, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Perbandingan Anatomi Tubuh


Perbandingan Anatomi Tubuh

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Perbandingan Anatomi Tubuh
anatomi busana anak - Kemampuan menggambar serta pengetahuan tentang anatomi tubuh sangat penting bagi seorang fesyen designer, terutama bagi pemula. Ilmu ini merupakan landasan atau keterampilan basic yang perlu dipelajari dan dilatih agar menghasilkan desain yang baik. Perbandingan tubuh merupakan ketentuan yang dipakai untuk menggambar ukuran tubuh manusia. Perbandingan ini diperoleh dari gambar dua dimensi atau foto orang yang sesungguhnya dalam keadaaan berdiri lurus dan menghadap ke depan.

Anatomi merupakan ilmu yang mempelajari susunan tubuh manusia secara keseluruhan mulai dari kepala sampai ujung kaki. Dalam bidang desain busana, anatomi dipelajari terbatas pada bentuk dan gerakan tubuh dengan bagian-bagiannya seperti persendian, otot dan syaraf. Dengan adanya persendian, otot dan syaraf pada tubuh, arah gambar tangan, kaki, leher dan wajah harus diperhatikan agar jangan salah arah dan gambar ini harus sesuai dengan gerakan tubuh yang sebenarnya.

Agar menghasilkan gambar anatomi tubuh dengan ukuran yang ideal ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu perbandingan tinggi dan lebar tubuh, letak bagian-bagian tubuh, sikap atau gaya dan gerak tubuh, jatuhnya pakaian pada tubuh. Biasanya dalam proses menggambar harus dibantu dengan garis-garis pertolongan dengan perbandingan tertentu. Perbandingan ini harus dibuat untuk seluruh bagian-bagian tubuh mulai dari ubun-ubun sampai ujung kaki.

Anatomi tubuh sangat penting sekali terutama bagi seorang desainer dalam menuangkan ide dan gagasannya kepada orang lain. Desain busana pada anatomi tubuh sangat besar pengaruhnya pada model pakaian yang disajikan. Desain yang dituangkan pada anatomi tubuh akan terlihat semakin jelas dan menarik dibandingkan tanpa anatomi tubuh. Selain itu perbandingan masing-masing ukuran model pakaian pada anatomi tubuh lebih mudah dibaca orang yang melihatnya seperti ukuran garis leher dan kerah, bentuk lengan dan panjang lengan, bagian badan, pinggang dan panggul, garis hias, saku dan hiasan pada pakaian, siluet blus atau model secara keseluruhan, serta pemilihan bahan dan perlengkapan pakaian.

Menggambar anatomi tubuh 

mempunyai tujuan di antaranya agar dapat membawa pesan dan citra dari penciptanya, sebagai media perwujudan bentuk dan model pakaian, dapat menentukan perbandingan makna dari model pakaian, membantu penyajian gambar dari beberapa arah, sebagai alat komunikasi kepada orang lain.


Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam menggambar anatomi tubuh untuk desain adalah memahami konsep untuk menentukan ukuran perbandingan tubuh seperti ukuran kepala, ukuran badan, ukuran tangan dan kaki. Dalam menggambar perbandingan tubuh untuk desain pakaian kita dapat memilih beberapa jenis perbandingan yang biasa dipakai yaitu:

    Perbandingan menurut anatomi sesungguhnya yaitu tinggi tubuh 7½ kali tinggi kepala.
    Perbandingan menurut desain busana ialah tinggi tubuh 8 kali tinggi kepala dan ada pula yang memakai 8 ½ tinggi kepala, ini biasanya disebut dengan anatomi model.
    Perbadingan tubuh secara ilustrasi yang biasanya digunakan untuk desain yang dipublikasikan atau gaya tertentu yaitu perbandingan 9 kali tinggi kepala bahkan mencapai 12 kali tinggi kepala atau disebut juga perbandingan secara ilustrasi.



Perbandingan tubuh ini mengacu pada bentuk tubuh yang ideal,

 sehat jasmani dan rohani, dengan kata lain ukuran yang ideal haruslah memenuhi ketentuan dan syarat sebagai berikut :

    Tubuh yang sehat tidak mempunyai cacat fisik dan mengidap suatu penyakit seperti penyakit beri-beri yang dapat menyebabkan badan gemuk atau berat tidak seimbang.
    Lengan dan kaki padat, tidak terlalu besar dan tidak pula terlalu kurus atau kecil.
    Perbandingan ukuran bagian-bagian tubuh normal seperti besar mata, hidung dan telinga.

Perbandingan tubuh menurut desain busana dibuat dengan ukuran tinggi tubuh 8 kali tinggi kepala atau 8 ½ tinggi kepala, ini biasanya disebut dengan anatomi model. Namun untuk keperluan desain ilustrasi proporsi tubuh dibuat lebih tinggi, 10 x tinggi kepala dan bahkan ada yang membuat 11 x tinggi kepala.

sumber : http://fitinline.com/article/read/perbandingan-anatomi-tubuh/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang anatomi busana anak

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Proses pencucian laundry dan dry cleaning

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment