, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

ALAT-ALAT MENJAHIT


ALAT-ALAT MENJAHIT

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
ALAT-ALAT MENJAHIT

trial and error

gambar gunting pada mfsin jahit-Halo craft lover, lama tidak bersua.. Topik kali ini adalah alat-alat yang wajib dimiliki dalam proses menjahit. Saya akan membagi alat-alat ini dalam 6 kategori. Apa saja? Ini dia… untuk keterangan lengkapnya, silahkan di klik link artikel yang ada di sebelah tulisan :)

1. ALAT UKUR

trial and error
a. Meteran kain

b. Penggaris quilting

c. Alas quilting

2. ALAT PENANDA

a. Kapur / pensil jahit

3. SETRIKA

a. Setrika biasa

b. Setrika uap

c. Setrika press

4. ALAT PEMOTONG 

a. Gunting

b. Rottary cutter / cutter

5. MESIN JAHIT

a. Mesin jahit manual

b. Mesin jahit digital

c. Mesin jahit bordir

d. Mesin obras

6. LAINNYA

a. Pembalik tali

b. Jarum jahit (untuk tangan, mesin, jarum pentul, dkk)

c. Kertas pola / tracing papper : Saya pribadi memilih menggunakan kertas HVS besar atau kertas crepe untuk membuat pola karena harganya cenderung lebih murah daripada kertas khusus tracing papper.

d. Dedelan benang



ps: untuk kelengkapan artikel selanjutnya sedang dalam proses penulisan




GUNTING

 fiskars scissors & rottary
Halo craft lover. Sejak kecil kita sudah dikenalkan dengan benda yang multifungsi ini. Pecinta craft pasti memiliki benda yang satu ini. Dia adalah GUNTING.

Hampir setiap kerajinan kertas dan kain membutuhkan bantuan gunting untuk memotong gambar dan pola. Lalu bagaimana ya cara menjaga ketajaman gunting agar dapat bertahan lebih lama? Pertama, bedakan gunting yang digunakan untuk memotong KAIN dan KERTAS. Kedua, jagalah gunting untuk tidak terjatuh, karena semakin sering jatuh makan magnet gunting akan berkurang dan ketajamannya pun akan berkurang.

Ketika berkunjung ke toko buku atau toko craft, craft lover mungkin pernah melihat tulisan kata “SOFTGRIP” pada kemasan gunting. Apa artinya? Artinya pada bagian pegangan gunting (handle) dilapisi dengan lapisan karet yang empuk sehingga membuat penggunanya merasa lebih nyaman.

Selain gunting, pecinta kerajinan juga sulit jauh dari cutter. Nah apakah craft lover pernah melihat cutter yang pisaunya bulat melingkar? Itu dinamakan ROTTARY CUTTER. Biasanya rottary cutter ini digunakan dalam proses Quilting karena jauh lebih mudah digunakan saat memotong bidang lurus atau berputar. Harganya relatif lebih mahal dibandingkan gunting dan cutter biasa.

Kalau saya menggunakan gunting kain merek Fishkars. Awalnya karena harganya lebih terjangkau dibandingkan mereka lain, terutama rottary cutternya. Setelah dicoba, ternyata enak dan tahan lama kok. Sayangnya, Fishkars baru pernah saya temui di USA. Jadi susah deh mencarinya lagi… :(



MESIN JAHIT


Sewing lovers pada masanya akan membutuhkan mesin jahit. Mesin jahit sangat bermanfaat untuk membantu proses menjahit menjadi lebih cepat dan rapi.

Ada beberapa poin yang harus kita pertimbangkan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah mesin jahit. Apa saja?

1. Kualitas mesin jahit. Kualitas tidak selalu sejajar dengan murah mahalnya harga mesin. Ada beberapa hal yang bisa menjadi ukuran kualitas mesin secara kasat mata. Pertama dengarkan bunyi mesin saat menjahit. Semakin halus bunyinya maka semakin baik pula kerja mesin. Kedua bahan yang digunakan di dalam badan mesin akan lebih baik bila terbuat dari besi daripada plastik.

2. Pilih mesin jahit yang sesuai dengan kebutuhan kita. Kebutuhan ini dapat dipilih berdasarkan tipe mesin jahit.*

3. Budget. Ada baiknya untuk memikirkan kembali kebutuhan mesin jahit dengan uang yang kita miliki. Semakin banyak fungsi yang diharapkan pada mesin jahit, makan harganya akan semakin mahal. Tidak perlu memaksakan d
iri untuk membeli mesin jahit mahal diluar kebutuhan dan kemampuan kita. Jika hanya membutuhkan mesin jahit dengan kemampuan dasar, maka cukup membeli mesin jahit yang memiliki fungsi biasa namun harus memiliki kualitas yang baik.

*Berikut ini adalah beberapa tipe mesin jahit:


1. Mesin jahit manual. Bagi pemula tipe manual mudah untuk digunakan dan sangat baik untuk membuat jahitan-jahitan dasar. Tipe manual biasanya menyediakan jenis jahitan yang cukup sering digunakan seperti zigzag, blind hem, dan stretch stich.

2. Mesin jahit digital. Tipe digital menyediakan banyak jenis dan fungsi jahitan. Pada beberapa tipe digital terdapat fungsi otomatis untuk menjahit, naik-turunnya benang, pemotong benang otomatis dan pilihan untuk menjahit menggunakan tombol start/stop atau menggunakan pedal kaki.

3. Mesin jahit embroidery. Selain dapat digunakan untuk menjahit seperti dua mesin di atas, tipe embroidery memberikan kesempatan bagi penggunanya untuk membuat bordir secara otomatis. Bordir bisa disesuaikan dengan gambar yang terprogram di dalam mesin dan pada beberapa mesin jahit juga dapat ditambahkan dengan gambar yang kita inginkan dengan program khusus embroidery.

4. Mesin jahit obras (overlock machine). Tipe obras digunakan untuk memberikan kesan profesional pada jahitan yang telah dibuat. Selain untuk mengamankan potongan kain juga membuatnya terlihat lebih rapi. Mesinnya dirancang untuk mampu memotong kain dan membuat 1500 jahitan atau lebih hanya dalam hitungan menit.

Lalu bagaimana untuk menjaga “kesehatan” mesin jahit kita? Lakukan perawatan rutin dengan membersihkan mesin jahit minimal 1 kali setiap bulan.

Saya sendiri menggunakan mesin jahit digital Janome TXL607 dan sangat puas dengan performanya… :D
 

Keterangan (searah jarum jam, mulai dari kiri atas) : Manual, Digital, Overlock, Embroidery
mesin jahit janome

buka mesin jahit : http://www.flanevolia.com/author/olivia/

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang gambar gunting pada mfsin jahit

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Bagian-bagian Mesin Jahit Manual

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment