Mengenal produk kerajinan limbah tekstil dan desain pengemasannya
Mengenal produk kerajinan limbah tekstil dan desain pengemasannya |
powerpoint pembelajaran kerajinan fungsi hias dari bahan limbah-Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
Menghayatidanmengamalkanperilakujujur, disiplin, tanggungjawab, peduli, (gotongroyong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsifdanproaktifdanmenunjukkansikapsebagaibagiandarisolusiatasberbagaipermasalahandalamberinteraksisecaraefektifdenganlingkungansosialdanalamsertadalammenempatkandirisebagaicerminanbangsadalampergaulandunia.
Memahami, menerapkan, menganalisispengetahuanfaktual, konseptual, proseduralberdasarkan rasa ingintahunyatentangilmupengetahuan, teknologi, seni, budaya, danhumanioradenganwawasankemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, danperadabanterkaitpenyebabfenomenadankejadian, sertamenerapkanpengetahuanproseduralpadabidangkajian yang spesifiksesuaidenganbakatdanminatnyauntukmemecahkanmasalah
Mengolah, menalardanmenyajidalamranahkonkretdanranahabstrakterkaitdenganpengembangandari yang dipelajarinya di sekolahsecaramandiri, danmampumenggunakanmetodasesuaikaidahkeilmuan
Kompetensi dasar
1.1. Menghayati keberhasilan dan kegagalan wirausahawan dan keberagaman produk kerajinan di wilayah setempat dan lainnya sebagai anugerah Tuhan
2.1.Menunjukkan motivasi internal dan peduli lingkungan dalam menggali informasi tentang keberagaman produk kerajinan dan kewirausahaan di wilayah setempat dan lainnya.
2.2.Menghayatiperilakujujur, percayadiri, danmandiridalammemperkenalkan karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dan menerapkan wirausaha.
2.3.Menghayati sikap bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif dalam memahami kewirausahaan dan membuat karya kerajinan di wilayah setempat dan lainnya dengan memperhatikan estetika produk akhir untuk membangun semangat usaha.
3.5 Mengidentifikasi desain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
4.5Mendesain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil berdasarkan konsep berkarya dengan pendekatan budaya setempat dan lainnya.
Indikator
Pengertian kerajinan limbah tekstil dan desain dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame, tenun, tapestry, dll)
Aneka karya kerajinan limbah tekstil
Fungsikarya kerajinan limbah tekstil
Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan limbah tekstil
Motif ragamhiaspadakerajinanlimbah tekstil
Teknikpembuatanbendakerajinan limbah tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, tapestry, dll)
Pengemasan karya kerajinan limbah tekstil
Tujuan pembelajaran
Menjelaskan Pengertian kerajinan limbah tekstil dan desain dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame, tenun, tapestry, dll)
Menjelaskan Aneka karya kerajinan limbah tekstil
Menjelaskan Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan limbah tekstil
Menjelaskan Motif ragamhiaspadakerajinanlimbah tekstil
Menjelaskan Teknikpembuatanbendakerajinan limbah tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, tapestry, dll)
Menjelaskan Pengemasan karya kerajinan limbah tekstil
Materi
Materi
Pengertian kerajinan limbah tekstil dan desain dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame, tenun, tapestry, dll)
Aneka karya kerajinan limbah tekstil
Fungsikarya kerajinan limbah tekstil
Unsur estetika dan ergonomis karya kerajinan limbah tekstil
Motif ragamhiaspadakerajinanlimbah tekstil
Teknikpembuatanbendakerajinan limbah tekstil : jahit, jahit aplikasi, sulam, ikat celup, batik, makrame, tenun, tapestry, dll)
Pengemasan karya kerajinan limbah tekstil
Model metode pembelajaran
Kegiatan pembelajaran
Mengamati: Melakukan pengamatan dengan cara membaca dan menyimak dari kajian literatur/media tentangpengetahuan kerajinan limbah tekstil, jenis bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan karya kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa ingin tahu dan menunjukkan motivasi internal.
Melakukan diskusi tentang anekakarya yang berkaitan dengan fungsi karya, bahan dasar, alat, teknik, dan prosedur pembuatan kerajinan limbah tekstil agar terbangun rasa ingin tahu sehingga dapat mensyukuri anugerah Tuhan.
Menggali informasi yang berkaitan dengan kerajinan limbah tekstil dan usaha kerajinan limbah tekstil yang berkembang di wilayah setempat.
Mengumpulkan Data Melakukan kegiatan observasi dengan teknik wawancara tentangpengetahuan motif ragam hias daerah, bahan, alat , teknik dan prosedur pembuatan karya kerajinan limbah tekstil serta tentang keberhasilan dan kegagalan wirausaha kerajinan limbah tekstil yang ada di wilayah setempat agar terbangun rasa ingin tahu, bersikap santun, bangga/cinta tanah air dan bersyukur sebagai warga bangsa.
Mengenal produk kerajinan limbah tekstil dan desain pengemasannya
Mengasosiasi, Menyimpulkan dan membuat laporan hasil pengamatan/kajian literatur tentang pengetahuan, bahan, alat , teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil yang ada dilingkungan wilayah setempat atau nusantara.
Mengamati dan merekonstruksi model karya kerajinan limbah tekstil dan mengidentifikasibahan yang digunakannya untuk melatih rasa ingin tahu, ketelitian, dan rasa syukur terhadap anugerah kepandaian dari Tuhan yang diberikan oleh pengrajin
Melakukan ekprerimen terhadap berbagai bahan dan teknik yang akan digunakan sebagai karya dan menampilkan semua hasil temuan dalam buku rancangan (ditempel dan diberi komentar, peserta didik, kawan, dan guru).
Membuatrancangangagasandalambentukgambar skets/tertulisuntuk kegiatanpembuatan karya kerajinan limbah tekstil dan pengemasannya berdasarkan orisinalitas ide yang jujur, sikap percaya diri dan mandiri.
Membuat karya kerajinan limbah tekstil dan pengemasannya dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat dengan menunjukkan bekerjasama, gotong royong, bertoleransi, disiplin, bertanggung jawab, kreatif, dan inovatif serta memperhatikan kerapihan dan kebersihan lingkungannya.
Mengkomunikasikan, Melakukan konsultasi dalam berkarya dengan guru san sumber belajar lainnya terhadap rencana karya yang akan dibuat.
Mengevaluasi/menguji hasil pembuatan karya kerajinan limbah tekstil untuk memperlihatkan kejujuran dalam berkarya.
Membuat laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya dan pengemasannya dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya sebagai pemahaman akan pengetahuan/ konseptual dan prosedural, serta mempresentasikan di kelas.
Alat media sumber pembelajaran
Contoh karya kerajinan limbah tekstil dengan berbagai teknik konstruksi (jahit, jahit aplikasi, makrame, tenun, tapestry, dll).
Aneka bahan untuk kerajinan limbah tekstil.
Buku pelajaran, buku refensi yang relevan, majalah, koran, hasil penelitian, audio-visual, media maya (internet) dan desain produk dan pengemasan karya kerajinan limbah tekstil dengan pendekatan budaya setempat.
Penilaian
Penilaian
Penilaian Tugas Kelompok/Diskusi, tentang:
Aneka jenis bahan limbah tekstil yang dapat digunakan sebagai karya kerajinan limbah tekstil
Pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses yang digunakan pada pembuatan karya kerajinan limbah tekstil
Aspek yang dinilai:
Apresiasi, kemampuanmengidentifikasijeniskerajinan limbah tekstil di wilayahsetempatdanlangkah-langkahpembuatannya, menunjukkanstandarprodukkerajinan tekstil.
Keruntutan berpikir kemampuanmelaksanakankerjaberdasarkanstandarkerjauntukmemperolehprodukunggul
Pilihan kata, dalammengutarakanpendapatdankualitasgagasan yang akandiimplementasikandalampembuatandesainprodukdanpengemasankerajinan limbah tekstil.
Penyusunanlaporanhasilkerja yang sesuaidenganprinsip yang telahdisepakatisebelumnya.
Perilaku, mempunyaisikapjujur yang ditunjukkanolehkelugasanmengutarakanpendapat, sikapterbukadalammenerimamasukandankoreksi
Mengenal produk kerajinan limbah tekstil dan desain pengemasannya
Penilaian Pengamatan, tentang:
Ketekunan menyimak masalah dari kajian literatur/media tentang: Pengetahuan, pengertian, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan karya kerajinanlimbah tekstil yang ada di lingkungan wilayah setempat
Mengevaluasi/menguji hasil karya kerajinan tekstil
Aspek yang dinilai:
Kerincianmenyusunlaporandanhasilrekonstruksikerjakerajinan limbah tekstilberdasarkanprinsip kerja
Ketepatan pengetahuan kerjaterhadapteoridankeselamatankerja
Pilihan kata Mengutarakanpendapatdankualitasgagasan yang akandiimplementasikandalampembuatandesainprodukkerajinanlimbah tekstil
Keativitas bentuk laporan Kemampuan membuat bentuk laporan yang menarik
Perilakumempunyaisikapjujur yang ditunjukkanolehkelugasanmengutarakanpendapat, sikapterbukadalammenerimamasukandankoreksi
Mengenal produk kerajinan limbah tekstil dan desain pengemasannya
Penilaian Kinerja/ Pembuatan Karya, tentang:
Rancangangagasandalambentukgambar skets/tertulisuntuk kegiatanpembuatan karya kerajinan limbah tekstil
Pembuatan karya dan pengemasan karya kerajinan limbah tesktil dengan cara/teknik dan prosedur yang tepat
Laporan portofolio dalam berbagai bentuk seperti tulisan, foto dan gambar yang mendeskripsikan pengetahuan, bahan, alat, teknik, dan proses pembuatan dengan tampilan menarik terhadap karya kerajinan limbah tekstil yang dibuatnya
Aspek yang dinilai
Proses pembuatan 50%
Ide gagasan, Kreativitas, Kesesuaian materi, teknik dan prosedur
Produk jadinya 35%
Uji karya, Kemasan, Kreativitas bentuk laporan, Presentasi
Sikap 15%
Mandiri, Disiplin, Tanggung jawab
Uji kompetensi
Mengenal Produk Kerajinan Limbah Tekstil [download]
buka mesin jahit : http://www.slideserve.com/cindy/mengenal-produk-kerajinan-limbah-tekstil-dan-desain-pengemasannya
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang powerpoint pembelajaran kerajinan fungsi hias dari bahan limbah
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang MERUBAH CORAK
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
0 komentar:
Post a Comment