, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN ( RPP )

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN

( RPP )

 
fungsi mainan teknik potong sambung - Kelas    :     VII ( tujuh )
Mata Pelajaran    :     Keterampilan
Semester    :     1 (satu)
Alokasi Waktu    :     2 x 40 menit
Aspek    :     Kerajinan
Standar Kompetensi    :     1. Mengapresiasi benda kerajinan.

Kompetensi Dasar        :
1.1    Memahami keterampilan teknis pada produk benda kerajinan.
1.2    Mengapresiasi unsur estetika pada produk benda kerajinan.

Indikator        : 
1.    Menjelaskan pengertian keterampilan kerajinan.
2.    Mendeskripsikan jenis kerajinan.
3.    Membedakan berbagai teknik dalam keterampilan.
4.    Menjelaskan fungsi kerajinan
5.    Mendeskripsikan pengertian estetika.
6.    Menentukan nilai estetika pada produk kerajinan.
7.    Menjelaskan fungsi estetika dalam produk kerajinan

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa belajar maka siswa akan dapat :
    Menjelaskan pengertian keterampilan kerajinan.
    Mendeskripsikan jenis kerajinan.
    Membedakan berbagai teknik dalam keterampilan.
    Menjelaskan fungsi kerajinan
    Mendeskripsikan pengertian estetika.
    Menentukan nilai estetika pada produk kerajinan.
    Menjelaskan fungsi estetika dalam produk kerajinan.

B.    Materi Ajar
    Pengertian keterampilan kerajinan
    Jenis produk kerajinan
    Teknik kerajinan
    Fungsi kerajinan
    Pengertian estetika.
    Unsur estetika produk kerajinan.
    Fungsi estetika kerajinan

C.    Metode Pembelajaran
1.    Presentasi
2.    Demontrasi
3.    Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
a)    Mengkaji sumber untuk mencari pengertian keterampilan kerajinan.
b)    Mengamati produk kerajinan untuk menentukan kerajinan
c)    Mendeskripsikan fungsi kerajinan.
d)    Mendeskripsikn fungsi kerajinan.
e)    Mengkaji buku sumber untuk mencari pengertian estetika.
f)    Menganalisis produk kerajinan untuk menentukan estetikanya.
g)    Mengamati dan menganalisis fungsi estetika dalam produk kerajinan

E.    Sumber bahan
    Buku
    Nara sumber
    Media elektronik

F.    Penilaian
      Teknik            : Tes tertulis
       Bentuk instrumen    : Tes uraian
       Instrumen        : 
a)    Jelaskan pengertian Keterampilan kerajinan!
b)    Deskripsikan jenis-jenis kerajinan dilihat dari bahan dan tekniknya!
c)    Jelaskan macam-macam teknik dalam membuat kerajinan!
d)    Jelaskan fungsi kerajinan yang kamu ketahui!
e)    Jelaskan pengertian estetika  dengan bahasa kamu!
f)       Deskripsikan  nilai estetika pada produk kerajinan!
g)    Jelaskan fungsi estetika pada produk kerajinan!


RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )

Kelas    :     VII ( tujuh )
Mata Pelajaran    :     Keterampilan
Semester    :     1 (satu)
Alokasi Waktu    :     42 x 40 menit
Aspek    :     Kerajinan
Standar Kompetensi    :     2. Membuat benda kerajinan

Kompetensi Dasar       :
2.1    Merencana-kan prosesdur kerja pembuatan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong, dan rekat.
2.2    Membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong, bentuk, dan rekat.
2.3    Membuat kemasan benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias dengan sentuhan estetika sehingga siap dipamerkan atau dijual.

Indikator        : 
    Membuat rancangan karya dari bahan lunak.
    Merancang prosedur kerja.
    Merancang biaya produksi.
    Membuat sket pradesain.
    Membuat desain dan gambar kerja.
    Menyiapkan bahan dan alat sesuai kebutuhan desain.
    Membuat karya sesuai desain dan teknik yang dipilih.
    Praktik membuat finishing sesuai desain.
    Membuat desain kemasan.
    Menyiapkan bahan dan alat sesuai kebutuhan desain.
    Membuat kemasan karya sesuai desain.
    Memamerkan dan menjual karya.

A.    Tujuan Pembelajaran
1.    Membuat rancangan karya dari bahan lunak.
2.    Merancang prosedur kerja.
3.    Merancang biaya produksi.
4.    Membuat sket pradesain.
5.    Membuat desain dan gambar kerja.
6.    Menyiapkan bahan dan alat sesuai kebutuhan desain.
7.    Membuat karya sesuai desain dan teknik yang dipilih.
8.    Praktik membuat finishing sesuai desain.
9.    Membuat desain kemasan.
10.    Menyiapkan bahan dan alat sesuai kebutuhan desain.
11.    Membuat kemasan karya sesuai desain.
12.    Memamerkan dan menjual karya.

B.    Materi Ajar
a. Pembuatan desain fungsional dari bahan tanah liat.
b. Persiapan bahan dan alat.
    * Bahan tanah liat lokal yang tersedia di lingkungan sekolah
    * Jenis tanah liat ( ballclay, kaolin, residu, dll)
    * Mengolah tanah liat
    * Alat pembentukan tanah liat
       - alat pemotong tanah (senar/kawat kecil)
       - butsir
       - alat pembuat hiasan pahat cukil, cutter, kuas, karet spon, kain katun.


c. Pembentukan karya kerajinan berbahan lunak.
    * Teknik pembentukan tanah liat manual dengan tangan
       - teknik pijit/pinch adalah teknik membentuk tanah liat menggunakan tangan   dengan cara dipijit, dibentuk sampai membentuk desain yang diinginkan,

-     teknikpilin/coil adalah membentuk bahan tanah liat dengan cara tanah liat buat pilin-pilin kemudian dibentuk produk kerajinan yang diinginkan.

     * Teknik pembuatan hiasan, dapat dilakukan dengan cara
        - ditempel
        - digores/diukir
        - dicap/tera

d.  Finishing karya    
Finishing karya dari bahan tanah liat dapat dilakukan dengan cara :
1.    Dikeringkan ditempat terbuka tidak kena sinar matahari langsung.
2.    Dihaluskan/diamplas, benda produk diamplas halus.
3.    Diberi warna dengan cat sesuai pilihan siswa.
4.    Pelapisan akhir dengan pilox, aqualecker, woodsatain.

C.    Metode Pembelajaran( metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran tertentu yang relevan dengan mata pelajaran, seperti kooperatif, kerja mandiri, kerja kelompok, dll)
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
Pembuatan desain fungsional dari bahan lunak.
1.    Kegiatan Pendahuluan
Presentasi dan diskusi desain yang baik.
Penyiapan bahan alat
Penentuan tema desain
Teknik pembuatan desain
2.    Kegiatan inti
Sket pradesain
Konsultasi desain dan bimbingan dengan pembimbing
Membuat desain dan gambar kerja
Pemantapan desain dengan tinta
3.    Penutup
Evaluasi desain
Kritik dan saran
Penugasan desain di rumah.

