cara2 menjalankan mesin bordir otomatis tajima
cara2 menjalankan mesin bordir otomatis tajima |
CARA MEREKAM PITA
penjelasan mesin bordir - 1. Gerakkan lampu ”●” ke baris paling atas (baris 1).
2. Gerakkan lampu yang berkedip ke kolom 2.
3. Tekanlah tombol [1] = pita TAJIMA, [2] = pita Barudan, [3] = pita ZSK.
4. Tekan [SET].
5. Isi nomor memori ke berapa di mesin. Contoh : Tekan [3] untuk rekaman nomor 3.
6. Tekan [SET].
7. Memberi nomor pada rekaman :
8. Tekan [SEL]
9. Tekan [START] ◄ atau ►untuk memilih abjad.
10. Tekan [SET]. Ulangi lagi sampai nama yang diinginkan sudah benar.
11. Tekan [SEL].
12. Tekan [SET].
13. Tekan [1] untuk memilih gambar / P.
14. Tekan [SET].
15. Tekan [SET].
16. Tekan [1] untuk Data Set (Auto Jump).
17. Tekan [SET].
CARA MEREKAM DISKET
1. Masukkan disket bordir yang akan dibaca.
2. Gerakkan lampu ”●” ke baris paling atas (baris 1).
3. Gerakkan lampu yang berkedip kekolom 2.
4. Tekanlah tombol [5] untuk membaca disket.
5. Tekan [SET]
6. Pilihlah nomor desain di disket yang ingin anda rekam dengan tombol ▲▼.
7. Tekan [SET].
8. Isi nomor memori ke berapa di mesin. Contoh : Tekan [3] untuk rekaman nomor 3.
9. Tekan [SET].
10. Memberi nama pada rekaman :
11. Tekan [SEL].
12. Tekan [START] ◄ atau ►untuk memilih abjad.
13. Tekan [SET]. Ulangi lagi sampai nama yang diinginkan sudah benar.
14. Tekan [SEL].
15. Tekan [SET].
16. Tekan [1] untuk memilih posisi gambar / P.
17. Tekan [SET].
18. Tekan [SET].
19. Tekan [1] untuk Data Set (Auto Jump).
20. Tekan [SET].
CARA MEMANGGIL MEMORI
1. Gerakkan lampu ke baris ”●” ke baris 1 (baris paling atas).
2. Gerakkan lampu berkedip ke kolom 1.
3. Tekan[4] untuk membaca memori / rekaman.
4. Tekan [SET].
5. Masukkan nomor memori keberapa yang ingin dijalankan. Contoh : Tekan [3] untuk memanggil memori nomor 3.
6. Tekan [SET].
7. Pilih posisi desain. Tekan [1] untuk posisi normal (P).
8. Tekan [SET] :
9. Pilih ingin perBESAR/perkecil desain (Standar = 100).
10. Tekan [SET].
11. Tekan [1] untuk Data Set.
12. Tekan [SET].
CARA MENGHAPUS MEMORI :
1. Gerakkan lampu ke baris ”●” ke baris 1 (baris paling atas).
2. Gerakkan lampu berkedip ke kolom 1.
3. Tekan[4] untuk membaca memori / rekaman.
4. Tekan [SET].
5. Pilih nomor memori ke berapa yang ingin dihapus. Contoh : Tekan [3] untuk menghapus memori nomor 3.
6. Tekan [ERASE].
7. Tekan [SET].
CARA GANTI WARNA OTOMATIS :
1. Gerakkan lampu ke baris ”●” ke baris 2
2. Gerakkan lampu berkedip ke kolom 1.
3. Pilih tanda “ □ “ (otomatis ganti warna) dengan menekan [SEL].
4. Tekan [SET].
5. Tekan [1].
6. Tekan [SET].
7. Pilih warna pertama (jarum ke berapa), dengan menekan tombol angka. Contoh
Tekan [3] artinya warna pertama adalah jarum ke-3.
