, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Unsur Desain Fashion: Unsur Tekstur

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Unsur Desain Fashion: Unsur Tekstur
 unsur desain pada bahan tekstil - artikel kali ini masih lanjutan artikel lanjutan dari artikel sebelumnya yang masih berkaitan dengan unsur-unsur desain fashion. Kali ini kita akan membahas unsur tekstur.

Setiap benda mempunyai permukaan yang berbeda-beda, ada yang halus dan ada yang kasar. Tekstur adalah bentuk permukaan yang diciptakan oleh garis, pola berulang, efek dan objek dengan tujuan menyerupai untuk mempengaruhi visual ataupun sebagai wujud permukaan sentuh. Tekstur merupakan keadaan permukaan suatu benda atau kesan yang timbul dari apa yang terlihat pada permukaan benda. Tekstur ini dapat diketahui dengan cara melihat atau meraba. Dengan melihat akan tampak pemukaan suatu benda misalnya berkilau, bercahaya, kusam, tembus terang, kaku, lemas, dan lain sebagainya. Sedangkan dengan meraba akan diketahui apakah permukaan suatu benda kasar, halus, tipis, tebal ataupun licin.

Unsur Tekstur

 
Unsur Tekstur
Pengetian tekstur tidak saja terbatas pada sifat permukaan benda atau bahan, tetapi juga menyangkut kesan terhadap perasaan yang timbul ketika melihat permukaan bahan. Tekstur dapat mempengaruhi penampilan suatu benda, baik secara visual (berdasarkan penglihatan) maupun secara sensasional (berdasarkan kesan terhadap perasaan).

Tekstur dibedakan menjadi dua, yai
tu tekstur nyata dan tekstur semu. Tekstur nyata adalah nilai raba dari suatu permukaan bisa halus, kasar, licin, lembut, tajam, dan lain sebagainya. Jadi tekstur nyata merupakan tekstur yang bisa diraba dan dilihat (kasar, halus, berbintil, licin, bergelombang, dan bersengkelit. Tekstur semu adalah tekstur yang tidak memiliki kesan yang sama antara penglihatan dan perabaan.

Berdasarkan visualnya, tekstur bahan pakaian dapat dibedakan menjadi, kusam dan berkilau, tembus pandang dan tidak tembus pandang, jarang dan rapat, polos dan bermotif.

Kain Polos dan Kain Bermotif

 
Kain Polos dan Kain Bermotif

Berdasarkan sentuhan kulit dan ujung jari, bahan pakaian dapat dibedakan menjadi, bahan tebal dan tipis, lembut, halus, dan kaku, licin dan kasar, bergelombang, berbulu dan rata.

Kain Sutra Tekstur Lembut dan Halus
 

Kain Sutra Tekstur Lembut dan Halus

Kain Wool Tekstur Berbulu

 
Kain Wool Tekstur Berbulu

Tekstur akan memberi kesan dan pengaruh tertentu terhadap bentuk badan, misalnya bahan yang teksturnya berkilau atau bercahaya memberi kesan gemuk atau besar, maka bahan tekstil yang bercahaya lebih cocok dipakai oleh orang yang bertubuh kurus sehingga terlihat lebih gemuk. Tekstur bahan yang tembus terang seperti siffon, brokat dan lain-lain kurang cocok dipakai oleh orang yang berbadan gemuk karena memberi kesan bertambah gemuk. Untuk bahan yang teksturnya lemas dan kusam memberi kesan tambah langsing. Bahan yang teksturnya tebal, kaku, dan kasar, memberi kesan tambah gemuk. Bahan yang polos memberi kesan lebih langsing dari pada bahan yang bercorak atau bermotif.

Pemilihan bahan dan pelengkapan pakaian yang teksturnya tidak sesuai dengan bentuk tubuh dapat memperlihatkan kekurangan si pemakai, karena permukaan bahan mempunyai efek terhadap tubuh. Tebal tipisnya bahan, permukaan bahan (lici
n, kilau dan kusam) juga sangat mempengaruhi desain hiasan yang akan dipilih dan teknik penyelesaian hiasan itu sendiri misal, bahan sifon sesuai bila menggunakan sulaman bayangan, karena kainnya tembus pandang sehingga sulaman tusuk bayangannya akan nampak jelas dari bagian baik, dan lain sebagainya.


contoh bahan tekstil
jenis jenis bahan tekstil

contoh kerajinan tekstil

Unsur-unsur desain tekstil [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang unsur desain pada bahan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Apa arti karya kerajinan yang memiliki fungsi hias?

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://fitinline.com/article/read/unsur-desain-fashion-unsur-tekstur

0 komentar:

Post a Comment