, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

menjahit

 cara buat pola rok setengah lingkaran - akhirnya bisa bikin lubang kancing. meskipun masih berantakan banget. hahahah
-finally, I can make the buttonhole myself. however, it still far from neat. heheh :D

Menjahit Hari Ini



Sejak awal pagi, saya tidak mempunyai niatan untuk menjahit sama sekali, apalagi dengan fakta bahwa saya baru saja menyelesaikan sebuah long-dress asal jadi (yang tetap saja saking cintanya langsung saya pakai ke kampus).

Memang hari ini tidak ada jadwal yang mendesak. Pagi dimulai seperti biasa. Chat cukup lama dengan fia sambil buka-buka panduan menjahit. Dan yak-tiba tiba muncullah hasrat tersebut. Mumpung masih ada sisa kain dari jahitan kemarin (bukan sisa sih, masih ada 2 meteran), langsung saya cari model pakaian macam apa yang akan saya buat.

Dan yuhuu.. my eyes on you, hey, Mrs. Swing Skirt! (nama roknya itu)

Langsunglah saya mengukur kain. Untungnya, dulu saya pernah membuat pola rok itu (ukuran pola di gambar di bukunya diganti dengan ukuran badan saya). Proses pemindahan pola ke kain hingga pengguntingan memakan waktu kurang lebih setengah jam. Setelahnya, saya memeriksa mesin jahit.

Mengganti benang dengan warna yang sesuai, mengetes mesin di kain lain, dan memberi minyak sudah dilakukan. Proses selanjutnya adalah menjahit rok berdasarkan polanya.

Setelah selesai, ternyata pola yang saya buat kelebihan satu. Tapi gapapa lah, daripada kekurangan kan. heheh.

Nah sekarang tinggal menyelesaikan hem bagian bawah dan kancing/ritsleting (tergantung mood apa yang mau saya buat)! 15 menit lagi saya akan menemuimu kembali hai mesin jahit! Be ready :D


1st PolaLalaPo


Seperti yang saya tulis tadi siang, hari ini saya akan menampilkan pola pola yang diperlukan untuk membuat long-dress:


1. Bagian badan depan dan badan belakang

Robekan di sisi dan bawah disebut kupnat.

2. Lengan

Paling gampang sih caranya begini: sisa guntingan koran dari gambar di atas dipakai sebagai ceplakan lengan (yang bagian lengkungnya). Setelah disalin, barulah diukur panjang yang kita inginkan. Gambar sebelah kiri di bawah ini adalah lengan dan sebelah kanan adalah badan atas dan badan bawah. Fyi, potongan dress ini adalah tepat di atas perut.

3. Barulah dibuat roknya. Jangan lupa bahwa ukuran pinggang rok disamakan dengan ukuran lingkar bawah badan atas + badan bawah. Panjang diukur lagi sesuai keinginan. Yang saya buat di bawah ini adalah model rok setengah lingkaran:

4. Nah, selesai deh. Akhirnya didapatkan 4 pola berikut: (semua pola dibuat bolak balik ya, maksudnya ketika dibuat pola, kertas korannya dilipat dua di sisi kanan at
au kiri)

Keterangan:

    paling kiri dan paling kanan: lengan (pola sama, ini dobelannya udah digunting)
    tengah atas: badan belakang
    tengah: badan depan
    tengah bawah: rok

Sudah deh. Nanti semuanya tinggal dijahit jadi satu. Ga perlu ritsleting dan ga perlu kancing (karena kerah lehernya cukup lebar). Paling nanti akan ditambah pita di garis potong.

Sugesti——-> Gampang kan ?


Minggu Siang yang Terik


Jika minggu pagi dihabiskan bersama, siangnya kami akan melakukan kegiatan masing-masing, sesuai kesenangan masing-masing, yaitu:

    Ayah : Nukang

Ini adalah salah satu hal yang sering dipertanyakan tetangga-tetangga saya. Pertanyaan seperti: “ga capek, pak?”, “itu ga jadi jadi rumahnya”, “ayo istirahat istirahat”, sudah tidak asing di telinga. Ayah, yang memang sepertinya salah jurusan (mestinya: teknik sipil), paham benar cara membuat berbagai macam eksterior rumah, seperti air terjun dan kolam (seperti yang sedang dibuatnya SAAT SAYA MENULIS ini).

