhana milik Nana dan mikir gimana cara jahitnya. Akhirnya, dengan tekat setengah yakin, saya ke toko bahan dan alat jahit di dekat rumah dan belanja. Saya beli bahan 1,5 m, jarum jahit, benang, asesoris, kancing dan ristleting.


Sore kemarin dengan bismillaahirohmaanirrohiim saya mulai sotoy ngukur kertas koran ke badan si Nana. Terus gunting-guntng bahan berdasarkan bayangan saya aja gimana cara jahit baju itu. Sebenarnya 9 tahun yang lalu saya sempat ikut kursus menjahit selama sebulan, tapi belum sampai ke pelajaran menjahit baju sama sekali. Baru diajarin ngitung-ngitung ukuran dan menggambar pola. Dan karena udah lama juga, lupa semua! Wakakakakkk, gak guna banget, deh!

Tapi jangan panggil ekeh Emak Gaoel kalau begitu aja nyerah. Hihihihi...kalau sudah punya mau, biasanya saya suka ngotot ngerjain sampai selesai. Bawaan orok. -_- Akhirnya, dengan terseok-seok, hari ini saya bisa mempersembahkan perjalanan menjahit sendiri baju untuk Nana. Check this out!

Masang ristleting dengan jahit tangan!! Nggak nyangka, bisa juga ternyata. :D   
   
Setelah bahan saya potong, saya mikir apa duluan yang harus saya jahit. Akhirnya saya mutusin sendiri, kayaknya masang ristleting harus duluan. Maka dengan perasaan was-was takut salah, saya jahit pelan-pelan ristletingnya ke dua bahan untuk bagian belakang baju. Eh, bisa! Bisa! Jadi makin semangat buat nerusin. :D

Makin semangat pas dua bagian untuk atasan ini hampir jadi! :')
Perjuangan belum selesai. Bagian atas dress harus disambung dan nggak boleh meleset, karena kalau salah posisi, nanti dua bagian itu nggak akan ketemu di titik yang seharusnya. (Ngemeng apa sih, mak?). Sampai di bagian ini Nana udah nanya-nanya, "Kapan selesainya?" Dooh, besok kali, dek! Ini belum apa-apa juga. -_-

Huaaa, berhasil juga masang rok dan bagian atas dress-nya! *jingkak-jingkrak*
Menyambung bagian atas dengan roknya adalah bagian yang paling deg-degan dan bikin frustasi. Bikin rimpel rok bocah itu ternyata susaaaaaahhhhh ya sodarah-sodarah! Astaghfirulloooh! Saya sampe kesel sendiri. Tapi nanggung kalau berenti. Lagian Nana pasti kecewa banget kalau bajunya nggak jadi. Akhirnya walaupun jahitan udah makin acak-acakan dan mletat-mletot, saya tetap meneruskan.

Viola! :D
Akhirnya, dalam waktu 6 jam saya berhasil menyambung semua bagian dress itu jadi satu baju utuh dengan jahitan yang.....yaaah, gitu, deh...-_- But, me so proud! ^_^ Ngg
ak sabar nunggu Nana bangun untuk nyobain baju baru hasil jahitan emaknya ini.
Ini dia, Safina dengan baju barunya. Dijahit tangan oleh Emak Gaoel. Jangan liat bagian dalemnya ya, mengerikan! :)))   
Fffiuhh! Seneng banget tadi pagi Nana udah mondar-mandir make baju barunya dengan senang. Saya jadi mikir sendiri, kayanya nggak sanggup deh punya profesi penjahit. Bikin satu aja kayak begini udah bikin punggung sama mata sakit. Hiks.

Tiba-tiba Nana nyeletuk sambil nunjukkin Tab-nya ke saya. "Ma, besok mama bikinin yang begini, ya!" *pingsan*

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 Safina's Dress, Jahit Tangan, Cuy! :')

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara buat baju anak dengan jahitan tangan

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 7 website yang wajib dikunjungi penjahit otodidak

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://www.emakgaoel.com/2013/03/safinas-dress-jahit-tangan-cuy.html

0 komentar:

Post a Comment