, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

KERAJINAN TEKSTIL

KERAJINAN TEKSTIL

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
KERAJINAN TEKSTIL

PENGERTIAN PRAKARYA

bahan membuat taplak meja dari bahan tekstil - Prakarya berasal dari istilah pra dan karya, pra mempunyai makna belum dan karya adalah hasil kerja. Prakarya didefinisikan sebagai hasil kerja yang belum jadi, prakarya masih berupa proof of concept atau sebuah prototipe. Prakarya belum mempunyai target pemasaran, oleh sebab itu belum ada penggunanya atau konsumennya. Satu-satunya penggunanya mungkin si developer atau desainer itu sendiri. Kualitas belum menjadi perhatian sebab yang penting bentuk dasarnya saja. Harga sebuah prakarya ditentukan sangat subyektif sebab belum tahu potensi pasarnya.
Prakarya memiliki pengertian ketrampilan, hastakarya, kerajinan tangan, atau keterampilan tangan. Bahan yang digunakan tersedia secara umum dipasaran, sehingga kita tinggal merangkai ataupun pemanfaatan limbah dan bahan bekas. Prakarya mempunyai peranan penting dalam pengembangan kreatifitas dan mengembangkan menjadi sebuah inovasi baru.


PENGERTIAN KEWIRAUSAHAAN


Kewirausahaan pertama dipopulerkan di Perancis sejak tahun 1990, Kewirausahaan diidentikan dengan Entrepreneurship. Kewirausahaan dapat didefinisikan proses kemanusiaan (human process) yang berkaitan dengan kreativitas dan inovasi dalam memahami peluang, mengorganisasi sumber-sumber, mengelola sehingga peluang itu terwujud menjadi suatu usaha yang mampu menghasilkan laba atau nilai untuk jangka waktu yang lama.
Definisi lain adalah suatu kemampuan (ability) dalam berpikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup (Soeparman Soemahamidjaja 1977:2)
Kreatif dan inovatif adalah kunci utama kewirausahaan, Kreativitas adalah kemampuan untuk membuat kombinasi-kombinasi baru atau hubungan-hubungan baru antar unsur, data, variabel yang sudah ada sebelumnya.


PENGERTIAN KERAJINAN


Kerajinan adalah hal yang berkaitan dengan buatan tangan atau kegiatan yang berkaitan denagn barang yang dihasilkan melalui keterampilan tangan (Kerajinan Tangan). Kerajian yang dibuat biasanya terbuat dari berbagai bahan. Kerajinan ini menghasilkan hiasan atau benda seni maupun barang pakai. Biasanya istilah ini diterapkan untuk cara tradisional dalam membuat barang-barang
Kerajinan terdiri dari 2 jenis yaitu :
Kerajian bahan alam merupakan kerajinan yang terbuat dari bahan alam atau bahan dasarnya bahan-bahan alam seperti : serat, bambu, rotan, dll.
Kerajinan bahan buatan merupakan kerajian yang terbuat dari bahan buatan seperti : plastik, gips, sabun, lilin, dll.



PEMBUATAN TAPLAK MEJA DARI KAIN PERCA


Alat dan bahan :

Kain perca
Benang
Jarum
Penggaris
Pensil

CARA PEMBUATAN


Pertama buatlah pola lingkaran pada potongan kain dengan diameter 15 cm (bisa dirubah sesuai keinginan). Gunakan penggaris atau alat ukur lainnya dan pensil.
Setelah pola terbentuk guntinglah pola. Ulang tahap 1 dan 2 pada potongan kain lain sehingga menghasilkan banyak potongan kain berbentuk lingkaran atau bulat
Setelah potongan kain berbentuk lingkaran terkumpul, lalu siapkan benang yang telah disematkan pada jarum, tidak lupa mengikat ujung benang agar saat menjahit benang akan kuat.
Ambil satu potongan kain (bulat atau lingkaran) lalu jahit sisi kain tersebut sepperti gambar disamping.
Setelah semua sisi terjahit, lalu tarik benang sehingga kain mengerut dan membentuk bunga
(Tarik terus sehingga kain menjadi bentuk bunga dan menghasilkan lubang kecil di tengah)
Lakukan tahap 4 dan 5 pada potongan kain bulat yang lainnya.
Setelah semua potongan kain berbentuk bulat selesai dibentuk menjadi seperti bunga, lalu sambungkan kain tersebut satu sama lain. Pusatkan satu bentuk bunga, lalu sambungkan kain yang lain pada sisinya sehingga menghasilkan taplak meja yang berbentuk bulat.
Barang siap pakai



PROSES PEMBUATAN
Proses Pembuatan Pola           
Proses Penggunt
ingan
Proses Penjahitan
Hasil

buka mesin jahit : https://www.academia.edu/8347051/Tugas_Kerajinan_Tekstil_Untuk_SMA_Kelas_1_Matapelajaran_Prakarya

Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang bahan membuat taplak meja dari bahan tekstil

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang KERAJINAN TEKSTIL

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


0 komentar:

Post a Comment