, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

MAKALAH TENTANG ALAT KOMUNIKASI SEDERHANA DENGAN SUMBER ARUS LISTRIK DC

 MAKALAH TENTANG ALAT KOMUNIKASI SEDERHANA DENGAN SUMBER ARUS LISTRIK DC

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
 MAKALAH TENTANG ALAT KOMUNIKASI SEDERHANA DENGAN SUMBER ARUS LISTRIK DC
 aneka jenis rekayasa sebagai alat komunikasi dengan sumber arus dc  - Puji syukur kami panjatkan kehadirat TUHAN YANG MAHA ESA ,sebagai pencipta atas segala kehidupan yang kita lihat, kita dengar dan kita rasa yang senantiasa memberikan rahmat, hidayah dan inayah-Nya sehingga kami dapat menyelesaikan tugas makalah ini.
Dalam kesempatan ini, kami juga ingin mengucapkan terima kasih dengan hati yang tulus kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam penyelesaian makalah ini semoga Allah senantiasa membalas dengan kebaikan yang berlipat ganda.
Kami menyadari bahwa penyusunan makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kami mengharapkan kritik dan saran yang bersifat membangun dari semua pihak guna perbaikan di masa yang akan datang. Akhirnya semoga amal baik yang telah diberikan oleh semua pihak kepadakami, mendapat balasan yang setimpal dari TUHAN YANG MAHA ESA . Harapan kami semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi semua pihak.

Pendahuluan

alat komunikasi sederhana adalah sebuah alat yang dapat menghasilkan suara yang bersumber dari arus DC maupun AC. Seiring perkembangan jaman alat komunikasi sederhana dengan sumber arus DC sudah mengalami penurunan penggguna.

Latar belakang

                Rekayasa atau teknik adalah penerapan ilmu dan teknologi untuk menyelesaikan permasalahan manusia. Hal ini diselesaikan lewat pengetahuan, matematika, dan pengalaman praktis yang diterapkan untuk mendesain objek atau proses yang berguna. Para praktisi teknik professional  disebut perekayasa (sarjana teknik).
                Menurut sejarahnya, banyak para ahli yang meyakini kemampuan teknik manusia sudah tertanam secara alami. Hal ini ditandai dengan kemampuan manusia purba untuk membuat peralatan-peralatan dari batu. Dengan kata lain, teknik pada mulanya didasari dengan metode coba dan ralat (trial and error) untuuk menciptakan alat yang mempermudah kehidupan manusi. Seiring dengan berjalannya waktu, ilmu pengetahuan mulai berkembang dan mulai mengubah cara pandang manusia terhadap bagaimana alam kerja.
                Perkembangan ilmu pengetahuan inilah yang kemudian mengubah cara teknik bekerja hingga seperti sekarang ini. Orang tidak lagi begitu mengandalkan metode coba dan ralat dalam menciptakan atau mendesain peralatan, melainkan lebih mengutamakan ilmu pengetahuan sebagai dasar dalam mendesain.

Rumusan masalah

A.uraikan pengertian:
      1.alat komunikasi sederhana
2.alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC

B. jelaskan aneka jenis produk rekayas sebagai alat komonikasi sederhana dengan sumber arus DC dgn contohnya

C.jelaskan manfaat alat komonikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC

D.jelaskan standar produk dan langkah keselamatan kerja

E.jelaskan teknik pengemasan hasil rekayasa sebagai alat komonikasi sederhana
dgn sumber arus listrik DC
 
Pembahasan

A.uraikan pengertian:
1.alat komunikasi sederhana

alat komunikasi sederhana adalah suatu alat komunikasi yang tidak sangat rumit untuk digunakan sehingga orang dapat menggunakannya dengan mudah ,alat komunikasi yang digunakan di suatu tempat, dimana tempat tersebut belum tersentuh oleh teknologi modern,namun tidak menutup kemungkinan di suatu daerah yang sudah tersentuh teknologi modern tetap mempertahankan alt komunikasi sederhana

2.alat komunikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC


alat komunikasi sederhana dgn sumber arus listrik DC adalah alat komunikasi mudah digunakan bagi seseorang di mana alat tersebut menggunakan arus DC(arus searah), dimana sumber arus tersebut memiliki batas waktu penggunaan dan ada pula sumber arus DC(arus searah) yang memiliki tidak memiliki batas waktu penggunakan karena sumber arus DC(arus searah) ini dapat diisi ulang.

