, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Proposal Bisnis

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Proposal Bisnis
 perencanaan proposal jahitan pakaian - PENDAHULUAN

2.1  Sejarah & Tujuan Berdirinya Usaha

Sejarah

Sampai tingkat tertentu keberhasilan sebagai seorang wirausaha tergantung kepada kesediaan anda untuk bertanggung jawab atas pekerjaan nya sendiri.Kita harus banyak belajar tentang diri sendiri, jika anda bermaksud untuk mencapai yang sesuai dengan apa yang paling anda inginkan dalam hidup ini. Kekuatan anda datang dari tindakan-tindakan anda sendiri dan bukan dari tindakan orang lain. Menjadi seorang wirausaha berarti memadukan perwatakan pribadi, keuangan dan sumber-sumber daya didalam lingkungan anda. Setiap wirausaha memiliki perwatakan yang unik.

Menjadi wirausaha berarti memiliki kemampuan menemukan dan mengevaluasi peluang-peluang, mengumpulkan sumber-sumber daya yang diperlukan dan bertindak untuk memperoleh keuntungan-keuntungan dari peluang-peluang itu. Wirausaha harus meluangkan sebagian besar waktunya untuk merencanakan kegiatan-kegiatan bisnis. Dengan bertumbuhnya perusahaan, kebutuhan akan perencanaan semakin besar. Waktu tak dapat ditabung, waktu harus digunakan secara bijaksana. Para wirausaha perlu mengelola waktunya dengan efektif, dan kunci penggunaan waktu yang terletak dalam manajemen yang lebih baik. Berangkat dari hal-hal tersebut maka seorang wirausaha dituntut untuk bisa memanage atau mengendalikan pribadi  sikapnya secara benar. Sikap mental yang tepat terhadap pekerjaan sangatlah penting. Para wirausaha yang berhasil menikmati pekerjaan mereka dan berdedikasi total terhadap apa yang mereka lakukan. Sikap mental positif mereka mengubah pekerjaan mereka menjadi pekerjaan yang menggairahkan, menarik dan memberi kepuasan.

Menghadapi era persaingan yang semakin ketat, seseorang dituntut untuk memiliki semangat kewirausahaan yang tinggi sehingga dapat menjalankan usaha yang dijalaninya dengan baik.  Dengan demikian kita harus dapat melihat peluang-peluang dan keinginan pasar dilihat dari segi kebutuhan serta nilai jual yang akan kita tawarkan kepada konsumen.

Oleh karena itu kita harus membuat usaha yang memiliki nilai jual yang baik dan pastinya dibutuhkan secara berkesinambungan oleh pasar dan konsumen,dengan demikian saya mencoba untuk menjalankan usaha yang sudah berjalan selama bertahun-tahun dalam bidang menjahit pakaian,dan sudah memiliki pasar yang cukup luas di kota bogor sekarang ini

Diawali dari usaha turun menurun dari almarhumah kakek kami,hingga saat ini masih berdiri dan usaha tersebut masih dijalankan hingga saat ini oleh keluarga kami, Kami memberikan nama pada usaha menjahit pakaian kami adalah Penjahit Pakaian “SEDERHANA” kata tersebut dijadikan nama usaha kami karena dengan awal kesederhanaan kita menjalankan usaha ini akan tetapi kita dapat memberikan service dan mutu yang dapat bersaing dari usaha sejenis yang lebih besar.

Tujuan Berdirinya Usaha

    Menjadikan usaha ini menjadi usaha yang memberikan profit yang besar bagi yang menjalankan nya
    Menjadikan usaha ini diterima masyarakat banyak dan dapat memiliki pelanggan dalam jangka panjang
    Untuk memberikan kepuasan yang lebih baik kepada konsumen dengan service yang maksimal.

2.2   Visi dan Misi

VISI   : Membantu konsumen dalam hal penampilan salah satunya pakaian dan memberikan

mutu yang baik serta harga terjangkau

MISI :

    Memberikan layanan yang maksimal kepada konsumen da
n juga pelanggan secara maksimal
    Memberikan harga yang tetap terjangkau tapi tidak terlepas dari mutu yang diberikan
    Memperluas jaringan

ASPEK PEMASARAN

3.1  STP

    § SEGMENTASI

Menurut segmentasi, konsumen kami dibagi ke dalam dua kategori, yaitu  (1) Menurut golongan ekonomi, (2) Menurut usia.

    Segmentasi menurut golongan ekonomi terdiri dari :

    Kalangan ekonomi atas (A),
    Menengah atas (B),
    Kalangan ekonomi menengah (C),
    Kalangan ekonomi menengah ke bawah (D) dan
    Kalangan ekonomi bawah (E).

    Sedangkan segmentasi menurut usia terdiri dari :

    Anak-anak ( usia 5 s/d 10 tahun ),
    Remaja (usia 11 s/d 18 tahun) dan
    Dewasa (usia 18 ke atas)
    TARGET PASAR

Jumlah target pasar ini mencakup semua kalangan menengah tengah ataupun ke atas, segala usia, pelajar dan mahasiswa serta perusahaan yang berdomisili di daerah kota Bogor dan sekitarnya.

    POSITIONING

Karena Selogan Penjahit Pakaian SEDERHANA adalah Service Tidak Diragukan Tetap Mutu Diperhatikan. Kami menggunakan selogan tersebut karena ingin mempositioningkan atau sebagai gambaran kepada konsumen, bahwa jasa yang kami berikan disesuaikan pada kebutuhan konsumen, dan tetap mutu diperhatikan, sehingga bagi kosumen setelah hasil pakaian kurang memuaskan, maka kami dapat menyesuaikan agar pakaian tersebut memuaskan konsumen, serta service yang lain adalah kami dapat mengantar pakaian yang telah jadi kepada konsumen tanpa dikenakan biaya.

