, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Pelajari Teknik Pembuatan Kerajinan Tangan Tekstil

Pelajari Teknik Pembuatan Kerajinan Tangan Tekstil

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Pelajari Teknik Pembuatan Kerajinan Tangan Tekstil


pelajari teknik pembuatan kerajinan tangan tekstil - Kerajinan tangan tekstil merupakan salah satu jenis kerajinan yang paling banyak digemari karena keindahannya. Nah, di balik keindahan kerajinan tangan yang satu ini, ternyata ada berbagai teknik khusus yang dilakukan selama proses pengerjaannya.

Teknik-teknik ini memang sedikit sulit karena membutuhkan ketelitian dan kesabaran lebih, namun tetap bisa dipelajari oleh Anda yang merupakan penghobi kerajinan tangan. Untuk tahu lebih jelasnya mengenai ragam teknik tersebut, simak yang berikut ini:

    Embroidery


Dalam bahasa Indonesia, teknik pengerjaan kerajinan tangan tekstil ini disebut dengan teknik bordir. Proses ini dilakukan dengan menjahit benang di atas selembar kain hingga membentuk motif tertentu, misalnya saja motif bunga dan geometri. Embroidery merupakan salah satu teknik yang sangat terkenal dan sering diaplikasikan dalam pembuatan kerajinan tangan berupa taplak maupun tas tangan. Harga kerajinan tangan dengan teknik ini cenderung lebih mahal karena proses pengerjaannya sangat rumit dan membutuhkan waktu yang relatif lama.

    Patchwork


Patchwork adalah teknik menyatukan potongan-potongan kain perca menjadi kain yang lebih besar melalui jahitan. Meski pengerjaannya lebih sederhana dibanding teknik bordir, menyatukan potongan kain perca membutuhkan kreativitas yang tinggi agar dapat menghasilkan motif baru yang menarik. Di Indonesia sendiri ada banyak jenis kerajinan tangan yang dibuat melalui teknik patchwork dengan memanfaatkan potongan kain batik yang memiliki warna dan corak berbeda.

    Knit


Knit, dalam bahasa Indonesia disebut dengan merajut, adalah teknik menyatukan benang menjadi jalinan rapat hingga dapat dibentuk seperti benda yang diinginkan. Kerajinan tangan dengan teknik rajut memiliki tekstur yang lebih tebal dari kain biasa karena dibuat dengan benang berserat besar seperti benang wol.

Ada begitu banyak kerajinan tangan yang bisa dihasilkan melalui teknik ini, seperti topi, tas, dompet, hingga jaket dan pakaian. Paduan warna dari kerajinan tangan rajutan bisa didapatkan melalui variasi benang yang digunakan selama proses pembuatannya.

    Tie-Dye


Beberapa tahun terakhir, teknik yang satu ini banyak digunakan dalam pembuatan kerajinan tangan seperti tas dan selendang. Tie-dye dilakukan dengan cara mencelup kain polos ke dalam larutan pewarna sehingga menghasilkan komposisi warna dengan corak abstrak yang menarik. Keunikan dari kerajinan tangan dengan teknik ini adalah hasilnya yang tidak pernah sama antara satu dengan lainnya. Tie-dye cukup mudah dilakukan dan bisa Anda coba sendiri di rumah menggunakan pewarna pakaian yang ada di toko-toko tekstil.
    Weaving

Weaving atau menenun merupakan salah satu teknik pembuatan kain yang sangat terkenal di Indonesia. Teknik ini membutuhkan keterampilan khusus yang tidak dapat dipelajari dalam waktu singkat. Kerajinan tangan yang dibuat dengan teknik tenun memiliki harga yang sangat mahal karena lamanya proses pengerjaan yang dibutuhkan. Di Indonesia, kerajinan tangan berupa tas atau dompet tenun dapat ditemui dengan mudah di berbagai tempat dengan warna dan corak yang menjadi ciri khas masing-masing daerah.

Pada dasarnya, teknik pembuatan kerajinan tangan tekstil tersebut bisa Anda pelajari sendiri dengan ketelitian dan ketelatenan yang cukup. Namun jika
Anda tidak cukup sabar untuk menunggu hingga mahir merajut atau membordir, Anda bisa mulai berburu aneka kerajinan tangan tekstil menarik sesuai selera.

 karya kerajinan tangan dari barang-barang hasil tenunan  [download]

buka mesin jahit : http://www.gayahidupku.com/kerajinan/pelajari-teknik-menarik-dalam-pembuatan-kerajinan-tangan-tekstil.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang pelajari teknik pembuatan kerajinan tangan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang     MENGENAL KERAJINAN TEKSTIL

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment