, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

PRODUKSI KERAJINAN BUSANA dari BAHAN ALAMI

  rancangan kerajinan busana dari bahan alami - Busana adalah segala sesuatu yang dipakai mulai dari kepala sampai ujung kaki yang memberi kenyamanan dan menampilkan keindahan bagi si pemakainya.
Adanya busana mutlak yaitu busana yang tergolong busana  pokok seperti baju ,rok ,kebaya ,blus ,rompi.
Sedangkan Milineris adalah pelengkap busana yang sifatnya melengkapi busana mutlak serta mempunyai nilai guna dan juga mempunyai keindahan  seperti sepatu,tas,topi,kacamata,selendang,dll.
Lalu aksesoris adalah pelengkap busana yang sifatnya hanya untuk menambah keindahan sipemakai seperti cincin,kalung,gelang,dll.


Pembuatan kerajinan rompi dari serat alam.

1.Merancang Produksi busana dari bahan alami.
Membuat rancangan merupakan desain  awal  dalam membuat produk sebelum di buat. Pembuatan desain rompi dari bahan alam dapat menggunakan bahan kertas dan koran dengan alat pensil dan spidol.

2.    Bahan Pendukung Produksi Busana dar bahan Alami
 Bahan yg digunakan untuk membuat kerajinan rompi dari serat alami harus diperhatikan baik dari jenis serat alam atapun dari kualitasnya ,karna akan mempengaruhi dan menentukan hasil dari produk yg akan dibuat. Jenis serat alam yg sering digunakan untuk kerajinan busana adalah Karung Goni atau Kain Kantong Gandum. Kancing baju rompi dapat memanfaatkan batok kelapa,hiasannya dapat menggunakan biji2an,sementara benang yg digunakan dapat berupa benang kasur berwarna putih.

Kain kantong Gandum

Gambar Pola desain

3.Alat Pendukung Produksi Busana dari bahan alami.
Peralatan yang  digunakan harus standar dan sesuai dengan fungsinya. Peralatan yang digunakan untuk pembuatan kerajinan rompi dari serat alam adalah mistar segitiga ,pensil ,spidol ,jarum ,dan gunting.


4.Keselamatan Kerja
 Keselamatan kerja merupakan sikap pada saat kita bekerja,hal ini berhubungan dengan cara memperlakukan alat dan bahan kerja,serta bagaimana cara mengatur alat dan benda kerja yang baik dan aman, karna keselamatan kerja berhubungan langsung dengan orang atau manusia.
> Perlengkapan dan Manfaat keselamatann kerja dalam pembuatan rompi antara lain :
a. Sebelum bekerja ,hendaknya memastikan tentang ruangan yang bersih dan terang serta ventilasi udara yang cukup terlebih dahulu agar ruangan menjadi nyaman.
b.Pakailah pakaian kerja ,untuk melindungi dan menghindari kotoran pada saat bekerja.
c.Tidak diperkenankan bergurau atau bercanda agar tidak menimbulkan kecelakaan pada saat bekerja.
d.Wajib membersihkan kotoran ,kemudian mengembalikan peralatan pada tempatnya jika sudah selesai.

5.Proses kerja Produksi Busana dari Bahan Alami
Proses kerja dilakukan sesuai prosedur yang benar ,sehingga dapat menghindari kesalahan2 yang terjadi dan akan mendapatkan hasil yang maksimal.Berikut ini adalah langkah2 kerja ketika pembuatan kerajinan rompi :

    Membuat rancangan atau pola gambar


Membuat rancangan atau pola gambar dapat di awali dengan membuat sketsa-sketsa desain yg paling sederhana dengan mengambil ide2 atau gagasan
dari karya seni tradidional indonesia.
b. Penyiapan bahan
Prinsip kegiatan penyiapan bahan adalah menyiapkan bahan karung goni dan bahan  kain lapisan dalam yang akan dijahit sesuai dengan ukuran yang di tentukan. Contohnya menyiapkan kancing baju ,benang ,dan bahan lainnya.
c. Menyiapkan alat
Prinsip kegiatan menyiapkan alat adalah memilih alat yang akan digunakan dan mengkondisikan alat tersebut dalam keadaan siap pakai.
d. Memotong sesuai pola gambar
Memotong pola gambar diatas karung goni dan kain kantong gandum dapat dilakukan dengan cara pola yang sudah di buat diletakkan diatas karung goni dan kain kantong gandum ,kemudian dipoyong secara bersamaan.

e.Menjahit

Proses ini merupakan proses menjahit secara manual dengan benang dan jarum kasur . Caranya:Menata secara rapi karung goni pada bagian luar dan kantong gandum pada bagian dalam lalu dijahit secara manual dengan motif tertentu.
f.Memasang kancing baju
Memasang kancing baju dilakukan secara manual dengan memanfaatkan kancing baju dari bahan alami batok kelapa yang dibentuk seperti kancing baju.
g.Membuat hiasan pada rompi
Selanjutnya menempelkan hiasan dengan menggunakan lem pada permukaan rompi. Hiasan dapat diambil dari bahan2 alamk seperti bi
ji2an kering dan serat/serabut tumbuh-tumbuhan.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang rancangan kerajinan busana dari bahan alami

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Teknologi Busana

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit :http://roniaprinaranti.blogspot.co.id/2015/02/produksi-kerajinan-busana-dari-bahan.html
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 PRODUKSI KERAJINAN BUSANA dari BAHAN ALAMI

0 komentar:

Post a Comment