, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Teknik memasang tutup tarik retsleting

Teknik memasang tutup tarik retsleting

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Teknik memasang tutup tarik retsleting


1. Pasang retsluiting di tempat yang diinginkan, dengan posisi tertelungkup. Jahit dengan menggunakan sepatu khusus di bagian pinggir retsluiting, dari atas (a) sampai bawah (b). Matikan dengan jahitan maju mundur sedikit.
2. Untuk paspoal: potong kain dengan lebar 6 cm, dan panjangnya seukuran panjang retsluiting ditambah 5 cm. Rapatkan pinggir kain tersebut (c-d) dengan pinggir retsluiting (a-b), beri jarak 1-1 ½ cm dari retsluiting lalu jahit searah dengan retsluiting. Matikan dengan jahitan maju mundur sedikit.







3. gunting di tengah antara jahitan retsluiting dan jahitan paspoal (a-c), dari atas sampai bawah 1 cm dari batas jahitan yang dimatikan (d-b). Kemudian gunting bercabang tepat di ujung jahitan yang dimatikan (b) dan gunting pula ke kiri tepat sampai ujung jahitan (d).







4. Jahit retsluiting ke dalam sampai terlentang, angkat kain paspoal dan langsung lipat ke dalam selebar 1-1 ½ cm, hingga dapat menutupi retsluiting (e-f). Jelujur sampai rapi (g-h).






5. Dorong dan lipat ke dalam ujung guntingan yang bercabang (d-b), hingga dari luar kelihatan rapi.
6. Tindis kain paspoal yang sudah dijelujur di atas retsluiting. Jahitannya di tepi mengikuti pinggir kain paspoal dari bawah sampai ke atas (i dan j), langsung menembus mengenai retsluiting yang berada di bawahnya.
7. Jahit dari dalam ujung guntingan yang sudah dilipat, dua kali maju mundur.
8. Obras tirasnya atau lipat ½ cm lalu jahit dengan mesin.


0 komentar:

Post a Comment