, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

PETIKAN SILABUS

  PETIKAN SILABUS

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
  PETIKAN SILABUS
 pembuatan hiasan untuk sulaman - NAMA SEKOLAH            :  SMK Negeri
MATA PELAJARAN                                 : Membuat Hiasan Pada Busana
 KELAS                :  X
 SEMESTER                :  3
 STANDAR KOMPETENSI                      :  Membuat Hiasan busana dengan teknik sulaman bebas




KOMPETENSI
DASAR
MATERI POKOK / MATERI PEMBELAJARAN
KEGIATAN PEMBELAJARAN (PENGALAMAN BELAJAR SISWA)
INDIKATOR
PENILAIAN
TEKNIK
BENTUK INSTRUMEN
INSTRU
MEN
MENJAHIT KERAH KEMEJA
1.Pengertian  sulaman bebas
2.ciri khas sulaman bebas
3. Pemilihan  bahan utama , tusuk hias, motif,dan  benang dan alat
4. Pembuatan teknik sulaman bebas pada rok



1.       1. Mendiskusikan pengertian teknik sulaman bebas
2.       2. Melakukan kegiatan mengamati, membandingkan, dan menyimpulkan ciri khas sulaman bebas 3.Mengklasifikasikan bahan utama dan  benag dan alat  menyulam
3.       4. Mempraktekan pembuatan hiasan pada busana ( rok)  dengan baik dan sesuai dan dengan prosedur K3
1. Produk
a.Mendiskripsikan sulaman bebas
 b.Mendiskripsikan
 ciri khas sulaman bebas
c.  Memilih bahan utama benan,tusuk hias dan alat untuk menyulam

2. Proses
a) Menjelaskan cara mencipta motif untuk teknik sulaman bebas
 b) Menjelaskan cara  pemindahan pola motif sulaman bebas
c) Menjelaskan cara memindahkan pola motif tusuk hias  pada lokasi hiasan
d) Menjelaskan cara memasang Ram/Ring ?Pemidangan
e) Menjelaskan cara memulai dan mengakhiri pekerjaan menyulam

f) Menjelaskan cara mengerjakan  tusuk-tusuk hias dalam  sulaman bebas
g) Menjelaskan cara menyelesaikan pekerjaan sulaman
 i) Menjelaskan cara mengemas kain atau busana yang sudah di hias dengan aman danmenarik

Psikomotor
1.       1. Melakukan pnciptaan desain
2.       dan memindahkannya di atas bahan utama pada lokasi yang telah di tentukan
3.       2. Melakukan pemilihan tusuk hias yang sesuai dengan bentuk motif
4.       3. Mengerjakan sulaman  bebas dengan tusuk hias yang telah dipilih
5.       4. Melakukan  penyempurnaan atau Finishing
6.       5. Melakukan pengemasan yang baik dan menarik
7.        
8.        
9.        
Karakter
a.Teliti
b.Cermat

c. sabar
d. Bertanggung jawab
d.Kebersihan
e.Kerapihan
f . Rasa Keindahan

Keterampilan Sosial
a.     Bertanya.
b.     Menyumbang ide atau berpendapat.
c.     Menjadi pendengar yang baik.
d.     Berkomunikasi.
e.     Bekerjasama

Tes









Tes





























Tes





















Pengamatan








Pengamatan




Tes tertulis









Assessment kinerja proses




























Assessment kinerja psikomotor



















Pengamatan perilaku berkarakter







Pengamatan keterampilan sosial



LP 1 Produk









LP 2 Proses





























LP 3 Psikomotor




















LP 4 Pengamatan Perilaku Berkarakter






LP 5 Pengamatan Keterampilan Sosial


SILABUS MATA PELAJARAN

PEMBUATAN HIASAN


Satuan Pendidikan    : Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK)
Program Studi keahlian    : Tata Busana
Kelas /Semester    : XII/ 1 (Ganjil)

KI 1):  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2):  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3):  Memahami, menerapkan , menganalisis  dan mengevaluasi pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan mata kognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4):  Mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung


KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
Kegiatan Pembelajaran
1.1     Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
·         Pengertian dan fungsi hiasan busana
·         Pembuatan macam macam tusuk dasar sulaman
Mengamati

Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai menghias kain, pengertian dan jenis hiasan busana.
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan hiasan

Menanya

Tanya jawab tentang jenis dan macam-macam hiasan pada kain.
Diskusi teknik dasar menghias kain dan langkah kerja pembuatan tusuk dasar
Eksperimen

Membuat tusuk-tusuk dasar sulaman dalam kegiatan praktik secara individu

Asosiasi

Menerapkan konsep letak hiasan pada dasar menghias kain melalui kegiatan praktik


Komunikasi

Presentasi kelompok tentang langkah pembuatan tusuk-tusuk dasar untuk menghias kain

2.1.    Mengamalkan sikap cermat, jujur,teliti dan tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud  implementasi sikap dalam melakukan pekerjaan
2.2.    Menghayati pentingnya kerjasama dan toleransi dalam hidup bermasyarakat
2.3.    Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
2.4.    Menghargai  kerja individu dan kelompok dalampembelajaran sehari-hari

3.1.  Mendeskripsikan macam macam tusuk dasar hiasan
4.1.  Membuat tusuk dasar sulaman
1.1     Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
·       Standar kualitas
·       Praktik menilai hiasan busana sesuai kriteria standar kualitas
Mengamati

Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai standar  dan kriteria kualitas hiasan busana.

Menanya
Tanya jawab tentang pengertian dan kriteria standar kualitas hiasan pada kain.
Diskusi tentang standar kualitas hiasan kain pada lingkup busana  dan langkah kerja
Asosiasi

Menerapkan konsep standar kualitas pada kegiatan praktik menghias kain

Eksperimen
Melakukan penilaian pada hasil pembuatan hiasan busana sesuai dengan kriteria standar mutu  secara kelompok

Komunikasi
Presentasi kelompok tentang hasil penilaian hiasan pada busan sesuai standar mutu
2.1.    Mengamalkan sikap cermat, jujur,teliti dan tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud  implementasi sikap dalam melakukan pekerjaan
2.2.    Menghayati pentingnya kerjasama dan toleransi dalam hidup bermasyarakat
2.3.    Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
2.4.    Menghargai  kerja individu dan kelompok dalampembelajaran sehari-hari

3.2.    Menjelaskan mutu produk hiasan
4.2.    Memeriksa mutu produk hiasan

1.1     Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
Hiasan sulaman
·       Praktik membuat hiasan sulaman pada busana
Mengamati

Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai hiasan sulaman.

Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan hiasan sulaman

Menanya
Tanya jawab tentang kriteria, jenis dan  macam-macam sulaman  pada kain.
Diskusi teknik membuat sulaman putih, berwarna dan langkah kerja.

Eksperimen

Membuat sulaman putih dan warna pada busana serta pelengkapnya dalam kegiatan praktik secara individu

Asosiasi

Menerapkan konsep letak hiasan pada macam-macam hiasan sulaman melalui kegiatan praktik


Komunikasi

Presentasi kelompok tentang langkah pembuatan sulaman pada busana dan pelengkapnya



SILABUS MATA PELAJARAN

PEMBUATAN HIASAN


Satuan Pendidikan    : Sekolah Menengah Kejuruan  (SMK)
Program Studi keahlian:   Tata Busana
Kelas /Semester    : XII/ 2 (Genap)

KI 1):  Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2):  Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3):  Memahami, menerapkan , menganalisis  dan mengevaluasi pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan mata kognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam  wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, d
an peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4):  Mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung

KOMPETENSI DASAR
MATERI POKOK
Kegiatan Pembelajaran
Penilaian
Alokasi Waktu
Sumber Belajar
1.1     Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
·         Hiasan payet
·         Praktik membuat hiasan payet
Mengamati

Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai hiasan payet pada busana.
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan hiasan payet 

Menanya

Tanya jawab tentang hiasan payet pada busana.
Diskusi teknik memasang payet  dan langkah kerja pembuatan tusuk dasar



Eksperimen

Membuat tusuk-tusuk dasar hiasan payet serta  menghias busana dan pelengkapnya dengan hiasan payet dalam kegiatan praktik secara individu

