, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Macam Lipit Pada Busana

Macam Lipit Pada Busana

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Macam Lipit Pada Busana



Lipit yaitu lipatan kain yang di ciptakan untuk berikan kesan penuh pada baju, yang di buat dengan teratur. Tiap-tiap lipit dilipat selama garis yang telah ditetapkan yang dimaksud garis lipatan (foldline), lalu hasil lipatan itu disejajarkan dengan garis selanjutnya yang dimaksud garis penempatan (replacement line).


Lipit


1) Lipit Bilah Pisau

Type lipit ini di ciptakan dari satu garis lipatan serta satu garis penempatan. Seluruhnya lipatan dilipat ke arah yang sama, sedang untuk variasinya dapat pula di ciptakan dua grup lipit yang arahnya berlawanan.

Lipit Bilah Pisau

Mau belajar menjahit? Klik Di sini untuk lihat video tutorial menjahit.

2) Lipit kotak

Type lipit ini mempunyai dua garis lipat serta dua garis penempatan ; dua lipatan dari tiap-tiap lipit yang terwujud arahnya sama-sama membelakangi. Lipatan belakang yang berlangsung tidak selamanya mesti bersinggungan.

Lipit Kotak

3) Lipit hadap

Lipit ini mempunyai dua garis lipatan serta satu garis penempatan. Dua lipatan dari tiap-tiap lipit yang dihasilkan sama-sama bertemu serta mesti bersinggungan. Lipatan yang dihasilkan di belakang tepinya sama-sama membelakangi.

Lipit Hadap



4) Lipit dengan lambar terpisah

Penampilannya sama juga dengan lipit belakang, namun disambung dengan lambar (alas) yang dijahit pada sisi-sisinya.

Lipit dengan lembar terpisah

5) Lipit Akordion

Lipit ini jaraknya sama-sama berdekatan dengan lebar yang sama, sampai memiliki bentuk serupa pompa akordion. Lipatan depan berdiri menjauhi tubuh pengguna baju, hingga memberi ilusi kilau pada kain.

Lipit Akordion


Apabila baju yang di idamkan mempunyai motif yang perlu diikuti sesuai sama jenis yang di idamkan, jadi tambah baik menandai garis lipit serta lipatan di bagian baik kain. Demikian sebaliknya, apabila type lipit yang di idamkan yaitu lipit yang dijahit dari dalam (umpamanya dari pinggang sampai ke pingggul) jadi bakal lebih gampang untuk menandai serta membuat lipit dari sisi jelek kain.

Waktu lakukan pressing pada lipit, senantiasa pakai sepotong kain juga sebagai alas setrika untuk hasil lipit yang lembut. Apabila inginkan hasil lipit yang tajam pakai kain lembab atau setrika uap, biarlah lipit betul-betul kering dulu saat sebelum mengangkatnya dari meja setrika.

Tags : jahit pakaian, jahit pakaian batik, jahit pakaian online, buat pakaian, konveksi pakaian, butik pakaian batik, butik online, butik pakaian online, butik pakaian wanita, pelatihan jahit, pola baju, pola baju

0 komentar:

Post a Comment