Arus listrik DC adalah arus listrik yang nilainya tetap atau konstan terhadap satuan waktu. Contoh arus DC adalah baterai. Banyak juga digunakan untuk alat elektronika, control, automotive, dan lain-lain.
Namun seiring berkembangnya teknologi listrik maka arus AC dapat diubah menjadi arus DC dan sebaliknya. Untuk mengubah arus listrik tersebut menggunakan alat yang disebut power supply atau adaptor. Contoh perubahan listrik AC ke DC adalah charger handphone yang digunakan untuk mengisi baterai handphone (DC) melalui listrik AC.
Maka, telepon genggam bisa dikatakan sebagai contoh alat tik yang menggunakan listrik arus searah karena berbagai komponen elektronika yang terhubung di dalam papan sirkuit (mainboard) kebanyakan menggunakan arus DC. Sebaliknya, charger handphone adalah contoh listrik arus bolak-balik karena menggunakan listrik dari pusat pembangkit tenaga listrik (PLN).

B.jelaskan aneka jenis produk rekayas sebagai alat komonikasi sederhana dengan sumber arus DC dgn contohnya

*   Radio

Radio adalah salah satu jenis alat komunikasi sederhana dengan sumber arus DC(arus searah),mudah di gunakan hanya menggunakan baterai yang setara dengan arus yang dibutuhkannya.
Banyak penggunaan awal radio adalah maritim, untuk mengirimkan pesan telegraf menggunakan kode Morse antara kapal dan darat. Salah satu pengguna awal termasuk Angkatan Laut Jepang memata-matai armada Rusia pada saat Perang Tsushima di 1901. Salah satu penggunaan yang paling dikenang adalah pada saat tenggelamnya RMS Titanic pada 1912, termasuk komunikasi antara operator di kapal yang tenggelam dan kapal terdekat, dan komunikasi ke stasiun darat mendaftar yang terselamatkan.
Radio digunakan untuk menyalurkan perintah dan komunikasi antara Angkatan Darat dan Angkatan Laut di kedua pihak pada Perang Dunia II; Jerman menggunakan komunikasi radio untuk pesan diplomatik ketika kabel bawah lautnya dipotong oleh Britania. Amerika Serikat menyampaikan Empat belas Pokok Presiden Woodrow Wilson kepada Jerman melalui radio ketika perang.
Siaran mulai dapat dilakukan pada 1920-an, dengan populernya pesawat radio, terutama di Eropa dan Amerika Serikat. Selain siaran, siaran titik-ke-titik, termasuk telepon dan siaran ulang program radio, menjadi populer pada 1920-an dan 1930-an.
Penggunaan radio dalam masa sebelum perang adalah pengembangan pendeteksian dan pelokasian pesawat dan kapal dengan penggunaan radar.
Sebelum televisi terkenal, siaran radio komersial termasuk drama,
komedi, beragam show, dan banyak hiburan lainnya.
Pada masa sekarang radio terus berkembang sehingga dapat menggunakan arus AC.
C.jelaskan manfaat alat komonikasi sederhana dengan sumber arus listrik DC


 Manfaat alat komunikasi sederhana dengan menggunakan sumber arus listrik DC dapat menghasilkan suara atau bunyi dari alat komunikasi tersebut yang disebabkan adanya arus DC yang mengalir di alat komunikasi tersebut sehingga dapat menghasilkan suatu bunyi atau suara.selain menghasilkan suara atau bunyi dapat digunakan sebagai hiburan, alaram dll.

D.jelaskan standar produk dan langkah keselamatan kerja

Standar produk
Æ      memiliki kualitas yang bagus artinya produk tersebut dapat digunakan dalam waktu yang lama dan tidak mudah rusak jika terkena suatu benturan atau getaran yang keras.
Æ      Harga yang terjangkau artinya produk tersebut sesuai dengan pendapatan atau sesuai dengan harga yang diinginkan konsumen dan mutu guna.
Æ      Menarik artinya produk tersebut sangat menarik hingga konsumen ingin membeli produk tersebut.

