, , , , , , , , , , , , , , , , , , ,

Cara membuat pola baju

 Cara membuat pola baju

TINJAUAN UMUM PUSAT PELATIHAN PERANCANG
MODE BUSANA
les, indonesia, private, obras, guru, sekolah, belajar, yogyakarta, usaha, jogja, kursus, terbaik, batik, kaos, kebaya, jahit, baju jahit, mesin jahit, konveksi, kursus menjahit
cara membuat pola baju


II.1. TINJAUAN UMUM MODE BUSANA

“The Oxford English Dictionary defines fashion as „current popular custom or
style, especially in dress‟. Essentially it means a style that is up to date, and how this is
agreed upon its subjective and reliant on a number of factor.”1 “Busana adalah pakaian;
baju.”2 Pada awalnya busana digunakan secara fungsional saja, yaitu sebagai penutup
tubuh. Namun seiring dengan perkembangan pola pikir manusia dan teknologi muncul
mode pada busana. Perkembangan mode terkait erat dengan busana sebagai
perwujudan gayanya.
“Mode adalah gaya atau penampilan yang dianggap indah pada
suatu masa dan diikuti oleh banyak orang. Mode akan berubah dari masa
ke masa, hal ini menunjukan bahwa mode bersifat dinamis, selalu
berkembang, tidak selalu tetap, walaupun mode dapat mengalami
perputaran seperti siklus namun tetap menunjukan varias-variasi yang
baru.”3
Siklus pada dunia mode busana mencakup inspirasi perancang mode dalam
merancang sebuah busana, melihat dari mode busana pada masa lalu dapat didaur
ulang sesuai dengan suasana zamannya dapat menjadi suatu mode busana terkini. ”For
instance, the punk movement was a reflection of how many young people were feeling in
the late 1970s – disenchanted with the politics and culture of the time – and was some
what enginereed by Malcolm McLaren and designer Vivienne Westwood.”4 Mode
busana terus berkembang seiring dengan perkembangan zaman, dipengaruhi oleh
berbagai faktor. Faktor-faktor tersebut yaitu:


 Iklim

Negara-negara yang mempunyai empat musim; yaitu musim dingin,
musim semi, musim panas, dan musim gugur, memiliki perkembangan mode
busana yang berganti mengikuti musim tersebut karena setiap musim
meberikan suasana yang berbeda. Pergantian mode busana ini dapat diliat
dari pilihan model busana dan warnanya.

 Budaya

Budaya setiap bangsa berbeda-beda, masing-masing memiliki cari
hidup, agama, bahasa, adat, kebiasaan, dan tata cara busana sendiri. Pada
umumnya yang berkembang di berbagai negara, mode busana sehari-hari
yang digunakan adalah busana barat, sedangkan busana tradisional
digunakan pada acara-acara tertentu.

 Suasana

Suasana mode busana yang berkembang saat ini merupakan mode
busana yang praktis. Menjelang abad 20 busana yang dipakai wanita
merupakan busana yang mewah dengan aksesoris yang dibuat dengan
tangan memakan waktu yang lama, karena pada masa itu merupakan
lambang keindahan walaupun tidak nyaman dipakai dan susah digunakan
untuk beraktivitas. Seperti halnya dengan pemakaian korset (corset),
penyangga dada (busties), rok lingkar (hooped skirt).


 Teknologi

Teknologi yang berkembang, selain penemuan mesin juga
pengembangan bahan tekstil baru membawa perubahan dan kemudahan.
Pembuatan bahan tekstil yang manual dan membutuhkan waktu lama dapat
diatasi dengan mesin-mesin modern yang lebih cepat. Selain itu juga bahan
tekstil itu sendiri memiliki komposisi yang terus berkembang. Bahan tekstil
dapat diklasifikasikan menjadi tiga bagian, yaitu Natural Fibres, Man-made
Fibres, dan Synthetic Fibres. Natural Fibres merupakan bahan tekstil alami,
mencakup cellulose fibres (tanaman) dan protein fibres (hewan). Man-made
Fibres merupakan bahan tekstil campuran antara cellulose fibres (tanaman)
dengan non-cellulose fibres (kimia/sintetis). Sedangkan Synthetic Fibres
merupakan bahan tekstil yang berasal dari campuran kimia.
Peristiwa-peristiwa penting yang mempengaruhi perkembangan bahan
tekstil, antara lain:

o Tahun 1846, John Mercer menemukan teknik memerror, yaitu
teknik menyempurnakan bahan katun agar lebih kuat, mengkilat,
dan lebih mudah menyerap air.

