, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Peralatan Esensial Jahit Menjahit (Bagian 2)

Peralatan Esensial Jahit Menjahit (Bagian 2)

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Peralatan Esensial Jahit Menjahit (Bagian 2)



apa itu rader? Setelah kita bahas di bagian sebelumnya mengenai jarum tangan, jarum mesin dan jarum pentul, kita lanjut lagi ya Sis ... Kali ini kita bahas mengenai benang, gunting dan peralatan lainnya untuk mulai menjahit.

4. Pemberat (paper weights and fabric weights)

Pemberat
Selain berguna pada saat pembuatan pola (pattern drafting), pemberat juga digunakan untuk menahan kedataran pola dan kain saat memotong (cutting), apalagi bila kain yang dipotong tebal atau berlapis.


5. Benang (Threads)

Sejalan dengan kemajuan tehnologi, bermacam-macam benang muncul di pasaran. Pilihlah benang sesuai dengan kain yang akan dijahit; seharusnya benang sutra untuk kain sutra, namun yang bisa diperoleh di pasaran hanyalah polyester. Benang metalik dan benang bordir digunakan untuk dekorasi dan bordir saja. Kaos dijahit dengan benang polyester tapi menggunakan mesin jahit khusus untuk menjahit bahan kaos.
 

benang

6. Gunting

 gunting

    pemotong putar (rotary cutter): ideal untuk memotong kain panjang yang lembut, untuk memotong strip bias, dan juga untuk kain perca.
    bordir (embroidery scissors) dan tailor’s point: gunting kecil yang selalu berada di dekat kita saat menjahit dengan beragam fungsi; untuk memangkas pinggiran kain supaya rapi, melubangi lubang kancing, quilting, menggunting jahitan di sudut-sudut yang kecil.
    Paruh bebek (duck-billed): sangat berguna untuk memangkas pada area kurva seperti lingkar leher, juga pada keliman dan sambungannya. Cocok untuk menggunting ocok di bawah satu lapisan kain dan memangkas rapi tanpa merusak kain di bawahnya.
    Gunting kain (sewing shears): khusus untuk menggunting kain.

Selain itu ada juga pemotong benang (thread cutter/snipper)



pemotong benang
dan pembuka jahitan (seam ripper) yang juga berguna untuk melobangi jahitan pada lobang kancing.

pembuka jahitan 
Gunting zig-zag (pinking shears) untuk memotong garmen dengan tepian yang mudah lepas serat benangnya seperti siphon, crepes, georgette.
 

gunting zig-zag 

7. Kapur jahit dan pensil kapur



kapur jahitpensil jahit
Kapur jahit dan pensil kapur digunakan untuk mentransfer kode dan garis pada pola (pattern) ke permukaan kain untuk menjamin keakuratan seperti garis kupnat, tanda pola badan depan dan belakang, pola kiri dan kanan, sisi kain buruk dan baik, titik-titik penting pada pola, garis tengah suatu pola, garis penempatan saku dan applikasi lain, titik lubang kancing dan penempatan kancing, dan sebagainya.


8. Karbon jahit dan rader


Karbon jahit dan rader adalah dua alat yang tak terpisahkan untuk mentransfer seluruh garis jahitan pada pola ke dua lapisan kain secara bersamaan, pada sisi buruknya. Pilihlah karbon yang bagus kualitasnya, dan pilihlah warna yang tidak mencolok atau tidak terlalu kontras dengan warna kainnya. Supaya tidak merusak kain dan merusak meja, disarankan untuk melapisi meja dengan karton yang tebal saat merader pola di kain.


karbon jahitrader

Okay, masih ada beberapa item lagi .... sambung ya Sis!

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

buka mesin jahit : http://fitinline.com/article/read/peralatan-esensial-jahit-menjahit-bagian-2

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang apa itu rader?

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Bagaimana Membentuk Pola Pikir yang Baru

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment