, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

MATA PELAJARAN : KETERAMPILAN UKG

 MATA PELAJARAN : KETERAMPILAN UKG

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
MATA PELAJARAN : KETERAMPILAN UKG


MATA PELAJARAN : KETERAMPILAN

JENJANG PENDIDIKAN : SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)

contoh kerajinan potong sambung dan konstruksi dari bahan kayu - Berisikan Kompetensi Utama, Standar Kompetensi guru Standar Isi, Indikator Esensial, Kompetensi Inti, Kompetensi Guru, Mapel/Guru Kelas Standar Kompetensi Kompetensi Dasar,
Pedagogik Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran keterampilan .Memahami berbagai teori
belajar dan prinsip-prinsip, pembelajaran sesuai, standar proses, pembelajaran. Memotivasi siswa untuk siap belajar, secara fisik maupun mental, Memilih model pembelajaran yang, sesai dengan karakter belajar, ketrampilan.
Melakukan pendekatan kepada siswa dalam melakukan strategi, pembelajaran. Mendiskripsikan media pembelajaran.
Menunjukkan alat bantu pembelajaran. Menerapkan prinsip, pembelajaran sesuai, dengan lingkungan dimana siswa belajar. Menjelaskan pribahasa alam takambang, jadi guru. Menjelaskan pengertian estetika dalam
Pembelajaran keterampilan. Menerapkan prinsip, ulangan sesuai dengan standar penilaian. Melaksanakan ulangan untuk mengukur ketercapaian kompetensi dasar. Menentukan jenis evaluasi menurut karakter pembelajaran keterampilan. Menerapkan prinsip belajar tuntas. Menerapkan prinsip, pembelajaran sesuai dengan lingkungan dimana siswa belajar. Menjelaskan prinsip belajar sambil mengerjakan.
Mengembangkan kurikulum yang terkait dengan pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran keterampilan
Memahami prinsip-prinsip, penilaian pembelajaran, Menentukan jenis penilaian yang, sesuai dengan mata pelajaran, ketrampilan
Menentukan esensi pembelajaran sesuai tahapan proses pembelajaran.
Mengembangkan bahan ajar.
Menjelaskan prinsip pengembangan materi ajar.
Memberikan perlakuan khusus bagi siswa yang mengalamai hambatan dalam menyelesaikan tugas tugas pembelajaran.
Melaksanakan remedial dalam pembelajaran.
Menyusun rancangan pembelajaran yang lengkap, baik untuk kegiatan di dalam kelas, laboratorium,
maupun lapangan.
Menyebutkan komponen silabus.
Menentukan indikator keberhasilan untuk mencapai tujuan pembelajaran keterampilan.
Menganalisa kata kerja operasional yang digunakan untuk menentukan indikator.
Memahami Standar Nasional
Pendidikan
Melaksanakan pembelajaran untuk mencapai Standar
Kompetensi Lulusan
Menjelaskan Standar Proses
Mengembangan silabus dan RPP.
Menentukan pengembangan silabus dan RPP sesuai dengan tahapan pembelajaran.
Menerapkan standar isi Menjelaskan prinsip pendidikanHalaman 3 dari 9
Kompetensi Utama
Standar Kompetensi guru
Standar Isi
Indikator Esensial
Kompetensi Inti Kompetensi Guru
Mapel/Guru Kelas Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Melaksanakan dan mengembangka pembelajaran.
Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif
dalam mata pelajaran keterampilan.
Menentukan model pembelajaran.
Menentukan materi pembelajaran
Merumuskan aspek penilaian untuk mata pelajaran ketrampilan
Profesional Menguasai materi, struktur, konsep, dan pola pikir keilmuan
yang meliputi apresiasi dan membuat produk kerajinan sesuai dengan mata pelajaran yang diampu
Merencanakan prosedur kerja pembuatan benda kerajinan
Mengindentifikasi tahapan dalam membuat benda kerajinan
Mengidentifikasi ide dasar dalam kemampuan keterampilan peserta menentukan produk kerajinan sesuai ciri khas daerah.
Mengidentifikasi peralatan yang sesuai untuk pembuatan kerajinan dengan model
Mengidentifikasi jenis gambar yang sesuai untuk gambar rencana pembuatan benda kerajinan
Mengapresiasi unsur estetika pada produk benda kerajinan