Asosiasi

Menerapkan konsep letak hiasan pada kegiatan menghias dengan payet  melalui kegiatan praktik


Komunikasi
Presentasi kelompok tentang langkah kerja dan hasil praktik menghias busana dan pelengkapnya dengan payet
Tugas

Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan hiasan busana 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktik

Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Hasil kegiatan praktik macam-macam tusuk dasar

Tes

Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda

14 Jam
Sulaman

Referensi lain yang berkaitan dengan materi yang dapat diperoleh dari internet, jurnal, buku, sumber lainnya
2.1.    Mengamalkan sikap cermat, jujur,teliti dan tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud  implementasi sikap dalam melakukan pekerjaan
2.2.    Menghayati pentingnya kerjasama dan toleransi dalam hidup bermasyarakat
2.3.    Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
2.4.    Menghargai  kerja individu dan kelompok dalampembelajaran sehari-hari


3.4.    Mendiskripsikan hiasan payet

4.4.   Membuat hiasan payet pada busana
1.1    Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
·       Sulaman pita
·       Teknik membuat hiasan sulaman pita pada busana
Mengamati

Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai menghias kain dengan sulaman pita pada busana.
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan sulaman pita

Menanya

Tanya jawab tentang sulaman pita, bentuk, tata letak dan kombinasi warna.
Diskusi alat, bahan dan teknik dasar sulaman pita serta langkah kerja pembuatan tusuk dasar

Eksperimen

Membuat tusuk-tusuk dasar sulaman pita dalam kegiatan praktik secara individu
Praktik sulaman pita pada busana dan pelengkapnya dalam kegiatan individu

Asosiasi

Menerapkan konsep letak hiasan pada  hiasan busana dengan sulaman pita melalui kegiatan praktik



Tugas

Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan hiasan busana 

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktik

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

Hasil kegiatan praktik macam-macam tusuk dasar sulaman pita

Hasil praktik hiasan sulaman pita pada busana dan pelengkapnya

12 Jam
Sulaman

Referensi lain yang berkaitan dengan materi yang dapat diperoleh dari internet, jurnal, buku, sumber lainnya
2.1.   Mengamalkan sikap cermat, jujur,teliti dan tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud  implementasi sikap dalam melakukan pekerjaan
2.2.    Menghayati pentingnya kerjasama dan toleransi dalam hidup bermasyarakat
2.3.    Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
2.4.    Menghargai  kerja individu dan kelompok dalampembelajaran sehari-hari




3.5.  Mendeskripsikan     sulaman pita
4.5. Membuat hiasan sulaman pita

Komunikasi

Presentasi kelompok tentang langkah pembuatan tusuk-tusuk dasar sulaman pita pada busana


Tes

Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda


1.1     Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
·       Hiasan pengecatan
·       Pembuatan hiasan  dengan menggunakan cat tekstil
Mengamati

Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai menghias kain dengan menggunakan cat tekstil.
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan hiasan dengan menggunakan cat tekstil

Menanya
Tanya jawab tentang sablon, colet, melukis kain dengan menggunakan cat tekstil.
Diskusi alat bahan dan teknik menghias kain menggunakan cat tekstil pada busana dan pelengkapnya

Eksperimen
Membuat sablon/colet/melukis pada busana dalam kegiatan praktik secara individu

Asosiasi
Menerapkan konsep letak hiasan dan keindahan pada  menghias busana dengan cat tekstil melalui kegiatan praktik

Komunikasi
Presentasi kelompok tentang hiasan pengecatan pada busana
Tugas

Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan hiasan busana menggunakan cat tekstil

Observasi

Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktik

Portofolio

Laporan tertulis kelompok

Tes

Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
8 Jam
Sablon dan Colet

Referensi lain yang berkaitan dengan materi yang dapat diperoleh dari internet, jurnal, buku, sumber lainnya

buka mesin jahit : https://mustafatope.files.wordpress.com/2014/08/c3-silabus-pembuatan-hiasan.docx

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pembuatan hiasan untuk sulaman

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Pola Gamis Kerah Syal | Jilbab Cahaya

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.



0 komentar:

Post a Comment