, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Jelaskan pengertian sulam atau bordir!

Jelaskan pengertian sulam atau bordir!

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Jelaskan pengertian sulam atau bordir!

pengertian bordir - Bordir atau sulaman adalah hiasan yang dibuat di atas kain atau bahan-bahan lain dengan jarum jahit dan benang.

Kerajinan yang dibuat diatas kain menggunakan benang tertentu

Pengertian macam-macam sablon, woven, dan bordir    

Kami sering sekali mendapatkan pertanyaan-pertanyaan dari pelanggan yang intinya membandingkan antara sablon flock dengan berbagai jenis aplikasi yang sudah umum ada di pasaran. Tentu kami amat sangat maklum karena sebagai produk baru, sablon digital flock memang mengundang banyak pertanyaan tentang kelebihan apa yang sebenarnya dimiliki olehnya.

Kami tentu tidak bisa mengatakan bahwa sablon digital flock adalah yang terbaik dan terbagus di antara semuanya, masing-masing dari mereka tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan kami rasa tidak ada satu solusi pun yang sempurna.

Berikut ini kami terangkan beberapa pengertian dari beberapa referensi yang telah kami pelajari:


Flock (bludru) adalah sablon digital dengan menggunakan kain sintetis yg sudah memiliki perekat. Menggunakan tinta khusus yang tahan air. Lamanya proses pembuatan paling banyak ditentukan oleh banyaknya quantity pemesanan. Untuk ukuran standard (diameter sekitar 8 cm) dihargai 15rb/pcs nya dan harga juga akan disesuaikan menurut ukuran, kerumitan dan jumlah pemesanan. Design gambar tidak bisa desain yg rumit & terputus-putus atau hanya bisa bentuk baku: bulat, segi empat, lonjong, dst… Untuk pengaplikasiannya bisa di berbagai bahan: polo, kemeja, topi, kaos, jersey, tas atau bahkan di bahan kulit. Tidak perlu perawatan khusus saat mencuci dan mensetrika.

Polyflex adalah sablon digital dengan menggunakan bahan Vinyl tercanggih buatan jerman. Lamanya proses pembuatan ditentukan oleh jumlah pemesanannya. Ukurannya sangat variatif & fleksibel, mulai dari ukuran 2 cm hingga maksimal 50 cm. Bisa desain yg terputus-putus, bisa huruf & tulisan. Tinggi huruf minimal 1,5 cm. bisa diaplikasikan di berbagai bahan: polo, kemeja, topi, kaos, jersey, dll. Butuh perawatan khusus saat mencuci dan mensetrika. Paling baik dicuci rendam & kucek saja. Walaupun tahan setrika, lebih baik disetrika terbalik.

Woven adalah bordir halus yang biasanya digunakan untuk membuat patch / emblem / logo jersey orisinil atau kw ori, menggunakan benang halus sehingga menghasilkan produk yang halus. Jumlah pemesanan tergantung vendor, ada yg 100 pcs, namun ada juga yg hanya mau mengerjakan pesanan di atas 1000 pcs. Hasil woven masih harus diproses lagi untuk dijahit atau di bordir aplikasi ke kaos atau produk konveksi lainnya yg tentunya tambahan waktu & biaya lagi. Semakin banyak warna yang digunakan akan membuat harga semakin mahal.

Bordir adalah solusi menggunakan benang untuk menghasilkan pola dan gambar. bordir komputer menghasilkan gambar yang presisi dan cepat namun detail dan kehalusan kalah dari woven. Namun untuk pemesanan dalam jumlah banyak juga terkendala lamanya proses pembuatan. Semakin banyak warna yang digunakan akan membuat harga semakin mahal. Hasilnya pun tebal dan cocok untuk diaplikasikan di bahan tertentu seperti handuk, jaket kulit, dst. Bisa bentuk tulisan tanpa background.

Sablon Manual adalah teknik sablon menggunakan pasta dan rubber untuk menghasilkan gambar pada kaos. Caranya adalah dengan membuat master film yang kemudian dijadikan screen. Screen inilah yang dipakai sebagai “cetakan” pembuat gambar di kaos, jersey dan produk-produk konveksi lainnya. Biasanya ada minimal order karena ada biaya untuk pembuatan master maupun screen. Pembuatan jumlah sedikit membuat solusi ini jadi mahal. Untuk skala yg sangat besar sablon manual malah bisa lebih cepat dibanding dengan lainnya. Mengenai warna bisa banyak karena bisa melakukan kombinasi warna pasta. Namun harga akan menjadi lebih mahal seiring penggunaan lebih banyak warna. Hasilnya pun bisa sangat halus tapi juga bisa sangat kasar tergantung dari ketrampilan tukang sablon. Keluhan umum dari pilihan solusi ini adalah hasilnya baru terlihat setelah pesanan sudah jadi. Warna bisa dicari dengan cara mencampur warna untuk mendapatkan warna yang diinginkan namun hasilnya bisa kurang konsisten. Ukuran sangat variatif, dari ukuran kecil hingga besar karena sablon manual adalah yang paling tidak rewel dengan ukuran. Bisa bentuk rumit bahkan bisa bentuk titik dan gambar percikan. Kadang kurang rapi, tidak pas atau bleber. Setelah lama dipakai, di cuci dan di setrika bisa retak atau pecah-pecah. Dan kelebihan utamanya adalah lebih murah di banding solusi yang lainnya.

gambar untuk sablon:
tinta sablon
 gambar tinta sablon
sablon rubber quarret

cat sablon rubber quarret

screen cetakan sablon 


screen cetakan sablon manual

mesin press sablon 
mesin press sablon

 

print digital kaos 
print digital kaos

buka mesin jahit : https://pusakakonveksi.wordpress.com/2013/08/30/pengertian-macam-macam-sablon-woven-dan-bordir/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pengertian bordir

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang METODE LATIHAN TEATER: SEBUAH STUDI TERAPAN

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment