, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Tips Seputar Mesin Jahit

 bobin pada mesin jahit - Dalam pemakaian mesin jahit sering dihadapkan pada masalah yang merepotkan serta menjengkelkan yang berakibat pada tertundanya jahitan kita dan terbuangnya waktu kita yang berharga. Hal seperti itu sebetulnya bukan karena mesin jahitnya yang tidak bagus, namun karena kekurang pahaman pemakai mesin jahit dalam mengoperasikan mesin jahit tersebut. Untuk itu kami akan sangat senang apabila dalam forum ini kami dapat membantu anda dalam pemakaian mesin jahit anda.

Tip agar mesin jahit anda selalu berada dalam kondisi baik :


Ø Selalu memutar kenop putar (hand wheel) kekiri atau berlawanan dengan arah jarum jam. Karena memutar kenop putar kearah berlawanan bisa membentur tension (timing) yang menyebabkan setelan timing berubah. Kecuali pada saat mengeluarkan benang yang tersangkut di batang jarum, namun memutar hand wheel kekanan tidak boleh melebihi dari 180 derajat.

    Ø Sebelum menjahit posisi sepatu (presser foot) harus selalu dibawah.Menjahit dengan posisi presser foot diatas akan menyebabkan benang anda kusut dan spull (bobbin) macet
    Ø Mengganti jarum secara teratur setiap 16 jam pemakaian karena pemakaian jarum yang tumpul dapat menyebabkan kerusakan mesin atau jahitan anda. Direkomendasaikan hanya memakai jarum Singer untuk mesin jahit Singer anda.
    Ø Menggunakan bobbin yang tepat untuk mesin jahit anda.Bobbin class 66, class 15 dan class 15 J kelihatan mirip. Namun penggunaan bobbin yang tidak cocok akan menyebabkan kerusakan mesin jahit anda.
    Ø Memberi oli / minyak secara teratur, dengan mengoleskan/ meneteskan minyak secukupnya ditempat sekoci (bobbin case) dan batang jarum . Untuk mesin 15 Cl, mesin jahit lurus, anda dapat meneteskan beberapa tetes minyak di roda putar ( hand wheel) ditempat pertemuan / gesekan dengan body mesin dan melalui lubangan – lubang yang ada di badan mesin.
    Ø Apabila pada buku petunjuk menginstruksikan bahwa mesin anda harus di beri minyak dan anda menggunakan mesin setiap hari kami sarankan untuk memberi minyak seminggu sekali . Apabila anda menggunakan mesin seminggu sekali disarankan untuk memberi minyak sebulan sekali. Dan apabila memakai mesin satu bulan sekali , memberi minyak 3 bulan sekali.
    Ø Apabila buku petunjuk tidak menginstruksikan untuk memberi minyak mesin anda, berarti mesin anda sudah di minyaki oleh pabrik dan tidak perlu untuk memberi minyak lagi. Namun anda dapat memberi minyak 2- 3 tetes karena hal tsb tidak akan merusak mesin tapi justru menambah pemeliharaan mesin. Jangan menggunakan oli yang kurang bagus kualitasnya. Direkomendasikan hanya memakai oli Singer.
    Ø Kami menyarankan untuk melakukan general check up/ servis perawatan mesin anda setiap 3 – 4 bulan sekali agar tetap terpelihara dan jalan dengan bagus.

Berikut kami sampaikan permasalahan yg sering terjadi dlm pemakaian mesin jahit & cara mengatasinya.


Mesin jahit macet :

Mesin jahit macet bisa disebabkan adanya benang kusut dan nyangkut di needle hook (batang jarum)

Cara mengatasinya yaitu :

1. Lepaskan benang dan buka tutup sekoci

2. Putar hand wheel (kepala/kenop putar) mesin maju mundur dengan tangan.

3. Ambil dan bersihkan benang yang kusut dan nyangkut didaerah sekoci dan batang jarum

Mesin jahit berisik :

Mesin jahit berisik atau bersuara keras biasanya disebabkan karena oli atau minyak tidak menempel di batang jarum . Hal ini terjadi karena kualitas oli atau minyak yang tidak bagus. Untuk itu selalu gunakan minyak mesin jahit yang berkualitas bagus.

Cara mengatasinya yaitu bersihkan batang jarum dari sisa – sisa oli dan teteskan / oleskan oli baru.

Mesin jahit berisik bisa juga disebabkan adanya jarum yang rusak atau berkualitas jelek. Cara mengatasinya ganti jarum anda dengan jarum baru yang berkualitas bagus.

Jahitan loncat – loncat :

Hasil jahitan loncat – loncat (tidak konsisten) terjadi karena permasalahan di jarum atau timing (tension) benang .

Permasalahan di jarum :
1. Jarum anda tumpul atau rusak. Cara mengatasinya dengan mengganti jarum baru yang berkualitas baik dan berukuran tepat sesuai jenis material jahitan.

2. Jarum tidak terpasang secara benar. Pemasangan jarum yang tidak benar menyebabkan jarum tidak bisa mengangkat benang yang ada di bobbin sehingga menyebakan jahitan loncat – loncat. Cara mengatasinya ganti jarum anda dan pasang jarum secara benar sesuai petunjuk.

Untuk permasalahan di timing kemungkinan timing mesin anda telah terganggu / berubah dan perlu di seting ulang.

Jarum sering patah :
Jarum sering patah bisa disebabkan karena kualitas jarum yang kurang bagus, pemasangan yang tidak tepat, jarum membentur sepatu, needle plate atau sekoci (bobbin case) serta bahan yang tebal tidak sesuai dengan ukuran jarum.

Cara mengatasinya :


1. Ganti jarum anda dengan jarum yang berkualitas bagus.

2. Pasang jarum sesuai buku pedoman

3. Sesuaikan ukuran jarum dengan ketebalan jahitan. Misalnya untuk kain tebal seperti denim anda harus menggunakan jarum ukuran 16. Sebalik
nya untuk bahan yang tipis seperti satin atau katun anda harus menggunakan jarum ukuran 9 – 11. Karena menggunakan jarum yang terlalu besar akan merusak kain dan menghasilkan jahitan yang kurang bagus.

4. Periksa kebenaran pemasangan sepatu, needle plate serta sekoci

Benang sering putus :

Benang sering putus antara lain disebabkan oleh kualitas benang yang tidak bagus, tension yang terlalu kencang, pemasangan benang tidak benar, jarum yang rusak (bengkok atau tumpul) atau benang nyangkut di batang jarum atau sekoci,

Cara mengatasinya yaitu :

1. Periksa apakah ada benang yang nyangkut dan bersihkan.

2. Ganti benang dengan benang yang berkualitas bagus dan pasang dengan benar

3. Ganti jarum anda

4. Sesuaikan tension mesin jahit anda dengan ketebalan jahitan

Benang mbrudul :

Benang brudul bisa disebabkan oleh kualitas benang yang tidak bagus, pemasangan benang yang tidak benar dan tension yang terlalu kencang atau kendor

Cara mengatasinya yaitu :

1. Ganti benang dengan benang yang berkualitas bagus dan pasang dengan benar

2. Sesuaikan tension mesin jahit anda dengan ketebalan jahitan

Demikian kami sampaikan permasalahan yang sering terjadi dalam pemakaian mesin jahit dan cara mengatasinya secara umum. Semoga bermanfaat ba
gi anda yang hobby berkreasi menjahit dan yang berkegiatan menjahit.
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Tips Seputar Mesin Jahit

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang bobin pada mesin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Mengenal Kerajinan Tekstil

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://kartikamesinjahit.com/tips/

0 komentar:

Post a Comment