, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

RPP kerajinan 4

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
RPP kerajinan 4
 kerajinan modifikasi dari bahan alam - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP).4
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Pertama Nasional Padang Mata pelajaran : Prakarya Kelas : VII Semester : 1 (satu) Alokasi Waktu : 10 x 40 menit (5 x pertemuan) Aspek : Kerajinan
A.
Kompetensi Inti (KI) :

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya. 

Menghargai dan menghayati perilaku jujur , disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkunggan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaaannya. 

Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan , teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata. 

Mencoba, mengolah, dan menyajikan dalam ranah konkret (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang /teori.

Kompetensi Dasar (KD) :
1.1 Menghargai keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah tuhan.
2.1Menghargai rasa ingin tahu dan sikap santun dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia.
2.2Menghayati perilaku jujur, percaya diri, dan mandiri, dalam merancang dan mebuat karya kerajinan.
2.3Menghargai kemauan bertoleransi, disiplin, dan bertanggungjawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan pembuatan karya kerajinan.
Indikator :

Mengaplikasikan sikap disiplin, toleransi, dan bertanggung jawab dalam penggunaan alat dan bahan, serta teliti dan rapi saat melakukan berbagai kegiatan produk kerajinan yang ada wilayah setempat.
Mengidentifikasi proses modifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai wilayah setempat.
Indikator :

Memahami dan membuat perencanaan produk kerajinan yang ada wilayah setempat.

Melakukan identifikasi proses modifikasi dari bahan buatan produk kerajinan secara kreatif berdasarkan konsep dan prosedur berkarya sesuai wilayah setempat. 
Memodifikasi karya kerajinan dan pengemasan dari bahan buatan sesuai hasil identifikasi di wilayah setempat.
Indikator :

Membuat modifikasi dari bahan buatan produk kerajinan sesuai perencanaan dan potensi yang ada di wilayah setempat

Tujuan Pembelajaran
Setelah pembelajaran peserta didik diharapkan mampu: 1.

Membuat tentang keragaman produk kerajinan sebagai modifikasi dari bahan buatan sesuai perencanaan dan potensi yang ada di wilayah setempat, rasa bangga dan wujud rasa syukur kepada Tuhan serta bangsa Indonesia. 2.

Mengidentifikasi proses modifikasi produk kerajinan yang ada di wilayah setempat berdasarkan rasa ingin tahu dan peduli lingkungan. 3.

Merancang karya kerajinan dan modifikasinya berdasarkan orisinalitas ide dan cita rasa estetis diri sendiri. 4.

Melaksanakan, menguji, dan mempresentasikan hasil modifikasi produk kerajinan di wilayah setempat berdasarkan teknik dan prosedur yang tepat dengan disiplin dan tanggung jawab.
D.
 

Materi Ajar
 
Pengertian modifikasi kerajinan dari bahan buatan (gips,fiberglass,sabun,plastikt, dll)  .

Jenis karya modifikasi kerajinan dari bahan buatan dan fungsinya. 

Motif ragam hias pada karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan.  .

Bahan, alat, teknik dan proses pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan.

Pengemasan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan

Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific dan CTL Strategi : - Penggalian informasi (inquiry based learning)
-
Presentasi Model pembelajaran : Kooperatif Metode : Penugasan, tanya jawab, diskusi, demonstrasi, proyek, dan ceramah.

Media, Alat dan Sumber Pembelajaran


Media Audio-visual, media maya (internet) dan kemasan karya kerajinan dari bahan buatan .
Alat/bahan Aneka jenis bahan buatan
Sumber belajar Buku siswaMajalah , koran,hasil penelitian yang relevan

G.Langkah-Langkah Kegiatan Pembelajaran 


Kegiatan Pendahulan (5 menit)
1)Berdoa sebelum mulai pelajaran
 2)Tanya jawab seputar . Pengertian modifikasi kerajinan dari bahan buatan (gips ,fiberglass, lilin ,sabun, plastik , dll).
3)Tanya jawab tentang Jenis bahan buatan dan fungsi modifikasi karya kerajinan.
4)Menginformasikan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh peserta didik.


b.Kegiatan Inti (70 menit) Mengamati:

Peserta didik Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur / media tentang pengetahuan modifikasi dari bahan buatan, jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi agar terbangun rasa ingin tahu.

Menanya:

Peserta didik Melakukan diskusi tentang aneka karya modifikasi yang berakaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik dan prosedur pembuatan kerajinan modifikasi dari bahan buatan agar terbangun rasa igin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.

Mengumpulkan Data

Peserta didik Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentang pengetahuan motif ragam hias daerah , bahan, alat , teknik, prosedur pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan yang ada di lingkungan wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.

Mengasosiasi

Peserta didik Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan karya modifikasi , bahan, alat , teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya modifikasi kerajinan dari bahan buatan yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.

Mengkomunikasikan

Peserta didik Mengevaluasi / menguji hasil pembuatan karya kerajinan modifikasi dari bahan buatan untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.

 Peserta didik Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan , bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan dari bahan buatan yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.

c.Kegiatan Penutup (5 menit)

1)Setiap siswa melakukan refleksi pembelajaran

2)Guru dan peserta didik membuat kesimpulan dari materi Pengertian modifikasi kerajinan dari bahan buatan.

3)Guru menanyakan pengalaman apa yang didapat peserta didik pada pembelajaran Pengertian modifikasi kerajinan dari bahan buatan.

4)Guru menyampaikan pembelajaran pada pertemuan ke-2 yang akan datang yaitu kosep jenis karya modifikasi kerajinan dari bahan buatan dan fungsinya

karya kerajinan modifikasi dari bahan alam [download]
Motif ragam hias pada karya kerajinan modifikasi dari bahan alam  [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang kerajinan modifikasi dari bahan alam

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Kerajinan Tangan dari Pelepah Pisang ( Kering )

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://www.academia.edu/8499396/RPP_kerajinan_4

0 komentar:

Post a Comment