Langkah-langkah keselamatan kerja

Ä      Kelengkapan kerja
Ä      Alat-alat yang membantu dalam pengerjaannya.
Ä      Kondisi Ruangan harus nyaman Dalam perakitan komputer kita harus memperhatikan.

E.jelaskan teknik pengemasan hasil rekayasa sebagai alat komonikasi sederhana dgn sumber arus listrik DC

Teknik pengemasan adalah salah satu teknik agar suatu produk dapat cepat laku atau menarik perhatian konsumen. Dalam pengemasan kita perlu membuat kemasan suatu produk agar menarik perhatian para konsumen dan jangan lupa bahan pengemasan harus bagus agar produk dalam kemasan tidak rusak

PENUTUP

Kesimpulan
Banyak cara memanfaatkan suatu barang elektronik menjadi suatu alat komunikasi sederhana dengan arus DC dan jangan melupakan suatu keselamatan kerja dalam melakukan perakitan pada alat komunikasi sederhana dengan arus DC.

Saran
Buatlah suatu produk alat komunikasi sederhana dengan arus DC yang bermanf
aat dan dapat di terima oleh konsumen

Ingin kursus menjahit di Yogya, di Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” saja : lama pendidikan antara 1-2 bulan atau tergantung kemampuan siswa sampai selesai. Kilat selama 1 bulan.

Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

LPK NAVITA


Tempat Pelatihan Orang Mandiri
Pelatihan Jahit, Kaos, Tas, Bordir, Jilbab, Sulam Pita, Payet, Selimut, Bantal, Aneka Kreasi Flanel, Aplikasi Kain Perca, Batik, Daster, Bed Cover, Kebaya, Korden, Rajut, Sablon, Jahit Kucing/Anjing, Desain Baju, Kamisol, Manik-Manik, Pakaian Dalam

Mudah-Murah-Hemat-Terampil

Kenapa memilih LPK Navita:

Belajar dengan menyenangkan
Minim ujian
Guru dididik secara khusus dengan pengalaman
Murid diberikan kebebasan
Minim sistem rangking
Menganut paham "less is more"
Menetapkan standart sendiri
Sesama LPK tidak bersaing, tidak memperebutkan murid untuk keuntungan
Lebih Cepat Selesai
Lebih  Cepat Meningkatkan Penghasilan
Lebih Banyak dicari di dunia kerja
Berpengalaman sejak 2003
Berpengalaman dalam Gugus Kendali Mutu Nasional 2009
Mesin Jahit Bordir Lengkap Kecil-Besar
Magang
GRATIS lebih dari 70 Modul Jahit Terbaik EBOOK senilai 500.000
Biaya Mulai 350rb/program
Tempat terjangkau(200m ke selatan Jalan Kusumanegara)
Disediakan asrama bagi yang berasal luar kota yogya
Terima Order Jahitan Partai Besar/Kecil

Glagah Uh4/196
Warungboto Umbulharjo yogyakarta
PH.(0274)450326

buka cabang di sleman :
Perum Sidoarum Blok III Jl. Kepodang S-42
Godean Sleman Yogyakarta
HP. 085740028487
pin BB 75F08617
.
# Metode Pendidikan di Lembaga kursus menjahit : “LPK Navita” :

Peserta kursus menjahit dibimbing oleh guru-guru yang berpengalaman di bidangnya masing-masing, dengan teori & praktek ujian lokal dan nasional.

Setiap peserta Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” yang lulus diberi STTB / sertifikat dan ijazah negara.

Lembaga kursus menjahit : “NAVITA” jurusan Tata Busana, Desain Mode, Bordir memiliki ijin resmi Depdikbud, mendidik dan mempersiapkan siswa belajar agar siap bekerja dan mandiri dalam berwiraswasta.
Lembaga kursus menjahit di Yogyakarta






























Kursus Jahit Bordir Jogja Kursus Jahit Bordir Yogya

Akhirnya, Cara Menjahit di 2016 Terungkap !






buka mesin jahit : http://yohanes-albert.blogspot.co.id/2014/11/makalah-tentang-alat-komunikasi.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang aneka jenis rekayasa sebagai alat komunikasi dengan sumber arus dc

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     bagian bagian mesin jahit

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


0 komentar:

Post a Comment