, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

KERAJINAN TEKSTIL

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
KERAJINAN TEKSTIL
 kerajinan tekstil - BATIK MEGA MENDUNG
Motif batik Megamendung merupakan karya seni batik yang identik dan bahkan menjadi ikon batik daerah Cirebon dan daerah Indonesia lainnya. Motif megamendungpun sebagai motif dasar batik sudah dikenal luas sampai ke manca negara.


KAIN SONGKET

Songket adalah jenis kain tenunan tradisional Melayu dan Minangkabau di Indonesia, Malaysia, dan Brunei. Songket digolongkan dalam keluarga tenunan brokat. Songket ditenun dengan tangan dengan benang emas dan perak dan pada umumnya dikenakan pada acara-acara resmi.

KAIN ULOS

Ulos atau sering juga disebut kain ulos adalah salah satu busana khas Indonesia. Ulos secara turun temurun dikembangkan oleh masyarakat Batak, Sumatera utara. Dari bahasa asalnya, ulos berarti kain. Cara membuat ulos serupa dengan cara membuat songket khas Palembang, yaitu menggunakan alat tenun bukan mesin.

SEPATU
Sepatu adalah suatu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Biasanya juga terbuat dari kanvas atau kulit yang menutupi semua bagian mulai dari jari jemari, punggung kaki hingga bagian tumit.
SENDAL
Sandal atau sendal adalah salah satu model alas kaki yang terbuka pada bagian jari kaki atau tumit pemakainya. Bagian alas (sol) dihubungkan dengan tali atau sabuk yang berfungsi sebagai penjepit (penahan) di bagian jari, punggung kaki, atau pergelangan kaki agar sandal tidak terlepas dari kaki pemakainya. Sandal dengan penutup di bagian punggung dan jemari, tetapi terbuka di bagian tumit dan pergelangan kaki disebut selop.

SELENDANG
Selendang adalah pakaian tradisional Indonesia yang berbentuk kain panjang. Hampir setiap daerah punya selendang tersendiri. Selendang disimpangkan, kadang dipakai untuk penutup kepala bila panas, kadang untuk gendongan anak. Selendang juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam upacara perkawinan, kehamilan, atau upacara kelahiran dan kematian dan tari tradisional


