PETIKAN SILABUS
PETIKAN SILABUS |
MATA PELAJARAN : Membuat Hiasan Pada Busana
KELAS : X
SEMESTER : 3
STANDAR KOMPETENSI : Membuat Hiasan busana dengan teknik sulaman bebas
1.Pengertian sulaman bebas
2.ciri
khas sulaman bebas
3. Pemilihan
bahan utama , tusuk hias,
motif,dan benang dan alat
4. Pembuatan teknik
sulaman bebas pada rok
|
1. Produk
a.Mendiskripsikan
sulaman bebas
b.Mendiskripsikan
ciri khas sulaman bebas
c.
Memilih bahan utama benan,tusuk
hias dan alat untuk menyulam
2.
Proses
a) Menjelaskan cara mencipta motif untuk teknik
sulaman bebas
b)
Menjelaskan cara pemindahan pola motif
sulaman bebas
c) Menjelaskan cara memindahkan pola motif tusuk
hias pada lokasi hiasan
d) Menjelaskan cara memasang Ram/Ring ?Pemidangan
e) Menjelaskan cara memulai dan mengakhiri
pekerjaan menyulam
f) Menjelaskan cara mengerjakan tusuk-tusuk hias dalam sulaman bebas
g) Menjelaskan cara menyelesaikan pekerjaan
sulaman
i)
Menjelaskan cara mengemas kain atau busana yang sudah di hias dengan aman
danmenarik
Psikomotor
1.
1. Melakukan pnciptaan desain
2.
dan
memindahkannya di atas bahan utama pada lokasi yang telah di tentukan
3.
2. Melakukan pemilihan tusuk hias yang
sesuai dengan bentuk motif
4.
3. Mengerjakan sulaman bebas dengan tusuk hias yang telah dipilih
5.
4. Melakukan penyempurnaan atau Finishing
6.
5. Melakukan pengemasan yang baik dan
menarik
7.
8.
9.
Karakter
a.Teliti
b.Cermat
c. sabar
d. Bertanggung
jawab
d.Kebersihan
e.Kerapihan
f . Rasa Keindahan
Keterampilan Sosial
a.
Bertanya.
b.
Menyumbang ide atau berpendapat.
c.
Menjadi pendengar yang baik.
d.
Berkomunikasi.
e.
Bekerjasama
|
SILABUS MATA PELAJARAN
PEMBUATAN HIASAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Studi keahlian : Tata Busana
Kelas /Semester : XII/ 1 (Ganjil)
KI 1): Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2): Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3): Memahami, menerapkan , menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan mata kognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4): Mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI
POKOK
|
Kegiatan Pembelajaran
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
·
Pengertian dan
fungsi hiasan busana
·
Pembuatan macam macam tusuk dasar sulaman
|
Mengamati
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai menghias
kain, pengertian dan jenis hiasan busana.
Melakukan
studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan hiasan
Menanya
Tanya jawab tentang jenis dan macam-macam hiasan pada kain.
Diskusi
teknik dasar menghias kain dan langkah kerja pembuatan tusuk dasar
Eksperimen
Membuat tusuk-tusuk
dasar sulaman dalam kegiatan praktik secara individu
Asosiasi
Menerapkan konsep letak hiasan pada dasar menghias kain melalui
kegiatan praktik
Komunikasi
Presentasi kelompok tentang langkah pembuatan tusuk-tusuk dasar untuk
menghias kain
|
2.1. Mengamalkan
sikap cermat, jujur,teliti dan tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan pekerjaan
2.2.
Menghayati pentingnya kerjasama dan
toleransi dalam hidup bermasyarakat
2.3. Mengamalkan
nilai dan budaya demokrasi dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
2.4.
Menghargai
kerja individu dan kelompok dalampembelajaran sehari-hari
|
||
3.1. Mendeskripsikan macam macam tusuk dasar hiasan
|
||
4.1. Membuat tusuk dasar sulaman
|
||
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan
kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai amanat untuk kemaslahatan
umat manusia
|
· Standar kualitas
· Praktik menilai
hiasan busana sesuai kriteria standar kualitas
|
Mengamati
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai standar dan kriteria kualitas hiasan busana.