o Tahun 1884, Count Hilaire de Chardonnet pertama kali membuat
suatu bahan di Perancis, yang pada tahun 1924 diberi nama
rayon. Tahun 1931, bahan tersebut mulai dipasarkan dengan
sebutan sutera tiruan di Amerika.

o Tahun 1928, dibuat bahan nilon yang kuat, elastis, tidak kusut, dan
pemeliharaannya mudah, di Amerika dan diperkenalkan kepada
publik dalam bentuk stocking pada tahun 1939. Pada Perang
Dunia ke II (1942-1945), bahan nilon digunakan untuk membuat
payung terjun (parasut), karena bahan sutera asli sulit diperoleh.

o Permulaan tahun 1930, bahan polyester yang mudah digunakan
untuk mencampur bahan-bahan lain, mulai dibuat di Inggris
dengan nama Teryline. Tahun 1953, di Amerika, diproduksi dan
dipasarkan oleh DuPont dengan nama Dacron.

o Tahun 1946, ditemukan bahan selulosa yang dapat larut dalam
campuran bahan kimia tertentu di Eropa.

 Sistem Industri Busana
Sistem industri busana antara lain, haute couture, sanggar busana,
dan konfeksi.


”French for ”high sewing” or “high dressmaking”.”5 Haute couture
dibuat sesuai dengan order dan untuk kalangan tertentu saja, dengan
kualitas yang tinggi, bahan tekstil yang mahal, dan detail dan finishing dijahit
dengan ketelitian ekstra dengan teknik pembuatan tangan, yang mengelola
disebut couturier.
Sanggar busana atau studio mode disebut juga atelier atau
modeatelier, yang mengelola disebut modiste. Model busana dibuat menurut
pesanan dan ukuran khusus. Modiste harus mahir dalam teknik menjahit
selain memberikan saran tentang busana kepada pelanggannya.
Konfeksi dalam bahasa Perancis disebut Prêt-à-Porter atau dalam
bahasa Inggris disebut Ready to Wear. Konfeksi adalah sistem industri
busana pabrik yang memproduksi busana jadi dengan mesin sesuai dengan
mode busana yang sedang menjadi tren. Produksi busana dengan model
dan ukuran standar yang sama dalam jumlah banyak.

Sistem industri
busana konfeksi ini dikategorikan menjadi enam, yaitu:

o Luxury super brands

Perusahan yang memiliki beberapa brand mode busana di
bawahnya. Produknya bukan hanya busana tetapi juga yang
berhubungan dengan mode. LVMH Group (Louis Vuitton, Möet
Hennessy) yang membawahi brand Louis Vuitton, Dior, Celine,
Kenzo, Thomas Pink, Emilio Puchi, Givenchy, Loewe, Fendi, Marc
Jacobs dan Donna Karan. Gucci Group yang membawahi brand
Gucci, Yves Saint Laurent, Boucheron, Bottega Veneta,
Balenciaga, Alexander McQueen, dan Stella McCartney.

o Mid level brands and designer

Perusahaan yang menjual secara grosir atau dengan sistem
franchise, dan biasanya memiliki toko pribadi.

o Independent designer labels

Bekerja dengan tim kecil untuk memproduksi koleksi busana.
Karena bersifat perseorangan maka dapat mendesain secara
khusus. Menjual hasil rancangannya langsung ke pusat
perbelanjaan dan butik atau melalui agen-agen penjualan.