PRODUK TEKSTIL
KAIN TRADISIONAL
KERAJINAN TEKSTIL


GANTUNGAN KUNCI
DARI KAIN FLANEL
Gantungan kunci merupakan media atau alat untuk menggantungkan kunci, terbuat dari kayu, logam, plastik. Tetapi, di sini kami membahas tentang gantungan kunci yang terbuat dari kain flanel. Flanel adalah kain non-tenun yang diproduksi dengan cara menganyam, kondensasi dan menekan serat wol.
BATIK PARANG
Batik yogyakarta motif parang biasa disebut sebagai motif batik keris atau pola pedang oleh masyarakat internasional. Sedangkan dalam masyarakat Jawa biasa disebut dengan motif Parang Lidah api atau lidah api.
KOMENTAR
Dengan adanya sepatu, kaki kita tidak akan terasa panas karena ada sepatu yang melindungi kaki kita. Selain itu, sepatu juga melindungi kita dari barang-barang tajam. Misalnya saja ada banyak paku di jalan, tanpa sepatu mungkin kaki kita sudah berdarah. Tetapi, dengan sepatu, ada yang melindungi kaki kita dari barang-barang seperti tersebut.
APRESIASI
Produk sepatu ini harus tetap dijaga dan dikembangkan agar menghasilkan produk yang lebih berkualitas, sehingga meningkatkan kenyamanan kita juga dalam memakaianya. Terlebih lagi produk dalam negeri, selain dapat melestarikan sepatu buatan dalam negeri, juga dapat menambah penghasilan para pengrajin sepatu serta mendukung dan mencintai produk dalam negeri.
KOMENTAR
Produk sendal ini juga penting untuk kehidupan kita. Fungsinya sama dengan sepatu, yaitu melindungi kaki kita. Tetapi, pemakaiannya saja berbeda, apabila sendal dapat kita bilang lebih "santai" jika dibandingkan dengan sepatu. Mungkin juga dalam perkembangannya, sendal dapat didaur ulang, sehingga bermanfaat pula walaupun sudah tidak dapat dipakai lagi.
APRESIASI
Produk sendal harus kita lestarikan keberadaannya, apalagi sendal ini menjadi bagian penting dalam hidup kita ini. Harus terus kita jaga, lestarikan, dan kembangkan model dan kenyamanannya, terutama sendal yang dibuat di dalam negeri.
KOMENTAR
Menurut kami, selendang sudah menjadi bagian dalam kehidupan sehari-hari, apalagi apabila kita lihat ke sisi tradisionalnya. Kebiasaan menggendong bayi misalnya, sudah menjadi keturunan untuk menggendong memakai selendang. Begitu pula dalam acara-acara khusus, sudah menjadi adat istiadat yang turun temurun untuk menggunakan selendang. Selendang sebaiknya lebih dipopulerkan lagi supaya generasi muda dapat menggunakan selendang tanpa rasa malu, melainkan bangga. Serta dengan menggunakan selendang, dapat memunculkan identitas bangsa Indonesia itu sendiri.
APRESIASI
Selendang adalah salah satu produk yang mengaplikasikan budaya Indonesia ke dalam suatu bentuk visual serta melambangkan besar rasa cinta kita terhadap bangsa. Hal ini merupakan hal yang positif. Oleh karena itu, kita sebagai generasi muda perlu melestarikannya.
KOMENTAR
Di zaman yang modern ini, orang-orang lebih kreatif dalam menuangkan pikiran serta ide. Hingga kini, ada gantungan kunci yang terbuat dari kain flanel, padahal dulu terbuat dari kayu, logam, plastik. Hal ini merupakan hal yang patut untuk ditiru. Menggunakan kain flanel dapat meningkatkan kreatifitas pembuatnya. Selain itu, harga bahan yang murah dapat mengurangi harga penjualan yang dapat meningkatkan minat pembeli untuk membeli gantungan itu sendiri, Selain itu perlu banyak dilakukan inovasi dalam pembuatan gantungan sehingga dapat meningkatkan minat pembeli.
APRESIASI
Gantungan merupakan benda penambah keindahan yang bisa digunakan di berbagai objek, memang tidak banyak fungsi yang didapat tetapi merupakan salah satu objek yang seringkali kita jumpai. Ide gantungan kunci dari kain flanel merupakan ide yang sangat kreatif. Hal ini perlu dikembangkan oleh generasi muda seperti kita, agar muncul ide-ide baru lain yang lebih kreatif.
MAKNA SIMBOLIK
Pada bentuk mega mendung, bisa kita lihat garis lengkung dari bentuk garis lengkung yang paling dalam (mengecil) kemudian melebar keluar (membesar) yang menunjukkan gerak yang teratur harmonis. Bisa dikatakan bahwa garis lengkung yang beraturan ini membawa pesan moral dalam kehidupan manusia yang selalu berubah (naik dan t
urun).
FUNGSI
Batik megamendung mempunyai fungsi sebagai sandang atau pakaian, biasa dibuat kemeja atau baju terusan dengan dasar bahan batik megamendung.
CARA MEMAKAI
MAKNA SIMBOLIK
a. Motif bunga mawar dalam desain kain songket memiliki arti perlambangan sebagai penawar malapetaka.

b. Motif bunga tanjung melambangkan keramah tamahan sebagai nyonya rumah juga sebagai lambang ucapan selamat datang kepada tamu.

c. Motif bunga melati dalam desain kain songket melambangkan sopan santun, keanggungan dan kesucian.

d. Motif pucuk rebung melambangkan harapan baik sebab bambu merupakan pohon yang tidak mudah rebah oleh tiupan angin kencang sekalipun. Penggunaan motif ini dimaksudkan agar pemakai selalu mempunyai keberuntungan dan harapan baik dalam setiap langkah hidup.
FUNGSI
Pada masa dahulu, kain songket merupakan pakaian kaum bangsawan. Kini, kain songket digunakan oleh seluruh lapisan masyarakat sebagai pakaian pengantin, pakaian penari tradisional, pakaian semasa menghadiri majlis rasmi, dan hiasan pada jubah konvokesyen universiti tempatan.