Pertemuan Kedua
Pembentukan karya dari bahan tanah liat
1.    Kegiatan pendahuluan
Persiapan bahan dan alat untuk membentuk desain produk yang direncanakan.
Persiapan fisik dan mental untuk berkarya yang baik.
2.    Kegiatan Inti
Mengolah tanah
Membentuk tanah menjadi bentuk karya secara global
Membentuk bodi/badan karya
Membuat hiasan pada karya dengan teknik tertentu
Menghaluskan karya
       3. Penutup
    Evaluasi dan kritik karya
    Saran dan tindak lanjut pembuatan karya
Tugas rumah mengeringkan karya di tempat terbuka tidak kena sinar matahari langsung

       Pertemuan Ketiga
       Praktik finishingkarya dari bahan tanah liat
1.  Kegiatan pendahuluan
Penyiapan karya
Penyapan bahan finishing
Penghalusan permukaan karya
2.    Kegiatan inti
Pembuatan dasaran finishing pada karya
Pemberian bahan bahan finishing karya dengan ornamen yang diwarna dengan cat.
Pelapisan akhir karya dengan pilox, aqualecker, woodstain
3.    Penutup
Pengumpulan karya dan pameran klas
Evaluasi dan kritik karya
Penilaian akhir.

E.    Sumber bahan
i.    Alat: kawat/senar pemotong, alat penghias, kuas, alat penghalus.
ii.    Bahan: Tanah liat
iii.    Rujukan buku, buletin internet dll.

F.    Penilaian
Teknik    :     Tes performen
Bentuk instrumen    :     Tes Proses dan produk
Instrumen    :      Buatlah produk fungsional dari bahan tanah liat dengan teknik manual dengan tangan (pipin, pijit), ide bentuk, ukuran, teknik, dan finishing sesuai pilihan peserta didik!

Kriteria penilaian menggunakan penilaian proses dan hasil karya
Penilaian proses dibobot 40% dan penilain hasil dibobot 6
 
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )

Kelas    :     VII ( tujuh )
Mata Pelajaran    :     Keterampilan
Semester    :     1 (satu)
Alokasi Waktu    :     2 x 40 menit
Aspek    :     Teknologi
Standar Kompetensi    :     3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa.

Kompetensi Dasar       :
3.1    Memahami fungsi dan keterampilan teknis pada produk alat penerangan dengan listrik arus lemah (baterai).
3.2    Mengapresiasi keterampilan teknik pada produk alat penerangan dengan listrik arus lemah (baterai).
Indikator        : 
    Menjelaskan pengertian peralatan baterai.
    Mendeskripsikan jenis dan fungsi peralatan listrik arus lemah (baterai)
    Menjelaskan teknik merangkai komponen pembuatan alat penerang dengan baterai.
    Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk penerangan dengan listrik arus lemah.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
1)    Menjelaskan pengertian peralatan baterai.
2)    Mendeskripsikan jenis dan fungsi peralatan listrik arus lemah (baterai).
3)    Menjelaskan teknik merangkai komponen pembuatan alat penerang dengan baterai.
4)    Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk penerangan dengan listrik arus lemah.
B.    Materi Ajar
     Pengertian peralatan listrik arus lemah.
     Jenis dan fungsi peralatan.
     Teknik pembuatan produk.
     Apresiasi teknis alat penerang dengan baterai

C.    Metode Pembelajaran
Presentasi
Demontrasi
Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
    Membaca buku sumber untuk mencari pengertian.
    Membedakan jenis dan fungsi peralatan.
    Mengidentifikasi teknik pembuatan alat penerang dengan baterai.
    Mengamati peralatan teknis pembuatan alat penerang.

E.    Sumber bahan
Buku
Nara sumber. Media cetak
Media elektonik.

F.    Penilaian
       Teknik        : Tes performen
       Bentuk instrumen    : Tes Proses dan produk
       Instrumen        : 
1. Jelaskan pengertian peralatan listrik arus lemah (baterai)!
2. Diskripsikan jenis dan fungsi peralatan listrik arus lemah!
3. Jelaskan teknik pembuatan peralatan listrik arus lemah!
4. Deskripsikan  teknik pembuatan produk penerangan dengan listrik  arus lemah!

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )

Kelas    :     VII ( tujuh )
Mata Pelajaran    :     Keterampilan
Semester    :     1 (satu)
Alokasi Waktu    :     2 x 40 menit
Aspek    :     Teknologi
Standar Kompetensi    :     4. Menciptakan karya teknologi rekayasa.

Kompetensi Dasar       :
4.1    Merencana-kan prosedur kerja pembuatan alat penerang dengan listrik arus lemah (baterai).
4.2    Membuat alat penerang dengan listrik arus lemah (baterai)

Indikator        : 
1. Membuat gambar/skema rangkain.
2. Menyiapkan komponen dan alat sesuai kebutuhan skema rangkaian.
3. Membuat / merangkai komponen sesuai skema.
4. Melakukan uji coba kelayakan.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
•    Membuat gambar/skema rangkain.
•    Menyiapkan komponen dan alat sesuai kebutuhan skema rangkaian.
•    Membuat / merangkai komponen sesuai skema.
•    Melakukan uji coba kelayakan.

B.    Materi Ajar
1)    Skema rangkaian

2)    Penyiapan bahan dan alat
3)    Praktik merangkai komponen
4)    Pengujujian produk    

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
a)    Membuat gambar rangkain
b)    Menyiapkan komponen dan alat untuk praktik
c)    Praktik perangkaian pembuatan karya .
d)    Melakukan uji coba produk dan perbaikan produk
E.    Sumber bahan
Buku
Nara sumber
Media elektronik
Media cetak
Model

F.    Penilaian
       Teknik        : Tes unjuk kerja
       Bentuk instrumen    : Uji petik, prosedur dan produk.
       Instrumen        : 
    Buatlah skema rangkaian pembuatan alat penerang dengan listrik arus lemah (baterai).
    Buatlah karya alat penerang dengan listrik arus lemah (baterai) sesuai desain yang dibuat siswa!
                    
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )

Kelas    :     VII ( tujuh )
Mata Pelajaran    :     Keterampilan
Semester    :     1 (satu)
Alokasi Waktu    :    2 x 40 menit
Aspek    :     Teknologi
Standar Kompetensi    :     5. Mengapresiasi karya teknologi budidaya.

Kompetensi Dasar       :
5.1. Mengenal produk hewan unggas petelur .
5.2. Mengapresiasi produk hewan unggas petelur.

Indikator    : 
•    Menjelaskan pengertian budi-daya unggas petelur.
•    Membedakan jenis unggas
•    Menjelaskan fungsi budidaya  hewan unggas petelur.
•    Mendeskripsikan berbagai teknik pembudidayaan unggas petelur .

