, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jelaskan unsur estetika dalam kerajinan dari bahan limbah dari segi bentuk, warna, tekstur, dan gaya! (yang sedang berkembang dan digemari saat ini)

 estetika kerajinan dan klasifikasi gaya saat ini - Instruktur yang membantu dari warna pelangi

Nilai Estetik dalam Produk Kerajinan


Tanya:
Kami pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di bidang kerajinan (handicraft). Berbagai produk kami antara lain kaligrafi, lukisan, dan bingaki foto. Seiring banyaknya pesaing baru, harga menjadi murah, bahkan impas antara biaya produksi dan penjualan. Ironisnya, mau tidak mau kami mengikuti harga di pasar tersebut.
Apakah tindakan kami itu sudah tepat, meskipun sebenarnya laba yang didapat sangat minim. Strategi apa yang harus kami lakukan agar produk kami tetap menjadi pilihan konsumen, walaupun banyak produk serupa di pasaran?

—Endah, Tembiring, Demak

Jawab:

UMKM di bidang handicraft merupakan salah satu jenis industri kreatif yang menekankan pada keindahan (estetika). Untuk menghadirkan nilai keindahan itu, ada banyak strategi yang bisa dilakukan agar produk disukai konsumen.

Pertama, pengembangan desain produk. Produk handicraft yang didesain berbeda dari yang ada di pasaran, akan menghasilkan suatu keunikan (diferensiasi), sehingga akan memiliki keunggulan kompetitif dan komparatif dibanding produk sejenis. Pengembangan desain produk bisa dilakukan, antara lain dengan pengembangan motif serta warna mengikuti tren dari permintaan konsumen.

Kedua, menciptakan nilai tambah. Agar tercipta nilai tambah, diperlukan kreativitas berpikir. Kreativitas berpikir adalah proses menghasilkan ide (gagasan) dan imajinasi, yang pada akhirnya ditransformasikan ke dalam bentuk inovasi (produk).

Nilai tambah dimaksud adalah peningkatan kualitas, sehingga produk yang dihasilkan memiliki daya saing di pasaran. Dengan adanya daya saing dan kualitas bagus, itu juga menjadi salah satu penghambat bagi pesaing.

Menghadirkan produk dengan daya saing ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku UMKM. Namun ini harus senantiasa dilakukan, untuk menciptakan hambatan masuk bagi pesaing, karena adanya keistimewaan dan keunggulan produk yang Anda tawarkan.

Ketiga, inovasi, yang tidak sekadar dimaknai dari produk, tetapi meliputi proses hingga distribusi. Inovasi menjadi keniscayaan sebagai upaya memanjakan dan meningkatkan layanan kepada konsumen.
Harus dipahami, tinggi produktivitas suatu perusahaan, berarti tinggi pula kinerja bisnis yang dijalani. Artinya, keuntungan yang akan diraih pun semakin besar berkat inovasi dan perbaikan kualitas produk yang senantiasa dilakukan.

Muara dari semua inovasi dan peningkatan kualitas yang dilakukan itu, tentunya menuju pada satu titik, yakni adanya ciri pembeda, keunggulan, dan nilai
estetik yang akan memberikan nilai tersendiri pada produk yang dihasilkan.

Dengan adanya kekhasan, keunggulan, dan nilai yang ditawarkan, maka harga akan menjadi sangat relatif. Karena murah atau mahal, tidak sekadar dari besaran uang yang dikeluarkan. Konsumen tentu tidak akan sayang mengeluarkan uang lebih, jika sebuah produk memiliki nilai dan makna. Bukankah selama ini, kita mengenal adagium ”Ana rega ana rupa?”.
(Tim pengasuh Klinik UMKM UMK)


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang estetika kerajinan dan klasifikasi gaya saat ini

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Aneka Kreasi Kerajinan dari Kain Perca

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://berita.suaramerdeka.com/smcetak/nilai-estetik-dalam-produk-kerajinan/

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Jelaskan unsur estetika dalam kerajinan dari bahan limbah dari segi bentuk, warna, tekstur, dan gaya! (yang sedang berkembang dan digemari saat ini)

0 komentar:

Post a Comment