, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Panduan Mengalahkan Mesin Jahit Jadul

Panduan Mengalahkan Mesin Jahit Jadul

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Panduan Mengalahkan Mesin Jahit Jadul


Mesin jahit jadul sesungguhnya memiliki banyak keunggulan dibanding dengan mesin jahit moderen yang multifungsi, yang paling menonjol yaitu : dapat terus digunakan meskipun listrik padam, ini berlaku untuk yang masih tetap gunakan genjotan, bukanlah yang telah ditambahin dinamo lho ya... kan dinamo tetep perlu listrik. Mulai sejak saya masih tetap kecil mamaku telah mempunyai mesin jahit, namun saya masih tetap belum mempunyai hasrat belajar menjahit gunakan mesin jahit, jadi saya jahit ya masih tetap manual gunakan jahitan tangan.

Saat saya buat dress yang kedodoran seperti daster serta blus kerah gelombang, saya masih tetap dibantuin mamaku jahit gunakan mesin jahit, yaa.. dapat disebut kerjasama lah dengan mamaku, jadi saya yang buat pola, gunting, atur peletakan serta dijelujur, kemudian untuk masalah jahitan mesin mamaku yang beraksi. Saya sembari belajar menjahit gunakan mesin jahit ke ibu sesungguhnya, namun saya baru dapat jahitan yang lurus-lurus saja *itu juga masih tetap gratul-gratul*, untuk yang melengkung masih tetap belum trampil serta belum PeDe, jadinya ya dibantuin ibu lah. Kaki mamaku telah tak sekuat dahulu, menjahit kerah gelombang yang sangatlah lebar (kelilingnya 3 mtr.) buat mamaku agak kapok lantaran lelah banget, sampai beliau mengeluh kakinya seperti ingin copot *haduhhh... forgive ma... *, walau sebenarnya saya masih tetap ingin buat jumpsuit serta project yang lain. Saat saya pijit kaki ibu, dengan pandangan yang agak menerawang beliau nyeletuk : " mengapa anda kok tidak pinter seperti gini *maksudnya buat baju* saat ibu masih tetap muda, masih tetap kuat ngajarin anda ". OMG... pengucapan itu segera menyentak di hatiku, saya segera rasakan semangat yang luar umum. Pada awal mulanya saya memikirkan mesin jahit jadul tuh susyeh minta ampun terlebih waktu genjotnya kerasa beraaaaaattttt banget, namun esoknya sepulang saya dari kantor, saya segera buka mesin jahit serta saya cobalah genjot selalu, selalu, selalu serta selalu. And finally... i can sew! Tak senang di situ saja, saya cobalah kasih garis lengkung di kain serta saya jahit di garis tsb, agak mencong di awalannya, namun sesudah saya cobalah pelan-pelan pada akhirnya BISA! Senang banget terasa dapat mengalahkan mesin jahit jadul, jadi tidak sabar ingin jahit sendiri project setelah itu

Lantaran saya belajar menjahit dengan cara otodidak, cuma memercayakan buku, internet serta pengalaman mamaku, jadi saya jadi tergelitik untuk sharing tutorial serta tips-nya juga untuk mengalahkan mesin jahit jadul. Semoga dapat dipahami, maafkan bila sulit dipahami lantaran saya menuturkannya dengan bahasaku yang tentu masih tetap acak kadul

Saat sebelum mengawali jahit, yakinkan banyak hal tersebut :
- Arah jarum
- Urutan benang atas
- Benang di sekoci
- Karet pada pedal

Urutan gunakan mesin jahitnya seperti ini :
yakinkan jarum dalam situasi diatas, lantas siapkan kain dibawah jarum persis
tusukkan jarum ke kain lewat cara tangan kanan memutar roda ke depan hingga jarum tertusuk ke kain
lantas turunkan sepatu untuk menahan kain dengan turunkan sejenis saklar dibagian belakang samping kiri
tangan kanan memutar roda ke depan lagi terus-menerus, *jangan hingga putaran roda terbalik mundur, kelak jahitannya jadi nggumpal serta tersendat* sembari kaki ikuti ritme pedalnya
nah, bila kaki telah dapat ikuti ritmenya, bebaskan tangan kanan yang putar roda tadi, pakai untuk mengatur kain yang bakal dijahit.
genjot selalu hingga usai, bila ingin pelan ya genjotnya pelan saja.
sesudah usai, yakinkan jarum dalam situasi diatas (tak menusuk kain). lantas tangan kiri menahan sisi akhir dari jahitan sembari menarik ke kiri, gunting benangnya kurleb 5 cm gari akhir jahitan serta simpul ke-2 benang agar jahitannya tak lepas

Panduan belajar jahit dengan mesin jahit :


- tempatkan gunting, jarum pentul+pincushion serta aksesori jahit yang lain di samping kanan mesin jahit
- pakai kain perca untuk menjahit, tidak usah memaksakan lurus, yang utama dapat operasionalnya dulu
- sesudah lancar mengoperasikan mesin jahit, cobalah di kain yang bermotif garis-garis, bila tak ada kain bermotif dapat pula gunakan kain polos, beri garis lurus dengan kapur jahit/pensil. jahit pas di garis itu
- sesudah jahit lurus lancar, cobalah beri garis lengkung pada kain, serta jahit pas pada garis lengkung tsb

Okay, terima kasih telah bersedia memerhatikan sampai akhir. Semoga menulis ini bermanfaat.
Janganlah pernah berasumsi semuanya sulit.
Tiap-tiap orang memulai semuanya dari tak dapat jadi bisa lantaran BELAJAR

0 komentar:

Post a Comment