8. Tekan [SHIFT/+1] kursor akan maju ke posisi berikutnya.
9. Pilih warna kedua dengan menekan tombol angka.
10. Tekan [SHIFT/+1].
11. Pilih warna ketiga dengan menekan tombol angka.
12. Tekan [SHIFT/+1]. Jika ada warna ke-4, ke-5, dst, ulangi langkah diatas.
13. Jika sudah selesai tekan [SET].
CARA MENGATUR KECEPATAN KETIKA MESIN SEDANG BERHENTI :
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 3.
2. Gerakkan lampu yangberkedip ke kolom 1 & 2.
3. Masukkan kecepatan (High Speed) yang dikehendaki. Contoh : tekanlah [7] dan [5] untuk kecepatan 750 rpm.
4. Gerakkan lampu yang berkedip ke kolom 8.
5. Tekan [SEL] untuk meilih Low Speed (kecepatan yang rendah).
6. Masukkan kecepatan rendah (Low Speed) yang dikehendaki. Contoh: tekan [5] dan [0] untuk kecepatan 500 rpm.
7. Jika sudah benar tekan [SET].
CARA MENGATUR KECEPATAN KETIKA MESIN SEDANG BEKERJA :
1. Tekan [8] ▲ maka kecepatan akan naik per 10 rpm.
2. Tekan [5] Ο dan [8] ▲ maka kecepatan akan naik per 50 rpm.
3. Tekan [2] ▼ maka kecepatan akan turun per 10 rpm.
4. Tekan [5] Ο dan [2] ▼ maka kecepatan akan turun per 50 rpm.
CARA ME”RESET” STITCH KE – 0 (nol)
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 3.
2. Gerakkan lampu yang berkedip ke kolom 5 sampai 10.
3. Tekan [0].
4. Tekan [SET].
CARA MENGEMBALIKAN KE TITIK START :
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 4.
2. Gerakkan lampu yang berkedip ke kolom 8.
3. Tekan [0].
4. Tekan [SET].
CARA MENGEMBALIKAN KE TITIK JAHITAN TERAKHIR :
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 4.
2. Gerakkan lampu yang berkedip ke kolom 8.
3. Tekan [1].
4. Tekan [SET].
CARA OTOMATIS OFFSET :
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 4.
2. Gerakkan lampu yang berkedip ke kolom 5.
3. Cari titik start desain tersebut.
4. Tekan [SET].
5. Tentukan titik offset.
6. Tekan [SET].
7. Mesin siap dijalankan.
CARA MENGHAPUS OTOMATIS OFFSET :
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 4.
2. Gerakkan lampu yang berkedip ke kolom 5.
3. Tekan [0].
4. Tekan [SET].
CARA MEMBORDIR APLIKASI
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 5
2. Tekan [2] untuk data edit
3. Tekan [SET]
4. Masukkan nomer memori/desain yang ingin dijalankan
5. Tekan [SET]
6. Tekan [1] untuk Modify
7. Tekan [SET]
8. Masukkan jumlah stitck yang ingin dirubah
9. Tekan [SET]
10. Tekan [SET]
11. Tekan [SET]
12. Tekan [6] untuk cara Offset
13. Tekan [SET]
14. Tekan [SET]
15. Panggil memory/desain yang akan dijalankan (lihat CARA MEMANGGIL MEMORI)
16. Programlah Otomatis Offset (lihat CARA OTOMATIS OFFSET)
17. Mesin siap dijalankan
CARA MEMOTONG BENANG MANUAL
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 4
2. Gerakkan lampu berkedip”●” ke kolom 6
3. Tekan [1]
4. Tekan (SET)
CARA GANTI WARNA MANUAL
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 2
2. Gerakkan lampu berkedip”●” ke kolom 1
3. Pilih tanda “ “ [untuk cara manual] dengan menekan [SEL]
4. Tekan [SET]
5. Pilih warna yang dikehendaki Contoh: jika warna yang diinginkan ada pada jarum 3 , tekanlah [3]
6. Tekan [SET]
CARA MEMAJUKAN/MEMUNDURKAN FRAME
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 4
2. Gerakkan lampu berkedip”●” ke kolom 9
3. Pilih apakah frame mau dijalankan maju atau mundur, dengan menekan tombol [SEL]
4. Tanda “ - “ berarti mundur sedangkan tanda “ □ “ berarti frame maju,
5. Tekan [SET]
6. Gerakkan bar Switch [di bawah meja] ke arah kiri samapai ke posisi bordir yang diinginkan, frme akan maju/mundur sesuai pilihan diatas. Kemudian mesin dapat dijalankan kembali.
