, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Alat-alat pelengkap menjahit

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Alat-alat pelengkap menjahit

Alat-alat pelengkap menjahit


    Alat-alat pelengkap menjahit berfungsi memperlancar pekerjaan jahit menjahit. Alat-alat pelengkap menjahit diantarnya adalah macam-macam jarum,bidal, pendedel, needle threader dan bantalan jarum.

•    Macam-macam jarum


1.    Jarum tangan


 dipakai untuk pekerjaan menjahit yang menggunakan tangan misalnya mengelim, menjelujur, memasang kancing.
Jarum tangan terbuat dari baja yang runcing, tajam dan tahan karat. Ukuran jarum tangan bermacam-macam dari yang halus sampai yang kasar. Jarum tangan yang baik adalah licin, tidak berkarat, bentuknya panjang/ramping dan tidak mudah patah.

2.    Jarum pentul


 biasanya digunakan untuk menyemat pola pada bahan, menyatukan bagian-bagian bahan  yang sudah dipotong sebelum dijahit/dijelujur, memberi tanda perbaikkan pada waktu mengepas.
Jarum pentul yang berkualitas baik adalah yang bagian kepalanya berbentuk bulat besar serta logam jarumya panjang, tidak mudah berkarat, dan bagian ujung jarum runcing dan tajam.

3.    Jarum mesin


Jarum mesin ada 4 macam yaitu :
1.    Jarum mesin jahit manual : tangkainya bagian luar bundar, bagian dalam pipih.
2.    Jarum mesin jahit industri : tangkainya bundar dan agak panjang.
3.    Jarum obras : sama bentuknya dengan jarum mesin industri, tapi lebih pendek
4.    Jarum kembar : jarum yang terdiri dari dua jarum dipakai untuk menghias kain dan biasanya digunakan pada mesin semi otomatis

•    Bidal :

tudung jari yang digunakan untuk melindungi jari dari pangkal jarum pada waktu menjahit dengan tangan. Tudung jari terbuat dari logam, bentuknya seperti tudung yang bagian atasnya berlekuk-lekuk untuk menahan pangkal jarum. Pilihlah bidal yang sesuai dengan jari tengah agar cocok dalam pemakaiannya.

•    Pendedel atau trenner


adalah alat pembuka jahitan, digunakan untuk membuka jahitan yang salah, selain itu dapat juga digunakan untuk memotong lubang kancing yang dibuat dengan mesin. Alat ini terbuat dari logam dengan pegangan dari plastik atau kayu dan bentuknya bermacam-macam.

•    Bantalan jarum, digunakan untuk meletakkan jarum pentul dan jarum tangan agar tidak kececer. Biasanya isi bantalan jarum berupa kapuk atau kapas atau sisa-sisa perca sehingga mudah untuk ditusuk jarum.


Attachment


Attachment adalah alat-alat yang digunakan untuk membantu pada saat menjahit dengan menggunakan mesin jahit. Attachment ini biasanya berbentuk sepatu mesin jahit. Contoh attachment diantaranya :
•    Sepatu retsluiting, ada dua macam yaitu
-    sepatu retsluiting biasa yang mempunyai satu kaki danterbuat dari logam
-    sepatu retsluiting jepang terbuat dari plastik, ditengahnya terdapat lubang untuk tempat masuk dan keluarnya jarum dan dibawahnya terdapat 2 jalur tempat gigi retsluiting
•    Sepatu klim, terbuat dari logam, dibagian tengahnya alat spiral untuk menggulung kain.
•    Sepatu lubang kancing terbuat dari logam, bentuknya bermacam-macam, sampai yang besar, mulai dari  ukuran yang kecil sampai yang besar. Untuk mesin jahit semi otomatis dan otomatis, biasanya telah dilengkapi sepatu lubang kancing.

0 komentar:

Post a Comment