Menanya
Tanya jawab tentang pengertian dan kriteria standar kualitas hiasan
pada kain.
Diskusi
tentang standar kualitas hiasan kain pada lingkup busana dan langkah kerja
Asosiasi
Menerapkan konsep standar kualitas pada kegiatan praktik menghias kain
Eksperimen
Melakukan penilaian
pada hasil pembuatan hiasan busana sesuai dengan kriteria standar mutu secara kelompok
Komunikasi
Presentasi kelompok tentang hasil penilaian hiasan pada busan sesuai
standar mutu
|
2.1. Mengamalkan
sikap cermat, jujur,teliti dan tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari
sebagai wujud implementasi sikap dalam
melakukan pekerjaan
2.2. Menghayati pentingnya kerjasama dan
toleransi dalam hidup bermasyarakat
2.3. Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi
dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
2.4. Menghargai kerja individu dan kelompok
dalampembelajaran sehari-hari
|
||
3.2. Menjelaskan
mutu produk hiasan
|
||
4.2. Memeriksa mutu produk hiasan
|
|
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
Hiasan sulaman
· Praktik membuat
hiasan sulaman pada busana
|
Mengamati
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai hiasan
sulaman.
Melakukan
studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan hiasan sulaman
Menanya
Tanya jawab tentang kriteria, jenis dan macam-macam sulaman pada kain.
Diskusi
teknik membuat sulaman putih, berwarna dan langkah kerja.
Eksperimen
Membuat sulaman
putih dan warna pada busana serta pelengkapnya dalam kegiatan praktik secara
individu
Asosiasi
Menerapkan konsep letak hiasan pada macam-macam hiasan sulaman melalui
kegiatan praktik
Komunikasi
Presentasi kelompok tentang langkah pembuatan sulaman pada busana dan
pelengkapnya
|
SILABUS MATA PELAJARAN
PEMBUATAN HIASAN
Satuan Pendidikan : Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)
Program Studi keahlian: Tata Busana
Kelas /Semester : XII/ 2 (Genap)
KI 1): Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI 2): Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsif dan proaktif, dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3): Memahami, menerapkan , menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan factual, konseptual, dan procedural dan mata kognitif dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dalam wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab phenomena dan kejadian dalam bidang kerja yang spesifik untuk memecahkan masalah
KI 4): Mengolah, menyaji, menalar, dan mencipta dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung
KOMPETENSI
DASAR
|
MATERI POKOK
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat
sebagai amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
·
Hiasan payet
·
Praktik membuat hiasan payet
|
Mengamati
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai hiasan payet
pada busana.
Melakukan
studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan hiasan
payet
Menanya
Tanya jawab tentang hiasan payet pada busana.
Diskusi
teknik memasang payet dan langkah
kerja pembuatan tusuk dasar
Eksperimen
Membuat tusuk-tusuk
dasar hiasan payet serta menghias busana dan pelengkapnya dengan
hiasan payet dalam kegiatan praktik secara individu
Asosiasi
Menerapkan konsep letak hiasan pada kegiatan menghias dengan
payet melalui kegiatan praktik
Komunikasi
Presentasi kelompok tentang langkah kerja dan hasil praktik menghias
busana dan pelengkapnya dengan payet
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan hiasan busana
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktik
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Hasil kegiatan praktik macam-macam tusuk dasar
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
14 Jam
|
Sulaman
Referensi lain yang berkaitan dengan materi
yang dapat diperoleh dari internet, jurnal, buku, sumber lainnya
|
2.1. Mengamalkan sikap cermat, jujur,teliti dan
tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pekerjaan
2.2. Menghayati pentingnya kerjasama dan
toleransi dalam hidup bermasyarakat
2.3. Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi
dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
2.4. Menghargai kerja individu dan kelompok
dalampembelajaran sehari-hari
|
|||||
3.4. Mendiskripsikan hiasan payet
|
|||||
4.4. Membuat hiasan payet pada busana
|
|||||
1.1 Menghayati nilai-nilai ajaran agama dan
kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai amanat untuk kemaslahatan
umat manusia
|
· Sulaman pita
· Teknik membuat hiasan sulaman pita pada busana
|
Mengamati
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai menghias kain
dengan sulaman pita pada busana.