o Casualwear and sportwear brand

Perusahaan besar yang memasarkan produk busana kasual dan
olahraga. Dua perusahaan besar dalam kategori ini adalah Nike
dan Levi’s. Produk busananya tidak diperagakan pada peragaan
busana (Fashion Show).

o High street

Perusahaan yang merancang produk busana yang langsung
dipasarkan secara eceran (retail). Menciptakan tren sendiri, dan
proses pembuatannya lebih cepat dan langsung disebarkan ke
toko-toko eceran. Tidak mempromosikan produknya melalui
peragaan busana (Fashion Show).

o Supermarket

Menjual produk hasil rancangan mode busana bergabung dengan
penjualan barang-barang kebutuhan lain dengan harga yang
terjangkau.
Dalam dunia mode busana terdapat aliran (genre) sesuai dengan sasaran
pemakai hasil rancangan mode busana. Aliran (genre) dalam dunia mode busana
adalah busana pria (menswear), busana wanita (womenswear), dan busana anak
(childrenswear).
“Some clothes are too complicated or innovative to be designed in twodimensions;
these ideas need to be worked out physically in three-dimensions by
manipulating and draping fabrics on a mannequin (also called a stand).”6 Bentuk-bentuk
busana dicetak dengan beberapa cara, yaitu:

1. Draping

Dicetak pada tubuh manusia atau manekin dengan bahan muslin atau katun
kasar dan dibentuk sesuai model, setelah digunting dan menjadi potonganpotongan
kain muslin atau katun kasar tersebut digunakan sebagai pola
dalam menjahit model busana.


2. Mouleren

Dibuat pada tubuh manusia atau dengan kain langsung bila gaun
mempunyai model yang sulit dibuat dengan pola. Prosesnya adalah model
busana dirancang melalui sketsa, kemudian menentukan bahan tekstil yang
akan digunakan. Kemudian dicetak pada manekin di studio mode dan pada
peragaan busana (Fashion Show) dibuat pada seorang peragawati lengkap
dengan aksesorisnya.



”Some people focus on retro, meaning sixties and seventies revival. Some
people stick to very traditional classic clothing, what we call ”real” clothes, very easy to
put on, simple clothes. I wanted to create something that didn‟t belong to any of those
categories, and go forward.”7 Untuk dapat memprediksikan yang menjadi tren masa
mendatang maka harus menengok ke belakang untuk mengetahui dan mempelajari
sejarah mode busana. Mode busana dunia mulai berkembang di berbagai negara yang
mendapat predikat pusat mode dunia. Negara-negara sebagai pusat mode dunia
tersebut, antara lain:

 Perancis

Paris adalah pusat mode busanan di Perancis dan dunia. Mode busana dari
Perancis memiliki gaya elegan dengan aksesoris mewah dan teknik menjahit
yang rumit. Perancang-perancang mode busana dari Perancis yang terkenal
yaitu; Coco Chanel, Christian Dior, Hermès, Jean-Paul Gaultier, Pierre
Cardin, Yves Saint Laurent.

 Inggris

Pusat mode busana di Inggris berada di London. Charles Frederick Worth
merupakan pria berkebangsaan Inggris yang merupakan seorang couturier
pertama di Paris. Kebangkitan mode busana di Inggris ditandai dengan
Norman Hartnell, pada tahun 1920, menciptakan rancangan evening gown
yang rumit dan menjadi perancang gaun-gaun Ratu Elizabeth II dan keluarga
kerajaan. Perancang-perancang mode busana dari Inggris yang terkenal
yaitu; Burberry, John Galliano, Paul Smith, Ted Baker, Vivienne Westwood.

 Amerika

Pusat mode busana di Amerika berada di New York. Mode busana dari
Amerika memiliki gaya kasual, dinamis, dan sporty.Kebangkitan mode
busana di Amerika ditandai dengan Claire McCardell, pada tahun 1940 dan
tahun 1950, mempelopori tren pakaian olahraga. Disusul dengan Calvin
Klein, Ralph Lauren, Uriel Saenz, Anna Sui, Donna Karran dengan brand
DKNY, Kenneth Cole, Michael Kors dan Tommy Hilfiger yang masingmasing
mengusung tren mode busananya sendiri.