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
a)    Menjelaskan pengertian budi-daya unggas petelur.
b)    Membedakan jenis unggas
c)    Menjelaskan fungsi budidaya  hewan unggas petelur.
d)    Mendeskripsikan berbagai teknik pembudidayaan unggas petelur

B.    Materi Ajar
    Pengertian budidaya unggas petelur.
    Jenis unggas petelur.
    Fungsi pembudida-yaan unggas petelur.
    Prosedur  pembudidayaan unggas petelur.
   

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
o    Membaca buku sumber untuk mencari pengertian.
o    Membedakan jenis unggas petelur.
o    Menjelaskan fungsi pembudidayaan unggas petelur.
o    Mengamati pembudidayaan unggas petelur untuk mencari prosedur pembudidayaan unggas petelur.

E.    Sumber bahan
–    Buku sumber
–    Nara sumber
–    Media cetak

F.    Penilaian
       Teknik            : Tes tulis
       Bentuk instrumen    : Tes uraian.
       Instrumen        : 
1. Jelaskan pengertian budidaya unggas petelur!
2. Diskripsikan jenis unggas petelur!
3. Jelaskan fungsi budidaya unggas petelur!
4. Deskripsikan  prosedur budidaya unggas petelur!
                    
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas    : VII ( tujuh )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester    : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek    : Teknologi
Standar Kompetensi    : 6. Menyusun rencana pemeliharaan dan perawatan hewan uggas petelur.

Kompetensi Dasar   :
Menyusun rencana pemelihara an dan perawatan hewan unggas petelur

Indikator        : 
•    Membuat perencanaan pemeliharaan unggas petelur.
•    Memilih jenis ungas yang unggul.
•    Menyiapkan tempat.
•    Merencanakan pemeliharaan dan perawatan

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
1.    Membuat perencanaan pemeliharaan unggas petelur.
2.    Memilih jenis ungas yang unggul.
3.    Menyiapkan tempat.
4.    Merencanakan pemeliharaan dan perawatan

B.    Materi Ajar
1. Perencanaan pemeliharaan unggas petelur.
2. Pemilihan jenis unggas.
3. Tempat pemeliharaan.
4. Pemeliharaan dan perawatan.

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
•    Mengkaji buku sumber untuk membuat perencanaan pemeliharaan unggas.
•    Mengamati jenis unggas petelur untuk memilih bibit yang unggul.
•    Mengamati tempat dan cara perawatan unggas yang baik.
•    Mempelajari cara pemeliharaan dan perawatan unggas petelur.

E.    Sumber bahan
a)    Buku sumber
b)    Nara sumber
c)    Media cetak

F.    Penilaian
       Teknik            : Tes tulis
       Bentuk instrumen    : Tes uraian.
       Instrumen        : 
a)    Deskripsikan perencanaan pemeliharaan unggas petelur yang baik!
b)    Bagaimana cara memilih unggas yang baik?
c)    Bagaimana cara menyiapkan tempat untuk unggas petelur?
d)    Bagaimana cara merawat dan memelihara unggas petelur?
 
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas    : VII ( tujuh )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester    : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek    : Teknologi
Standar Kompetensi    : 7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan.

Kompetensi Dasar       :
7.1    Mengenal produk manisan buah basah dan kemasannya dari segi citarasa, estetika, dan keterampilan teknik baik lisan maupun tertulis.
7.2    Mengapresiasi produk manisan buah basah dan kemasannya dari segi citarasa, estetika, dan fungsinya baik lisan atau tertulis.

Indikator    : 
•    Menjelaskan pengertian pembuatan manisan basah.
•    Mendeskripsikan jenis peralatan pembuatan manisan basah.
•    Menjelaskan fungsi pengawetan manisan basah.
•    Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk manisan.
•    Menghargai produk manisan basah dari segi estetika dan citarasanya

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
1.    Menjelaskan pengertian pembuatan manisan basah.
2.    Mendeskripsikan jenis peralatan pembuatan manisan basah.
3.    Menjelaskan fungsi pengawetan manisan basah.
4.    Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk manisan.
5.    Menghargai produk manisan basah dari segi estetika dan citarasanya

B.    Materi Ajar
1)    Pengertian pengawetan dengan cara manisan.
2)    Jenis peralatan pembuatan manisan.
3)    Fungsi pengawetan dengan manisan.
4)    Teknik pembuatan manisan.
5)    Apresiasi produk manisan basah

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
     Membaca buku  untuk mencari pengertian pengawetan manisan buah basah.
     Menentukan jenis peralatan.
     Membedakan  fungsi pengawetan dengan manisan.
     Mendeskrip-sikan teknik pembuatan manisan basah.
     Mengapresiasi produk manisan untuk menentukan citarasa.

E.    Sumber bahan
–    Buku
–    Produk
–    Media cetak
–    Nara sumber

F.    Penilaian
       Teknik            : Tes tulis
       Bentuk instrumen    : Tes uraian.
       Instrumen        : 
1)    Jelaskan pengertian pengawetan manisan buah basah!
2)    Diskripsikan jenis peralatan untuk membuat manisan basah!
3)    Jelaskan fungsi pengawetan dengan cara manisan!
4)    Deskripsikan  teknik pembuatan produk manisan basah!
5)    Jelaskan kelebihan dan kelemahan produk manisan basah!
6)    Tuliskan kemasan yang baik untuk manisan buah basah!
                
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas    : VII ( tujuh )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester    : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek    : Teknologi
Standar Kompetensi    : 8. Menerapkan teknologi karya pengolahan manisan basah

Kompetensi Dasar       :
8.1    Merencanakan prosedur kerja pembuatan manisan basah dari bahan nabati.
8.2    Membuat produk manisan basah dari bahan nabati sesuai dengan prosedur kerja yang disusun.
8.3    Membuat kemasan produk manisan basah siap dipamerkan dan dijual.

Indikator    : 
•    Menjelaskan pengertian pembuatan manisan basah.
•    Mendeskripsikan jenis peralatan pembuatan manisan basah.
•    Menjelaskan fungsi pengawetan manisan basah.
•    Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk manisan.
•    Menghargai produk manisan basah dari segi estetika dan citarasanya

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
•    Menjelaskan pengertian pembuatan manisan basah.
•    Mendeskripsikan jenis peralatan pembuatan manisan basah.
•    Menjelaskan fungsi pengawetan manisan basah.
•    Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk manisan.
•    Menghargai produk manisan basah dari segi estetika dan citarasanya.

B.    Materi Ajar
a.    Perencanaan pembuatan manisan basah.
b.    Pembuatan manisan basah.
c.    Kemasan manisan basah.
d.    Penyajian hasil dalam pameran dan penjualan.

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
1)    Membaca buku sumber untuk membuat perencanaan manisan nabati.
2)    Praktik membuat manisan basah bahan nabati.
3)    Membuat kemasan manisan yang baik, higenis, dan menarik.
4)    Menyajikan hasil manisan dan menjualnya.

E.    Sumber bahan
–    Buku sumber
–    Nara sumber
–    Media cetak
–    Resep

F.    Penilaian
       Teknik        : Tes unjuk kerja
       Bentuk instrumen    : Uji prosedur produk.
       Instrumen    : 
1)    Buatlah perencanaan pembuatan manisan nabati basah!
2)    Buatlah manisan dari bahan nabati sesuai pilihan siswa!
3)    Buatlah kemasan manisan yang baik, higenis, dan menarik!
4)    Selenggarakan pameran dan penjualan produk!                   
 
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : VIII ( delapan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Kerajinan
Standar Kompetensi: 1. Mengapresiasi benda kerajinan jahit dan sulam.

Kompetensi Dasar    :
1.1    Mengenal berbagai produk kerajinan jahit dan sulam.
1.2    Mengapresiasikan produk kerajinan jahit dan sulam.

Indikator        : 
1.    Menjelaskan perbedaan pengertian jahit dan sulam.
2.    Mendeskrip-sikan jenis peralatan dan produk  jahit dan sulam.
3.    Mendeskrip-sikan fungsi peralatan dan bahan.
4.    Mendeskrip-sikan  teknik pembuatan produk  kerajinan dengan teknik jahit dan sulam.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah siswa belajar maka siswa akan dapat :
    Menjelaskan perbedaan pengertian jahit dan sulam.
    Mendeskrip-sikan jenis peralatan dan produk  jahit dan sulam.
    Mendeskrip-sikan fungsi peralatan dan bahan.
    Mendeskrip-sikan  teknik pembuatan produk  kerajinan dengan teknik jahit dan sulam.

B.    Materi Ajar
1.    Pengertian teknik jahit dan sulam
2.    Jenis peralatan dan produk jahit dan sulam
3.    Fungsi peralatan dan bahan jahit dan sulam
4.    Prosedur teknik  jahit dan sulam


C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
1.    Membaca buku sumber untuk mencari pengertian.
2.    Menguraikan  jenis peralatan dan produk jahit dan sulam.
3.    Mendeskrip-sikan fungsi peralatan dan bahan.
4.    Mengamati produk kerajinan teknik jahit dan sulam , untuk menentukan eknik dan kualitas.

E.    Sumber bahan
    Buku
    Nara sumber
    Media cetak
    Model

F.    Penilaian
      Teknik            : Tes tertulis
       Bentuk instrumen    : Tes uraian
       Instrumen        : 
1.    Jelaskan pengertian teknik jahit dan sulam!
2.    Diskripsikan jenis peralatan dan produk jahit dan sulam!
3.    Jelaskan fungsi peralatan jahit dan sulam!
4.    Deskripsikan  teknik pembuatan produk dengan teknik jahit dan sulam!

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : VIII ( delapan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 3. Mengapresiasi karya teknologi rekayasa penjernihan air.

Kompetensi Dasar   :
3.1    Mengenal alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
3.2    Mengapresiasi keterampilan teknik.

Indikator        : 
1.    Mendeskripsikan pengertian alat penjernih air.
2.    Menuliskan jenis peralatan dan bahan penjernihan air dengan teknologi mekanis.
3.    Mengidentifikasi fungsi alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
4.    Mendeskripsikan prosedur pembuatan alat pejernih air.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
    Mendeskripsikan pengertian alat penjernih air.
    Menuliskan jenis peralatan dan bahan penjernihan air dengan teknologi mekanis.
    Mengidentifikasi fungsi alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
    Mendeskripsikan prosedur pembuatan alat pejernih air.
.
B.    Materi Ajar
1.    Pengertian alat penjernih air.
2.    Jenis peralatan penjernihan air.
3.    Fungsi alat dan bahan penjernihan.
4.    Mendeskripsikan prosedur penjernihan air secara mekanis.

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
a)    Menelaah buku sumber dan berdiskusi untuk mencari pengertian alat penjernihan air.
b)    Menguraikan jenis peralatan dan bahan penjernih air.
c)    Menuliskan fungsi alat penjernih air.
d)    Mendeskripsikan prosedur pembuatan alat pejernih air.

E.    Sumber bahan
Buku
Nara sumber. Media cetak
Media elektonik.

F.    Penilaian
       Teknik        : Tes tertulis
       Bentuk instrumen    : Tes uraian
       Instrumen        : 
1.    Jelaskan pengertian alat penjernihan air secara mekanis!
2.    Jelaskan jenis peralatan dan bahan penjernih air!
3.    Tuliskan fungsi alat penjernih air!
4.     Deskripsi-kan prosedur penjernihan air secara mekanis!

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : VIII ( delapan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 4. Menerapkan teknologi rekayasa penjernihan air.

Kompetensi Dasar   :
4.1    Merencanakan prosedur kerja pembuatan alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.
4.2       Membuat  alat penjernihan air dengan teknologi mekanis.

Indikator        : 
1.    Membuat rancangan alat penjernihan air secara mekanik.
2.    Praktik membuat alat penjernih air  secara kelompok dimulai dari penyiapan bahan dan alat sampai menghasilkan karya yang layak pakai.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
1.    Membuat rancangan alat penjernihan air secara mekanik.
2.    Praktik membuat alat penjernih air  secara kelompok dimulai dari penyiapan bahan dan alat sampai menghasilkan karya yang layak pakai.

B.    Materi Ajar
Rancangan desain alat penjernih air.
Praktik pembuatan alat penjernih air secara mekanis.

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
    Menelaah buku sumber dan mengamati model untuk membuat desain alat penjernih air secara mekanik.
    Praktik membuat karya alat penjernih air secara mekanis.

E.    Sumber bahan
Buku
Nara sumber
Media elektronik
Produk
Media cetak
Model


F.    Penilaian
       Teknik            : Tes unjuk kerja
       Bentuk instrumen    : Uji petik, prosedur dan produk.
       Instrumen        : 
1.    Buatlah rancangan alat penjernih air dengan teknologi mekanis!
2.    Buatlah alat penjernih air dengan teknologi mekanik secara kelompok!
           
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : VIII ( delapan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 5. Mengapresiasi hasil teknologi budidaya.

Kompetensi Dasar   :
5.1    Mengenal berbagai tanaman obat.
5.2    Mengapresiasi fungsi budidaya tanaman obat.

Indikator        : 
1.    Mendeskripsikan pengertian berbagai tanaman obat
2.    Membedakan jenis tanaman  obat yang baik.
3.    Mengidentifikasi alat dan media tanam.
4.    Mendeskripsikan teknik penanaman tanaman obat.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
    Mendeskripsikan pengertian berbagai tanaman obat
    Membedakan jenis tanaman  obat yang baik.
    Mengidentifikasi alat dan media tanam.
    Mendeskripsikan teknik penanaman tanaman obat.