3.2 Bauran Pemasaran

    PRODUCT (Produk)

Penjahit SEDERHANA merupakan nama dari usaha kami. Produk yang kami tawarkan berupa jasa, yaitu jasa dalam membuat pakaian dalam segala segmen. Berikut ini merupakan rincian dari kategori-kategori jasa yang ditawarkan :

    Membuat Baju Kemeja
    Membuat Celana Bahan
    Membuat Jas
    Membuat Kebaya
    Membuat Pakaian Anak
    Membuat Almamater,Seragam Perusahan Dan Seragam Sekolah
    DLL

    PRICE (Harga)

Harga jasa di Penjahit SEDERHANA kami sesuaikan agar dapat memasuki pasar yang sudah ada. berikut kami lampikan rincian jasa menjahit secara global :

Biaya bahan dari penjahit + upah jahit

ü  Membuat Baju Kemeja               = Rp 135.000

ü  Membuat Celana Bahan             = Rp 135.000

ü  Membuat Jas                            = Rp 750.000

ü  Membuat Kebaya                      = Rp 135.000

ü  Membuat Pakaian Anak              = Rp 100.000

Biaya upah jahit

ü  Membuat Baju Kemeja               = Rp  75.000

ü  Membuat Celana Bahan             = Rp  75.000

ü  Membuat Jas                            = Rp 400.000

ü  Membuat Kebaya                      = Rp  75.000

ü  Membuat Pakaian Anak              = Rp 50.000

    Untuk partai besar seperti pembuatan Almamater atau seragam sekolah, seragam perusahaan harga dapat dinegosiasikan

    PROMOTION (Promosi)

Promosi yang dilakukan oleh Penjahit SEDERHANA masih melalui media mulut ke mulut, biasanya yang puas akan hasil yang diberikan, mereka memberitahukan kepada rekan, keluarga nya untuk menjahit di tempat kami dan selain itu kami melakukan promosi dengan memasuki perusahaan rekan kami untuk menghandle seragamnya.

    PLACEMENT (Distribusi)

Karena usaha kami sudah ada,usaha kami bertempat di Jl. Ardio 4 No.57 RT01/ RW 06 Kel. Cibogor Kec Bogor Tengah. Kota BOGOR, posisi usaha kami cukup strategis karena bertempat di Bogor Tengah tepat nya dalam kota Bogor, dan berdekatan dengan wilayah pasar yang cukup ramai pada setiap harinya dan untuk mendapatkan bahan perlengkapan produksi cukup mudah karena berdekatan dengan distributor-disributor dan took-toko yang untuk memenuhi perlengkapan dan alat produksi.

    PEOPLE (SDM)

Sumber daya manusia yang kami gunakan untuk saat ini sebanyak 2 orang. Kami menggunakan sumber daya yang memiliki keterampilan dalam bidang menjahit, dan sumber daya tersebut kami memperkerjakan yang berdomisili di wilayah Bogor dengan tujuan untuk mempermudahkan dalam proses produksi

3.3 Estimasi Penjualan

    Estimasi Terendah

    Penjualan hari kerja (Senin- Sabtu)  = Rp 1.000.000

    Estimasi Tertinggi

    Penjualan hari kerja (Senin- Sabtu) = Rp 1.500.000
    Hasil penjualan dilihat dari rata-rata,tdk dapat diperhitungkan penjualan tetakarena disesuai kan dengan order yang ada.

ASPEK PRODUKSI

4.1-4.2 Bahan Baku, Peralatan dan Perlengkapan

Karena usaha ini sudah ada untuk peralatan, perlengkapan sudah tersedia dan untuk pembelian bahan baku lebish disesuai kan dengan kebutuhan yang diperlukan dalam menjahit pakaian.

4.3 Alur/ Proses Produksi

Proses produksinya sebagai berikut :

Pengukuran badan sesuai dengan keinginan konsumen

Pemilihan model yang akan dibuat

Pemotongan bahan sesuai model yang sudah ditentukan

Menjahit bahan hingga menjadi barang jadi (Kemeja,Celana, Jas, dll)

Pelobangan pakaian jadi (Kemeja,Celana, Jas, dll)

Pemasangan Kancing (Bagi barang jadi yang menggunakan

kancing seperti kemeja, celana, jas dll)

Penyetrikaan pada pakaian jadi (agar pakaian menjadi rapi)

4.4 PENUTUP

Demikian lah data-data ini kami buat sebagai acuan dalam pengembangan usaha kami, dan juga dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi pemilik modal dan pihak yang ingin bekerja sama untuk menanamkan modal sebagai bimbingan teknis dalam pengembangan usaha kami nantinya.

Semoga Tuhan Yang Maha Esa memberikan berkat dan rahmatnya bagi kita semua, sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

Perencanaan kapasitas produksi dilakukan untuk semua mesin, peralatan [download]

usaha ini tidak hanya menjual pakaian jadi tetapi menerima pesanan jahitan [download]

Melalui media pakaian, konveksi Samudra Pro mengarah kepada target distro dan clothing untuk membuat produksi pakaian dengan mempromosikan perusahaannya dalam pembuatan [download]

perencanaan terdapat penyusunan program yang yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan [download]

RENCANA KEBUTUHAN PENGEMBANGAN SDM [download]

proposal yang telah disepakati bersama, pengadaan undangan, angket [download]


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang perencanaan proposal jahitan pakaian

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang 5 hal yang perlu kamu perhatikan saat memakai rok panjang.

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://ichal08.wordpress.com/the-colourijo/

0 komentar:

Post a Comment