, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

A. PERNGERTIAN KERAJINAN BAHAN LUNAK

 fungsi kemasan pada bahan lunak - a) Kerajinan adalah kegiatan yang berkaitan dengan barang yang dihasilkan melalui keterampilan (kerajinan) tangan.
b)Kerajinan Bahan Lunak adalah proses pembuatan benda melalui keterampilan tangan dan alat bantu dengan bahan dasar berupa bahan lunak yang sifatnya mudah dibentuk.

B. ANEKA MACAM BAHAN LUNAK


a) Bahan Lunak Alami adalah bahan yang diperoleh dari alam atau lingkungan sekitar, misalnya tanah liat, serat alam, kulit. b) Bahan Lunak Buatan adalah bahan yang diperoleh melalui proses produksi manusia, misalnya sabun, lilin, bubur kertas, gips, fiberglas, spons, dll.

Macam – Macam Bahan Lunak Alami


1. Tanah Liat

Tanah liat atau tanah lempung berasal dari pelapukan kerak bumi yang sebagian besar tersusun oleh batuan feldspatik, terdiri dari batuan granit dan batuan beku. Sifat tanah liat sebagai bahan dasar pembuatan kerajinan adalah kedap air dan keras / tidak mudah pecah. Sedang kekurangannya adalah proses pengerjaan kerajinan yang cukup lama karena membutuhkan proses penjemuran dan pembakaran. Tanah liat terbagi menjadi 2 yaitu tanah liat primer dan sekunder.

Ciri – Ciri Tanah Liat Primer Ciri – Ciri Tanah Liat Primer

1. Warna putih / putih kusam
2. Berbutir kasar
3. Tidak plastis
4. Daya lebur tinggi
5. Daya susut kecil
6. Bersifat tahan api 1. Kurang murni 2. Berbutir halus 3. Bersifat plastis 4. Warna dapat berupa krem, abu– abu, coklat, merah jambu, kuning, kuning muda, kuning kecoklatan, kemerahan atau kehitaman.

2. Bubur Koran


Bubur koran terbuat dari kertas koran yang dicacah atau disobek kecil – kecil, kemudian direndam dalam air selama semalam.

3. Playdough
Playdough berasal dari kata play (bermain) dan dough (adonan). Playdough sering juga disebut dengan plastisin/malam, jadi pengertian dari playdough adalah adonan mainan berwarna – warni yang biasa digunakan oleh anak – anak dan balita untuk bermain.

4. Gips

Sering disebut juga gypsum (CaSO4,2H2O) adalah batu putih yang terbentuk karena pengendapan air laut.
C. ANEKA KARYA KERAJINAN BAHAN LUNAK a) Kerajinan Tanah Liat 1. Benda Pakai (fungsional), berfungsi untuk menunjang aktivitas manusia.

 Perabot berat, biasanya membutuhkan kekuatan dan daya yang maksimal. Contoh : Genteng, Batu Bata, dll

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 A. PERNGERTIAN KERAJINAN BAHAN LUNAK

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang fungsi kemasan pada bahan lunak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Sofie menjadi desainer hebat berkat modal nekat

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.scribd.com/doc/281088656/PRAKARYA-KWu-Materi-Kerajinan-Bahan-Lunak#scribd

0 komentar:

Post a Comment