Melakukan
studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan sulaman pita
Menanya
Tanya jawab tentang sulaman pita, bentuk, tata letak dan kombinasi
warna.
Diskusi
alat, bahan dan teknik
dasar sulaman pita serta langkah
kerja pembuatan tusuk dasar
Eksperimen
Membuat tusuk-tusuk
dasar sulaman pita dalam kegiatan praktik secara individu
Praktik sulaman
pita pada busana dan pelengkapnya dalam kegiatan individu
Asosiasi
Menerapkan konsep letak hiasan pada
hiasan
busana dengan sulaman pita melalui kegiatan praktik
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan hiasan busana
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktik
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Hasil kegiatan praktik macam-macam tusuk dasar sulaman pita
Hasil praktik hiasan sulaman pita pada busana dan pelengkapnya
|
12 Jam
|
Sulaman
Referensi lain yang berkaitan dengan materi
yang dapat diperoleh dari internet, jurnal, buku, sumber lainnya
|
2.1. Mengamalkan sikap cermat, jujur,teliti dan
tanggung jawab dalam aktivitas sehari-hari sebagai wujud implementasi sikap dalam melakukan
pekerjaan
2.2. Menghayati pentingnya kerjasama dan
toleransi dalam hidup bermasyarakat
2.3. Mengamalkan nilai dan budaya demokrasi
dengan mengutamakan prinsip musyawarah mufakat
2.4. Menghargai kerja individu dan kelompok
dalampembelajaran sehari-hari
|
|||||
3.5. Mendeskripsikan sulaman pita
|
|||||
4.5. Membuat hiasan
sulaman pita
|
|
Komunikasi
Presentasi kelompok tentang langkah pembuatan tusuk-tusuk dasar
sulaman pita pada busana
|
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
|
|
1.1 Menghayati
nilai-nilai ajaran agama dan kepercayaan dalam kehidupan bermasyarakat sebagai
amanat untuk kemaslahatan umat manusia
|
· Hiasan pengecatan
· Pembuatan
hiasan dengan menggunakan cat tekstil
|
Mengamati
Melakukan studi pustaka untuk mencari informasi mengenai menghias kain
dengan menggunakan cat tekstil.
Melakukan
studi pustaka untuk mencari informasi tentang teknik pembuatan hiasan dengan
menggunakan cat tekstil
Menanya
Tanya jawab tentang sablon, colet, melukis kain dengan menggunakan cat
tekstil.
Diskusi
alat bahan dan teknik menghias kain menggunakan cat tekstil pada busana dan
pelengkapnya
Eksperimen
Membuat
sablon/colet/melukis pada busana dalam kegiatan praktik secara individu
Asosiasi
Menerapkan konsep letak hiasan dan keindahan pada menghias busana dengan cat tekstil melalui
kegiatan praktik
Komunikasi
Presentasi kelompok tentang hiasan pengecatan pada busana
|
Tugas
Memecahkan masalah sehari-sehari berkaitan dengan hiasan busana
menggunakan cat tekstil
Observasi
Ceklist lembar pengamatan kegiatan praktik
Portofolio
Laporan tertulis kelompok
Tes
Tes tertulis bentuk uraian dan/atau pilihan ganda
|
8 Jam
|
Sablon dan Colet
Referensi lain yang berkaitan dengan materi
yang dapat diperoleh dari internet, jurnal, buku, sumber lainnya
|
buka mesin jahit : https://mustafatope.files.wordpress.com/2014/08/c3-silabus-pembuatan-hiasan.docx
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pembuatan hiasan untuk sulaman
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Cara Membuat Pola Gamis Kerah Syal | Jilbab Cahaya
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
0 komentar:
Post a Comment