, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

PRODUK BAJU BATIK MOTIF BOLA

PRODUK BAJU BATIK MOTIF BOLA

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
PRODUK BAJU BATIK MOTIF BOLA

A.    JENIS PRODUK YANG DI PRODUKSI

PRODUK BAJU BATIK MOTIF BOLA-Sebuah bentuk usaha baik itu usaha kecil, menengah ataupun besar mayoritas memerlukan sebuah perencanaan untuk mempresentasikan usaha tersebut. Saat ini banyak sekali beragam usaha batik yang ditemui di berbagai wilayah. Namun dari usaha tersebut kami melihat kurangnya inovasi dalam Produk batik yang dibuat. Untuk itulah kami menciptakan inovasi baru. sesuai dengan judul yaitu “ Baju Batik Motif Bola ”. Jenis Produk yang akan dibuat yaitu Kerajinan Batik. Alasannya seiring dengan berkembangnya batik dimata dunia dan juga perkembangan fanatisme masyarakat terhadap sepak bola. Dengan  perkembangan tersebut dan juga animo dari masyarakat yang sangat besar dan juga merupakan suatu inovasi baru dalam motif batik sehingga tidak terlihat motif yang itu-itu saja

B.    CIRI- CIRI PRODUK


•    Warna: untuk warna Baju Batik Motif Bola sendiri tediri dari tiga warna yaitu biru, merah dan hitam warna ini sendiri menyusaikan dengan motif logo klub yang dibuat contoh nya seperti motif logo juventus maka warna nya menyusaikan juga yaitu hitam dan juga putih
•    Bahan: untuk bahan kami menggunakan kain berbahan katun
•    Corak dan desain : batik dengan motif logo bola di depan dan juga belakang baju


C.    PENDEKATAN DALAM STUDI PEMASARAN

Dalam pendekatan studi pemasaran kami menggunakan pendekatan serba fungsi dimana terlebih dahulu diadakan klasifikasi dari pada aktivitas atau fungsi dari pemasaran. Adapun fungsi-fungsi dalam studi pemasaran produk Baju batik motif bola ini meliputi :

1.    Pembelian
2.    Produksi
3.    Standardisasi dan grading
4.    Pengumpulan informasi pasar
5.    Penyimpanan
6.    Penjualan
7.    Pengangkutan
8.    Penanggungan resiko

D.    PROSES PEMBUATAN PRODUK


Dalam proses pembuatan Batik perlu di tetapkan beberapa hal, di antaranya yaitu :
1.Bahan – bahan yang di perlukan dalam pembuatan batik antara lain yaitu :
•mori (bisa terbuat dari sutra atau katun)
•desain dalam ukuran satu bahan, dengan ukuran 2×1 meter
2.Alat-alatnya :
•Meja Printing
•plankan (sejenis alat cetak). Plankan yang digunakan untuk batik adalah plankan dengan pori-pori lebih besar,


3.    Adapun tahapan-tahapan dalam proses pembutan batik printing bola,


Dalam pembuatan melalui beberapa tahapan adapun tahapan pembuatan kaos batik : 
•    Siapkan desain bola yang di inginkan
•    Cetak desain dalam plankan. Jumlah plankan yang dibutuhkan adalah sesuai dengan jumlah warna yang akan digunakan.
•    Siapkan kain mori dasar yang akan disablon, dengan posisi kain mori yang kencang.
•    Letakkan plankan di atas kain, lalu tuangkan pewarna dan tarik pewarna dari ujung plankan ke ujung plankan lainnya dengan valet.
•    Keringkan kain mori yang telah diberikan warna.
•    Ulangi langkah di atas, untuk setiap perbedaan warna dan desain.

E.    HASIL PRODUKSI DAN KONSEP PEMASARANNYA


1.    Deskripsi produk
•    Betuk batik motif bola : untuk bentuknya adalah kemeja dengan motif lambang klub sepakbola, hal ini dibuat dengan tujuan untuk  agar sang pemakai terlihat elegan dan modis
•    Daya tahan produk : produk ini baik bisa tahan minimal 1 tahun tergantung juga pemakaian
•    Kualitas produk baik dikarenakan bahan kain yang baik dan juga terjamin kualitas nya
•    Harga produk : dengan harga yang terjangkau dan juga sesuai dengan kualitas produk maka produk ini di bandrol dengan harga sebesar Rp. 40.000,00
2.    Produk ini didesain untuk kaum pria maupun wanita pecinta bola dimana mereka bisa tampil elegan dan modis tanpa melupakan kecitaan mereka terhadap sepak bola. Adapun ukuran yang tersedia mulai dari S hingga XL berikut gambar
           


Berikut ukuran yang tersedia

Ukuran    Lebar X Tinggi
S    45 x 65
M    47 x 67
L    49 x 69
XL    51 x 72


3.    Dalam memasarkan produk Batik Motif Bola ini ada beberapa lokasi yang diinginkan antara lain:
•     Letak wilayahnya yang strategis
•     Mudah di jangkau oleh konsumen
•     Sarana angkutan mudah dan banyak
•     Biaya transportasi yang murah