 Italia

Pusat mode busana di Italia berada di Roma dan Milan. Mode busana dari
Italia memiliki gaya yang rapi dengan kerapian menjahit yang tinggi.
7 Rei Kawakubo, the weekend Guardian magazines 1st March 1997.


Perancang-peracncang mode busana dari Italia yang terkenal antara lain;
Donatella Versace, Emilio Pucci, Fendi, Gianni Versace, Giorgio Armani,
Valentino.

 Jepang

Pusat mode busana di Jepang berada di Tokyo. Mode busana dati Jepang
memiliki gaya yang rumit, menggunakan berbagai tekstur dan warna-warna.
Perancang-perancang mode busana dari Jepang yang terkenal antara lain;
Akira Takeuchi, Issey Miyake, Kenzo Takada, Rei Kawakubo.

II.2. TIPOLOGI PUSAT PELATIHAN PERANCANG MODE BUSANA
Pusat Pelatihan Perancang Mode Busana adalah sebuah pusat pelatihan
sebagai wadah edukasi dan apresiasi mode busana bagi masyarakat yang ingin
mengetahui tentang dunia mode busana, mulai dari belajar merancang busana,
merancang tekstil, menjahit busana, merancang brand (merk) busana dan
mempromosikannya melalui peragaan busana dan pameran di showroom.
Selain kegiatan-kegiatan pusat pelatihan yang dimanfaatkan oleh masyarakat
yang ingin belajar menganai mode busana, dapat dimanfaatkan pula untuk kegiatankegiatan
umum seputar mode busana, seperti seminar-seminar tentang mode busana,
peragaan-peragaan busana, pameran hasil rancangan busana, dan peluncuran produk
mode busana.
“Jalur pendidikan terdiri atas pendidikan formal, nonformal, dan informal yang
dapat saling melengkapi dan memperkaya.”8 Pusat Pelatihan Perancang Mode Busana
merupakan suatu lembaga pelatihan pendidikan nonformal. “Pendidikan nonformal
adalah jalur pendidikan di luar pendidikan formal yang dapat dilaksanakan secara
terstruktur dan berjenjang.”9
“Pendidikan nonformal, sebagai salah satu bentuk layanan
pendidikan, diarahkan untuk memberika layanan pendidikan kepada
masyarakat yang belum sekolah, tidak pernah sekolah atau buta aksara,
putus sekolah, dan kelompok masyarakat lain yang kebutuhan
pendidikannya tidak dapat terpenuhi melalui jalur pendidikan formal.




Pendidikan nonformal merupakan pendidikan di bawah Direktorat Pembinaan
Kursus dan Kelembagaan Ditjen Pendidikan Nonformal dan Informal Kementrian
Pendidikan Nasional. Terdapat izin yang harus diajukan sebelum membentuk suatu
lembaga kursus, dengan persyaratan mengajukan program dan isi pendidikan dalam
bentuk struktur kurikulum, jumlah dan kualifikasi pendidik dan tenaga pendidikan, sarana
dan prasarana yang memadai baik jumlah maupun kualitas, rencana sistem evaluasi,
akreditasi, dan sertifikasi, rencana biaya yang harus dikeluarkan oleh peserta didik,
rencana manajemen.

Menurut UU No.20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Bab VI.
Jenis, Jenjang, dan Jenis Pendidikan, bagian kelima tentang Pendidikan Nonformal,
pasal 2611, yaitu:

(1) Pendidikan nonformal diselenggarakan bagi warga masyarakat yang
memerlukan layanan pendidikan yang berfungsi sebagai pengganti, penambah,
dan/atau pelengkap pendidikan formal dalam rangka mendukung pendidikan
sepanjang hayat.
(2) Pendidikan nonformal berfungsi mengembangkan potensi peserta didik
dengan penekanan pada penguasaan pengetahuan dan keterampilan fungsional
serta pengembangan sikap dan kepribadian profesional.
(3) Pendidikan nonformal meliputi pendidikan kecakapan hidup, pendidikan anak
usia dini, pendidikan kepemudaan, pendidikan pemberdayaan perempuan,
pendidikan keaksaraan, pendidikan keterampilan dan pelatihan kerja, pendidikan
kesetaraan, serta pendidikan lain yang ditujukan untuk mengembangkan
kemampuan peserta didik.
(4) Satuan pendidikan nonformal terdiri atas lembaga kursus, lembaga pelatihan,
kelompok belajar, pusat kegiatan belajar masyarakat, dan majelis taklim, serta
satuan pendidikan yang sejenis.