CARA MAJU/MUNDUR PER WARNA
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 4
2. Gerakkan lampu berkedip”●” ke kolom 9
3. Pilih apakah frame mau dijalankan maju atau mundur, dengan menekan tombol [SEL]
4. Tanda “ - “ berarti mundur sedangkan tanda “ □ “ berarti frame maju, Tekan [SET]
5. Tekan [1] untuk maju mundur per warna
6. Tekan [SET]
CARA MAJU MUNDUR KE STITCH YANG DIKEHENDAKI
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 4
2. Gerakkan lampu berkedip”●” ke kolom 9
3. Pilih apakah frame mau dijalankan maju atau mundur, dengan menekan tombol [SEL]
4. Tanda “ - “ berarti mundur sedangkan tanda “ □ “ berarti frame maju, Tekan [SET]
5. Tekan [2] untuk maju mundur ke stitch tertentu
6. Tekan [SET]
7. Masukkan stitch yang ingin kita tuju dengan tombol angka
8. Tekan [SET]
CARA REPEAT mengulang bordir yang sama
1. Gerakkan lampu ”●” ke baris 5
2. Gerakkan lampu yang berkedip ke kolom [1]
3. Tekan [1] untuk Repeat
4. Tekan [SET]
5. Tekan [SEL] untuk memilih C = Standard
6. Tekan [SET] Tekan [SEL] untuk memilih mana pertama kali jalan ( X atau Y)
7. Tekan [2] untuk cara Frame stepping
8. Tekan [SET].
9. Masukkan mau berapa kali pengulangan kearah X misalnya mau 5 kali, maka tekan [5]
10. Tekan [SET].
11. Masukkan mau berapa kali pengulangan kearah Y misalnya mau 3 kali, maka tekan [3] berarti ada 5 x 3 = 15 desain
12. Tekan [SET]
13. Masukkan jarak gambar ke arah X (jarak antara titik Start ke titik Start misalnya 10 cm maka tekan [1][0][0] mm
14. Tekan [SEL] untuk memilih tanda “ – “ (minus) jika lompatan kekiri atau Tanda “ + ” jika lompatan kekanan .
15. Tekan [SET]
16. Masukkan jarak gambar ke arah Y (jarak antara titik Start ke titik Start misalnya 6 cm maka tekan [6][0] mm
17. Tekan [SEL] untuk memilih tanda “ – “ (minus) jika lompatan kebawah atau Tanda “ + ” jika lompatan keatas
18. Tekan [SET]
19. Panggil memori desain yang akan dijalankan( lihat: CARA MEMANGGIL MEMORI
CARA MEREKAM DESAIN DARI MEMORI MESIN KE DISKET
1. Masukkan disket [sudah diformat] ke dalam Disk Drive mesin bordir
2. Gerakkan lampu ”●” ke baris 5
3. Gerakkan lampu yang berkedip ke kollom 1
4. Tekan [3] untuk Proses Disk
5. Tekan [SET]
6. Tekan [1] untuk Proses membaca dari Memori
7. Tekan [SET]
8. Pilih desain yang akan direkam ke disket,Misalnya desain no 5 maka tekan [5]
9. Tekan [SET]
10. Tekan [STOP + 1] atau [STOP-1]untuk memilih nomor ke berapa dalam disket
11. Tekan [SET]
12. Tekan [SET]
13. Tekan [SET]
14. Tekan [SEL] ◄
15. Tekan [SET]
sumber : http://kaosbodir.blogspot.com/2012/01/cara-merekam-pita-1.html
Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang penjelasan mesin bordir
, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Tekstil
. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.
0 komentar:
Post a Comment