B.    Materi Ajar
     Pengertian tanaman obat
     Jenis tanaman obat
     Alat dan media tanam.
     Teknik penanaman tanaman obat

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
    Mengkaji buku sumber untuk mencari pengertian tanaman obat.
    Mengamati jenis tanaman obat untuk menentukan jenis bibit yang baik.
    Mengidentifikasi media tanam dan peralatan.
    Menuliskan prosedur teknik penanaman yang baik.

E.    Sumber bahan
–    Buku sumber
–    Nara sumber
–    Media cetak
–    Model

F.    Penilaian
       Teknik        : Tes tulis
       Bentuk instrumen    : Tes uraian.
       Instrumen        : 
1.    Jelaskan pengertian tanaman obat!
2.    Indentifikasi-kanlah jenis tanaman obat yang ada di sekitar tempat tinggalmu!
3.    Jelaskan alat dan media tanam!
4.    Deskripsikan teknik penanaman tanaman obat!

                    
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : VIII ( delapan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 12 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 6. Menerapkan teknologi budidaya tanaman obat.

Kompetensi Dasar   :
6.1    Menyusun rencana penanaman dan perawatan tanaman obat.
6.2    Menanam dan merawat  tanaman obat.

Indikator        : 
1.    Membuat perencanaan tanaman obat dan cara perawatannya.
2.    Praktik menanam tanaman obat sesuai perencanaan dan perwatan.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
    Membuat perencanaan tanaman obat dan cara perawatannya.
    Praktik menanam tanaman obat sesuai perencanaan dan perwatan

B.    Materi Ajar
1.    Perencanaan penanaman tanaman obat.
2.    Penanaman tanaman obat.

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
–    Mengkaji buku sumber dan mengamati jenis tanaman obat untuk membuat perencanaan.
–    Praktik menanam tanaman obat dimulai dengan penyiapan media tanam sampai menghasilkan tanaman obat.

E.    Sumber bahan
d)    Buku sumber
a.    Nara sumber
b.    Media cetak
c.    Model

F.    Penilaian
       Teknik        : Tes unjuk kerja
       Bentuk instrumen    : Tes prosedur dan produk.
       Instrumen        : 
1.     Buatlah perencanaan penanaman tanaman obat yang baik!
2.     Praktikan cara menanam dan perawatan tanaman obat yang benar!
               
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : VIII ( Delapan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 7. Mengapresiasi karya teknologi pengolahan.

Kompetensi Dasar   :
7.1. Mengenal produk pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
7.2. Mengapresiasi fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan.

Indikator        : 
1.     Menjelaskan pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2.    Mengidentifikasi jenis peralatan dan bahan pembuatan pengawetan asinan.
3.    Menjelaskan jenis dan fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
4.    Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk pengawetan asinan.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
•    Menjelaskan pengertian pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
•    Mengidentifikasi jenis peralatan dan bahan pembuatan pengawetan asinan.
•    Menjelaskan jenis dan fungsi pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
•    Mendeskripsikan berbagai teknik pembuatan produk pengawetan asinan.

B.    Materi Ajar
1. Pengertian pengawetan pengasinan bahan nabati.
2. Jenis peralatan pembuatan pengasinan.
3. Fungsi pengawetan pengasinan.
4. Teknik pembuatan produk pengasinan nabati.

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
•    Mengkaji  buku sumber untuk mencari pengertian pengawetan.
•    Mendeskripsikan jenis pembuatan pengawetan pengasinan bahan nabati.
•    Menuliskan fungsi pengawetan pengasinan.
•    Mengidentifikasi produk asinan bahan nabati untuk menentukan kualitas dan rasanya.

E.    Sumber bahan
–    Buku
–    Resep
–    Media cetak
–    Nara sumber

F.    Penilaian
       Teknik        : Tes tulis
       Bentuk instrumen    : Tes uraian.
       Instrumen        : 
1.     Jelaskan pengertian pengawetan pengasinan  bahan nabati!
2.     Diskripsikan jenis peralatan pembuatan pengasinan!
3.     Jelaskan fungsi peralatan pengasinan bahan babati!
4.     Deskripsikan  teknik pembuatan produk asinan dari bahan nabati!                    
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : VIII ( delapan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 8. Menerapkan teknologi pengolahan

Kompetensi Dasar   :
8.1.    Merencanakan prosedur kerja pengawetan bahan mentah nabati dengan cara diasinkan.
8.2.     Melakukan proses pengawetan mentah nabati dengan cara diasinkan.
8.3.     membuat kemasan produk pengawetan bahan nabati melalui pengasinan sehingga siap dipamerkan dan dijual.

Indikator        : 
1. Merencanakan  pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2. Praktik membuat mengasinkan bahan nabati.
3. Membuat kemasan yang higenis, aman, dan menarik.
4. menyajikan hasil dan menjualnya.

A.    Tujuan Pembelajaran
Setelah selasai pembelajaran siswa diharapkan :
1. Merencanakan  pengawetan bahan nabati yang diasinkan.
2. Praktik membuat mengasinkan bahan nabati.
3. Membuat kemasan yang higenis, aman, dan menarik.
4. menyajikan hasil dan menjualnya.

B.    Materi Ajar
1. Perencanaan pengasinan
2. Pembuatan pengasinan bahan nabati.
3. Kemasan produk.
4. Penyajian hasil pengasinan nabati.

C.    Metode Pembelajaran
      Presentasi
      Demontrasi
      Pemberian tugas

D.    Langkah-langkah kegiatan Pembelajaran
1.     Mengkaji buku sumber untuk membuat perencanaan.
2.     Praktik membuat asinan dari bahan nabat.
3.    Membuat kemasan produk asinan.
4.    Penyajian dan penjualan hasil produk asinan.

E.    Sumber bahan
–    Buku sumber
–    Nara sumber
–    Media cetak
–    Resep
–    Model

F.    Penilaian
       Teknik        : Tes unjuk kerja
       Bentuk instrumen    : Uji prosedur produk.
       Instrumen        : 
1.    Buatlah pengawetan bahan nabati dengan cara diasinkan sesuai pilihan kamu !.
2.    Buatlah kemasan produk yang baik, higenis, dan menarik!          
 
RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : IX ( sembilan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Kerajinan
Standar Kompetensi: 2.     Membuat benda kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi.

Kompetensi Dasar.
2.1.     Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan atau konstruksi.
2.2.     Mendesain produk kerajinan dengan menggunakan teknik teknik potong, sambung, dan konstruksi.
2.3.     Membuat benda kerajinan menggunakan teknik potong, sambung, dan konstruksi.
2.4.    Membuat kemasan produk kerajin sehingga siap dipamerkan dan dijual.

