, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

modul kwu smt 2

 cara membuat kerajinan fungsi pakai jahit aplikasi - Modul Prakarya dan Kewirausahaan semester 2

 Page 1

MODUL PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN SEMESTER II LIMBAH TEKSTIL

A.PENGERTIAN LIMBAH TEKSTIL


 Limbah tekstil atau perca adalah sisa-sisa guntingan kain yang ada setelah membuat  pakaian atau karya kerajinan tekstil lainnya. Sebagai masyarakat yang saat ini mendukung penyelamatan bumi dari limbah dan sampah maka kita harus bisa memanfaatkan limbah tekstil untuk menjadi barang-barang yang lebih bermanfaat dengan meningkatkan nilai guna limbah tekstil tersebut. Peningkatan nilai guna limbah tekstil itu dengan satu bentuk kerajinan yang dapat sebagai modal awal kita  berwirausaha.

Pengertian kerajinan limbah tekstil .


Kain sisa produksi konveksi dan garmen (kain perca) umumnya hanya dianggap sebagai bahan sisa yang tidak ada manfaatnya, biasanya dibuang oleh mereka, pada akhirnya menjadi limbah atau sampah. Berbeda dengan pelaku industri kerajinan rumahan yang mengolah barang bekas menjadi berbagai kerajinan tangan. Dalam industri kerajinan kreatif ternyata kain perca sangat cocok untuk di reproduksi  jadi berbagai produk kreatif yang memiliki nilai ekonomis tinggi. Dari limbah kain sisa  jahitan yang tampaknya tidak memiliki nilai, bisa diolah dengan keterampilan kreatif menjadi berbagai macam produk kerajinan yang memiliki fungsi dan harga jual cukup tinggi, seperti bed cover, sarung bantal, keset, serbet, taplak meja, boneka, kotak pensil, cover handpone, tas, dan lain lain.

B.Konstruksi jahit kerajinan tekstil


Ada beberapa jenis Jahit dalam kerajinan tekstil , yaitu : A. Jahit Perca ditinjau dari cara pembuatannya adalah:


1. Cara acak (tak beraturan) Jahit perca cara acak (tak beraturan) adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain dengan bentuk dan ukuran potongannya tidak sama kemudian guntingan- guntingan tersebut dijahit sesuai dengan desain. Berikut ini adalah contoh karya jahit perca teknik acak.

 2. Cara jiplakan pola(template) Jahit perca teknik jiplakan pola adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain yang dipola terlebih dahulu, dan selanjutnya dijahit sesuai dengan rencana.

3. Cara tumpang tindih(overlapping) Jahit perca teknik tumpang tindih adalah teknik jahit dengan menggabungkan guntingan-guntingan kain yang di pola terlebih dahulu dengan cara meletakkan  pola bagian tengah diatas kain telah disiapkan dan selanjutnya dijahit bagian tepinya, kemudian tindihlah dengan pola berikutnya dengan cara dijahit dengan arah dari tengah ketepi hingga selesai secara keseluruhan.

4. Cara jahit jelujur Jahit jelujur adalah teknik yang biasanya digunakan untuk memberi kesan keindahan. Untuk menggabungkannya tetap dikerjakan dengan teknik  jahit mesin. Cara ini sifatnya hanya penghias, maka dapatditerapkan baik  pada teknik acak, teknik template, teknik overlappingmaupun teknik pola geometris.

5. Cara pola geometris. Teknik jahit percamenggabungkan guntingan kain dengan bentuk pola-pola geometris (segi tiga, segi empat, segi lima dan bentuk-bentuk lainnya) yang terukur dan selanjutnya dijahit sesuai dengan desain.

B. Jahit tindas

Jahit tindas atau biasa disebut quilting  adalah suatu teknik menghias  permukaan kain dengan cara melapis/ mengisi kain dengan bahan  pelapis/ pengisi, kemudian dijahit tindas pada permukaan kain sesuai dengan rencana. Bahan pelapis atau pengisi yang biasa dipergunakan antara lain dakron, koldure, kapas, kapuk


 Jenis-jenis jahit tindas antara lain :


1. Jahit tindas pengisi lembaran Jahit tindas pengisi lembaran (wadded quilting),adalah teknik menjahit dengan cara mengisi/ melapisi diantara dua kain dengan bahan pelapis yang berupa lembaran, selanjutnya dijahit pada permukaan kain sesuai  pola (gambar) dengan mempergunakan jahit mesin ataupun jahit tangan. Bahan yang sering di pergunakan sebagai bahan pelapis/ pengisi adalah, busa tipis, dakron, coldure (lembaran busa yang sudah dilapisi dengan kain di salah satu permukaannya)

2. Jahit tindas pengisi susulan(padded/stuffed quilting) Jahit tindas pengisi susulan adalah teknik menjahit tindas datar, tetapi  pada bagian tertentu ditambahkan isian susulan biasanya berupa busa atau dakron untuk mendapatkan kesan yang lebih menonjol.

3. Jahit tindas pengisi tali(corded quilting) Jahit tindas pengisi tali pada prinsipnya sama dengan pengisi susulan. Bedanya untuk pengisian menggunakan tali. Cara penyelesaiannya bisa menggunakanjahit mesin atau tangan.

4. Tindas efek bayangan Jahit tindas efek bayangan adalah gabungan dari jahit tindas pengisi lembaran, susulan/ tali hanya ada penambahan kain transparan pada  permukaan kain. Biasanya cara ini dikerjakan pada lapisan kain yang terdiri dari kain dasar furing bahan pengisi/pelapis dan kain bermotif, kemudian di tutup oleh kain transparan sesuai motif, sehingga didapatkan hasil jadi yang mempunyai efek bayangan dari kain bermotif tertlihat lebih lembut/agak pudar. Kain transparan yang biasa dipergunakan antara lain kain kaca, sutera, sifon dan organdi.


C. Jahit aplikasi



Jahit aplikasi adalah teknik menghias permukaan kain dengan cara menempelkan guntingan kain pada kain yang berbeda warna dengan dasar kain, selanjutnya diselesaikan dengan jahit tangan teknik sulam yang biasanya mempergunakan tusuk hias feston atau dengan menggunakan mesin bordir.

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara membuat kerajinan fungsi pakai jahit aplikasi

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan
anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 31 Koleksi Baju Muslim Modern Bentuk Dress Untuk Wanita Karir

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.scribd.com/doc/238717157/modul-kwu-smt-2#scribd
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
modul kwu smt 2

0 komentar:

Post a Comment