Mengapa mereka berkata rumah saya tidak jadi jadi? Hal ini karena adaaaaaaaa aja yang dikerjain sama ayah, sehingga pembangunan rumah saya seperti tidak kunjung berakhir. Tapi, namanya juga hobi, biar sajalah.

    Mama: Belanja

Nah, ini lain lagi. Beliau mengakui sendiri kalau ayah boleh punya hobi nukang, mama juga boleh belanja dong. Oke ma. Asal dapat dipertanggungjawabkan saja ya. haha.

    Saya: Bikin Pola

Berhubung uang belum mencukupi untuk membeli bahan, hari ini saya membuat pola di kertas koran. Pola yang saya buat, nantinya akan diceplak ke kain betulan. Hobi ini sungguh asyik, karena bermanfaat langsung (bisa dipakai).

    Umam: Main game komputer

Hal ini dianggap ‘masih mending’ dibandingkan jika ia harus keluar rumah, ke warnet, atau entah kenapa. Alhasil, dibiarkanlah ia dengan pekerjaannya itu.

    Himma: Tidur.. zzz..

Menjadi anggota keluarga yang TERLAMA tidur (bisa jam 4 pagi) dan TERLAMA bangun (bisa jam 12 siang) tidak menjadikannya patah semangat. Jika memungkinkan, hobinya ini akan dilanjutkan siangnya (terutama di hari libur). Hal ini akan semakin menggelikan jik
a ia terpaksa bangun pagi, seperti hari ini (ada pengambilan nilai lari di lapangan banteng), karena tak ada yang bisa menebak jam berapa ia akan bangun.

Yak! Segitu dari rumah saya. hehe. Anda?


First Maxi-Dress


Yak, kalau biasanya saya hanya membuat rok, sekarang pengen coba yang lain, yaitu maxi-dress! Maxi-dress adalah semacam gaun tapi tidak terlalu ‘gaun’, ia adalah terusan yang roknya panjang, kadang hingga menyentuh lantai.

Bahan yang dibutuhkan:

    Kain 4 meter (karena nanti mau bikin yang lebar :D)
    Furing 2 meter
    Pita 1,5 meter (bisa pakai sisa kain juga)
    Benang warna sama

Mudah kan mudah? hehe. Apalagi ditambah dengan fakta bahwa baju wanita muslim itu ga boleh membentuk badan, jadi kita ga perlu membuat potongan-potongan rumit, seperti kupnat dimana-mana. Pola yang dibuat pun akan saya modifikasi sehingga mudah (karena saya belum terlalu ahli) dan tidak membentuk badan.

Jadi yang diperlukan adalah pola:

    Lengan (kanan dan kiri)
    Badan bagian atas depan
    Badan bagian atas belakang
    Rok

Nanti akan saya publish hasilnya. Rencananya, hari ini saya mau membuat pola. Besok paling baru bisa ke Tanah Abang, abis dapet uang jajan soalnya. he
hehe :D

Simple kan?


Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Glagah Uh4/196
Warungboto Umbulharjo yogyakarta
PH.(0274)450326

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
pin BB 75F08617
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta






























Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

Akhirnya, Cara Menjahit di 2016 Terungkap !



les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 menjahit

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara buat pola rok setengah lingkaran

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MACAM-MACAM BENTUK KERAH BAJU

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://theancestorssecret.com/tag/menjahit/

2 comments:

  1. salam kenal mba Navita, terimakasih atas tulisan yang sangat bermanfaat, saya sedang belajar menjahit, tapi saya kesulitan bagaimana menyatukan bagian bawah baju (Rok : Di mana pola bagian atas melengkung ke bawah) dengan bagian badan atas (Baju : Di mana pola bagian bawah rata) kalau ada link videonya tolong sertakan di blog juga ya, terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal, sudah kami upload menyatukan bagian2 baju, silahkan dicari ya

      Delete