Indikator
1.     Membuat perencanaan pembuatan produk
2.     Membuat perhitungan biaya produksi.
3.    Mendesain produk kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstrusi   menggunakan bahan lunak atau keras.
4.    Praktik membuat kerajinan dari bahan lunak/keras dengan teknik potong, sambung, atau konstruksi.
5.    Membuat kemasan produk yang sesuai desain dan layak pamer dan jual.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu :
1.     Membuat perencanaan pembuatan produk
2.     Membuat perhitungan biaya produksi.
3.    Mendesain produk kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstrusi   menggunakan bahan lunak atau keras.
4.    Praktik membuat kerajinan dari bahan lunak/keras dengan teknik potong, sambung, atau konstruksi.
5.    Membuat kemasan produk yang sesuai desain dan layak pamer dan jual.

B. Materi Ajar.
1.     Perencanaan produk kerajinan teknik potong, sambung atau konstruksi.
2.     Perencanaan biaya produksi.
3.     Desain produk kerajinan.
4.    Praktik pembuatan karya kerajinan.
5.    Kemasan produk kerajinan.

C. Metode Pembelajaran.
(Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran seperti kooperatif, kerja mandiri, tugas kelompok, dll)
Observasi.
Wawancara
Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran.
        1.Kegiatan Pendahuluan.
 a.     Persiapan fisik dan mental mengikuti pembelajaran.
 b.     Menyampaikan permasalahan kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi.
2.Kegiatan Inti.
a.     Mempersiapkan Peserta didik untuk kegiatan pembelajaran.
b.    Menelaah buku tentang kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi.
c.    Mencermati prosedur kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi.
d.    Mendiskusikan hasil telaah buku.
e.    Mempersiapkan kegiatan praktik .

      3.Kegiatan Penutup
  a.    Memberikan penghargaan pada Peserta didik yang tekun dan rajin.
  b.    Membuat kesimpulan dari proses pembelajaran
  c.    Menugaskan Peserta didik mengobservasi tentang kerajinan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi dan membuat perencanaan pembuatan produk.

E. Alat dan Sumber Belajar.
Buku
Model
Media cetak
Nara sumber

F. Penilaian.
     
         Teknik            : Tes uraian unjuk kerja.
         Bentuk instrumen    : Tes Uraian,uji prosedur dan produk.
         Contoh instrumen    : 
1.    Buatlah perencanaan pembuatan desain kerajinan dengan teknik potong, sambug atau konstruksi,dan biaya produksinya!
2.    Buatlah desain produk kerajinan dari bahan lunak/keras dengan teknik potong, sambung, atau konstruksi!
3.    Buatlah produk kerajinan sesuai desain yang direncanakan dengan teknik potong, sambung, dan konstruksi!
4.    Buatlah kemasan produk kerajinan sesuai karakter produk!

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : IX ( sembilan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 3. Mengapresiasi benda teknologi rekayasa secara mekanik.

Kompetensi Dasar.
3.1.     Mengenal berbagai alat yang berputar secara mekanik.
3.2.     Mengapresiasi keterampilan teknis pembuatan alat yang berputar secara mekanik

Indikator
1.     Merdeskripsikan pengertian, jenis, dan fungsi dari alat yang berputar secara mekanik.
2.     Menentukan peralatan dan bahan yang  digunakan membuat alat yang berputar secara mekanik.
3.     Memilih teknik yang sesuai dengan produk yang dibuat.
4.     Menjelaskan cara pembuatan karya.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu :
1.     Merdeskripsikan pengertian, jenis, dan fungsi dari alat yang berputar secara mekanik.
2.     Menentukan peralatan dan bahan yang  digunakan membuat alat yang berputar secara mekanik.
3.     Memilih teknik yang sesuai dengan produk yang dibuat.
4.     Menjelaskan cara pembuatan karya.

B. Materi Ajar.
1. Pengertian alat berputar secara mekanik.
2. Peralatan dan bahan pembuatan alat berputar.
3. Teknik pembuatan alat berputar secara mekanik.
4. Proses pembuatan produk.


C. Metode Pembelajaran.
(Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran seperti kooperatif, kerja mandiri, tugas kelompok, dll)
Observasi.
Wawancara
Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran.
        1.Kegiatan Pendahuluan.
 a.     Persiapan fisik dan mental mengikuti pembelajaran.
 b.     Menyampaikan permasalahan mengapresiasi benda teknologi rekayasa secara    mekanik.
2.Kegiatan Inti.
a.     Mempersiapkan Peserta didik untuk kegiatan pembelajaran.
b.    Menelaah buku tentang mengapresiasi benda teknologi rekayasa secara mekanik.
c.    Mencermati prosedur mengapresiasi benda teknologi rekayasa secara mekanik.
d.    Mendiskusikan hasil telaah buku.
e.    Mempersiapkan kegiatan praktik .

      3.Kegiatan Penutup
  a.    Memberikan penghargaan pada peserta didik yang tekun dan rajin.
  b.    Membuat kesimpulan dari proses pembelajaran
  c.    Menugaskan Peserta didik mengobservasi tentang kerajinan dengan teknik menggunakan benda teknologi rekayasa secara mekanik.

E. Alat dan Sumber Belajar.
Buku
Model
Media cetak
Nara sumber

F. Penilaian.
     
     Teknik            : Tes uraian unjuk kerja.
     Bentuk instrumen    : Tes Uraian,uji prosedur dan produk.
     Contoh instrumen    : 
1.     Jelaskan pengertian alat yang berputar secara mekanik!
2.     Sebutkan jenis alat dan bahan yang digunakan dalam membuat produk!
3.     Deskripsikan teknik pembuatan alat berputar secara mekanik!
4.     Uraikan prosedur pembuatan produk alat berputar secara mekanik!

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : IX ( sembilan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 4. Membuat benda teknologi rekayasa secara mekanik.

Kompetensi Dasar.
4.1.     Merencanakan prosedur  kerja pembuatan alat yang berputar secara mekanik.
4.2.     Membuat alat yang berputar secara mekanik.

Indikator
*     Merencanakan pembuatan alat/mainan secara mekanik.
*     Mendiskusiksn teknik pembuatan alat yang berputar secara mekanik.
*     Membuat alat / mainan yang berputar secara mekanik.
*     Memamerkan dan menjual karya.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu :
*     Merencanakan pembuatan alat/mainan secara mekanik.
*     Mendiskusiksn teknik pembuatan alat yang berputar secara mekanik.
*     Membuat alat / mainan yang berputar secara mekanik.
*     Memamerkan dan menjual karya.

B. Materi Ajar.
1. Perencanaan pembuatan alat/mainan bergerak secara mekanik.
2. Bahan, alat, dan teknik
3. Membuat alat/mainan yang dapat bergerak secara mekanik.
4. Pameran

C. Metode Pembelajaran.
(Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran seperti kooperatif, kerja mandiri, tugas kelompok, dll)
Observasi.
Wawancara
Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran.
        1.Kegiatan Pendahuluan.
 a.     Persiapan fisik dan mental mengikuti pembelajaran.
 b.     Menyampaikan permasalahan membuat benda teknologi rekayasa secara mekanik.
2.Kegiatan Inti.
a.     Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan pembelajaran.
b.    Menelaah buku tentang membuat benda teknologi rekayasa secara mekanik.
c.    Mencermati prosedur membuat benda teknologi rekayasa secara mekanik.
d.    Mendiskusikan hasil telaah buku.
e.    Mempersiapkan kegiatan praktik .

      3.Kegiatan Penutup
  a.    Memberikan penghargaan pada peserta didik yang tekun dan rajin.
  b.    Membuat kesimpulan dari proses pembelajaran
  c.    Menugaskan peserta didik mengobservasi tentang membuat benda teknologi rekayasa secara mekanik.

E. Alat dan Sumber Belajar.
Buku
Model
Media cetak
Nara sumber

F. Penilaian.
     
         Teknik            : Tes uraian unjuk kerja.
         Bentuk instrumen    : Tes Uraian,uji prosedur dan produk.
         Contoh instrumen    : 
1.    Buatlah prosedur kerja pada pembuatan alat/ mainan secara mekanik!
2.    Buatlah alat/mainan berputar secara mekanik sesuai model yang sudah direncanakan!
3.     Pamerkan dan jual hasil karya kamu!

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : IX ( sembilan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 5. Mengapresiasi karya budidaya ikan air tawar.

Kompetensi Dasar.
5.1. Mengenal berbagai jenis ikan air tawar.
5.2. Mengapresiasikan keterampilan teknis pembudidayaan ikan air tawar

Indikator
•    Menjelaskan pengertian budidaya ikan air tawar.
•    Mengidentifikasi jenis ikan air tawar.
•    Menentukan tempat pembudidayaan ikan air tawar.
•    Menghargai proses dan hasil kerja pembudidayaan ikan air tawar.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu :
1.    Menjelaskan pengertian budidaya ikan air tawar.
2.    Mengidentifikasi jenis ikan air tawar.
3.    Menentukan tempat pembudidayaan ikan air tawar.
4.    Menghargai proses dan hasil kerja pembudidayaan ikan air tawar.

B. Materi Ajar.
1.     Pengertian pembudidayaan ikan air tawar.
2.     Jenis ikan air tawar.
3.     Tempat budidaya ikan air tawar.
4.     Cara budidaya ikan air tawar.

C. Metode Pembelajaran.
(Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran seperti kooperatif, kerja mandiri, tugas kelompok, dll)
Observasi.
Wawancara
Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran.
    Pertemuan  ke 1.
      1.Kegiatan Pendahuluan.
a.     Persiapan fisik dan mental mengikuti pembelajaran.
b.     Menyampaikan permasalahan pembudidayaan ikan air tawar.

    2.Kegiatan Inti.
a.     Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan pembelajaran.
b.    Menelaah buku tentang pembudidayaan ikan air tawar.
c.    Mencermati prosedur pembudidayaan ikan air tawar.
d.    Mendiskusikan hasil telaah buku.
e.    Mempersiapkan kegiatan praktik .

          3.Kegiatan Penutup
    a.    Memberikan penghargaan pada peserta didik yang tekun dan rajin.
    b.    Membuat kesimpulan dari proses pembelajaran
    c.    Menugaskan peserta didik mengobservasi tentang pembudidayaan ikan air tawar.

E. Alat dan Sumber Belajar.
Buku
Model
Media cetak
Nara sumber

F. Penilaian.
     
         Teknik            : Tes tertulis.
         Bentuk instrumen    : Tes Uraian.
         Contoh instrumen    : 
1.     Deskripsikan pengertian budidaya ikan air tawar!
2.     Tuliskan jenis ikan air tawar yang saudara ketahui!
3.     Deskripsikan tempat  budidaya ikan air tawar!
4.     Tuliskan cara budidaya iakan air tawar!.

         Setiap soal berbobot 25.
         Skor nilai 100 / 10 jika semua  jawaban benar.


RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : IX ( sembilan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit

Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 6. Menerapkan teknologi  budidaya ikan air tawar.

Kompetensi Dasar.
6.1.     Merencanakan pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar
6.2.     Memelihara dan merawat ikan air tawar 

Indikator
1.    Membuat perencaan kerja pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar.
2.    Membuat kolam, memelihara, dan merawat ikan air tawar.

A. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik diharapkan mampu :
1. Membuat perencaan kerja pemeliharaan dan perawatan
    ikan air tawar.
2. Membuat kolam, memelihara, dan merawat ikan air tawar.

B. Materi Ajar.
1. Perencanaan pemeliharaan ikan air tawar.
2. Pemeliharaan dan perawatan ikan air tawar.

C. Metode Pembelajaran.
(Metode dapat dikembangkan kearah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan mata pelajaran seperti kooperatif, kerja mandiri, tugas kelompok, dll)
Observasi.
Wawancara
Diskusi

D. Langkah-langkah Pembelajaran.
    Pertemuan  ke 1.
      1.Kegiatan Pendahuluan.
a.     Persiapan fisik dan mental mengikuti pembelajaran.
b.     Menyampaikan permasalahan pembudidayaan ikan air tawar.

    2.Kegiatan Inti.
a.     Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan pembelajaran.
b.    Menelaah buku tentang pembudidayaan ikan air tawar.
c.    Mencermati prosedur pembudidayaan ikan air tawar.
d.    Mendiskusikan hasil telaah buku.
e.    Mempersiapkan kegiatan praktik .

          3.Kegiatan Penutup
    a.    Memberikan penghargaan pada peserta didik yang tekun dan rajin.
    b.    Membuat kesimpulan dari proses pembelajaran
    c.    Menugaskan peserta didik mengobservasi tentang pembudidayaan ikan air tawar.

E. Alat dan Sumber Belajar.
Buku
Model
Media cetak
Nara sumber

F. Penilaian.
     
    Teknik    : Tes tertulis.
    Bentuk instrumen    : Tes Uji prosedur dan produk.
    Contoh instrumen    : 
1. Buatlah perencanaan kerja dan biaya pemeliharaan ikan air tawar!
2. Kerjakanlah pembuatan kolam untuk memelihara ikan air tawar

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : IX ( sembilan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 2 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 7. Mengapresiasikan karya teknologi pengolahan dengan pengawetan.

