, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

BAGIAN IX TEKNIK HIAS SULAMAN BERWARNA

BAGIAN  IX TEKNIK HIAS SULAMAN  BERWARNA

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
BAGIAN  IX TEKNIK HIAS SULAMAN  BERWARNA

gambar pola desain sulaman tapestry - Sulaman  berwarna  adalah  teknik  menghias  hias  dengan  menggunakan  kain
dasar dan beberapa jenis benang  yang bervariasi. Sulaman berwarna dikelompokkan berdasarkan  jenis  kain  yang  digunakan,  yaitu  teknik  menghias  yang menggunakan jenis kain rapat (tenunan rapat), kain strimin (tenunan bagi), kain bercorak baik kotak maupun bulat dan teknik lekapan.
A.

Teknik Menghias Kain pada Tenunan Rapat

Teknik  menghias  kain  yang  dikerjakan  pada  kain  dengan  tenunan  rapat
mencakup :
1.Desain Sulaman Fantasi
Sulaman  fantasi  merupakan  jenis  sulaman  yang  pengerjaannya  tidak  terikat oleh  suatu aturan tertentu, dalam arti berbagai variasi tusuk hias dapat dipergunakan untuk  menghasilkan  sulaman   fantasi.  Meski   dapat  mempergunakan  bermacam-macam  tusuk  hias  dan  warna  benang,  sulaman  fantasi  dibatasi  penggunaannya dengan tiga macam warna benang hias dan tiga macam tusuk hias. Dalam hal ini kita dituntut  untuk  mampu  berkreasi  hingga  teknik  hias  sulaman  fantasi  dapat  tampil indah dan serasi.
 Tusuk Hias  yang digunakan seperti tusuk pipih, tusuk tangkai dan
tusuk rantai


Usaha Membuat Kerajinan Permadani Tapestry

 

Kerajinan Permadani Tapestry


Teknik Tapestry

Permadani, apakah mereka hiasan dinding, tas atau penutup untuk perabot rumah,  pola tenunan yang rumit. Teknik-teknik untuk  tenun permadani telah dikembangkan di seluruh dunia dan diturunkan dari Artisan ke tukang. Beberapa permadani ditenun sementara yang lain tersimpul. Bahkan dalam setiap teknik, Anda akan menemukan variasi dalam menenun atau knotting.

1.
Simpul Persia, Turki dan Spanyol

Seniman dapat membuat permadani menggunakan berbagai jenis knot. Jenis simpul yang digunakan menentukan karakteristik permadani. Teknik simpul permadani Persia dengan menghasilkan detil gambar yang lebih banyak dan tingkat detail yang lebih tinggi. Nama-nama lain yang diberikan untuk jenis permadani termasuk “Sameh” atau simpul permadani asimetris.

Sebuah permadani dibuat dengan menggunakan teknik simpul Turki tidak akan memiliki banyak knot per inci persegi. Permadani juga disebut sebagai simpul simetris atau “ghiordes” permadani.

Dalam simpul permadani Spanyol, simpul telah dilingkarkan di tunggal benang lungsin alternatif. Anda akan melihat bahwa tekstur dari sebuah permadani simpul Spanyol lebih kasar pada garis vertikal. Garis diagonal akan mengambil nuansa halus dan penampilan.
Celah Tapestry

Dalam celah sebuah permadani, permukaan bergaris dalam arah vertikal.  Benang Ini disebut “pakan” benang dan jalin dengan “warp” benang, yang dilingkarkan ke alat tenun sebagai dasar untuk desain. Dalam sebuah permadani celah, Anda akan menemukan celah kecil di mana dua warna yang berbeda bertemu – jika pola vertikal. Jika Anda membandingkan celah permadani, permadani permadani pas dan saling bertautan, menenun permadani dari celah adalah cara agar lebih halus.