(5) Kursus dan pelatihan diselenggarakan bagi masyarakat yang memerlukan
bekal pengetahuan, keterampilan, kecakapan hidup, dan sikap untuk
mengembangkan diri, mengembangkan profesi, bekerja, usaha mandiri, dan/atau
melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
(6) Hasil pendidikan nonformal dapat dihargai setara dengan hasil program
pendidikan formal setelah melalui proses penilaian penyetaraan oleh lembaga
yang ditunjuk oleh Pemerintah atau Pemerintah Daerah dengan mengacu pada
standar nasional pendidikan.
(7) Ketentuan mengenai penyelenggaraan pendidikan nonformal sebagaimana
dimaksud dalam ayat (1), ayat (2), ayat (3), ayat (4), ayat (5), dan ayat (6) diatur
lebih lanjut dengan Peraturan Pemerintah.
“Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi,
dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu.”12 Kurikulum dibentuk
oleh lembaga kursus tersebut oleh subkonsorsium dengan organisasi atau asosiasi
profesi yang terkait. Subkonsorsium di bisang perancangan mode busana adalah Tata
Busana dan organisasi atau asosiasi di bidang perancangan mode busana adalah Tata
Busana dan IPBI (Ikatan Perancang Busana Indonesia).

II.3. KEGIATAN DAN FUNGSI DI PUSAT PELATIHAN PERANCANG MODE

BUSANA

Daftar unit kurikulum atau kompetensi pada Pusat Pelatihan Perancang Mode
Busana dibagi menjadi tiga, yaitu: Pertama adalah kurikulum atau kompetensi umum
pada Pusat Pelatihan Perancang Mode Busana, antara lain:
Tabel II.1. Kurikulum/Kompetensi Umum pada Pusat Pelatihan Perancang Mode Busana13
No. Kurikulum/Kompetensi Umum
1. Melakukan komunikasi dengan berbagai pihak terkait


2. Melaksanakan pelayanan prima dalam berbagai bidang untuk merancang mode
busana
3. Melakukan komunikasi dalam Bahasa Inggris di bidang merancang mode
busana
4. Melakukan wirausaha dalam bidang merancang mode busana
Kedua adalah kurikulum atau kompetensi inti pada Pusat Pelatihan Perancang
Mode Busana, antara lain:
Tabel II.2. Kurikulum/Kompetensi Inti pada Pusat Pelatihan Perancang Mode Busana14
No. Kurikulum/Kompetensi Inti
1. Menerapkan unsur dan prinsip desain dalam rancangan mode busana
2. Menggambar anatomi tubuh manusia untuk sketsa mode
3. Menggambar sketsa mode dengan berbagai alat dan pewarna
4. Menggambar teknis
5. Mengenal jenis bahan tekstil
6. Mengenal sejarah perkembangan mode
7. Menata/memodifikasi desain busana
8. Menata/menyiapkan kebutuhan koleksi mode busana untuk display dan
pemotretan
9. Mengkoordinasi suatu kegiatan pergelaran busana
10. Menterjemahkan ide desain busana dari desainer
11. Mensupervisi realisasi produk busana
12. Mempresentasikan hasil rancangan desain mode busana
13. Membaca tren
14. Merancang desain busana
15. Menerapkan tata niaga mode
16. Mempresentasikan karya busana dalam pergelaran dan pameran
Ketiga adalah kurikulum atau kompetensi khusus pada Pusat Pelatihan
Perancang Mode Busana, antara lain:


No. Kurikulum/Kompetensi Khusus
1. Mengoperasikan komputer untuk desain mode
2. Menjelaskan konstruksi pola
3. Menjelaskan teknik dasar menjahit
4. Menampilkan rancangan mode busana dengan teknik draping
5. Merancang mode busana unik
Kelompok atau bidang pekerjaan Merancang Mode Busana dibagi menjadi
subkelompok merancang mode busana anak, subkelompok merancang mode busana
wanita dewasa, dan subkelompok merancang mode busana pria dewasa. Kualifikasi
jenjang pekerjaan dan kurikulum atau kompetensi pada kelompok perancangan mode
busana; antara lain:

Tabel II.4. Kelompok Pekerjaan dan Kualifikasi Jenjang
di Bidang Perancangan Mode Busana
Pengkodean Kualifikasi Jenjang
Bagian/Pekerjaan A. Anak
1. Asisten Stylist
2. Stylist
3. Asisten Desainer
4. Desainer
B. Wanita Dewasa
1. Asisten Stylist
2. Stylist
3. Asisten Desainer
4. Desainer
C. Pria Dewasa
1. Asisten stylist
2. Stylist
3. Asisten Desainer


4. Desainer
Kualifikasi Kompetensi Level V : Desainer
Level IV : Asisten Desainer
Level III : Stylist
Level II : Asisten Stylist

Terdapat kurikulum atau kompetensi pada tiap jenjang profesi dalam Pusat
Pelatihan Perancang Mode Busana. Kurikulum atau kompetensi umum pada jenjang
profesi asisten stylist, stylist, dan asisten desainer adalah sama, sedangkan untuk
desainer memiliki kurikulum atau kompetensi umum yang berbeda.
Tabel II.5. Kurikulum/Kompetensi Umum menurut Jenjang Profesi
No. Kurikulum/Kompetensi Umum Jenjang Profesi
Asisten Stylist, Stylist,
dan Asisten Desainer
Desainer
1. Melakukan komunikasi dengan
berbagai pihak terkait
√ √
2. Melaksanakan pelayanan prima dalam
berbagai bidang untuk merancang
mode busana
√ √
3. Melakukan komunikasi dalam Bahasa
Inggris di bidang merancang mode
busana
√ √
4. Melakukan wirausaha dalam bidang
merancang mode busana
− √

Untuk kurikulum atau kompetensi inti pada tiap jenjang profesi, antara lain:
31
Isabella Nindya Laksita - 12717
Tabel II.6. Kurikulum/Kompetensi Inti menurut Jenjang Profesi
No. Kurikulum/
Kompetensi Inti
Jenjang Profesi
Asisten
Stylist
Stylist Asisten
Desainer
Desainer
1. Menerapkan unsur dan
prinsip desain dalam
rancangan mode busana
√ √ √ √
2. Menggambar anatomi tubuh
manusia untuk sketsa mode
√ √ √ √
3. Menggambar sketsa mode
dengan berbagai alat dan
pewarna
√ √ √ √
4. Menggambar teknis √ √ √ √
5. Mengenal jenis bahan tekstil √ √ √ √
6. Mengenal sejarah
perkembangan mode
− √ √ √
7. Menata/memodifikasi desain
busana
− √ √ −
8. Menata/menyiapkan
kebutuhan koleksi mode
busana untuk display dan
pemotretan
− √ √ −
9. Mengkoordinasi suatu
kegiatan pergelaran busana
− √ √ √
10. Menterjemahkan ide desain
busana dari desainer
− − √ −
11. Mensupervisi realisasi produk
busana
− − √ −
12. Mempresentasikan hasil
rancangan desain mode
busana
− − √ −
13. Membaca tren − √ − √
14. Merancang desain busana − − − √
15. Menerapkan tata niaga mode − − − √
32
Isabella Nindya Laksita - 12717
16. Mempresentasikan karya
busana dalam pergelaran
dan pameran
− − − √