Kompetensi Dasar.
7.1.    Mengenal berbagai hasil pengawetan bahan nabati yang dikeringkan.
7.2.     Mengapresiasi keterampilan teknik pengawetan bahan nabati yang dikeringkan
Indikator
1.    Mendeskripsikan pengertian pengawetan  dengan cara pengeringan.
2.    Memilih bahan dan alat yang digunakan dalam proses pengeringan.
3.    Mendeskripsikan jenis pengeringan tradisional dan modern.
4.    Membedakan jenis produk nabati yang dikeringkan

A.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.    Mendeskripsikan pengertian pengawetan  dengan cara pengeringan.
2.    Memilih bahan dan alat yang digunakan dalam proses pengeringan.
3.    Mendeskripsikan jenis pengeringan tradisional dan modern.
4.    Membedakan jenis produk nabati yang dikeringkan.

B. Materi Ajar.
a.    Pengertian pengawetan dengan pengeringan.
b.    Bahan dan alat pengeringan.
c.    Jenis pengeringan.
d.    produk pengeringan nabati

C. Metode ( metode dapat dikembangkan ke arah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik mata pelajaran seperti kerja kelompok, tugas manidiri, kooperatif dll).
     Observasi
     Wawancara
     Demontrasi
     Praktik

D. Langkah-langkah Pembelajaran.
    Pertemuan  ke 1.
   a.  Kegiatan Pendahuluan.
-     Motivasi:Menanyakan peserta didik apakah perencanaan telah dikerjakan.
-     Menunjukkan pengertian pengawetan dengan pengeringan
-     Memperlihatkan pengolahan dengan pengawetan.

   b.Kegiatan Inti.
     - Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan praktik.
     - Memberikan contoh resep
     - Diskusi pembuatan pengolahan dengan pengawetan.
     - Menyusun/membuat resep pengolahan dengan pengawetan.


  c.Kegiatan Penutup.
     - Memberikan penghargaan kepada Peserta didik yang tekun dan rajin.
     - Membuat kesimpulan.

   Pertemuan ke 2
a.    Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi    :    Menanyakan kembali pelajaran lalu
                         Memberikan contoh hasil pengolahan dengan pengawetan.

    b. Kegiatan Inti.
     - Menyiapkan Peserta didik untuk kegiatan praktik.
     - Menyiapkan alat dan bahan.
       - Melakukan pengolahan dengan pengawetan.
      
     c.Kegiatan Penutup.
        - Memberikan penghargaan kepada Peserta didik yang tekun dan rajin.
        - Mencoba hasil karya dan memberi komentar dalam bentuk laporan.
        - Menyajikan dan menjual produk.

E. Sumber Belajar.
Buku
resep,
nara sumber yang ahli dibidangnya,
media cetak,
media elektronik.

F. Penilaian.
   
    Teknik            : Tes tertulis.
     Bentuk instrument    : Tes Uraian.
     Contoh instrument        : 
1.     Jelaskan pengertian pengawetan bahan nabati dengan pengeringan!.
2.    Tuliskan jenis bahan dan alat pengeringan nabati!
3.      Bedakan jenis pengeringan makanan nabati!
4.     Tuliskan perbedaan produk pengeringan nabati!
      

RENCANA PELAKSANA PEMBELAJARAN
( RPP )


Kelas            : IX ( sembilan )
Mata Pelajaran    : Keterampilan
Semester        : 1 (satu)
Alokasi Waktu    : 14 x 40 menit
Aspek            : Teknologi
Standar Kompetensi: 8. Menerapkan  teknologi pengolahan dengan pengawetan

Kompetensi Dasar.
8.1.    Merencanakan prosedur kerja mengawetkan bahan mentah nabati dengan cara dikeringkan.
8.2.    Melakukan proses pengawetan bahan mentah nabati dengan cara dikeringkan.
8.3.     Membuat kemasan hasil pengawetan bahan nabati yang dikeringkan sehingga siap dipamerkan dan dijual.

Indikator
1.    Membuat perencanaan pengawetan  biaya bahan nabati dengan cara dikeringkan.
2.     Melakukan pengawetan aneka makanan nabati yang dikeringkan.
3.     Membuat kemasan sesuai rencana, memamerkan, dan atau menjualnya.

A.Tujuan Pembelajaran
Peserta didik dapat :
1.    Membuat perencanaan pengawetan  biaya bahan nabati dengan cara dikeringkan.
2.     Melakukan pengawetan aneka makanan nabati yang dikeringkan.
3.     Membuat kemasan sesuai rencana, memamerkan, dan atau menjualnya.

B. Materi Ajar.
1.     Perencanaan pengawetan pengeringan bahan nabati.
2.     Pembuatan aneka makanan dengan teknik pengeringan.
3.     Kemasan produk makanan kering.

C. Metode ( metode dapat dikembangkan ke arah model pembelajaran atau strategi pembelajaran yang relevan dengan karakteristik mata pelajaran seperti kerja kelompok, tugas manidiri, kooperatif dll).
     Observasi
     Wawancara
     Demontrasi
     Praktik

D. Langkah-langkah Pembelajaran.
    Pertemuan  ke 1.
   a.  Kegiatan Pendahuluan.
-     Motivasi:Menanyakan peserta didik apakah perencanaan telah dikerjakan.
-     Menunjukkan pengertian pengawetan dengan pengeringan
-     Memperlihatkan pengolahan dengan pengawetan.

   b.Kegiatan Inti.
     - Mempersiapkan peserta didik untuk kegiatan praktik.
     - Memberikan contoh resep
     - Diskusi pembuatan pengolahan dengan pengawetan.
     - Menyusun/membuat resep pengolahan dengan pengawetan.

  c.Kegiatan Penutup.
     - Memberikan penghargaan kepada Peserta didik yang tekun dan rajin.
     - Membuat kesimpulan.

   Pertemuan ke 2
a.  Kegiatan Pendahuluan
Apersepsi:Menanyakan kembali pelajaran lalu
        Memberikan contoh hasil pengolahan dengan pengawetan.
.
    b. Kegiatan Inti.
     - Menyiapkan Peserta didik untuk kegiatan praktik.
     - Menyiapkan alat dan bahan.
       - Melakukan pengolahan dengan pengawetan.
      
     c.Kegiatan Penutup.
        - Memberikan penghargaan kepada peserta didik yang tekun dan rajin.
        - Mencoba hasil karya dan memberi komentar dalam bentuk laporan.
        - Menyajikan dan menjual produk.

E. Sumber Belajar.
Buku
Nara sumber yang ahli dibidangnya,
Media cetak,
Media elektronik.

F. Penilaian.
   
    Teknik            : Tes unjuk kerja.
     Bentuk instrument    : Uji prosedur dan produk.
     Contoh instrument        : 
a.    Buatlah perencanaan pembuatan aneka makanan bahan nabati yang dikeringkan!
b.    Buatlah salah satu makanan nabati yang dikeringkan dan kemasannya!
c.    Buatlah kemasan yang sesuai produk dan menarik!     

buka mesin jahit : https://bintangjenius.files.wordpress.com/-rpp-keterampilan-smt-1.doc

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang fungsi mainan teknik potong sambung

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Membuat Tusuk Rantai (ch)

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


0 komentar:

Post a Comment