Mengidentifikasi potensi bentuk ciri khas sesuai dengan daerahnya..
Membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan alami dengan teknik lipat, potong dan rekat.
Mengidentifikasi potensi peserta didik dalam teknik memotong dan menggunting penggunaan bahan.
Kompetensi Utama
Standar Kompetensi guru Standar Isi
Indikator Esensial
Kompetensi Inti Kompetensi Guru
Mapel/Guru Kelas Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Menyebutkan jenis kerajinan yang teknik pembuatan dengan tali temali.
Menjelaskan prinsip teknik pembuatan kerajinan batik
Merencanakan peralatan yang sesuai
untuk pembuatan kerajinan dengan model
Mengidentifikasi jenis gambar yang sesuai untuk gambar rencana pembuatan benda kerajinan
Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame.
Menjelaskan produk kerajinan anyaman dan makramé.
Mengidentifikasi teknik penyambungan pembuatan produk kerajinan dengan bahan lunak
Mengidentifikasi jenis tali simpul teknik pembuatan kerajinan makrame
Mengapresiasi benda kerajinan.
Menentukan produk kerajinan sesuai dengan kelompok bidang seni rupa.
Menjelaskan produk kerajinan sesuai dengan kelompok bidang seni rupa
Membuat benda kerajinan dengan teknik celup ikat dan atau teknik batik
Menjelaskan prinsip teknik pembuatan kerajinan ikat .
Memahami ketrampilan teknis pada produk benda kerajinan.
Menentukan kemasan benda kerajinan sehingga siap dipamerkan dan dijual
Mengapresiasi benda kerajinan
Menafsirkan bentuk-bentuk dalam mendekorasi produk kerajinan.
Membuat benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan teknik potong
kontruksi
Merencanakan keakuratan ukuran dalam membuat benda kerajinan.Halaman 5 dari 9
Kompetensi
Utama
Standar Kompetensi guru Standar Isi
Indikator Esensial
Kompetensi Inti Kompetensi Guru
Mapel/Guru Kelas Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Menganalisis teknik ukiran kayu sesuai dengan jenisnya.
Mengapresiasi ketrampilan teknis kerajinan yang menggunakan teknik butsir dan teknik cetak.
Menyebutkan jenis peralatan untuk membuat model
Menafsirkan nilai atau fungsi produk kerajinan benda pakai.
Mengidentifikasi bentuk kerajinan sesuai dengan ciri khas daerah,
Mengapresiasi ketrampilan teknis kerajinan yang menggunakan teknik butsir dan teknik cetak
Mengenalkan bahan dasar untuk membuat kerajinan teknik cetak.
Mengenal produk kerajinan jahit dan sulam
Mengelompokkan jenis kerajinan jahit dan sulam
Membuat benda kerajinan Merencanakan pembuatan benda kerajinan dengan menentukan jenis gambar yang digunakan
Menentukan alat yang digunakan untuk membuat kerajinan dengan teknik butsir.
Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame
Menentukan jenis simpul-simpul dasar sesuai dengan penggunaannya.
Memilih simpul untuk membuat kerajinan macramé tali peluit
Menyebutkan peralatan yang digunakan untuk membuat produk kerajinan macramé.
Menjelaskan benda kerajinan sesuai dengan fungsinya.berbagai jenis simpul sesuai dengan penggunaannya,
Mengapresiasi ketrampilan teknis dengan mengenal bahan alami yang Halaman 6 dari 9
Kompetensi
Utama
Standar Kompetensi guru Standar Isi
Indikator Esensial
Kompetensi Inti Kompetensi Guru
Mapel/Guru Kelas Standar Kompetensi Kompetensi Dasar digunakan.
Membuat kerajinan jahit dan sulam
Menentukan peralatan yang digunakan untuk membuat kerajinan sulaman bordir
Menunjukkan bahan yang sesuai untuk membuat kerajinan sulam kristik.
Menjelaskan jenis teknis tusuk dalam menyelesaikan kerajinan jahit aplikasi.
Menjelaskan fungsi tusuk hias pada teknik pembuatan kerajinan jahit aplikasi.
Mengapresiasi kerajinan anyaman dan makrame
Menunjukkan alat bantu dalam melaksanakan pembuatan tas makramé.
Mengapresiasi ketrampilan teknis kerajinan denganmenggunakan teknik sayat dan ukir.
Mengapresiasi gambar ornament yang terukur dari bidang dan garis.