4.    Area pemasaran


Dalam pemasaran produk di salurkan kepada Konsumen dengan melalui distributor, dan beberapa gerai/outlet yang tersedia di kota solo contoh nya seperti PGS. Selain melalui outlet juga menjual produk lansung kepada konsumen dengan cara langsung terjun ke pasar  cantoh nya membuka outlet saat hari minggu di Manahan. Selain dengan cara itu sehubungan dengan perkembangan dunia bisnis yang berorientasi dengan e-comercee juga menjual produk secara online dimana pengiriman barang melalui jasa kurir seperti TIKI DAN JNE

5.    Kegiatan promosi


Promosi merupakan bagian dari proses pemasaran. Promosi sangat mempengaruhi kelancaran dan keberhasilan suatu usaha. Kami melakukan promosi produk kami melalui sejumlah media baik elektronik, cetak, iklan di radio maupun promosi langsung dari mulut ke mulut. Promosi melalui media elektronik dilakukan dengan membulka semacam on-line shop di berbagai jaringan sosial yang kini marak di dunia maya. Promosi melalui media cetak kami lakukan dengan membuat pamflet, serta mengiklankan produk kami di media massa dan majalah wanita.  Promosi dari mulut ke mulut kami lakukan dengan mendatangi langsung kelompok-kelompok muslimah seperti di kampus, perusahaan dan arisan. Kami juga melakukan promosi di pameran, expo atau bazar.

6.    Penjualan kolektif

Yaitu memberikan pilihan kepada konsumen dengan menjual lebih dari satu produk dengan harga yang lebih miring bila dikalkulasi per produknya. Pembelian dengan harga yang miring ini minimal untuk 6 atau setengah lusin produk batik motif bola


7.    Rencana pengembangan produksi

Rencana-rencana pengembangan produksi kami antara lain:
•    Memperluas wawasan tentang motif bola
•    Memperluas area promosi dengan cara mendekati komunitas-komunitas pencita bola
•    Meningkatkan promosi terutama di dunia maya melalui situs jejaring sosial

8.    Target pasar
Strategi yang digunakan dalam penetuan target pasar
a.    Differentiated marketing dimana target pasar umumnya adalah masyarakat yang gemar dengan batik dan juga bola. Yang menjadi target pasar adalah konsumen diantara lain :
•    Konsumen Keluarga
•    Konsumen Remaja atau Mahasiswa
b.    Segmentasi pasar
Segmetasi yang digunakan adalah segmentasi demografi alasan nya  demografi pasar dapat dibedakan yaitu sebagai berikut, usia, tahap siklus hidup, jenis kelamin, penghasilan, generasi kelas sosial. Dalam hal ini dikarenakan produk berupa baju yang kebutuhan dan cara memenuhinya tergantung dari pada hal-hal yang berkaitan dengan demografi semua orang ataupun siapa saja aman untuk memakai nya
9.    Faktor yang mempengaruhi

10.    Analisis resiko usaha dan antisipasinya
Setiap perbuatan tentu melahirkan resiko. Demikian pula produk kami akan mendatangkan berbagai resiko sebagai berikut
•    Produk kurang menarik
Manusia memiliki selera yang berbeda satu sama lain. Demikian pula dalam hal berpakaian dan kurangnya rasa percaya diri.
•    Batik yang tidak laku Adakalanya barang tidak mudah terjual dan memenuhi stand, toko atau bahkan gudang. Sehingga menimbulkan kesan monoton dan menurunkan kualitas produk.
•    Modal usaha
Batik printing memang tidak memerlukan modal yang terlalu besar. Tetapi juga tidak bisa dibilang memerlukan modal yang relatif kecil. Sebagai usaha membangun suatu kualitas, modal awal demi terwujudnya suatu produksi yang maksimal sangat dapat mendukung keberlangsungan usaha.

11.    Antisipasi terhadap resiko-tersebut:

•    Produk kurang menarik
Setiap orang pasti memiliki persepsi terhadap apa yang mereka lihat. Cara kami mengantisipasi kurangnya minat konsumen ini adalah dengan melakukan promosi secara mendalam dan menyeluruh. Jadi bukan hanya kami bertujuan untuk mendapatkan keuntunga. Tetapi kami juga bertujuan untuk membantu para wanita memperindah penampilan mereka. Sehingga mereka dapat tertarik untuk memperhatikan dan mencoba produk kami.
•    Batik  yang tidak laku
Kami melakukan antisipasi dengan membuat peta produksi. Dimana telah ditentukan barang mana yang harus diedarkan dan harus telah ditarik kembali dari peredaran pada waktu yang telah ditentukan. Sehingga tidak ada penumpukan barang yang membuat konsumen selalu melihat barang sama. Barang yang telah ditarik tersebut akan kembali dirombak dan dijadikan produk baru yang kemudian diedarkan kembali.

•    Modal usaha

Modal usaha adalah hal terpenting dalam melakukan suatu biesnis. Untuk memenuhi modal usaha kami memilih untuk melakukan peminjaman kepada bank yang memiliki bunga peminjaman terkecil.









Dengan adanya informasi yang kami sajikan tentang PRODUK BAJU BATIK MOTIF BOLA

, harapan kami semoga anda dapat terbantu dan menjadi sebuah rujukan anda. Atau juga anda bisa melihat referensi lain kami juga yang lain dimana tidak kalah bagusnya tentang ASAL USUL BATIK

. Sekian dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungannya.


0 komentar:

Post a Comment