Selain pakaian, kain songket juga dihasilkan sebagai kain ela, yang digunakan untuk membuat pelbagai jenis barang seperti sarung kusyen, beg tangan, alas
meja, alas pinggan dan barang-barang untuk cenderamata, serta perhiasan dinding.
CARA MEMAKAI
1. Posisi kepala kain (tumpal) di depan
2. Kenakan kain seperti memakai sarung pada umumnya
3. Balut / lilitkan kain dengan rapi agar posisi kepala kain (tumpal) tepat di tengah depan
4. Kenakan kemben / korset. Selain untuk menutupi kain dalaman / tambahan bagian atas songket dan menahan posisi kain tetap sempurna, juga memberikan kesan ramping
5. Kenakan kebaya yang serasi dengan songket
6. Untuk pelengkap, kenakan selendang dengan cara di sampirkan di bahu
atau di pundak
MAKNA SIMBOLIK
Secara spesifik pada masa pra-kekeristenan ulos atau tekstil sehari-hari itu dijadikan medium (perantara) pemberian berkat (pasu-pasu) dari mertua kep
ada menantu/anak perempuan, kakek/ nenek kepada cucu, paman (tulang) kepada bere, raja kepada rakyat. Sambil menyampaikan ulos pihak yang dihormati ini menyampaikan kata-kata berupa berkat (umpasa) dan pesan (tona) untuk menghangatkan jiwa si penerima. Ulos sebagai simbol kehangatan ini bermakna sangat kuat, mengingat kondisi Tanah Batak yang dingin.

FUNGSI
Sebagai selendang
Untuk menghadiri ritual dan tradisi
Sebagai selimut

CARA MEMAKAI
Secara garis besar, ada tiga cara pemakaian Ulos, yaitu pertama, siabithononton, yaitu kain ulos dipakai. Kedua, sihadanghononton, yaitu kain ulos dililitkan di kepala atau bisa juga dijinjing / dibawa. Ketiga, sitalitalihononton, yaitu dililit di pinggang.
MAKNA SIMBOLIS
Bila dilihat secara mendalam, garis-garis lengkung pada batik yogyakarta motif parang sering diartikan sebagai ombak lautan yang menjadi pusat tenaga alam, dalam hal ini yang dimaksudkan adalah raja. Komposisi kemiringan pada parang juga melambangkan kekuasaan, kewibawaan, kebesaran, dan gerak cepat sehingga pemakainya diharapkan dapat bergerak cepat.
• Parang Barong, mempunyai makna agar seorang raja selalu hati-hati dan dapat mengendalikan diri.
• Parang Rusak melambangkan pertarungan internal manusia melawan kejahatan dengan mengendalikan keinginan mereka sehingga mereka yang bijaksana, berakhlak mulia akan menang.
FUNGSI
1. Parang Rusak
Adalah salah satu motif sakral yang hanya digunakan di lingkungan kraton. Motif ini juga bisa mengidentifikasi asal kraton pemakainya, apakah dari kraton Solo atau Yogya.

2. Parang Barong
Berasal dari kata "batu karang" dan "barong" (singa). Dulunya dikenakan para bangsawan untuk upacara ritual keagamaan dan meditasi karena motif ini dianggap sakral.

CARA MEMAKAI
Cara memakai batik parang ini sama seperti ba
tik megamendung, karena sama-sama merupakan kain batik.

kerajinan tekstil indonesia  [download]

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang kerajinan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Contoh kerajinan tangan dari bahan tekstil apa saja ya???

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : https://prezi.com/bblxods8_tpb/kerajinan-tekstil/

0 komentar:

Post a Comment