Mengapresiasi ornamen klasik sesuai asal usulnya.
Menjelaskan peralatan yang digunakan untuk menguatkan teknik penyambungan dari bahan kayu.
Membuat benda kerajinan untuk fungsi pakai/hias berbahan lunak alami maupun buatan dengan teknik lipat, potong dan rekat.
Menjelaskan nama bahan yang digunakan untuk penyambungan teknik lipat.
Mengapresiasi benda kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai
Memilih bahan kayu untuk pembuatan
ganden/alat pemukul pahat.Halaman 7 dari 9
Kompetensi
Utama
Standar Kompetensi guru Standar Isi
Indikator Esensial
Kompetensi Inti Kompetensi Guru
Mapel/Guru Kelas Standar Kompetensi Kompetensi Dasar teknik
Menentukan karya kerajinan patung sesuai dengan demensinya.
Menentukan karya kerajinan patung sesuai dengan corak dan karakternya..
Menentukan karya kerajinan patung sesuai dengan corak dan karakter dan
perubahan-perubahan sesuai masanya.
Menentukan jumlah pahat ukir sesuai dengan standar
Menjelaskan fungsi ornament pada kerajinan kayu.
Memindahkan gambar ke dalam bidang
Menggunakan ukiran tembus sesuai dengan fungsinya
Mengapresiasi ketrampilan teknis kerajinan dengan
menggunakan teknik sayat dan ukir.
Mengenal produk kerajinan melalui bahan yang digunakan.
Mengenal alat yang dapat mengukur kadar air pada kayu yang digunakan.
Membuat benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi.
Menjelaskan teknik penyambungan pada papan kayu
Menentukan sifat dan karakter kayu yang baik untuk diukir
Menjelaskan jenis pahat yang digunakan untuk ukiran alur cekung.
Menjelaskan tahapan pengerjaan kayu
dan pengguaan amplasHalaman 8 dari 9
Kompetensi
Utama
Standar Kompetensi guru Standar Isi
Indikator Esensial
Kompetensi Inti Kompetensi Guru
Mapel/Guru Kelas Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Menentukan cara yang tepat untuk menambah tampilan benda
Mengapresiasi unsur estetika pada produk benda kerajinan.
Mengapresiasi ragam hias geometris.
Mengapresiasi ketrampilan teknis kerajinan dengan menggunakan bahan keras alami dengan berbagai
teknik
Menentukan alat ukur yang tepat sesuai dengan bidang yang diukur
Menjelaskan berbagai batu asah sesuai dengan kegunaannya
Menjelaskan alat bantu pertukangan sesuai dengan kegunaannya.
Membedakan alat potong gergaji sesuai dengan jenisnya.
Mengapresiasi unsur estetika pada produk benda kerajinan
Menentukan jenis ukiran sesuai dengan bentuknya.
Membuat benda kerajinan dengan teknik potong sambung dan teknik potong konstruksi.
Menentukan peralatan yang digunakan membuat konstruksi melalui gambar
Membuat produk kerajinan anyaman dan macramé.
Menyebutkan nama anyaman sesuai dengan bentuk seginya.
Menentukan jenis anyaman sesuai dengan segi anyaman melalui gambar.
Menentukan tahapan pekerjaan membuat anyaman melalui gambar.
Membuat benda kerajinan dengan menggunakan teknik sayat dan ukir.
Melaksanakan finishing untuk membuat kerajinan teknik sayat dan ukir.
Membuat benda kerajinan dengan teknik butsir dan
Menjelaskan prinsip pembuatan benda kerajinan keramik.
Kompetensi Utama
Standar Kompetensi guru Standar Isi
Indikator Esensial
Kompetensi Inti Kompetensi Guru
Mapel/Guru Kelas Standar Kompetensi Kompetensi Dasar
Mengapresiasi kerajinan jahit dan sulam.
Mengidentifikasi bahan pelapis yang sesuai untuk kerajinan jahit perca.
Menggunakan bahan yang sesuai untuk teknik tenun

buka mesin jahit : http://wahyukhafidahbloger.blogspot.com/2013/04/kisi-kisi-uji-kompetensiguru-ukg-mata.html

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang contoh kerajinan potong sambung dan konstruksi dari bahan kayu

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang Bikin lubang kancing dengan satu langkah di mesin jahit Janome SUV 1122

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.

0 komentar:

Post a Comment