, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara Menjahit Kancing


Cara Menjahit Kancing

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Cara Menjahit Kancing

cara menjahit - 2 Metode:Kancing dengan Dua LubangEmpat Lubang

Menjahit kancing adalah hal yang mudah untuk dilakukan jika Anda tahu caranya. Kemampuan ini juga sangat bermanfaat karena kancing baju terkadang terlepas.
Iklan
Metode 1 dari 2: Kancing dengan Dua Lubang

 

Sew a Button Step 1 Version 3.jpg    1
    Pilih kancing dan benang. Pilih kancing dan benang yang cocok dengan pakaian Anda, serta benang yang digunakan untuk menjahit kancing lainnya. Jika Anda mau, Anda bisa menggunakan benang ganda agar proses menjahit menjadi lebih cepat.
 
Sew a Button Step 2 Version 3.jpg
    2
    Masukkan benang ke dalam jarum. Masukkan benang ke dalam jarum sehingga kedua sisi benang sama panjang.
   

Sew a Button Step 3 Version 3.jpg    3
    Ikat ujung benang. Salah satu cara mengikat benang adalah dengan melilitkannya di sekitar jari Anda seperti dalam gambar, gulung benang di antara jari Anda dan kemudian kencangkan. Jika Anda menggunakan benang ganda, ikatkan kedua ujungnya sekaligus. Sisakan ekor benang yang cukup panjang baik jika Anda menggunakan benang tunggal maupun ganda untuk menjahit kancing.
  

Sew a Button Step 4 Version 3.jpg    4
    Letakkan kancing di atas kain. Letakkan kancing sejajar dengan kancing lain di pakaian Anda. Periksa juga lubang kancing, pastikan posisi kancing sejajar dengan lubang kancing.
   

Sew a Button Step 5 Version 3.jpg    5
    Masukkan jarum berisi benang ke dalam kain dan melalui salah satu lubang di kancing. Tarik benang melalu jahitan Anda.
 

Sew a Button Step 6 Version 3.jpg    6
    Letakkan jarum pentul. Letakkan jarum pentul di bawah kanding, di antara jahitan yang Anda buat dan jahitan selanjutnya, untuk mencegah kancing dijahit terlalu ketat. Kemudian, tekan jarum melalui lubang kancing lainnya dan melalui kain. Tarik benang melewatinya. Pegangi kancing agar posisinya tidak berubah.
 

Sew a Button Step 7 Version 3.jpg    7
    Ulangi kembali proses menjahit. Masukkan jarum melalui lubang yang pertama sekali lagi dan lewatkan benang melalui kain.

Sew a Button Step 8 Version 3.jpg    8
    Kuatkan jahitan kancing. Ulangi proses menjahit beberapa kali sehingga posisi kancing cukup kuat di pakaian Anda.

Sew a Button Step 9 Version 3.jpg    9
    Pada jahitan yang terakhir, tekan jarum melalui kain, tapi tidak melewati kancing.
Sew a Button Step 10 Version 3.jpg
    10
    Keluarkan jarum pentul.

Sew a Button Step 11 Version 3.jpg    11
    Ikat benang. Ikat benang jahit enam kali di sekitar benang antara kancing dan kain untuk mengencangkan jahitan Anda.
 

Sew a Button Step 12 Version 3.jpg    12
    Tekan kembali jarum melewati kain.
  

Sew a Button Step 13 Version 3.jpg    13
    Buat tiga atau empat jahitan untuk menjaga benang. Buatlah beberapa jahitan di bawah kancing, ke depan dan ke belakang sehingga jahitan Anda kuat. Ikat sisa benang.
 

Sew a Button Step 14 Version 3.jpg    14
    Potong benang yang masih tersisa.


Metode 2 dari 2: Empat Lubang

   

Sew a Button Step 15 Version 2.jpg    1
    Pilih kancing yang akan Anda gunakan. Pilih kancing yang lucu dan benang yang cocok dengan kancing, kain dan benang lain yang digunakan untuk menjahit kancing lainnya.

Sew a Button Step 16 Version 2.jpg    2
    Masukkan benang ke dalam jarum. Jika mau, Anda bisa menggunakan benang ganda untuk mempercepat proses menjahit. Masukkan benang melalu jarum dan biarkan sama panjang di kedua sisinya.

Sew a Button Step 17 Version 2.jpg    3
    Ikat ujung benang. Salah satu cara untuk mengikat benang adalah dengan melewatkannya melalui jari Anda seperti di gambar, gulungkan benang di antara jari-jari Anda dan tarik hingga kencang. Jika Anda menggunakan benang ganda, ikat keduanya menjadi satu. Sisakan ekor benang cukup panjang, baik jika Anda menggunakan benang tunggal maupun benang ganda untuk menjahit kancing.

Sew a Button Step 18 Version 2.jpg    4
    Letakkan kancing di atas kain. Letakkan kancing sejajar dengan kancing lainnya di pakaian Anda. Periksa lubang kancing, pastikan letaknya sejajar dengan lubangnya.
 

Sew a Button Step 19 Version 2.jpg    5
    Tekan jarum berisi benang melalui kain dan melewati salah satu lubang kancing. Tarik benang melalui jahitan Anda.
 

Sew a Button Step 20 Version 2.jpg    6
    Letakkan jarum pentul. Letakkan jarum pentul di bawah kancing, di antara jahitan yang sudah Anda buat dengan jahitan selanjutnya agar jahitan kancing tidak terlalu ketat.
  

