, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Menyetik pada garis lurus

les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
Menyetik pada garis lurus

Menyetik pada garis lurus



Setelah benang atas dan bawah terpasang, maka mulailah
kita menjahit. Bahan jahitan dipegang dengan jari-jemari secara
ringan mengikuti jalannya bahan, jangan dipaksa atau ditarik dari
mesin. Setelah bahan selesai dijahit, lepaskan bahan jahitan
tersebut. Melepaskan bahan jahitan dilakukan dengan menarikke
arah belakang dari sebelah kiri jarum, kemudian benang digunting
atau dipotong dengan alat yang terpasang di atas sepatu mesin
pada bagian belakang. Ketika menjahit busana atau benda
lainnya, bagian yang lebar kita letakkan disebelah kiri dan yang
kecil/ pendek atau yang dijahit diletakkan disebelah kanan.


Menyetik pada garis lengkung



Jahitan mengikuti garis lengkungan, usahakan jalannya
mesin jangan terlalu cepat agar jari-jemari kita dapat mengikuti
garis lengkungan dengan tepat, sehingga hasil setikan baik dan
rapi. Selain itu, kita perlu latihan berulang-ulang untuk
memperoleh lengkungan- lengkungan yang baik dan rapi.

Menyetik pada sudut



Jahitan mengikuti garis yang ada, pada waktu akan
menyetik bagian sudut, jarum dihentikan dengan memegang roda
mesin jahit supaya jahitan terhenti. Kemudian putarlah bahan
jahitan tersebut sesuai dengan yang diinginkan dan teruskan
menjahit seperti biasa.

Pengukuran Peningkatan Kompetensi



Keberhasilan suatu program pendidikan selalu dilihat dari
pencapaian yang diperoleh dibandingkan dengan suatu kriteria yang
telah ditetapkan sebelumnya, dan di dalam program pendidikan yang
bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan, selalu digunakan
indikator-indikator yang menyatakan mutu pendidikan, dan
dikembangkan dari suatu konsep yang operasional agar dapat ditelaah
kesesuaian antara indikator dengan konsep operasional. Selain konsep,
acuan yang baku sangat dibutuhkan untuk menetapkan kriteria
keberhasilan suatu program untuk memantau mutu pendidikan yaitu
standart kompetensi termasuk di dalamnya standar kompetensi
keahlian yang harus dicapai peserta didik SMK Program Keahlian
Tata Busana.

Pembelajaran praktik merupakan pembelajaran yang
mempunyai jam lebih banyak dari pada pembelajaran teori. Menurut
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), (http://bsnp-indonesia,
diakses tanggal 11/03/2012) kriteria untuk uji kompetensi keahlian
praktek dikatakan baik yaitu apabila adanya keberhasilan mencapai
kriteria tertentu yaitu: 1) Adanya ketercapaian ketuntasan belajar
peserta didik pada setiap mata diklat yang telah ditempuhnya yang
ditunjukkan oleh lebih 75% peserta didik telah mencapai ketuntasan
belajar peserta didik pada setiap mata diklat yang ditempuh. 2)
Adanya ketercapaian standar kompetensi keahlian oleh peserta didik
dari program produktif kejuruan yaitu minimal mencapai nilai 7,5
yang dicapai oleh lebih dari 75% peserta didik.

0 komentar:

Post a Comment