Untuk kurikulum atau kompetensi khusus pada tiap jenjang profesi, antara lain:
Tabel II.7. Kurikulum/Kompetensi Khusus menurut Jenjang Profesi
No. Kurikulum/
Kompetensi Khusus
Jenjang Profesi
Asisten
Stylist
Stylist Asisten
Desainer
Desainer
1. Mengoperasikan komputer
untuk desain mode
√ √ √ √
2. Menjelaskan konstruksi pola √ √ √ √
3. Menjelaskan teknik dasar
menjahit
√ √ √ √
4. Menampilkan rancangan
mode busana dengan teknik
draping
− √ √ √
5. Merancang mode busana
unik
− − − √

Lembaga pendidikan nonformal terbaik di
Indonesia adalah LPK navita.
Program belajar yang terdapat pada LPK navita,antara lain:

Level Materi
Tingkat Dasar
1. KONSTRUKSI POLA BUSANA
Teknik menganalisa proporsi tubuh wanita dewasa

Teknik pengambilan ukuran
Teknik membuat pola dasar wanita dan anak
Teknik memindahkan lipit pantas
Teknik pengambilan macam-macam kerah (collar) atau lengan
Pecah model macam-macam gaun dengan model-model terbaru

2. TEKNOLOGI MENJAHIT
Teknik jahit Busana Massal (konveksi)
Teknik jahit Busana Madya
Teknik jahit Adi Busana
Lipit Pantas
Macam-macam jahitan House Couture
Macam-macam belahan
Macam-macam kantong
Membuat dan membungkus ikat pinggang
Macam-macam kerah
Tingkat Menengah

3. MERANCANG BUSANA
Proporsi tubuh wanita dewasa
Pemilihan bentuk model
Dasar-dasar merancang busana
Pengetahuan warna
Estetika busana
Kombinasi warna polos dengan bahan bermotif
Monumental tekstil/aksesoris
Pengenalan tekstil
Mengoreksi kesalahan desain/sketsa busana
Tingkat Mahir

4. TINGKAT MAHIR
Gaun pengantin − Wiron
Gaun malam − Pengetahuan tekstil
Gaun pesta − Merajut


Pada tiap tingkatan atau level, diadakan evaluasi dan sertifikasi. Masing-masing
tingkatan atau level ditempuh dalam waktu empat bulan. Tingkatan atau level pertama
dan kedua merupakan tingkatan pendidikan dasar, tingkatan atau level ketiga
merupakan tingkatan pendidikan menengah, dan tingkatan atau level keempat
merupakan tingkatan pendidikan mahir. Total waktu tempuh adalah 12 bulan atau satu
tahun dengan sertifikasi akhir sebagai perancang mode busana tingkat mahir. Durasi
untuk kelas teori dan kelas praktik adalah minimal 12 jam tatap muka setiap minggu.
Pusat Pelatihan merupakan lembaga pelatihan bagi
masyarakat Yogyakarta yang berminat belajar mengenai perancangan mode busana
yang disebut juga peserta didik. “Peserta didik adalah anggota masyarakat yang
berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran yang tersedia pada
jalur, jenjang, dan jenis pendidikan tertentu.”16 Peserta didik dalam Pusat Pelatihan
Perancang Mode Busana dilatih oleh seorang pendidik. “Pendidik adalah tenaga
kependidikan yang berkualifikasi sebagai guru, dosen, konselor, pamong belajar,
widyaiswara, tutor, instruktur, fasilitator, dan sebutan lain yang sesuai dengan
kekhususannya, serta berpartisipasi dalam menyelenggarakan pendidikan.”17 Selain
tenaga pendidik, terdapat juga tenaga kependidikan. “Tenaga kependidikan adalah
anggota masyarakat yang mengabdikan diri dan diangkat untuk menunjang
penyelenggaraan pendidikan.”
Pendidik dan tenaga kependidikan pada Pusat Pelatihan Perancang Mode
Busana berbeda dengan sekolah-sekolah pendidikan formal. “Pendidik pada lembaga
kursus dan pelatihan keterampilan terdiri atas pengajar, pembimbing, pelatih atau
instruktur, dan penguji.

0 komentar:

Post a Comment