Sew a Button Step 21 Version 2.jpg    7
    Tekan jarum ke bawah melalui lubang yang letaknya bersebrangan secara diagonal dengan lubang kancing sebelumnya, dan melewati kain. Tarik benang.

Sew a Button Step 22 Version 2.jpg    8
    Ulangi proses menjahit melalui kedua lubang ini dua kali, kemudian pindahkan jahitan ke lubang lainnya.
  

Sew a Button Step 23 Version 2.jpg    9
    Mulailah menjahit melalui pasangan lubang kancing yang lainnya hingga kancing cukup kuat melekat di pakaian Anda.

Sew a Button Step 24 Version 2.jpg    10
    Pada jahitan terakhir, tekan jarum melewati kain, tapi tidak melalui lubang kancing.
  

Sew a Button Step 25 Version 2.jpg    11
    Keluarkan jarum pentul.

Sew a Button Step 26 Version 2.jpg    12
    Ikat benang. Ikat benang enam kali mengelilingi benang di antara kancing dan kain untuk mengencangkan jahitan Anda.
 

Sew a Button Step 27 Version 2.jpg    13
    Tekan jarum kembali melewati kain.
   
Sew a Button Step 28 Version 2.jpg
    14
    Buat tiga atau empat jahitan untuk menjaga jahitan Anda. Buatlah beberapa jahitan di bawah kancing, ke depan dan ke belakang sehingga jahitan Anda kuat. Ikat sisa benang.
   

Sew a Button Step 29 Version 2.jpg    15
    Potong sisanya.
  

Sew a Button Step 30 Version 2.jpg    16
    Selesai.
 

Tips


    Gunakan benang ganda, jika Anda ingin mengurangi jumlah jahitan untuk mengencangkan kancing.
    Untuk kancing yang sering dibuka, cobalah untuk membungkuskan benang yang panjang di sekitar benang yang melekatkan kancing, paling tidak 4 atau 5 kali, dengan kencang, kemudian lewatkan benang dan jarum melaluinya. Cobalah menekan jarum secara paralel dengan lubang kancing sehingga Anda lebih mudah menjahit. Gunakan sarung tangan untuk menekan jarum. Alasan hal ini sebenarnya sederhana, benang yang mengendur akan membuat kancing terlepas cepat atau lambat, kecuali jika Anda membungkusnya dengan benang pelindung. Setelah Anda melewatkan benang melaluinya, tekan kembali melalui kain, dan ikat dengan ekor panjang benang di awal Anda mulai menjahit. Saat Anda membungkus benang, kancing akan menjadi lebih aman, dan benang yang melekatkannya akan bertahan lebih lama.
    Jika Anda mengganti kancing yang berlubang 4, perhatikan bagaimana kancing lainnya dijahit ke pakaian Anda. Gunakanlah pola jahitan yang sama (menyilang atau sejajar) seperti pada kancing lainnya.
    Jaga bagian belakang kancing serapi mungkin dengan melihatnya sehingga Anda tidak menciptakan jahitan seperti sarang burung. Masuk dan keluarkan jarum dari bagian yang sama.
    Sesuaikan warna benang dengan warna yang digunakan benang lain untuk menjahit seluruh kancing pakaian Anda. Beberapa toko memiliki beragam pilihan kancing dan benang, tapi jika benang atau kancing yang Anda inginkan tidak tersedia maka Anda bisa memilih yang mirip. Dengan demikian pakaian Anda tidak akan terlihat aneh.
    Pastikan Anda menggunakan benang paling tidak sepanjang 12,7 cm.
    Anda bisa menjahit menggunakan benang ganda dari dua benang yang berbeda, sehingga Anda akan menjahit dengan empat benang sekaligus, untuk mempercepat proses menjahit.
    Anda bisa menggunakan benang biasa, tapi ada juga yang dibuat khusus untuk menjahit kancing. Benang ini lebih tebal dan lebih kuat dibandingkan dengan benang biasa. Jika kancing yang Anda jahit perlu dijahit lebih kuat lagi, seperti pada mantel, cobalah menggunakan benang kancing.
    Beberapa penjahit lebih suka menjahitkan benangnya ke kain beberapa kali sebelum mulai menjahit kancing.

    Cara lain untuk mengikat benang di ujungnya adalah dengan membuat jahitan di sisi yang salah, masukkan hingga hampir melewati kain, dan kemudian masukkan jarum melalui lingkaran benang sebelum menariknya hingga kencang. Jika Anda melalukan cara ini dua kali di tempat yang sama, maka berarti Anda telah membuat ikatan benang ganda. Kemudian Anda bisa memotong sisa benang di dekat ikatan ini.
    Benang kancing sering kali lebih mudah digunakan setelah melewatkannya melalui lilin lebah setelah memasukkannya ke dalam jarum. Anda bahkan bisa menggunakan 4 benang sekaligus untuk menjahit kancing pada mantel misalnya.

 

Peringatan


    Berhati-hatilah, jangan sampai tangan Anda tertusuk jarum. Jika Anda menjahit kain yang tebal, gunakanlah sarung tangan untuk menekan jarum.


Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang cara menjahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Aneka Macam Kerajinan Batik

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
buka mesin jahit : http://id.wikihow.com/Menjahit-Kancing

0 komentar:

Post a Comment