Terlepas dari asal geografis permadani, Anda akan menemukan kesamaan yang kuat dalam menenun. Anda akan menemukan permadani celah yang dibuat atau telah dibuat oleh masyarakat pra-Columbus – Navajo, Anatolia dan penenun Peru.
Tenun Soumak

Jika Anda sedang mencari, sangat rinci menenun rumit, melihat permadani Soumak. Para penenun dari Soumak membungkus benang berwarna di sekitar benang lungsin, biasanya membungkus satu atau dua thread dalam mengembangkan desain mereka. Karena ini jenis permadani tenun hiasan, sering digunakan pada barang kecil.

Dalam pola permadani Soumak, angka dan pola yang tersebar di seluruh permadani. Anda dapat menemukan beberapa permadani Soumak yang berasal di wilayah Kurdi Turki, Kaukasus dan di wilayah barat laut Iran.
       
Cara membuat permadaniPermadani dapat ditenun pada mesin tenun atau dibuat menggunakan teknik sulaman. Metode rinci di sini menggunakan kanvas dan sulaman sulaman jahitan Gobelin menyerupai permadani tenunan.

Saran


1.
Needlepointing Tapestry
* 1

Pilih desain untuk permadani Anda. Anda dapat mencetak gambar dari internet, membeli pola atau kanvas cetak dari toko kerajinan, atau desain sendiri.
* 2


Ukuran desain sesuai kanvas ukuran yang diinginkan Anda dan permadani Anda bisa selesai. Memperbesar atau mengurangi desain untuk ukuran yang tepat pada komputer Anda atau mesin fotokopi dan cetak pada kertas grafik.
* 3

Entah cat desain Anda di kanvas (desain keseluruhan atau garis besar), atau grafik pada kertas grafik dengan masing-masing mewakili satu lubang persegi di kanvas yang Anda ikuti saat Anda bekerja pada jahitan Anda. Anda dapat melacak desain dengan menggambar di atas dan menguraikan dengan spidol tebal dan menempatkan kanvas di atas kertas, kemudian melacak garis atau seluruh desain dengan pensil atau spidol khusus atau cat akrilik.
* 4

Siapkan kanvas Anda dengan pemangkasan ke ukuran yang sesuai jika diperlukan (tapi menyisakan margin), kemudian mengikat ujung-ujungnya dengan selotip.
* 5

Siapkan benang Anda dengan memotong untai sekitar 18 inci panjang di masing-masing warna yang akan Anda gunakan, dan mengurutkan warna dengan perulangan mereka ke sepotong karton dengan menekan lubang di sepanjang sisi. Ini akan mencegah benang dari kekusutan.
* 6

Tahan pada frame kanvas Anda, jika Anda menggunakan salah satunya, dan Anda akan menggunakan benang jarum permadani Anda dengan benang warna pertama.
* 7

Gunakan jahitan Gobelin untuk membuat desain. Gobelin yang lurus bekerja dengan membawa benang dari belakang ke depan kanvas dan jahitan vertikal dengan menutup dua benang kanvas ke atas, maka threading benang melalui ke belakang lagi. Ulangi stitch bergerak dari kiri ke kanan dan bekerja di baris dari atas ke bawah. Tidak ada dimensi horizontal untuk menjahit – hanya lurus garis vertikal meliputi dua benang kanvas horisontal. Mengerjakan seluruh desain ke kanvas dengan cara ini.

Memblokir Tapestry

* 1
Tape kertas grafik ke papan gabus, semprot dengan air dan tunggu sampai kering sampai menjadi kaku.
* 2

Basahi sulaman Anda sampai selesai secara menyeluruh dengan air dingin dan tempat itu menelungkup di atas kertas.
* 3

Stapler sulaman di sekitar tepi ke papan di pinggir kanvas, cocok dengan sudut untuk kotak pada kertas grafik dan peregangan ke ukuran yang benar.
* 4

Biarkan kanvas untuk benar-benar kering, kemudian hapus dari papan memb
lokir.

buka mesin jahit : https://usahamart.wordpress.com/2012/01/09/kerajinan-permadani-tapestry/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang gambar pola desain sulaman tapestry

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang  Bulu Merak Sintetis

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment